Cara Mengelola Keuangan Dengan Bijak

16 komentar




Siapa disini yang memiliki resolusi mengelola keuangan agar lebih bijak di tahun 2021 ini? Jika ada yang memiliki resolusi ini, ada baiknya menyimak tips berikut ini.

Di tahun 2021 ini, target aku adalah bisa mengontrol keuangan pribadi dan tentunya keuangan bisnis aku. Bicara keuangan tentunya kita akan bersahabat dengan angka-angka yang kadang suka bikin pusing kepala. 

Tetapi suka atau tidak suka, kita perlu sekali memahami yang namanya keuangan. Dalam hal bisnis pun juga sama, bisnis akan jatuh karena si pemilik tidak bijak dalam mengelola keuangan, mau brandingnya bagus sekalipun, kalau keuangannya sering boncos atau minus, maka tinggal menghitung waktu saja bisnisnya akan tutup.

Sabtu pagi tadi, aku ikut webinar mengenai Bijak Mengelola Keuangan dari Mas Aidil Akbar dan Amar Bank. Kembali jadi ingat tentang resolusi mengelola keuangan 2021 yang sudah aku tulis di buku aku.

Mas Aidil menerangkan bahwa ketika kita mendapatkan penghasilan, baik itu hasil gaji dari kerja kantoran kita atau hasil dari menjalankan bisnis kita, perlu sekali kita atur dengan baik. Jangan semuanya kita habiskan untuk bayar hutang atau gaya hidup yang berlebihan.

Mengatur penghasilan pribadi ternyata ada rumusnya lho, yaitu:

  • 10% untuk Sedekah
  • 20% untuk Tabungan
  • 30% untuk Cicilan atau Hutang
  • 40% untuk Kebutuhan

Kelihatannya sih mudah ya mengatur berdasarkan rumus diatas, yang susah itu adalah komitmen dan konsisten dalam menjalankannya. Apalagi nih bagi yang lihat ada discount di mall atau di supermarket. 

Kalau aku yang ngga kuat itu ketika lihat discount panci sama sayur mayur, sudah deh bawaannya mau borong saja dan mau masak. Setelah beli, baru deh nyesel karena koleksi panci di rumah masih ada dan masih bagus, sayuran banyak malah bingung masaknya kapan sebanyak ini, padahal penghuni rumah cuma 5 orang saja. 

Nah yang seperti ini yang perlu di kontrol. sebab kita perlu sekali bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Tidak hanya itu, kita pun perlu memikirkan masa depan diri dan anak-anak. Masa hidup mau begini-begini saja tanpa ada perubahan.


Lalu bagaimana mengatur keuangan bisnis? 

Kurang lebih sama dengan cara mengatur keuangan pribadi, tetapi menurut Mas Aidil Akbar, yang terpenting adalah bisa memisahkan keuangan bisnis dengan keluarga. Sebab kalau tidak pintar memisahkannya, sudah ketebak hasilnya akan seperti apa bisnis kita.

Jangan sampai nih, keuangan kita minus lalu terpaksa deh mengajukan pinjaman ke bank. Kalau keseharian saja minus, lalu membayar pinjaman kita bagaimana? Mengajukan pinjaman di saat kondisi keuangan minus pun bukan menjadi solusi. 

Beda jika pinjaman tersebut kita kelola lagi untuk bisnis, dimana sebagian dari hasil yang kita dapat dari bisnis, kita keluarkan untuk membayar cicilan pinjaman.

Apalagi saat ini lagi marak yang namanya pinjaman online, duh ini ngeri kalau sampai kita sembarang mengajukan pinjaman online. Pernah ada teman yang mengajukan pinjaman online yang dia lihat di aplikasi, setelah download dan mengajukan, anehnya adalah prosesnya cepat sekali, sehari langsung cair tanpa di cek dulu BI Checking keuangan teman aku ini.

Tetapi ketika jatuh tempo dan telat tiga hari, menagihnya itu tidak hanya ke teman saya tapi semua teman-teman yang ada di media sosial teman aku ini pun di hubungi dan ikutan di ancam. Parah banget kan ya.. Aib teman aku ini di bongkar oleh si pinjaman online ini.

Jika memang terpaksa harus mengajukan pinjaman online, maka perlu perhatikan legalitasnya, terutama harus cek apakah perusahaan pinjaman online ini sudah terdaftar dan mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Banyak perusahaan fintech jasa keuangan yang sudah terdaftar OJK dan salah satunya adalah Amar Bank. Tenang...Amar ini bukan nama orang ya 😁, Amar Bank ini beneran nama sebuah perusahaan bank digital di Indonesia.


Mau Tahu Dong Tentang Amar Bank...

Ok, aku akan infokan nih sekilas mengenai Amar Bank. Seperti yang tadi sempat aku kasih tahu bahwa Amar Bank adalah nama sebuah perusahaan bank digital yang berdiri dari tahun 1991 di Surabaya. Awal berdiri namanya adalah PT Anglomas International Bank, lalu berganti nama menjadi PT Bank Amar Indonesia di tahun 2014.

Amar Bank sendiri saat ini lebih fokus memberikan pelayanan pada sektor ritel dan UMKM dan di tahun yang sama ketika berganti nama yaitu di tahun 2014, meluncurkan produk yang menjadi unggulannya Amar Bank yaitu "Tunaiku".


Apalagi nih Tunaiku?

Tunaiku adalah pinjaman fintech atau yang kita kenal dengan pinjaman online yang berbasis digital, yang menawarkan kredit tanpa agunan dengan cara cepat dan nyaman. Dimana Tunaiku ini memberikan solusi finansial bagi masyarakat yang kurang terlayani atau belum dilayani oleh Lembaga Keuangan Formal.

Kamu bisa lihat apa saja keunggulan dari Tunaiku



Jika ingin tahu lebih lanjut bisa langsung menghubungi Amar Bank. Sekali lagi tetap perlu diperhatikan kemampuan keuangan kamu dalam membayar cicilan perbulan dari pinjaman yang akan kamu ajukan. Tetap bijak dalam mengelola keuangan kita yaa..

