Google menjadi salah satu mesin pencari favorit yang paling sering digunakan oleh masyarakat di dunia, yang tentunya Indonesia termasuk di dalamnya. Setiap mencari artikel atau sesuatu di Google, pasti kita cukup ketikkan kata kunci atau keywordnya saja, maka akan keluar beberapa referensi informasi dari Google berdasarkan kata kunci yang relevan.
Jika teman-teman melihat ada
sebuah link berita yang muncul di halaman pertama dan bagian teratas, artinya
di dalam artikel tersebut terdapat satu atau beberapa kata kunci yang paling
sering di cari orang.
Tentu teman-teman juga sudah tahu
bahwa kata kunci atau keyword dalam sebuah artikel itu merupakan hal yang
memiliki peran penting jika ingin di baca oleh mesin pencari, salah satunya
adalah Google.
Bagi teman-teman yang sudah
memiliki website bisnis sendiri, perlu pahami bahwa nama brand bisnis
teman-teman itu belum tentu bisa dijadikan menjadi ‘Kata Kunci’.
Contoh nama brand bisnis yang
sedang aku kembangkan saat ini, yaitu produk madu premium AHP Az-Zahra. Nama
brand bisnis madu aku ini bukanlah sebuah kata kunci. Maka ketika audiens ketik
Az-Zahra, maka akan muncul banyak brand atau produk Az-Zahra dari beberapa
segmen bisnis.
Jadi aku perlu mencari kata kunci
untuk produk madu premium aku ini. Karena AHP Az-Zahra mengandung 4 komponen
hasil Lebah yaitu madu, royal jelly, bee pollen dan propolis, jadi dari ke 4
kandungan ini bisa aku jadikan sebagai kata kunci ketika aku membuat sebuah
artikel.
Begitu juga bagi teman-teman yang
sudah memiliki brand dan nama brandnya bukan kata kunci, maka silahkan cari
kata kunci yang tepat, agar audiens bisa menemukan produk teman-teman di mesin
pencari.
Bagaimana Menemukan Kata Kunci?
Awal mulai menulis blog, jujur
aku belum paham apa itu keyword atau
SEO. Tahu-tahu ada beberapa artikel aku yang berada di halaman pertama Google.
Tentu semua itu tanpa aku sadari dan dengan keterbatasan ilmu aku mengenai kata
kunci, keyword, juga SEO.
Ternyata dengan berada di
rangking halaman pertama mesin pencari, membuat traffic di blog aku meningkat dan tentunya membuat aku jadi
semangat menulis artikel yang bermanfaat yang dicari banyak orang.
Dengan pengalaman inilah aku jadi
mengerti akan kekuatan sebuah kata kunci. Jadi ketika sedang proses
mengembangkan bisnis, aku mulai melakukan riset kira-kira kata kunci apa yang
tepat dan yang aku butuhkan agar brand aku bisa dikenal khalayak umum.
Tidak hanya saat kita sekolah
saja, kalau belajar dengan tekun akan mendapatkan nilai terbaik dan rangking 10
besar terbaik. Menulis sebuah artikel pun juga bisa mendapatkan ranking juga
lho di mesin pencari.
Tentu perlu yang namanya melakukan
riset kata kunci terlebih dahulu. Kata kuncinya sudah pasti harus yang relevan
dengan artikel yang akan kita tulis. Ketika riset kata kunci sudah kita lakukan
dengan tepat , maka tulisan kita bisa berada di posisi halaman pertama di mesin
pencari.
Seberapa Pentingnya Berada Pada Rangking Atas?
Pertanyaan ini sama ketika awal
aku menulis blog. Ternyata artikel atau informasi tentang nama brand berada di
halaman pertama dan rangking atas itu punya banyak manfaat lho. Berikut ini adalah
manfaat website bisnis atau blog kita berada pada posisi ranking atas di mesin
pencari termasuk Google:
- Traffic ke website atau blog menjadi tinggi.
- Menaikkan branding diri dan juga branding bisnis.
- Penjualan akan meningkat bagi pebisnis.
- Meningkatkan otoritas sebuah website atau blog.
Dalam
hal meningkatkan otoritas sebuah website di mesin pencari, ternyata ada
beberapa caranya yaitu riset dan analisa kata kunci, penempatan kata kunci,
terakhir media sharing. Nanti mungkin akan dibahas detailnya ya di artikel blog
aku berikutnya.
Melihat
manfaat diatas, aku pun menjadi tertarik untuk mencari tahu bagaimana sih cara
kerja Google dalam memberikan peringkat di sebuah kata kunci yang tercantum
pada sebuah artikel atau konten.
