Senang Jualan Di Blibli, Pasti Gratis Ongkir!

Tidak ada komentar

 

Senang Jualan Di Blibli, Pasti Gratis Ongkir!

Assalamu'alaikum,

Sudah pertengahan tahun saja ya tidak terasa. Artinya waktunya bagi aku nih untuk mengevaluasi penjualan bisnis aku selama 6 bulan kemarin ini. Terutama penjualan AHP di Blibli sebagai Blibli Seller. Di 6 bulan kemarin aku sangat terbantu dengan adanya program gratis ongkir tanpa biaya siluman yang ada di Blibli.

Karena adanya program gratis ongkir, maka tentu saja pembeli senang berbelanja AHP. Jadinya penjualan AHP di Blibli tetap ada transaksi pembelian. Untuk promosi toko mudah di Blibli Seller ini, benar-benar sangat menolong kita para Blibli Seller.

Senang Jualan Di Blibli, Pasti Gratis Ongkir!

Gratis Ongkir Tanpa Biaya Siluman

Maksudnya siluman disini bukan hantu ya gaes hehehe. Tapi maksudnya adalah tanpa ada biaya lain-lain lagi karena benar-benar Gratis Ongkir. jadi baik itu pembeli maupun para Blibli Seller itu tidak dikenakan biaya atau potongan tambahan untuk mendapatkan Gratis Ongkir.

Jujur awalnya aku agak ragu ya, karena pernah sih jualan online di toko online yang ada promo gratis ongkir, tapi ternyata malah potong keuntungan dari kita para seller. Nah, kemarin ini sebelum aku buka toko di Blibli, aku coba tanya-tanya dulu ke customer servicenya Blibli.

Masya Allah, responnya tuh cepat, informasinya detail, pokoknya helpfull banget deh CSnya sama kita tuh, baik calon seller atau calon buyer. Dari sini saja aku sudah "Jatuh Cinta" sama pelayanannya.

Akhirnya aku buka toko juga di Blibli dan kebetulan saat itu sedang ada promo bagi kita yang mau buka toko di Blibli atau istilahnya bagi kita yang mau jadi Blibli Seller. Aku lupa ya waktu itu promonya apa (soalnya sudah 1 tahun lalu sih) dan tanpa pikir panjang, aku langsung saja deh registrasi.

Teman-teman bisa cek juga langkah mudah buka toko di Blibli di artikel aku sebelumnya yang : "Ini Dia Alasan Aku Jualan di Blibli". Teman-teman pun bisa pakai kode aku untuk dapatkan banyak promosi di awal teman-teman buka toko di Blibli. Silahkan bisa pakai kode aku ya dengan klik link ini http://blib.li/BL01

Back to Gratis Ongkir, nanti tuh para pelanggan atau pembeli kita, ketika akan belanja dan klik produk kita, akan secara otomatis dapat menggunakan voucher gratis ongkir. Tapi ada beberapa ketentuan nih, seperti ketentuan yang ada di gambar ini ya.

Gratis Ongkir di Blibli

Ada beberapa catatan juga nih yang perlu diketahui:

  1. Biaya pengiriman yang dipilih tentunya akan ditentukan dari total berat produk serta lokasi pengiriman.
  2. Kalau mau menggunakan voucher Gratis Ongkir, teman-teman perlu sekali verifikasi nomor HP dulu. Karena voucher ini hanya bisa digunakan bagi yang sudah verifikasi. Jadi jangan lupa ya.
  3. Tetap ada minimum transaksi dong. Nah minimum transaksinya adalah dari total produk reguler yang kamu belanjakan. Nanti dipotong kode promo atau voucher belanja dan diluar ongkos kirim.
  4. Teman-teman bisa gabungin deh tuh beberapa produk belanjanya dalam 1 kali transaksi, agar bisa tercapai minimum transaksi.

Dengan manfaat ini, calon pembeli jadi lebih tertarik untuk berbelanja di Blibli. Jadi pastikan teman-teman sudah buka toko di Blibli ya.

Promosi Toko Mudah Di Blibli

Setelah buka toko terus bingung bagaimana cara promosinya? Jangan bingung-bingung, sebab di Blibli itu ada pelatihan untuk para Blibli Seller pemula yang mau menaikkan penjualan.

Nanti disitu akan dikasih tahu banyak hal, seperti bagaimana caranya melakukan promosi toko dengan mudah melalui Blibli Seller, bagaimana memanfaatkan fitur-fitur promosi yang ada di Blibli dan masih banyak lagi. Intinya teman-teman pemula no worries deh. Tidak akan ada deh tuh yang namanya kebingungan jualan di Blibli.

Aku mau kasih nih sedikit sharing yang aku dapatkan dari Blibli, yaitu bagaimana melakukan promosi manjur agar bisa mendapatkan hati para pembeli.

  1. Aktivasikan Promo Voucher Seller, Combo, Grosir dan Diskon. Kesemua promo ini sangat manjur lho, sebab dapat membuat daya tarik bagi para calon pembeli
  2. Dalam Satu Waktu, Buat Promo Di Toko Blibli Minimal 3 Jenis Promo. Mengapa harus minimal 3 jenis? Ini sih saran yang terbaik ya, sebab calon pembeli kita bisa pilih mau pakai voucher promo yang mana. Bahkan nih, bisa menarik keinginan calon pembeli untuk membeli lagi dengan menggunakan voucher promo yang belum mereka ambil dari 3 jenis promo ini.
  3. Jangan Lupa Maksimalkan Fitur Rekomendasi Promo di Blibli Seller Center. Untuk membuat promosi jadi efektif, teman-teman perlu memaksimalkan Rekomendasi Promo yang ada di fitur "Semua Promo" di Blibli Seller Center.
  4. Ikut dan Daftarkan Produk Brand Kita Melalui Flash Sale dan Promo Tematik Blibli. Nah untuk promo ini sifatnya undangan atau diselenggarakan oleh pihak Blibli itu di periode tertentu saja. Misalnya Harbolnas, Ramadhan, Blibli Anniversary, Big Pay Day dan lain-lain.
  5. Coba Gunakan Bliklan dan Iklan Berbayar. Banyak keuntungan yang kamu dapatkan dengan menggunakan Bliklan dan Iklan Berbayar yang ada di Blibli. Seperti produk kita akan tampil di halaman aplikasi Blibli yang strategis. Dapat memperkuat branding toko, meningkatkan transaksi penjualan dan sudah pasti kalau penjualan meningkat maka akan banyak traffic yang baik ke toko online teman-teman.

Bagaimana? Sharing aku cukup detail kah? 😊. Aku sharing seperti ini karena aku sudah merasakan manfaat jualan di Blibli. Aku sudah manfaatin promo-promonya, merasakan keuntungan dari program Gratis Ongkir, fitur Voucher Promo, Voucher Seller sampai Bliklan yang sudah disediakan oleh Blibli.