Semoga bermanfaat dan see you on my next blog post 💖💖






Woman Creative Partner
















Ciri Orang Yang Tidak Punya Empati

Tidak ada komentar

  


Setiap manusia pada dasarnya memiliki yang namanya empati, hanya saja kadar besar kecilnya berbeda. Empati itu bisa tumbuh karena adanya beberapa faktor yaitu pengaruh besar dari lingkungan, pola asuh atau ajaran dari orangtua, serta cara pandang hidup masing-masing individu.

Sebenarnya Apa sih Empati Itu?

Empati adalah kemampuan diri untuk memahami perasaan orang lain. Dimana diri kita ini bisa dan mau merasakan apa yang orang lain rasakan. Atau kata lainnya adalah belajar memahami orang lain dengan cara menempatkan diri kita di posisi orang tersebut.

Aku ingat banget, dulu orangtua aku tuh sering sekali bilang : “Kalau kamu mau berbuat sesuatu, coba pikirkan apakah perbuatan itu merugikan orang lain atau tidak? Bayangkan dulu saja jika kamu berada di posisi orang lain, mau tidak kamu di perlakukan seperti itu”.

Dulu sih waktu kecil aku belum paham bahwa itu adalah salah satu ajaran untuk aku, agar belajar berempati terhadap orang lain. Setelah dewasa, aku pun mengajarkan hal tersebut kepada anak-anak aku, dan kadang mereka pernah bertemu atau pernah diperlakukan yang tidak baik oleh teman mereka yang belum paham empati.

 

Sebenarnya seperti apa sih orang yang kurang empati itu? Yuk kenali ciri orang yang tidak memiliki empati, siapa tahu nih, ada di sekitar lingkungan kita atau jangan-jangan diri kita sendiri nih termasuk kedalam golongan orang yang kurang memiliki empati.

1. Egois

Selalu merasa kepentingannya lebih penting daripada kepentingan orang lain adalah orang yang egois. Artinya orang egois ini minim akan rasa empati, sebab mereka tidak peduli dengan keadaan orang lain. Orang egois hanya butuh menyelesaikan kebutuhannya dulu, jika sudah tercapai keinginan atau kebutuhannya, dia tidak akan memberikan pertolongan atau peduli dengan orang yang sudah membantunya. Pernah bertemu orang seperti ini?

 

2. Suka Mengkritik

Pernah bertemu dengan orang yang sukanya mengkritik tetapi tidak mau di kritik? Apalagi mengkritiknya tidak melihat situasi dan kondisi. Bagi orang yang seperti ini, ketika mengkritik, ia akan merasa dirinya itu lebih hebat dari orang yang dikritik.

 

3. Selalu Merasa Paling Benar.

Jika benar maka katakanlah, jika salah ya akuilah. Ini juga yang orangtua aku ajarkan waktu aku kecil. Ternyata orang yang selalu merasa dirinya paling benar juga termasuk ciri-ciri dari orang yang tidak memiliki empati lho. Orang yang seperti ini akan selalu mencari pembenaran atas apa yang sudah mereka lakukan dan orang lain harus mengalah.

 

4. Perkataannya Sering Menyakitkan

Ketika berbicara, kalimat yang dikeluarkan dari mulutnya tanpa disadari suka menyakitkan orang lain. Sebab orang yang kurang empati seperti ini, tidak merasa apa yang di ucapkan ini menyakiti atau tidak. Mereka merasa apa yang mereka ucapkan itu biasa saja, jadi orang lain seakan dilarang untuk tersinggung.

 

5. Narsis

Narsis adalah orang yang mencintai dirinya secara berlebihan. Sering tidak sih melihat orang yang narsis berlebihan di sekitar kita? Seperti merasa dirinya paling sukses, cantik, berkuasa dan lain-lain. Biasanya orang yang narsis ini kurang memiliki empati terhadap sekitar.

Seperti artikel Halodoc yang aku baca berikut ini:

American Psychiatric Association menjelaskan tentang alasan seseorang dengan gangguan kepribadian narsistik kurang empati pada orang lain. Enggan berempati terhadap orang lain, bukan berarti mereka tidak mampu berempati. Nah, orang dengan gangguan narsistik dinilai memiliki kapasitas untuk berempati, namun tidak responsif secara empati.

Semoga narsis kita selama ini, masih kategori normal ya dan bukan narsis yang sampai tingkat tidak memiliki empati terhadap orang lain.

 

Itu tadi ciri dari orang yang tidak memiliki empati, dan apakah orang dengan ciri diatas atau orang yang tidak memiliki empati bisa berubah? Bisa saja, selama segera mendeteksi diri dan mau berubah.

Jika kita merasa memiliki ciri di atas atau ada orang tersayang yang memiliki ciri diatas, jangan ragu untuk berkonsultasi dan membicarakan dengan psikolog. Bila bingung mencari psikolog yang nyaman untuk bercerita dan berkonsultasi, silahkan untuk konsultasi dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc.

Insha Allah dengan bantuan dari orang yang professional, masalah kurang empati dalam diri kita (jika merasa kurang empati) atau ada orang tersayang kita, dapat diperbaiki segera. Tinggal download saja aplikasi Halodoc sekarang juga dari handphone.

Mudah kan? Iya dong mudah banget, sekarang tidak perlu bingung melakukan pemeriksaan kesehatan, bisa dilakukan secara online, salah satunya melalui aplikasi Halodoc dari smartphone kita.