Contoh
kecil waktu aku lagi mau cari salah satu lagu dari band gambus Sabyan. Saat itu
aku lupa judul lagunya apa. Ketika aku tanya ke adik aku saja, dia bingung yang
aku maksud itu apa, sebab yang teringat hanya liriknya yang ada ‘hmm..hmm..”
Tidak
heran Google sering kita sebut ‘Mbah’ Google karena punya data apa saja yang
kita butuhkan. Bukan hanya lagu saja, cerita sejarah tahun 1920 saja bisa kita
dapatkan dari mesin pencari Google. Tentu semua itu bisa kita dapatkan dari beberapa
kata kunci yang relevan.
Cara Kerja Mesin Pencari Google
Dari informasi yang aku dapatkan
dari beberapa artikel, ada tahapan bagaimana cara Google bekerja. Aku coba
rangkum dan semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.
1. Tahapan Proses Index
Dalam proses indexing ini, Google akan memberitahukan kepada kita website yang
mengandung kata kunci atau keyword yang relevan yang sedang kita cari di kolom
search Google.
Pada tahapan proses indexing ini,
di awali dengan pengumpulan informasi-informasi dari website yang ada dan
proses ini dinamakan crawling.
Nah pada proses crawling ini menggunakan kode-kode yang
bekerja mengunjungi link-link untuk di jelajahi dan kode ini disebut dengan Spider.
Sudah bisa ditebak darimana
Google bisa mengumpulkan semua informasi bukan? Iya benar, dari si Spider yang menjelajahi beberapa link.
Karena itu tidak heran segala informasi baik itu berupa alamat, url, judul, isi
suatu artikel dan sebagainya dikumpulkan oleh Google ke dalam sebuah data base
besar.
Pada tahap proses pengumpulan inilah
yang disebut indexing. That’s why,
ketika teman-teman mencari sesuatu di Google dengan menggunakan kata kunci,
Google langsung memberikan informasi-informasi yang teman-teman butuhkan
melalui kata kunci yang relevan.
2. Tahapan Proses Algoritma
Sehabis tahap index, selanjutnya
adalah tahapan proses algoritma. Dari artikel yang aku sudah baca-baca, yang
namanya algoritma itu selalu berubah-ubah setiap waktu, bisa jadi kata kunci
yang sudah kita pergunakan pada artikel di website kita dan menduduki posisi
terbaik di mesin pencari bisa saja berubah.
Artinya, kita diminta untuk siap
dengan segala kondisi perubahan dan tentu mendapatkan kata kunci yang sesuai
dengan algoritma Google. Tidak hanya itu, kita perlu membuat artikel yang
berkualitas agar bisa tetap tampil di halaman pertama.
Konten atau artikel yang
berkualitas inilah menjadi salah satu alasan mengapa Google menyediakan
algoritma sedemikian rupa yang cenderung berubah-ubah.
Tidak hanya itu, ada beberapa
faktor yang mempengaruhi bagaimana algoritma Google bekerja dalam memberikan
peringkat terbaik bagi konten atau artikel yang mengandung kata kunci.
- Faktor Kata Kunci. Gunanya kata kunci adalah untuk mengidentifikasi sebuah artikel. Oleh sebab itu sangat penting meletakkan kata kunci dengan tepat, sehingga dapat membantu cara kerja algoritma Google dengan baik dan efektif.
Agar kata kunci yang kita gunakan dapat bekerja dengan optimal, kita bisa mencantumkan kata kunci pada judul artikel, pada paragraph awal artikel dan terakhir cantumkan keywords pada link text.
- Link. Aku pernah ikut kelas mengenai SEO pada blog, di kelas itu diberitahu bahwa jika ada sebuah website yang mendapatkan referensi dari website lain maka website tersebut akan mendapatkan nilai yang bagus di mata mesin pencari Google.
Bagi para blogger pasti paham
bahwa sebuah link itu sering dikaitkan dengan yang namanya PageRank, dimana jika blog kita memiliki PageRank tinggi, sudah pasti bisa mendapatkan kesempatan untuk
tampil di halaman awal Google.
Tapi perlu diingat bahwa kata
kunci yang tepat tetap menjadi nomor satu untuk bisa mengoptimalkan blog atau
website bisnis kita.
Kurang lebih inilah yang aku pahami setelah baca beberapa informasi mengenai proses bagaimana google merangking sebuah keyword. Semangat melakukan riset kata kunci ya teman-teman, aku pun juga masih proses belajar nih.
Semoga artikel aku ini bermanfaat
dan see you on my next blog post.