Teman-teman terus saja pantau sosial medianya Blibli Seller (Sekalian saja di follow dan nyalain notifikasinya), supaya selalu mendapatkan update program-program dari Blibli. Ini link Instagramnya Blibli Seller dan Tiktoknya Blibli Seller. Sukses untuk bisnis onlinenya ya, semoga laris manis dan berkah selalu.

 


 

 

Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar Dalam Sistem Pendidikan

2 komentar

 


Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar Dalam Sistem Pendidikan

Assalamu'alaikum,

Sebagai seorang ibu yang memiliki anak yang masih sekolah, tentu pelajaran serta kurikulum belajar mereka sudah menjadi perhatian aku. Apalagi seperti yang kita sudah ketahui pendidikan di Indonesia saat ini sedang di galakkan kurikulum Merdeka Belajar yang di gagas oleh Mas Menteri dan juga Kemendikbud Ristek dan Teknologi.

Aku pernah share juga tulisan aku mengenai anak-anak ku yang aku pindahkan sekolahnya dari sekolah SDIT ke homeschooling di pandemi kemarin. Selama 2 tahun sekolah ini, lembaga homeschooling anak-anak aku, sebagian teachernya sudah menerapkan cara mengajar Guru Penggerak dengan kurikulum Merdeka Belajar (walau sepertinya belum menjadi Sekolah Penggerak).

Menjadi Bagian Dari Komunitas Ibu Penggerak

Aktifitas aku sehari-hari memang bekerja dari rumah (hal ini sudah aku lakukan dari sebelum pandemi), jadi aku punya banyak waktu juga untuk mengontrol belajar anak-anak di sekolah. Karena pedulinya aku akan pendidikan anak-anak, aku tertarik ikut menjadi bagian dari Ibu Penggerak dengan bergabung di SIDINA Community.

Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar Dalam Sistem Pendidikan
 

SIDINA Community adalah salah satu komunitas yang ditunjuk langsung oleh Kemendikbud untuk membantu mensosialisasikan kegiatan serta program-program yang diadakan oleh Kemendikbud kepada para Ibu-ibu di Indonesia melalui program Ibu Penggerak.

Sudah 2 tahun juga aku menjadi fasilitator Ibu Penggerak dan tentunya sangat senang karena aku pribadi jadi bertambah ilmu mengenai Kurikulum Merdeka yang sedang dicanangkan oleh Mas Menteri Nadiem Makarim.

Bergerak Bersama Berdaya Bersama

Selasa, 24 Mei 2022 kemarin aku kebetulan hadir ke undangan acara Rembuk Komunitas yang diadakan oleh tiga komunitas yaitu SIDINA Community, Komunitas Kami Pengajar dan Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka.

Dimana acara ini sebagai bentuk dari forum silaturahmi bersama dan salah satu rangkaian perayaan HARDIKNAS 2022, untuk mendorong jalannya program Merdeka Belajar, agar tercapainya Sumber Daya Manusia yang Unggul.  

Acara yang bertema 'Bergerak Bersama, Berdaya Bersama' ini turut dihadiri oleh Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) dan juga beberapa narasumber lainnya, antara lain:

  • Barry Mikhael CS, Content Manager Platform Merdeka Mengajar
  • Titien Suprihatien, SMPN 11 Kabupaten Batanghari Jambi
  • Rafid Mahlul, Leader Projects NGO Internasional
  • Muhammad Faisal, Fasilitator Program Merdeka Belajar - Kampus Merdekan (MKBM)
  • Mona Ratuliu, Founder ParenThink
  • Rosa Adelina, Ketua Program Ibu Penggerak 

Acara ini tujuannya tentu sangat banyak, antara lain:

  • Untuk mensosialisasilan serta menyebar luaskan program Merdeka Belajar dari akarnya secara masif
  • Salah satu upaya kolaborasi secara bersamaan antara Guru, Mahasiswa serta Orangtua dalam hal memberdayakan program Merdeka Belajar dari Kemendikbudristek ini, agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
  • Untuk dapat menyebar luaskan informasi yang ada secara tepat dan tentunya terpercaya. Sebab hal yang akan di informasikan menyangkut kebijakan-kebijakan dari Kemendikbudristek, khususnya mengenai program Merdeka Belajar ini

Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar Dalam Sistem Pendidikan

Komunitas sendiri merupakan garda terdepan dalam gerakan sosialisasi program Merdeka Belajar, sehingga program Merdeka Belajar ini akan terwujud dengan baik ke lapisan anak-anak bangsa. Tentunya Kemendikbudristek tidak dapat bekerja sendirian tanpa dukungan serta peran aktif dari para komunitas dan masyarakat.

Menurut Mas Menteri Nadiem, "Saya dari dulu bilang bahwa gerakan Merdeka Belajar harus menjadi gerakan bukan hanya kebihakan atau tidak akan mendarah daging, membudaya di institusi pendidikan dan di masyarakat."

Rekomendasi dari Tiga Komunitas

Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar Dalam Sistem Pendidikan

Di acara Rembuk Komunitas kemarin itu, Tiga Komunitas ini yaitu Kami Pengajar, SIDINA Community dan Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka membuat rekomendasi mengenai program Merdeka Belajar.

Rekomendasi dari Komunitas Kami Pengajar

Rekomendasi pertama dibacakan oleh Luh Eka Yanthi selaku Koordinator Regional Bali Nusa Tenggara Komunitas Kami Pengajar. Yang mana isinya adalah program Merdeka Belajar menjadi kunci sukses di masa pasca pandemi dalam hal pemulihan pendidikan.

Harapan dari Komunitas Kami Pengajar adalah agar Kemendikbudristek untuk dapat meilbatkan guru serta sekolah dalam hal menyukseskan program Merdeka Belajar ke seluruh satuan pendidikan yang ada di Indonesia. 

Tentu saja perlu adanya sinergi antar Guru Penggerak serta Sekolah Penggerak, Komunitas Guru, agar program Merdeka Belajar ini dapat menjadi sebuah gerakan besar dalam hal menciptakan perubahan kualitas dan mutu pendidikan.

Rekomendasi dari Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka

Setelah dari komunitas Kami Pengajar, pembacaan rekomendasi selanjutnya adalah dari Rizal Maula selaku Koordinator Nasional Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka. Harapannya adalah agar Kemendikbudristek juga dapat memberikan support dalam program Mahasiswa Penggerak.

Dimana tujuannya untuk dapat memberikan dampak yang lebih luas dan alumni dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dapat diajak bersama-sama menggerakkan serta menyukseskan Merdeka Belajar di tingkat perguruan tinggi.  

Tapi benar lho, aku sendiri baru tahu ada juga program Mahasiswa Penggerak dan ternyata juga sudah ada banyak alumni program MBKM di seluruh Indonesia.