Semoga artikel ini bermanfaat ya… Always stay save, keep healthy and happy. See you on my next blog post 💖💖

 

 




 Woman Creative Partner

Mengenal Green Job dan Bisnis Startup Green Architecture

1 komentar

 


Membahas seputar bisnis memang suatu pembahasan yang sangat menarik. Apalagi nih selama masa pandemi kemarin, alih-alih banyak bisnis yang collapse tetapi di satu sisi banyak juga bisnis-bisnis kecil skala UMKM yang bermunculan, begitu juga dengan bisnis start-up.  Menariknya lagi para pelaku bisnis saat ini, hampir rata-rata para pelaku bisnisnya adalah dari para gen Z, yang mana bisnis mereka ini adalah bisnis yang tumbuh di zaman era digital.

Kita tahu bahwa di era digital ini, salah satu support system yang mendukung suatu bisnis start-up bisa maju dengan cepat adalah pengaruh digital dan media sosial yang sudah semakin canggih dan modern. Dimana kemudahannya adalah dari sisi promosi dan ada suatu demand atau kebutuhan yang besar di era serba digital ini.

Tapi kita harus pahami juga bahwa membuat sebuah bisnis start-up itu tidak tiba-tiba kita membuatnya, tentu semua itu ada prosesnya. Hal pertama sebelum memulai bisnis startup adalah dengan kita temukan dulu bisnis start-up kita ini apakah memberikan sebuah solusi bagi suatu masalah.

Bagi teman-teman nih yang sudah pernah nonton film drama Korea Start-Up, pasti tahu pas episode dimana Nam Do San membuat sebuah aplikasi yang menggabungkan kecerdasan buatan visual dan suara untuk membantu tunanetra, agar mereka para tunanetra ini dapat beraktivitas sehari-hari dengan normal.

Ide ini dimulai karena Nam Do San yang ingin membantu nenek dari Seo Dal Mi yang kehilangan penglihatannya. Nah dari film Start-up ini, kita bisa lihat bahwa Nam Do San membuat aplikasi ini untuk memberikan solusi bagi suatu masalah.

Oleh karena itu buatlah suatu ide untuk bisa memberikan solusi kepada banyak umat. Kita bisa ambil contoh bisnis yang berbasis pada sumber daya alam dan seputar lingkungan atau istilahnya Green Job, dimana saat ini Green Job ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan sebab ada banyak solusi yang bisa kita berikan untuk banyak umat.

 

Apa Itu Green Job?

Mungkin banyak sebagian orang yang memang belum familiar dengan istilah Green job. Jadi istilah Green Job ini diberikan ILO (International Labor Organization) untuk pekerjaan-pekerjaan yang dapat dikategorikan sebagai pekerjaan pelestarian lingkungan.

Artinya Green Job adalah suatu pekerjaan yang ruang lingkupnya di bidang pertanian, industry, jasa dan administrasi yang berkontribusi pada pelestarian atau pemulihan kualitas lingkungan.

Jadi ternyata Green Job itu tidak selalu pekerjaan yang hanya seputar menjadi aktivis saja lho, bisnis atau pekerjaan apapun yang ruang lingkupnya di bidang pertanian, industry, jasa dan administrasi selama bertujuan atau berkontribusi dalam hal memperbaiki atau melestarikan kualitas lingkungan.

 

Bisnis Di Bidang Green Job

Bagi teman-teman yang masih bingung nih, bisnis start-up apa ya kira-kira yang bisa di kategorikan dengan Green Job? Nah ini menurut Coaction Indonesia, berikut ini adalah bisnis atau pekerjaan yang bisa di kategorikan dengan Green Job:

  • Ecopreneur
  • Eco Design Architect
  • Eco Fashionpreneur
  • Electric Car Technician
  • Energy Startup
  • Organic Foodpreneur
  • Solar Panel Technician
  • Urban Farmer
  • Waste Management Startup

 

Coaction Indonesia adalah salah satu organisasi yang bekerja sama dengan beberapa pihak, mulai dari pemerintah, sektor swasta, lembaga riset dan pendidikan, organisasi masyarakat sipil, komunitas, dan para penggerak muda untuk memberikan solusi dan aksi konkrit dalam rangka percepatan pengembangan energi terbarukan. Nantinya sektor ini akan menjadi pendorong inisiatif perubahan di sektor-sektor lain, seperti transportasi berkelanjutan dan pangan.

Setelah beberapa kali mengikuti webinar yang diadakan oleh Coaction Indonesia, aku jadi makin paham mengenai Green Job dan bisnis apa saja yang termasuk ke dalam Green Job.

 

Mengintip Bisnis Startup Eco Design Architect

Bagi yang sedang searching perumahan, pasti sering membaca atau mendengar istilah eco design atau yang lebih familiar adalah Green Architecture dan Sustainable Design. Nah aku bahas ya mengenai Green Architecture dan juga Sustainable Design.

Green architecture adalah desain yang memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar dimana biasanya seluruh desain dan konstruksi bangunannya ramah lingkungan. Kalau teman-teman suka lihat desain rumah yang memiliki banyak jendela, fasad bangunan yang hijau dan banyak tanaman atau yang memiliki panel surya, itulah yang namanya Green Architecture.



Apa sih manfaat dari Panel Surya?

Dimana panel surya ini dapat membantu si pemilik rumah mengurangi konsumsi daya listrik yang ada dengan bantuan sinar matahari. Lalu tidak hanya itu saja, air hujan pun dapat di daur ulang sehingga bangunan rumah dapat terpenuhi kebutuhan airnya.



Ini lengkapnya manfaat dari Panel Surya:
  • Ramah lingkungan dan tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim
  • Energi matahari berlimpah dan tersedia sepanjang tahun
  • Dapat dipasang di mana saja dan bersifat modular
  • Masa pakai panjang, Mencapai 25 - 30 tahun
Lalu Sustainable design sendiri adalah sebuah desain yang berkelanjutan dan tidak akan merubah lingkungan, apalagi menguras sumber daya alam yang tidak dapat terbaharukan.

Oia ketika membuat green architecture, selain bentuk desainnya yang ramah lingkungan, penggunaan bahan bangunannya pun menggunakan bahan yang dapat di daur ulang atau bahan organik. Salah satu bahan bangunan yang dapat di daur ulang adalah Geofast.



Geofast ini salah satu bisnis startup yang membuat semen dimana semen ini cepat kering dan ramah lingkungan. Keunggulan dari semen Geofast ini adalah waktu pengeringan yang singkat yaitu antara 8 jama sampai 3 hari, dimana semen akan memperoleh kekuatan optimum beton. Semen Geofast juga minim karbon dan polusi dalam proses produksi.

 

Jadi banyak banget kan peluang pekerjaan atau bisnis di bidang Green Job ini. Bahkan bisa jadi bisnis teman-teman selama ini sudah termasuk kategori Green Job lho tanpa di sadari.

Misalnya nih yang bisnisnya kuliner, untuk packagingnya sudah menggunakan bahan-bahan yang bisa di daur ulang, lalu untuk bahan makanannya menggunakan bahan organik. Lalu teman-teman yang bisnisnya di bidang fashion, material produknya juga sudah menggunakan bahan-bahan yang bisa di daur ulang.

Aku sendiri sudah mulai nih membuat bisnis aku yang di bidang healthy honey menjadi bagian dari bisnis green job, mulai dari packaging product sampai proses kantung pengirimannya yang sudah ramah lingkungan.

 

Bagi teman-teman yang baru mau merintis sebuah bisnis, silahkan bisa coba ide-ide bisnis green job yang tadi aku share. Peluang kkerja dan bisnis Green job ini ke depannya sangat menjanjikan. Informasi mengenai Green Job dan aktivitasnya, silahkan cari tahu di Coaction Indonesia, disana teman-teman bisa dapat banyak informasi mengenai Green Job.

Kalau bukan kita, siapa lagi yang peduli dengan lingkungan. Good luck and see you on my next blog post 💖💖





Woman Creative Partner

 

 

 

Skill Academy Platform Pelatihan Terbaik Untuk Prakerja

Tidak ada komentar

 


Assalamualaykum,

Beberapa hari lalu, di grup alumni sekolah, ada salah satu teman yang mencari lowongan pekerjaan. Akibat imbas dari pandemi, tempat dia bekerja terpaksa harus memberhentikan sebagian karyawannya dan teman aku ini salah satu yang terkena pemutusan hubungan kerja.

Tentu bukan hal yang mudah mencari pekerjaan di masa pandemi ini dan untuk membuat suatu bisnis pun bukan hal yang mudah juga jika modal yang ada terbatas. Salah satu teman aku yang lain menyarankan untuk coba mencari tahu tentang prakerja, yang saat ini mungkin bisa membantu teman-teman yang terkena pemutusan hubungan kerja dari tempatnya bekerja dan temanku ini menyarankan coba cari tahunya di Skill Academy by Ruang Guru dimana merupakan salah satu platform pelatihan terbaik untuk prakerja.

Atas informasi inilah aku jadi tertarik mencari tahu apa itu prakerja dan seperti apa sih program di Skill Academy by Ruang Guru ini. Pada artikel kali ini, aku akan membahas detail mengenai Skill Academy, yang mana merupakan salah satu platform resmi untuk Prakerja. Sekalian aku akan bahas mengenai manfaat, syarat, dimana bisa mendapatkan informasi dan juga bagaimana cara daftarnya agar bisa mendapatkan kartu prakerjanya.

Kita tahu bahwa ketika awal pandemi, Indonesia melakukan yang namanya Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Dampak positifnya adalah mencegah meluasnya virus Covid-19 ini tetapi di dalam sektor ekonomi terjadi dampak yang membuat sebagian masyarakat harus mengalami beberapa masalah terhentinya aktifitas kerjanya. 

Sektor ekonomi adalah wajah kehidupan nyata masyarakat yang ikut terdampak. Dampak pada sektor ekonomi juga terlihat dari aktifitas beragam usaha di badan-badan usaha swasta maupun milik negara. Aktivitas publik banyak berhenti dan bahkan ada yang dihentikan, baik secara sukarela maupun dipaksa. 

Melalui program Kartu Prakerja yang sudah ada, pemerintah berharap bisa membantu beberapa masyarakat Indonesia yang terkena dampak dari pandemi ini. 


Mengenal Apa Itu Kartu Prakerja



Kartu Prakerja adalah salah satu program pemerintah untuk mendukung tumbuh kembang perekonomian di Indonesia. Seperti yang tadi sudah aku tulis diatas bahwa akibat dari pandemi ini, banyak beberapa perusahaan yang mengalami masalah ekonomi di perusahaan mereka dan akhirnya ada yang memberhentikan sebagian karyawannya, karena itu dengan adanya kartu prakerja ini, diharapkan dapat mengatasi PHK yang terjadi dimana-mana.


Manfaat Dari Kartu Prakerja

Bagi teman-teman yang masih ragu apa sih manfaat dari mendaftar Kartu Prakerja ini? Dari yang aku pelajari, jika teman-teman mendaftar kartu prakerja maka akan dapat membantu kita dalam hal meringankan dan mengurangi biaya pelatihan di beberapa platform yang di tunjuk dalam mensupport program prakerja ini. 


Syarat dan Cara Mendaftar

Untuk syaratnya sih sederhana ya, yaitu warga negara Indonesia yang usianya minimal 21 tahun atau sudah menikah dan tidak sedang sekolah atau kuliah. Setelah memenuhi syarat ini maka silahkan mendaftar dan cara mendaftarnya adalah : Buat akun prakerja, Isi data diri dan Ikuti tes (lengkapnya bisa lihat di Blog Daftar Prakerja.


Mengapa Skill Academy by Ruang Guru?

Ada beberapa mitra yang bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam program Kartu Prakerja ini dan salah satunya adalah Skill Academy by Ruang Guru. Ketika teman-teman nanti masuk ke websitenya Skill Academy, teman-teman bisa pilih pelatihan mana yang dapat meningkatkan skill dalam mengembangkan kemampuan dalam menghadapi dunia kerja.