Rekomendasi dari SIDINA Community

Rekomendasi yang disampaikan oleh Susi Sukaesih selaku Founder SIDINA Community, menyatakan bahwa SIDINA Community adalah sebagai komunitas yang mendorong para Orangtua untuk dapat aktif terlibat dalam penerapan serta sosialisasi Merdeka Belajar. Dengan dukungan penuh dari Kemendikbudristek, sehingga program Merdeka Belajar ini bisa menjadi gerakan bagi semua Orangtua.

Harapannya adalah Kemendikbudristek dapat memberikan ruang kolaborasi yang lebih luas dan besar untuk para orangtua, agar dapat terlibat dalam berbagai program pemajuan pendidikan. 

Setelah rekomendasi dari tiga komunitas sudah dibacakan dari para masing-masing perwakilan komunitas, Mas Menteri Nadiem maju kedepan untuk memberikan kata sambutan dan apresiasi serta menerima rekomendasi dari ketiga komunitas ini yaitu Kami Pengajar, SIDINA Community dan Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka.

Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar Dalam Sistem Pendidikan

Kata Mas Menteri Nadiem,"Ini tidak akan terwujud tanpa kolaborasi yang erat anatara guru dan orangtua". Jadi perlunya keterlibatan semua pihak dalam mendorong program Merdeka Belajar ini. Agar anak dapat menjadi Pelajar Pancasila yang berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif.

Senang sekali aku bisa hadir di acara Rembuk Komunitas kemarin, karena banyak insight dan semangat juga membantu mensosialisasikan program Merdeka Belajar ini ke sesama orangtua terutama. Sebab, kalau tidak kita yang peduli terhadap pendidikan anak-anak kita, maka siapa lagi yang peduli. Yuk Mom, Ayah, kita sama-sama dukung program Merdeka Belajar ini demi anak-anak kita yang akan menjadi penerus generasi bangsa.   





 
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id  


Tips Dalam Menjaga Keamanan Data Di Ruang Digital

Tidak ada komentar

 

Tips Dalam Menjaga Keamanan Data Di Ruang Digital
 

Pernah menerima notifikasi via SMS (Short Message Service) dari aplikasi-aplikasi yang menawarkan jasa atau produk-produk mereka. Lalu kita pun terkadang bingung dan bertanya-tanya, darimana mereka mendapatkan data kita. Artinya kita perlu tidak sih menjaga kemananan identitas diri di era digital?

Sudah pasti jawabannya perlu sekali, walau kita bingung bagaimana cara mengkontrolnya agar data kita tidak tersebar. Kebetulan pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 kemarin aku ikut Community Workshop yang bertema "Keamanan Di Ruang Digital".

Tips Dalam Menjaga Keamanan Data Di Ruang Digital

Di workshop Keamanan Di Ruang Digital diadakan talkshow dari narasumber Mas Andri Hutama Putra (Presiden Director of ITSEC Asia) dengan Teh Ani Berta (Content Writer dan Founder dari komunitas Indonesian Social Blogpreneur - ISB).

Tips Dalam Menjaga Keamanan Data Di Ruang Digital

Baik Mas Andri juga Teh Ani, menyarankan bahwa keamanan data di ruang digital tentu dimulai dari diri kita juga, dengan mulai tidak sembarangan memberikan data pribadi melalui postingan-postingan kita di sosial media. Berikut ini adalah Tips yang aku dapat dari workshop kemarin.

1. Stop Klik URL Yang Tidak Dikenal!

Tidak hanya melalui email, tapi terkadang sering sekali kita mendapatkan informasi HOAX berupa berita yang di dalamnya ada link hidup untuk kita klik, yang mana sering sekali beredar melalui aplikasi Whatsapp atau sosial media kita lainnya.  

Jika menemukan pesan seperti ini, yang perku teman-teman lakukan adalah STOP untuk meng-klik link tersebut dan juga STOP untuk men-share lagi. Sebab, link tersebut bisa jadi adalah link virus yang tidak hanya akan membuat sosial media kamu di hack tapi bisa juga menarik semua data pribadi kita.

2. Mulai Mengaktifkan (2FA) Two Factor Authentication!

Two Factor Authentication aatau yang kita kenal 2FA adalah sebuah sistem lapisan keamanan tambahan, yang fungsinya untuk melindungi akun kita dari virus jahat atau hacker. Paling tidak dapat di minimalisir hacker yang akan membobol email atau Instagram kita. Sebab dengan fitur 2FA ini, para hacker atau virus tidak dapat masuk dengan mudah.

3. Perlu Juga Aktifkan fitur Secure Socket Layer

Sertifikat Secure Socket Layer (SSL) merupakan sistem standard yang dapat melindungi website atau blog teman-teman. SSL dapat mengamankan koneksi internet antara server kita dengan browser. Otomatis website kita akan terenkripsi juga terlindungi dari pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab karena ingin membobol data yang ada di website kita.  

4. Ubah Password Secara Berkala

Mas Andri bilang bahwa jangan pernah membuat sebuah password yang ada hubungannya dengan kita. Seperti nama kita, tanggal lahir, nama orang-orang terdekat. Karena akan mudah di tebak oleh para hacker yang mau ambil data kita. Lalu lakukan perubahan kata sandi atau password secara berkala paling tidak setiap tiga bulan sekali.

5. Gunakan Password Yang Alay

Nah, tips ini di sharing dari Teh Ani, kata Teh Ani, nama di sosial media atau email kita, jangan gunakan kata alay, tapi password perlu pakai kata alay. Aku setuju juga sih dengan tips ini. Semakin alay, semakin sulit untuk orang jahat untuk meretas dan masuk ke sosial media, email, bank dan sebagainya.

Tentu 5 tips di atas sangat bermanfaat sekali. Sebab seperti kita ketahui bahwa, saat ini pertumbuhan penggunaan internet yang sangat pesat, tidak di barengi dengan adanya pertumbuhan akan kesadaran dari masyarakat untuk meilndungi data pribadinya.

Hal ini juga sebagai reminder untuk aku nih sebagai seorang content creator juga blogger untuk menjaga agar tidak sembarang share data diri dan tentunya aku juga perlu nih pasang SSL di semua blog dan rutin mengubah password per tiga bulan.

Kenalan Dengan ITSEC Asia

Tips Dalam Menjaga Keamanan Data Di Ruang Digital

Ketika masuk ke ruangan workshop, aku tuh penasaran sama ITSEC Asia ini tuh perusahaan apa? Aku menebak sih yang pasti perusahaan yang bersahabat dengan seputar dunia digital. ITSEC Asia ternyata memang perusahaan yang tidak jauh-jauh dari dunia digital, yaitu perusahaan cyber security yang terbesar lho di Asia Pasific. 

ITSEC Asia berdiri tahun 2004 yang awalnya adalah ITSEC Indonesia, lalu tahun 2010 karena ITSEC semakin berkembang hingga ke asia, maka nama perusahaannya diganti menjadi ITSEC Asia. Hebat yaa bisa berkembang sampai ke negara Asia Pasifik.