Bagi yang belum tahu apa sih Skill Academy itu, yuk kenal lebih jauh. 

Skill Academy adalah salah satu inovasi terbaru dari Ruang Guru. Yess..kalo Ruang Guru pasti sudah pada tahu dong ya. Ruang Guru adalah salah satu aplikasi berbasis pendidikan atau mungkin dikenal dengan bimbingan belajar yang terbaik dan nomor satu ya menurut aku. Kenapa terbaik? Karena telah memiliki lebih dari 22 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran, jadi sudah pasti Skill Academy juga merupakan platform pelatihan terbaik di Indonesia.

Skill Academy sendiri sudah mendapatkan penghargaan dari Dailysocial dan Best Personal Growth App dari Google Playstore. Sebab Skill Academy sudah mendapatkan rating 5 sempurna dari 350.000+ pengguna, kereen dong ya.


Ada Apa Saja Di Skill Academy?

Teman-teman bisa mendapatkan banyak ilmu di sana, mulai dari kelas bisnis sampai pengembangan hobi yang teman-teman punya. Pokoknya semua keterampilan ada  di Skill Academy dan jangan khawatir dengan harga, sebab menurut aku kelas-kelas yang ada di Skill Academy itu semuanya terjangkau dan ekonomis. 


Bisa dilihat di websitenya, pelatihan apa yang ingin kita ambil, karena ada beberapa pelatihan seperti:

  • Mentoring
  • Bisnis dan Keuangan
  • Pemasaran
  • Pengembangan Diri
  • Teknologi dan Software
  • Persiapan Tes 
  • Prakerja

Seperti yang tadi aku bilang bahwa harga kelas-kelasnya sangat terjangkau dan ekonomis. Walau harganya terjangkau dan ekonomis, ilmu yang diberikan adalah ilmu yang bukan sembarang ilmu dan diberikan langsung oleh para instruktur atau mentor yang terbaik di bidangnya.



Setelah selesai mengikuti kelas yang sudah dipilih, nanti teman-teman masih bisa baca-baca lagi materinya, karena materi dapat di akses selamanya dan juga kita pun akan mendapatkan sertifikat setelah selesai mengikuti pelatihan yang sudah kita ikuti. 

Jadi sekali lagi bagi teman-teman yang sudah mendaftar Kartu Prakerja, hayuuk deh silahkan pilih kelas-kelas yang sesuai dengan karir apa yang ingin teman-teman capai di Skill Academy, sebab semua ilmu sudah lengkap disini.

Oia satu hal lagi, jangan sampai ya teman-teman tertipu dengan informasi mengenai Prakerja, karena banyak banget link-link hoax yang tidak resmi seputar pembukaan pendaftaran Prakerja. Jangan sampai kita main memberikan data-data pribadi kita. Cek terlebih dahulu apakah benar atau tidak, jadi hati-hati ya sekali lagi.

Ok semoga bermanfaat sharing aku kali ini dan semangat untuk teman-teman yang terkena dampak pandemi ini. Sama-sama berdoa agar pandemi segera berakhir. Manfaat kan waktu kita saat ini dengan menggali potensi dengan menambah ilmu kita dan jangan lupa ikuti kelas-kelas yang bagus dan terbaik hanya di Skill Academy by Ruang Guru.

See you on my next blog post 💖💖






Woman Creative Partner


Mengelola Bisnis Startup Di Masa Pandemi

1 komentar

 


"Deretan Hotel yang Dijual, mulai dari kelas bintang lima hingga kelas melati...", tagline salah satu media online yang aku baca pagi ini. Pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak tahun lalu telah menekan perekonomian dan sektor bisnis. Banyak pengusaha yang gulung tikar karena tidak sanggup bertahan, salah satunya di sektor perhotelan. Pandemi ini masih berlanjut dan tidak tahu sampai kapan berakhirnya.

Dampak bagi para pengusaha tentu sangat dirasakan, tidak hanya usaha skala UMKM tapi juga usaha yang sudah besar sekalipun mengalami dampak resesi di dalam manajemen finansialnya. Banyak bisnis yang tutup dan bahkan terpaksa harus merelakan karyawan mereka, dan hal ini pun menambah masalah ekonomi baru lagi yaitu dengan bertambahnya jumlah pengangguran. Lalu bagaimana cara mempertahankan dan mengelola bisnis terutama bisnis startup di masa pandemi ini?

Membangun bisnis apalagi bisnisnya masih baru, tentu memiliki tantangan. Tidak jarang tantangan ini dianggap sebagai batu penghambat kesuksesan. Jika menjalaninya dengan benar dan konsisten juga full of commitment, Insha Allah bisa berjalan dengan baik, selain di luar kuasa Allah SWT. 

Bagi teman-teman yang saat ini sedang berjuang menjalankan bisnisnya (sama seperti aku yang juga sedang struggle bertahan) dimana bisnis teman-teman adalah salah satu mata pencahariaan untuk kehidupan keluarga, mungkin bisa mencoba tips berikut ini yaitu bagaimana mengelola bisnis startup di masa pandemi.



1. Evaluasi Strategi Pemasaran

Ketika dalam keadaan normal, bisa jadi strategi pemasaran kita yang sudah kita buat berjalan dengan baik dan bahkan bisa menghasilkan dan menaikkan omset perusahaan. Tetapi di masa pandemi, semuanya tentu berubah.

Misalnya dalam hal promosi, biasanya kita mengadakan event offline, tetapi ketika masa pandemi kegiatan offline tentu tidak bisa berjalan karena itu ubah menjadi online. Disini kita dilatih kreatif membuat strategi promo seperti apa yang bisa kita lakukan via online.


2. Manfaatkan Sosial Media

Sosial media memang menjadi wadah yang paling jitu digunakan di masa pandemi ini untuk segala aktifitas, termasuk dalam melakukan sebuah branding dan promosi bisnis. Jadi bagi teman-teman yang usahanya kemarin 90% aktifitasnya menggunakan offline (buka toko), maka di masa pandemi ini fokuskan 60% ke online. 

Aktifkan lagi media sosial bisnisnya teman-teman, lakukan yang namanya online marketing strategi yang bisa menarik konsumen untuk berinteraksi, transaksi hingga closing. Bagi yang sudah punya toko offline, jika masih sanggup membayar sewa bulanannya silahkan tetap di jalankan, tetapi pergunakan dengan efisien mungkin agar tidak menambah beban pengeluaran.


3. Evaluasi Keuangan

Mengevaluasi keuangan perusahaan sendiri itu penting banget. Mulai di cek hal-hal pengeluaran apa yang perlu di kurangi. Contoh tadi misal sudah punya toko offline, otomatis  selama pandemi ini tokonya akan sepi pengunjung, maka kita bisa batasi jam buka toko yang biasanya sampai jam 21.00, sekarang jam 17.00 sudah tutup, nah ini kan bisa menghemat listrik. 

Biaya promosi juga bisa dikurangi, karena tidak ada kegiatan offline, semuanya dilakukan melalui online yang mana tentunya bisa mengurangi lagi pengeluaran. Pokoknya usahakan bisa memangkas pengeluaran tanpa harus mengorbankan hal lain dengan batasi pengeluaran yang tidak mendapatkan hasil yang sesuai.


4. Pekerjakan Tim SDM Dengan Maksimal

Bagi yang sudah memiliki karyawan, bisa maksimalkan pekerjaan mereka dengan baik. Jika tidak ingin memberhentikan karyawan yang ada, maka maksimalkan mereka dengan mungkin mengajarkan bagaimana mereka melakukan promosi di media sosial bisnisnya teman-teman. Jadi mereka merasa senang tetap dipekerjakan dan teman-teman pun terbantu dalam menjalankan bisnis yang sedang berjalan ini dengan baik.


5. Pergunakan Support System Yang Terbaik

Support system alat kerja yang memadai adalah salah satu cara bagaimana mengefisienkan pengeluaran. Misalnya di kantor bisnis startup teman-teman memiliki beberapa alat printer sendiri, fax sendiri, fotocopy sendiri dan jumlahnya masing-masing ada lebih dari satu, maka sebaiknya segera di ganti dengan satu alat yang memiliki fungsi itu semua. Sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya listrik juga.

Memang tidak begitu banyak yang menjual produk multifungsi tersebut, dimana satu alat bisa untuk printer, bisa untuk fotocopy, bisa untuk fax dan juga untuk scan. Salah satu rekomendasi yang bisa dijadikan pilihan untuk digunakan perusahaan bisnis startup teman-teman adalah printer awet untuk kantor yaitu printer seri HP Laser Jet Pro MFP M479fdw yang sudah lengkap dan multifungsi. Teman-teman bisa beli di Era Supplies Indonesia dan ada macam jenis printer HP pilihan lainnya. Tapi yang multifungsi, teman-teman bisa pilih seri HP Laser Jet Pro MFP M479fdw



HP Laser Jet Pro MFP M479fdw bisa mencetak dokumen dengan kecepatan cetak hingga 28 halaman per menit dan tidak hanya dalam hitam putih saja tapi juga bisa berwarna. Selain cetak print, printer ini juga sudah dibekali dengan fitur scan, copy dan fax. Fitur scannernya sudah memiliki resolusi 1200 x 1200 dpi dan hasil scannya pun bisa kita simpan dalam format file PDF, JPEG, TIFF.

Sedangkan untuk copy, bisa menyalin maksimal hingga 999 halaman dan bisa juga lho diperbesar atau diperkecil dengan rasio 25 - 400% dengan kecepatan salinan hingga 27 cpm, wah canggih ya.

Lalu bagaimana untuk fitur Fax-nya? Untuk Fax diperkirakan sekitar 3 detik untuk satu halaman dan memiliki memori fax hingga 400 halaman.

Hebatnya dari HP LaserJet MFP M479fdw sudah dilengkapi juga dengan fitur Auto Duplex, yaitu maksudnya adalah mampu mencetak dua sisi bersamaan secara otomatis. Dengan memiliki kecepatan duplex hingga 24 ipn (A4) dan 25 ipn (Letter), maka kita tidak perlu menunggu lama, sebab kurang dari 11,3 detik halam cetak pertama sudah keluar. Wah..kerjanya jadi cepat kan.

Jangan khawatir juga untuk sistem operasionalnya karena sistem operasinya sudah kompatibel dengan Windows dan juga MacOS. Selain itu juga bisa salin secara mobile melalui fitur mobile printing yang telah disediakan pada HP LaserJet MFP M479fnw ini kapan saj dan darimana saja melalui Apple AirPrint, Google Cloud Print, HP ePrint, HP Smart App, Mobile Apps, Mopria Certified, Wi-Fi Direct Printing, Roam capable for easy printing.

Oia untuk ukurannya 41,6 cm x 47,2 cm, x 40 cm dengan berat 23,4 kg. Spacenya memang makan tempat sih tetapi tetap fungsinya bisa memangkas banyak biaya untuk alat kerja di perusahaan startup yang sedang di bangun. 
Dengan menggunakan printer multifungsi ini, bisa membuat efisiensi kerja di kantor dan juga meminimalisir pengeluaran listrik.


Inilah Tips bagaimana mengelola bisnis startup di masa pandemi. Memang bukanlah suatu hal yang mudah menjalankan bisnis di masa pandemi ini.  Tetaplah berpikir positif dan jangan pernah berhenti ikhtiar. Kalau kita tetap bergerak dan berinovasi juga berani menghadapi masalah maka bisnis kita akan tetap bisa bertahan. Ketika pandemi berakhir, diharapkan 'tabungan' konsisten kita ketika bertahan selama ini akan membuahkan hasil dan melaju dengan kencang sampai omset bisnis kita bisa naik.