ITSEC sendiri sudah memiliki 450 klien dan juga ada beberapa karyawan di Singapore, Thailand, Dubai hingga Australia yang dibiayai oleh Stone Tree Group. Misi dari ITSEC Asia adalah dapat memberikan keamanan digital baik itu individu atau perorangan juga perusahaan.

Senang sekali bisa ikut workshop Keamanan Di Ruang Digital bersama ITSEC dan juga Teh Ani Berta. Semakin membuat kita semua jadi sadar dan mawas diri akan data pribadi di ruang digital. 




Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati

Tidak ada komentar

Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati

Literasi emosi adalah kemampuan untuk memahami emosi diri sendiri, kemampuan untuk mendengarkan orang lain dan berempati dengan emosi-emosi mereka, serta kemampuan untuk mengekspresikan emosi secara adaptif" - Steiner, 1997


Assalamualaykum,

Di artikel kali ini aku mau bahas mengenai Literasi Emosi. Pembahasan ini adalah sedikit dari kesimpulan buku Literasi Emosi Intelligence with A Heart yang ditulis oleh Dandy Birdy dan Diah Mahmudah. Kebetulan buku ini aku dapat dari komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) dan rasanya sayang sekali buku sebagus ini tidak aku review. 

Btw, apakah ada yang baru mendengar istilah Literasi Emosi? Aku pun sama baru mendengar istilah ini dan hal ini sangat menarik untuk aku pelajari dan aku pahami. Apalagi literasi emosi ini penting sekali bagi kita untuk di praktekkan ke kehidupan sehari-hari kita.

Apa Itu Literasi Emosi?

Literasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kemampuan menulis dan membaca. Sedangkan dalam Education Development Center (EDC) menyatakan bahwa literasi merupakan kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya.

Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati


Jadi kesimpulannya adalah kemampuan membaca kata juga dunia. Lalu untuk literasi emosinya dalam konteks dunia kesehatan mental adalah sebuah kompetensi untuk membaca dunia emosi .

Buku Literasi Emosi yang ditulis oleh Dandy Birdy dan Diah Mahmudah ini memiliki misi untuk dapat memberdayakan keluarga: help people to help themselves. Yaitu di harapkan di setiap keluarga memiliki literasi emosi yang baik agar kesehatan mental keluarga itu juga membaik. Keluarga yang dimaksud adalah keluarga di rumah, sekolah, lingkungan pekerjaan bahkan di komunitas.

Asah Hati Dengan Empati

Seperti yang sudah aku info diatas bahwa artikel aku ini adalah menjabarkan poin-poin kesimpulan buku Literasi Emosi dari versi aku. Teman-teman bisa membacanya sendiri nanti dan aku meng-highlight yang penting untuk dibahas menurut aku. 

Di buku ini, teman-teman akan diberikan pemahaman mengenai cara dekat dengan dunia rasa dan emosi. Rasa dan Emosi memiliki arti dan makna yang berbeda tetapi keduanya saling berkaitan. 

Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati


Fungsi Emosi sendiri adalah sebagai:

  • Messanger - Jalan untuk menyampaikan pesan dan kebutuhan diri kepada lingkungan sosial.
  • Survival - Fitur unik alami bagi manusia untuk mempertahankan hidupnya.
  • Energizer - Energi (daya) yang mampu menggerakkan tubuh dan jiwa ke pencapaian sebuah tujuan.
  • Spiritualizer - Fitur unik bagi manusia agar senantiasa terhubung dan mengingat Allah SWT.

Peran orangtua dalam kehidupan emosi anak adalah dengan modal BE A MOM yaitu Body Language atau bahasa tubuh anak, Emphaty yaitu dari hati ke hati, Active Listening yaitu mendengar dunia anak dengan penuh atensi, Mindfulness yaitu hadir tanpa menghakimi, Optimist yaitu memberikan energi positif pada anak serta terakhir adalah Micro counselling yaitu menguasai teknik konseling.

Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati


Dengan konsep BE A MOM tadi, maka sebagai orangtua perlu mengasah hati dengan empati. Kata Empati pertama kali dikenalkan tahun 1909 oleh E.B. Titchener dan arti Empati menurut Turnet et al adalah kemampuan untuk mengenali, menghargai dan memahami keadaan pikiran atau emosi orang lain untuk menerima ide dan perspektif baru dan untuk menghargai perbedaan juga keragaman pada orang lain.

Selain itu ada juga pemahaman mengenai Asah Hati Dengan Empati, dimana ada tiga jenis Empati yaitu:

  • Empati Afektif  (Affective Emphaty) yaitu anak sensitif dalam membaca dunia rasa dan emosi orang lain, baik bahasa lisan, bahasa tubuh dan bahasa rasanya.
  • Empati Kognitif (Cognitive Emphaty), yaitu anak dapat memahami perbedaan atau keunikan setiap manusia tanpa menghakimi.
  • Empati Welas Asih (Comppasionate Emphaty), yaitu anak dapat mengidentifikasi kebutuhan dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan tanpa diminta.

Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati


Lalu, apa sih manfaat mengasah Empati pada anak? Ada istilah 6 M manfaat dari mengasah Empati pada anak yaitu:

  1. Memudahkan anak menjalin pertemanan dengan berbagai kalangan Anak. Dengan ini maka anak-anak akan lebih menghargai perbedaan dan nyaman terhubung secara emosional dengan teman yang homogen juga heterogen.
  2. Merekatkan hubungan sosial yang harmonis atas dasar kasih sayang. Anak akan belajar menjadi anak yang ringan tangan, pengasih dan penyayang. Dengan begini, anak-anak kita akan dapat menciptakan keharmonisan hubungan pertemanan secara jangka panjang.
  3. Memudahkan bernegosiasi. Anak-anak akan dapat belajar bagaimana bernegosiasi tanpa menyakiti satu sama lain, sehingga tercipta solusi yang bersifat win-win solution.
  4. Memudahkan berkolaborasi. Anak-anak akan belajar untuk melakukan kerjasama dengan teman-temannya.
  5. Memperkuat kreativitas. Kreativitas anak akan menjadi terasah, sebab anak-anak mau membuka dirinya untuk menerima perbedaan wawasan dan gagasan dari teman-teman dan lingkungan sekitarnya.
  6. Memperkuat konsep diri yang positif (Sosok Abudance Mentality). Seiring dengan mendapatkan sejumlah manfaat di atas anak merasa nyaman menjadi dirinya sehingga terbangunlah konsep diri yang positif pada anak.

Tahap Mengelola Emosi

Pengelolaan emosi alangkah baiknya mulai dikenalkan kepada anak ketika anak sudah menginjak usia 7 tahun ke atas. Sebab di usia itu anak-anak sudah mulai mengenal apa itu dunia rasa dan emosi. 

Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati


Ada tiga tahap mengelola emosi yaitu :

  • Kanalisasi yaitu dengan mengalirkannya dalam media yang sesuai dengan momen yang dialami anak.
  • Stabilisasi yaitu dengan melakukan emotional focused coping dengan teknik kanalisasi juga relaksasi. Lakukan juga dengan mencari solusi untuk dapat menuntaskan masalah. Terakhir lakukan spiritual focused coping.
  • Spiritualisasi, yaitu adanya penerimaan, kelapangan hati yang disertai dengan sikap pasrah (tawakal) kepada Allah.

Berikut ini manfaat cerdas mengelola emosi yaitu dengan metode 6M. Apa saja itu?

  1. Memiliki kehidupan pikiran yang sehat. Anak memiliki pikiran rasional yang mampu menalar segala hal dengan akal terbaiknya dan mampu mendorong lahirnya aksi solutif
  2. Memiliki kebugaran fisik yang sehat. Anak memiliki kesehatan fisik yang baik, vitalitas kuat (bugar), yaitu kualitas tidur yang baik.
  3. Memiliki kehidupan sisal yang sehat. Anak memiliki keterampilan sosial aserttif, memiliki peluang besar untuk meraih hidup produktif dan harmonis dengan lingkungan sosial. Anak memiliki mental bonding yang kuat dengan orangtua juga orang terdekat.
  4. Memiliki kehidupan Spiritual uang sehat. Anak memiliki koneksi yang baik dengan Maha Pencipta.
  5. Memiliki konsep diri yang baik dengan semua manfaat di atas, kesejahteraan mental anak makin optimal dan konsep diri anak pun menguat.
  6. Memiliki kualitas resiliensi yang kuat pada anak. Ketika mengalami benturan kehidupan anak memiliki cara sehat untuk menangani dan mamou bangkit kembali dengan kesehatan mental yang lebih baik dari sebelumnya.

Masya Allah, keren banget kan isi bukunya? Inilah kesimpulan poin-poin yang aku dapatkan dari buku Literasi emosi. Yuk, dibeli bukunya, karena buku ini juga ada jurnalnya yaitu jurnal emosi, jurnal komunikasi asertif, jurnal empati, jurnal pemaaf, jurnal ilmu dan jurnal syukur, harapan serta doa yang bisa dipelajari dan diisi.

Jujur buku ini memang awal terlihat berat ya, tapi kalau kita bacanya dengan khusyuk dan tidak terburu-buru, akan tambah paham dan benar-benar bermanfaat sekali buku ini. Kalau teman-teman mau dapatkan buku ini, bisa DM langsung untuk order ke IG Teh Diah Mahmudah

Jika kita sebagai orangtua yang sayang dan peduli akan mentalitas anak serta tumbuh kembang mereka, maka yuk segera kita berikan asupan bergizi tentang literasi emosi.









Pentingnya Ruang Tidur Yang Nyaman Bagi Kebahagiaan

Tidak ada komentar

 

Pentingnya Ruang Tidur Yang Nyaman Bagi Kebahagiaan

Assalamualaikum,

Tidur adalah salah satu bentuk dari istirahat setelah menjalani beragam aktifitas seharian. Karena itu, tidur yang cukup akan memberikan tenaga lagi bagi tubuh. Agar memiliki tidur yang cukup dan berkualitas, maka perlu tempat yang nyaman. Salah satunya adalah kamar tidur. Yess.... Kamar tidur yang nyaman kunci bahagia.

Kalau sudah bahagia, maka kita akan semakin produktif, kreatif dan tentu juga sehat. Tidur dapat membantu memberikan kemampuan berpikir pada otak meningkat. Mengetahui hal ini, aku jadi semangat untuk memperhatikan ruang tidur aku dan membuat tempat tidur aku pun menjadi nyaman.

Tips Mendapatkan Istirahat Yang Cukup

Di rumah aku, aku selalu biasakan anak-anak pada tidur siang, sebab selain juga sehat, tidur siang sunnah rosul lho di Islam. Satu jam saja juga cukup kok, yang penting bisa menghilangkan penat dan mengistirahatkan otak dari segala kegiatan sejenak.

Mau itu tidur siang atau tidur malam, keduanya sama-sama penting. Nah agar memiliki tidur yang berkualitas, ini ada tips mendapatkan istirahat yang cukup.

1. Minimalisir Cahaya Di Dalam Kamar Tidur atau Ruangan

Mata kita akan refleks melek kalau melihat cahaya, oleh karena itu, ketika akan tidur, sebaiknya cahaya di dalam ruang atau kamar tidur tidak terlalu terang. Tutup korden jendela terlebih dahulu agar efek cahaya di siang hari tidak terlalu masuk ke dalam kamar, begitu juga dengan lampu kamar.

2. Matikan Perangkat Elektronik Yang Ada

Ketika tidur juga butuh ketenangan, ada yang terbiasa mendengarkan musik ketika akan tidur. Sebab musik yang ritmenya lembut dapat memberikan efek menenangkan. Tetapi ada juga yang ketika tidur itu butuh ketenangan, kesunyian tanpa ada suara apapun.  

3. Ciptakan Suasana Kamar Yang Nyaman

Suasana kamar yang nyaman tidak perlu harus serba mahal. Ruangan yang tidak panas, pemilihan warna ruang kamar yang adem (tidak mencolok apalagi berlebihan) juga menggunakan tambahan material yang menambah suasana nyaman. Dijamin deh tidur kita bisa pulas.

Pentingnya Ruang Tidur Yang Nyaman Bagi Kebahagiaan

Ternyata memiliki ruang tidur yang nyaman itu penting bagi kebahagiaan kita lho. Kalau tadi aku sudah share tips mendapatkan istirahat yang cukup, sekarang apa saja perlengkapan tidur yang perlu kita siapkan agar tidak hanya mendapatkan tidur yang berkualitas tapi juga kebahagiaan.

  • Jenis Bantal. Tahu dong ya bantal dan guling, kita gunakan sebagai penopang kepala atau badan kita saat tidur. Kalau bantalnya keras, kaku atau bau, pasti banget tidur jadi tidak nyaman. Pilihlah bantal yang pas dengan tubuh kita, jangan sampai terlalu tebal atau terlalu tipis.
  • Jenis Tempat Tidur. Ingat banget dulu waktu kecil, aku sempat merasakan tidur dengan alas kasur dari kapuk. Walau dipakaikan sprei, terkadang jahitan kasurnya suka robek. Kalau sudah robek akibatnya kapuk-kapuknya suka keluar dan berterbangan. Selain itu juga tidak empuk gengs. Tapi syukur deh itu hanya sebentar saja, pas sudah SD, sudah mulai merasakan kasur dengan spring bed.
  • Selimut atau Bed Cover. Karena kita tinggal dan hidup di Indonesia yang iklimnya tropis, jadi pemilihan bahan selimut juga penting. Jangan yang terlalu tebal juga. Pilih yang ringan dan menyerap keringat juga ya.  
  • Sprei. Penting sekali memilih bahan sprei dan bantal guling yang nyaman dan adem. Sebab akan membuat kita tidur dengan nyenyak serta tidak kepanasan. Banyak bahan sprei yang sering digunakan seperti sutra, flanel, polyester, serat bambu dan katun yang paling sering digunakan.