Semoga dengan sharing tips dari aku ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua, terutama yang sedang menjalankan bisnisnya. Tetap semangat, kita harus saling menyemangati satu sama lain di masa pandemi ini. See you on my next blog post 💖💖







Woman Creative Partner

Cara Asik Bersosialisasi Saat Pandemi

Tidak ada komentar

 

Assalamualaykum,

Setahun sudah kita merasakan hidup di masa pandemi yang katanya era New Normal. Mau bagaimana lagi ya kan, namanya juga hidup, ya harus dijalankan. Waktu dua bulan pertama di galakan yang namanya PSBB, aku merasa enjoy banget dan serasa menikmati hidup tanpa rutinitas anter anak sekolah yang mana aku ngga perlu bersitegang pagi-pagi dengan kendaraan yang suka seenak-enaknya saja di jalan. 

Kedua, aku bisa bebas dari jadwal meeting dengan klien dan yang ketiga bisa melakukan hobi aku di rumah dengan bebas plus juga aku bisa sholat berjamaah sama pak suami yang selama ini setiap sholat lima waktunya ke mesjid.

Tapi masuk bulan ke tiga, mulai deh rasa bosan melanda dan stress akibat tabungan mulai berkurang dimana pemasukan pun sama berkurang. Rutinitas yang dilakukan ya itu-itu saja tanpa kekuar rumah. Mulai ada rasa mellow sebentar, tetapi akhirnya itu hanya sebentar.

Di masa seperti ini justru waktunya untuk aku muhasabah, merevisi pekerjaan bisnis aku selama ini, memperbaiki tulisan aku dan memperbanyak skill lagi. Jadi ketika pandemi berakhir, aku seperti terlahir kembali dengan pribadi yang baru, bisnis aku bisa fresh lari kencang dan omset naik tinggi ditambah aku punya banyak sekali skill-skill baru yang siap aku sharing.


Mulai Dari Mana?

Untuk membuat suasana pandemi menjadi asyik tentunya mulai dari diri sendiri dulu yaitu berpikir positif dan semangat menghadapi hari demi hari untuk menyambut kehidupan yang lebih baik walau masih dalam masa pandemi. 

Lalu aku membuat catatan kecil apa saja nih yang menjadi prioritas aku untuk aku lakukan selama masa pandemi ini. Setelah itu buat planningnya bagaimana merealisasikan, butuh wadah apa saja untuk mensupport kegiatan aku ini.


Cara Asik Saat Pandemi Ala Cilya

1. Gabung Banyak Komunitas

Mulai dari komunitas mompreneur, komunitas masak (walau 10% doang aku praktekin ehehe), sampai komunitas komunitas meditasi. Tentunya komunitas-komunitas ini adalah tambahan dari komunitas blogger yang sudah aku ikuti. 

Dari sini kita jadi menambah lebih banyak teman dan nilai plusnya adalah juga menambah ilmu juga, selain yaaa tetap bisa menjaga kewarasan diri ya 


2. Ikut Webinar Edukatif

Selama masa pandemi, semakin banyak kelas-kelas belajar yang diadakan secara online baik via meeting room atau live di media sosial. Hal ini menjadi sebuah kesempatan untuk aku dalam hal mengembangkan potensi diri sambil menambah skill baru. 

Webinar ini menjadi salah satu cara asik buat aku dalam besosialisasi selama masa pandemi. Walau online dan tidak bertemu langsung tapi dengan bertatap muka via online, sudah merasa bahwa aku tidak sendirian 😁


3. Buat Live Edukatif di Media Sosial

Untuk mengasah skill yang ada ditambah ilmu-ilmu baru yang aku dapat selama pandemi,  agar ilmu-ilmu tersebut tetap berguna, maka aku harus praktek. Biasanya aku mengisi seminar-seminar offline, nah karena pandemi ini akhirnya aku mulai mencoba membuat acara talkshow live di media sosial aku.

Awal agak ragu sih, apakah ada yang nonton atau tidak, tapi aku tetap adakan live talkshow di media sosial komunitas aku. Makin kesini semakin percaya diri saja. Walau belum sampai ratusan yang ikut menyaksikan, tapi paling tidak aku sudah berani melakukannya. 


4. Ikut Virtual Traveling

Ini salah satu hal yang seru banget, bisa mengobati rasa rindu jalan-jalan. Selama pandemi kemarin, hampir seluruh negara menutup akses masuk ke negara mereka, dengan maksud untuk memutus mata rantai yang namanya virus Covid-19. Otomatis industri pariwisata pun hampir lumpuh karena pandemi. 

Untuk mengobati rasa rindu, banyak beberapa komunitas atau travel yang membuat ide virtual traveling, baik traveling domestik maupun ke luar negeri. Selain menghibur, kita juga jadi lupa akan pandemi.


5. Ikut ODOP di ISB dan Rutin Nulis Blog

Selama pandemi, aku jadi punya banyak waktu untuk update dan merapikan blog aku. Senang rasanya blog aku kembali kepada posisinya awal yaitu banyak tulisan organik di dalamnya. Untuk mengasah skill dan menyemangati aku dalam menulis, aku ikutan ODOP (One Day One Post) yang di adain oleh komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur). 

Tema yang dibuat beragam dan ini menjadi challenge tersendiri untuk aku, mencoba mengolah tulisan yang sesuai dengan niche aku, tapi tetap pada tema yang di tentukan. ODOP bisa membuat aku menjadi kreatif dan terus berkarya lewat tulisan. 


Ternyata setelah aku menulis ini, jadi sadar lho kalau selama pandemi ini banyak hal positif juga yang aku dapatkan. Selama diisi dengan hal-hal positif dan dilakukan dengan bahagia, maka hasilnya pun Insha Allah akan bermanfaat bagi diri kita.

Kalau teman-teman gimana? Cara asik bersosialisasi seperti apa selama pandemi? Share yuk di kolom komentar






Woman Creative Partner


Skincare Anti Aging dari Wardah Renew You

15 komentar


    


Assalamualaykum,

Menjelang usia 40 tahun, sudah pasti aku makin harus memperhatikan kesegaran kulit wajah aku. Baik itu dari jerawat, noda hitam dan yang paling utama adalah memperlambat penuaan dini yaitu munculnya garis halus di wajah.

Aku itu baru mengenal skincare memang agak telat. Benar-benar baru peduli dengan merawat wajah dan mengenal dunia per skincare-an itu mulai sekitar usia 28 tahun, setelah punya anak dua dan itu pun juga belum lengkap pemakaiannya hanya sebatas day cream dan night cream

Untuk melengkapi perawatan wajah aku sehari-hari, aku mencoba serangkaian produk dari Wardah Renew You Anti Aging. Produk dari Wardah sendiri aku sudah pakai cukup lama ya, baik makeupnya juga beberapa skincarenya dengan varian yang berbeda dan aku pernah mengulas salah salah satu produk dari Wardah di blog aku ini.

========= BACA JUGA : [REVIEW] Wardah Aloe Hydramild Multifunction Gel =========

Dengan mengusung tagline Halal Dari Awal, produk-produk Wardah memang tidak perlu diragukan lagi deh untuk kehalalannya. Produk lokal yang sudah mendunia ini setiap tahunnya selalu mengeluarkan produk terbarunya baik itu skincare juga makeup nya. 

Ok, pada ulasan mengenai Wardah Renew You Anti Aging Series ini aku akan bahas 3 item dulu ya, yaitu Wardah Renew You Anti Aging Facial Wash, Wardah Renew You Day Cream dan Wardah Renew You Anti Aging Night Cream. 


Kandungan dan Packaging Wardah Renew You Anti Aging

Aku mau bahas dulu dari sisi kandungannya, sebelum aku bahas detail lainnya. Wardah Renew You Anti Aging ini diperkaya dengan kandungan Apple Phtocell Extract. Iya benar, mengandung ekstrak buah Apel. Kita tahu bahwa Apel sendiri menjadi salah satu buah yang memberikan hasil kulit yang lebih glowing. Tidak hanya itu, kulit wajah juga bisa menjadi lebih cerah dan menghidrasi sekaligus membersihkan kulit.

Oia selain memiliki kandungan ekstrak Apel juga memiliki kandungan Peptide, 5 Botanical Extract dan juga Advance Moisturizing Complex yang akan menjaga kelembapan, keremajaan dan juga mengencangkan kulit wajah. That's why, bagi kita nih para wanita yang sudah menginjak kepala tiga apalagi kepala empat, kandungan ini cocok untuk kita gunakan sehari-hari agar terjadi regenerasi pada kulit wajah.

Dari kandungannya yang sudah bagus ini, sekarang aku mau bahas dari packagingnya. Buat aku sih super elegant banget ya baik dari warna, dari kemasan jar juga botolnya. Waktu lihat pertama kali, aku kira harganya tuh mahal, tapi siapa sangka lho harganya masih terjangkau sama kita para mama-mama berdaster. 

Foto Dokumen Pribadi

Aku suka warna ungunya yang dipadukan dengan white dan juga silver. Jadi terlihat elegant, clean and shopisticated. Jadi skor 1 sampai dengan 10, aku kasih nilai 9 untuk packagingnya.


Tekstur

Wardah Renew You Anti Aging Facial Wash



Untuk teksturnya tidak jauh beda dengan tekstur beberapa facial wash skincare lainnya yaitu bening. Yang aku suka dari facial washnya series Renew You ini ketika di aplikasikan ke wajah berasa lembutnya, busanya juga tidak banyak. Untuk aku pribadi sih setelah mencuci wajah dengan facial washnya berasa bersih dan segar. Silahkan teman-teman coba sendiri deh dan rasakan sensasinya.


Wardah Renew You Anti Aging Day Cream dan Night Cream



Tekstur lembut dan berwarna putih juga tidak berbau, ini kesan pertama ketika aku memakainya. Selain itu juga tidak lengket dan cepat menyerapnya di wajah, sehingga kalau sedang terburu-buru tidak perlu khawatir bakalan kelamaan nungguin kering. 



Lalu untuk Night Creamnya juga sama sih, tidak lengket dan ketika dibaurkan di wajah agak sedikit watery dan berminyak. Biasanya sih aku cukup pakai sedikit saja ke wajah karena itu juga sudah terasa lembapnya di wajah.


Untuk cara pemakaiannya, aku tidak perlu ya jelaskan lagi. Sebab pemakaian ke 3 produk Wardah Renew You Anti Aging ini sama kok pemakaiannya dengan skincare pada umumnya, tidak ada perbedaan. Yang penting perlu diingat adalah ketika memakai Day Cream atau Night Creamnya, pastikan wajah sudah benar-benar bersih. Jangan sampai tujuan kita merawat wajah kita, pas di tengah jalan bermasalah karena pemakaian yang tidak bersih. Itulah kenapa dipersiapkan facial washnya untuk membersihkan wajahmu dulu sebelum memakai skincarenya.

Oia teman-teman yang di wilayah Tangerang Banten, bisa lihat beberapa varian produk Wardah Renew you Anti Aging Series nya di Instagram Officialnya Wardah Beauty Banten. Kadang nih di instagramnya juga suka buat live talkshow lho, yang membahas seputar dunia per makeup-an juga per skincare-an. Pokoknya kamu akan merasa jadi Cantik dari Hati  😉.


Baiklah, nanti aku akan sharing lagi produk Wardah Renew You Anti Aging series lainnya ya. Btw, boleh juga dong teman-teman share di kolom komentar, kira-kira produk skincare Wardah apa saja nih yang teman-teman sudah  pergunakan, siapa tahu bisa jadi bahan referensi aku juga nih 😍. 

Sipp... Semoga bermanfaat dan see you on my next blog post 💖







Woman Creative Partner