Kebayang tidak sih jika bahan sprei tempat tidur kita panas. Selain tidur tidak nyenyak yang berakibat jadi kurnag tidur, hawanya jadi emosi juga ya kan.Makanya pilihlah bahan sprei yang adem dan tidak berserat.

Salah satu rekomendasi sprei yang nyaman, berkualitas, harga terjangkau adalah sprei dari brand Kintakun. Kenapa aku bilang sprei dari Kintakun ini recomend? Karena aku sudah merasakan sendiri bahannya yang lembut dan nyaman. 

Pentingnya Ruang Tidur Yang Nyaman Bagi Kebahagiaan
 

Tidak hanya sprei untuk tempat tidur aku saja tapi juga anak-anak menggunakan sprei dari Kintakun. Banyak motif, ukuran serta tipenya. Kalau di kamar aku, aku pilih sprei Kintakun Kiyowo series, dan aku pilih yang D'Luxe Nirmana. Bahannya ini dibuat dari kain Micro Tex, benar-benar lembut, ringan, adem dan bikin betah lama-lama di tempat tidur.

Untuk ukuran ada beragam ukuran yang bisa kita pilih, yaitu :

    Super King 200 x 200 cm
    King 180 x 200 cm

    Queen 160 x 200 cm
    Extra Single 120

Lalu apa saja kelebihan dari D'LUXE NIRMANA Edition seperti sprei yang aku pilih ini?
- Merupakan koleksi motif terbaru Kintakun di awal 2022
- Bahanya yang terbuat dari microtex yang memiliki kualitas tinggi
- Dibuat dengan
teknologi Hi-Breath, sehinga spreinya menjadi lebih sejuk dan nyaman di kulit dengan
- Sudah pasti Super Lembut & Paling Awet
- Harga jangan khawatir deh, pokoknya terbaik di kualitasnya
- Sangat Nyaman sekali untu digunakan


Tidak perlu khawatir akan motifnya. Ada banya varian motif KIYOWO SERIES
1. D'LUXE NIRMANA
- Kartika
- Tarani
- Gista
- Candrika
- Adisti - Exclusive hanya di shopee
- Gian - Exclusive hanya di  shopee
- Andari - Exclusive hanya di Lazada

2. D'LUXE KIRANA
- Indira
- Citra
- Candramawa

Pentingnya Ruang Tidur Yang Nyaman Bagi Kebahagiaan

Sudah tidak perlu ragu bingung lagi sekarang kalau mau pilih sprei. Pilih saja sprei dari Kintakun ini, brand ambasadornya saja Oppa Ji Chang Wook, aktor Korea yang super ganteng itu. Belinya juga mudah, bisa cari di beberapa e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee.

Untuk promo serta update terbaru dari Sprei Kintakun ini, temna-teman bisa pantengin sosial media serta websidenya ini:
    Website: www.kintakun.co.id
    Instagram: @kintakun_collections
    TikTok: @kintakunbedcover
    Youtube: Kintakun Collections

Jadi yuk ciptakan ruang tidur yang nyaman bagi kebahagiaan kita juga. Ayo sama -sama Bangunkan Kebaikan Berawal dari kamar #darikamaruntukindonesia #berawaldarikamar bersama Sprei Kintakun. Selamat memiliki kualitas tidur yang terbaik ya and see you on my next blog post.


 






Co-Branding VS Co-Marketing

Tidak ada komentar

 

Co-Branding VS Co-Marketing


Assalamualaykum,

Kemarin aku buka-buka catatan dari kelas bisnis yang aku ikuti. Terus ketemu sharing mengenai Co-Branding dan Co-Marketing. Dalam menjalankan bisnis, kedua strategi ini sangatlah penting juga sebagai bisnis owner pahami. 

Co-Branding dan Co-Marketing tentu memiliki perbedaan arti dan strategi. Bagi teman-temann yang sedang membangun bisnis, perlu belajar kedua hal ini untuk pengembangan bisnisnya teman-teman. Kali ini aku mau bahas arti dan strategi dari keduanya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Co Branding?

Co-Branding adalah kerjasama antara dua brand dengan menciptakan satu produk baru yang akan dijual. Dengan tujuan memperluas pangsa pasar dan tentu saja income dari masin-masing brand yang bekerjasama ini.  

Tentu saja dengan kolaborasi ini, tetap memberikan identitas masing-masing brand. Kita ambil contoh co-branding adlah ketika Oreo bekerjasama dengan Supreme. Teman-teman tentu ingat dong ya ketika Orea mengeluarkan produk khusus yang limited edition yaitu Oreo Supreme?

Bentuknya tetap bentuk Oreo, tetapi tulisannya adalah Supreme dan menciptakan warna baru yaitu warna merah sebagai identitas baru untuk kolaborasi ini.

Lalu apa saja kelebihan dari Co-Branding ini?

  • Akan mendapatkan tambahan customer baru, baik customer dari masing-masing brand (masing-masing loyal customer tentu saling membeli dan memfollow brand yang berkolaborasi dengan brand kesayangan mereka) dan bahkan yang awalnya bukan customer dua brand ini, setelah ada kolaborasi atau co-branding ini, menciptakan customer baru.
  • Meningkatkan brand recognition dari masing-masing brand.
  • Reputasi semakin meningkat setelah adanya kolaborasi .

Apa Yang Dimaksud Dengan Co-Marketing?

Kalau tadi kita sudah menyimak apa itu Co-Branding beserta kelebihannya, sekarang aku mau bahas mengenai Co-Marketing.

Kalau di co-branding, dua brand kolaborasi menciptakan satu produk baru, berbeda dengan co-marketing. Co-marketing juga kolaborasi antar dua brand atau lebih, yang mana kolaborasi ini berbentuk sama-sama mempromosikan brand keduanya.

Sebelum memulai kerjasama, ada baiknya teman-teman menganalisa dahulu brand yang akan diajak kerjasama. Dalam co-marketing ini, teman-teman bisa bekerjasama dengan brand yang sejenis dengan produk teman-teman, atau berbeda.

Analisanya menakup kelebihan, strategi promosi sampai pangsa pasarnya. Temukan kelebihan yang ada, sebab kelebihan dari brand yang akan kita ajak kerjasama nanti merupakan salah satu strategi kuat untuk menjalankan co-marketing nanti.

Demikian penjelasan aku mengenai Co-Branding dengan Co-Marketing. Kedua strategi ini bisa teman-teman jalankan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa dari bisnis teman-teman. So, selamat mencoba ya dan good luck!




Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental

Tidak ada komentar

 

Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental

 Assalamualaykum,

Ada disini yang senang menulis journal? Kalau zaman aku SD dulu nulis diary di buku diary yang warna warni kertasnya.Lalu pas SMP dan SMU karena sudah merasa bukan anak-anak lagi alias sudah remaja, bukunya sudah ganti jadi buku jurnal. Jadi journaling sudah lama aku lakukan, sebab buat aku menulis journal itu bikin bahagia.

Di journal, aku nulis apa saja, dari mulai to do list, catatan pengeluaran yang aku keluarkan (jika ada sesuatu hal penting), ide-ide untuk konten sampai catatan-catatan dari kelas seminar yang aku ikuti. Aku pun nulisnya pakai di gambar--gambar, pokoknya colorful pakai spidol. Inilah yang buat aku senang journaling, tidak hanya menulis saja tapi juga mewarnai buku journal aku sesuka aku.

Apa sih Journaling itu?  

Sebenarnya apa sih journaling itu? Journaling adalah salah satu kegiatan menuangkan perasaan, kegiatan atau apapun di sebuah buku dalam bentuk tulisan ataupun gambar. Saat ini journaling tidak hanya bisa kita lakukan di buku saja tapi juga bisa kita melakukan journaling dengan menggunakan digital. 

Menulis journaling itu beda dengan menulis diary. Kalau diary itu lebih kepada privasi ya. Jadi kita nulis apa yang kita rasakan, kita lakukan hari ini dan ungkapan emosi kita yang kita tuangkan ke dalam sebuah buku, dimana tidak ada orang lain yang boleh tahu.

Kalau journaling lebih bebas, seperti yang aku lakukan dalam menulis journal aku. Bisa kegiatan sehari-hari dan lain-lain. Agar menulis journal bisa mengasyikkan, kita bisa juga lho nulis sambil dihias-hias. Bisa di gambar, bisa tambahkan doodle, di tempelin sticker lucu, foto-foto, di warnai dan lain-lain.

Karena itulah mengapa para pakar kesehatan mental mengatakan bahwa journaling itu bagus dan memiliki manfaat bagi kesehatan mental kita. Kok bisa ya berhubungan dengan kesehatan mental? Berikutnya aku akan bahas manfaatnya journaling bagi kesehatan mental.

Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental

Journaling sendiri ternyata tidak hanya sekedar menulis lho, tapi journaling juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Dari beberapa referensi yang aku baca, ketika kita sedang menulis journaling, bagian otak kiri kita kan cenderung berpikir rasional juga analitis. Nah pada saat itu juga bagian otak kanan kita pun aktif bekerja juga, dengan menjadi kreatif, intuitif dan sensitif.

Berikut ini manfaat dari journaling bagi kesehatan mental yang perlu kita ketahui.

  1. Mengurangi Overthinking. Bagi yang suka overthinking (seperti aku yang suka overthinking), ternyata menulis journaling itu bisa membantu diri kita terlepas dari siklus pemikiran yang obsesif lho.
  2. Mengatur Emosi. Menurut sebuah studi, katanya bagi orang-orang yang rutin senang menulis journal adalah orang yang dapat mengendalikan emosi menjadi lebih baik. Jadi coba deh kalau lagi kesal, tulis di journal apa yang membuat diri kita kesal, lalu inginnya apa supaya kesal kita hilang.
  3. Mengurangi Kecemasan. Menulis journaling itu adalah salah satu juga kita menuangkan perasaan kita. Simplenya ketika sedang merasa pekerjaan sangat padat dan banyak, coba deh di tulis apa saja pekerjaan yang perlu kita selesaikan. Lalu buat mana yang prioritas. Ternyata setelah ditulis, kerjaan kita tidak sebanyak yang kita khawatirkan. Nah itu lah bisa mengurangi kecemasan kita.
  4. Membantu Mengenal Diri. Kok bisa membantu mengenal diri? Iya bisa ternyata. Dengan menulis kegiatan kita, menulis hal apa yang membuat kita kesal, menuliskan hal apa yang membuat kita bahagia dengan membuat agenda kapan kita 'Me Time', hal itu sudah mengartikan bahwa kita sudah mengenal diri kita dengan tahu apa yang kita butuhkan dan inginkan.
  5. Dapat Memahami Masalah. Untuk contoh ini juga kurang lebih hampir sama dengan poin nomor 3 diatas tadi. Dengan menuliskan apa yang akan kita kerjakan, yang kita inginkan maka kita dapat memahami masalah yang ada dan dengan sendirinya bisa menemukan solusinya.

Ternyata sebanyak itu ya manfaatnya. Tapi memang benar sih, aku juga merasakan perasaan bahagia saja ketika menulis journaling, tepatnya pada bagian menghias-hias tulisan di journaling aku. Jadi tahu deh ternyata itulah bagian dari manfaat journaling bagi kesehatan mental. Teman-teman ada yang punya hobi sama yaitu menulis journaling dan di hias-hias? Share yuk di kolom komentar.

 



 

Perbandingan Iklan Dulu Dan Sekarang - Nostalgia Iklan 90an

1 komentar

 

Perbandingan Iklan Dulu Dan Sekarang - Nostalgia Iklan 90an

 Assalamualaykum,

Tahun 90an, digital belum berkembang seperti sekarang ini.Dulu rata-rata para brand menggunakan media untuk beriklannya lewat media cetak dan elektronik saja, yaitu majalah, koran atau televisi dan radio. Karena itu perbedaan media promosi zanan dulu dan sekarang jelas sudah jauh berkembang. Kalau ingat iklan jadul zaman dulu jadi nostalgia deh.

Artikel kali ini, aku mau bahas mengenai iklan dulu dan sekarang. Tentu sudah banyak perbedaannya ya, mulai dari wordingnya, gambarnya sampai cara penyampaiannya. Tapi tetap iklan di media itu diperlukan di era digital seperti ini.

Nostalgia Iklan Jadul 90an

Dulu aku suka banget sama iklan Napacin yang aku lihat di majalah-majalah. Padahal iklannya itu sederhana saja sih, perempuan yang dadanya dililit oleh tali tambang yang menandakan sedang sesak napas. Waktu tahun 90an iklan ini tuh perlu 1 lembar halaman majalah, karena ada penjelasan detailnya agar para pembaca paham maksudnya kenapa itu dililit tambang dadanya.

Perbandingan Iklan Dulu Dan Sekarang - Nostalgia Iklan 90an
From Google

Iklan terakhir tahun 2000an sih masih sama yang aku lihat di televisi, masih juga dililit tali tambang dan modelnya juga masih perempuan. Penasaran kalau produk obat ini masih ada di zaman sekarang, apakah masih sama konsep sesak napasnya perlu dililit juga dengan tali tambang 😀.

Terus ada lagi iklan Indomie Goreng. Walau iklannya pertama kali aku lihatnya di media cetak, tetap sih bikin penasaran mau menyantap indomie goreng itu selezat apa sih. Padahal hanya lihat ekspresi dari foto saja lho yang tidak bergerak. Beda dengan iklan sekarang yang ada videonya, kita bisa lihat ekspresi secara real bagaimana reaksi ketika mencium aroma indomie goreng. 

Perbandingan Iklan Dulu Dan Sekarang - Nostalgia Iklan 90an
From Google

Sama satu lagi, dulu tuh yang hits banget di zaman aku SMU adalah iklan sabun LUX yang bintang iklannya kece badai ya. Seperti Tamara Bleszynski, Nadia Hutagalung, Luna Maya sampai Dian Sastro untuk bintang iklan atau brand ambasadornya LUX tahun 2000an.

Perbandingan Iklan Dulu Dan Sekarang - Nostalgia Iklan 90an
From Google

Gara-gara iklan LUX ini, aku tuh kalau mandi maunya pakai LUX daripada sabun mandi lainnya 😂. Ya, iklan itu sebegitu memikat para perempuan termasuk aku ya. Seperti berasa mewah, cantik dan paling wangi saja kalau pakai sabun LUX. 

Perbandingan Iklan Dulu Dan Sekarang

Media cetak saat ini sudah mulai menurun peminatnya, karena masyarakat lebih senang browsing. Sebab berita lebih cepat tersampaikan dibanding harus beli dulu media cetaknya. Iklan di era digital ini tidak hanya sekedar iklan saja tapi sudah menjadi ajang kreativitas seni. 

Walau iklan tetap dibutuhkan di zaman sekarang sebagai alat untuk promosi dan branding, tetapi brand tetap perlu menjangkau sosial media sesuai dengan zamannya. Jika dana untuk promosi besar dan ingin mendapatkan high impact, maka tinggal pilih medianya apakah mau di televisi atau advertising di beberapa portal media online.

Para brand sudah memiliki para content creator sendiri yang menciptakan iklan yang menarik, serta kreatif secara visual dan dapat menarik minat para pembeli. Ditambah lagi dengan perkembangan zaman, iklan saja kalau tidak dibarengi dengan branding dan rekomendasi, sebuah brand akan tertinggal jauh penjualannya. 

Karena itu brand perlu menggandeng para content creator dan juga Influencer untuk 'seni iklan' zaman digital saat ini. Konsumen sudah terlihat lebih dekat dengan produsen, seperti tidak ada jarak lagi seperti dulu. Menurut analisa aku pribadi nih, brand sebagai produsen jauh lebih mudah berinteraksi langsung dengan konsumen mereka melalui sosial media dibanding beriklan.

Begitulah perbedaannya, semakin maju teknologi digital, maka semakin mudahnya produsen menjangkau konsumen. Kedekatan secara emosional sangat membantu sekali dalam penjualan, sebab ada trust di dalamnya.

Bagaimana pun, iklan jadul 90an tetap menjadi kenangan yang memorable banget.

 

 

 

 

 


Ini Dia Alasan Aku Jualan Di Blibli!

4 komentar
Ini Dia Alasan Aku Jualan Di Blibli!

 Assalamualaykum,

Di artikel aku kali ini, aku mau sharing-sharing nih pengalaman berjualan di Blibli. Aku punya toko online di Blibli namanya AHP (Azzahra Honey Premium). Kenapa aku memilih Blibli? Karena menurut aku, Blibli amat sangat mudah dioperasikan fiturnya, terutama bagi kita-kita pebisnis pemula.  

Blibli adalah salah satu pelopor marketplace di Indonesia lho. Lalu Blibli Seller adalah sebutan untuk para penjual di Blibli seperti aku ini salah satunya. Untuk teman-teman yang memiliki bisnis dan mau merambah ke e-commerce, Pilihlah yang mudah ditemukan, dioperasikan, memiliki pelayanan yang terbaik dan Blibli ini salah satunya.

Kenapa Harus Jualan Di Blibli?

Bisnis online semakin bertumbuh di era digital ini. Memang digital sangat membantu para UMKM yang baru mulai membuka usaha online atau jualan online. Salah satu media pemasaran dan jualan adalah melalui marketplace.

Memang di awal-awal, untuk memulai merambah marketplace, menggunakannya masih canggung, tapi hal itu tidak lama kok. Apalagi ketika bergabung menjadi keluarga Blibli Seller, kita dikasih panduannya yang lengkap untuk berjualan, memanfaatkan fitur di Blibli, dan lain-lain.

Aku buat toko di Blibli juga belum lama sih, kurang lebih baru satu tahun. Penjualannya juga Alhamdulillah dan aku juga pernah mencoba ikutan program promo yang dilakukan oleh Blibli untuk meningkatkan penjualan AHP Aku. 

Di masa pandemi kemarin contohnya, aku terbantu sekali dengan program promo yang dari Blibli. Apalagi nih, di Blibli sendiri, kami para Seller di support sekali dan diberikan kemudahan. Sehingga jadi makin mahir deh jualan di Blibli-nya.

Makanya aku terus pantau informasi terupdate dari Blibli, sebab sayang banget kalau sampai terlewat program-program promo yang ditawarkan oleh Blibli untuk kami para Blibli Seller. Tapi nih jika kita terlewat pun, juga tidak perlu sedih, karena Blibli punya banyak program-program keren lainnya untuk kita para Blibli Seller.

Nah, berikut ini adalah alasan kenapa aku memutuskan untuk jualan di Blibli selain aku sebagai Blibli Seller mendapatkan panduan yang lengkap ketika buka toko di Blibli.

  1. Gratis. Buka toko di Blibli jelas tidak bayar, setelah teman-teman download dan mengikuti panduan cara daftar jualan di Blibli, silahkan teman-teman isi kelengkapan dokumen yang diminta, dimana dokumen ini untuk memudahkan kita berjualan di Blibli. Misal teman-teman pernah dapat berita kalau buka toko di Blibli itu bayar, maka itu tidak benar dan hoax ya.
  2. Fasilitas Foto Produk. Blibli juga membantu para sellernya dengan menyediakan fasilitas foto produk lho dan sekali lagi GRATIS alias tidak berbayar. Aku pribadi sangat terbantu dengan fasilitas foto produk ini. Maklum, belum bisa meng-hired fotografer produk.
  3. Fasilitas Training dan E-Learning. Awal coba jualan di Blibli, aku masih bingung bagaimana cara menjual produk dan branding produk aku di Blibli sebagai Blibli Seller. Alhamdulillahnya aku bisa dapat caranya, karena ada training dan e-learning bagi para seller pemula seperti aku.
  4. Beragam Pengiriman Barang. Pembeli aku sangat senang belanja produk AHP di Blibli karena mereka bisa memilih mau pakai jasa pengiriman atau ekspedisi apa. Dimana ekspedisi tersebut sesuai dengan yang ada di kota mereka. Jujur hal ini juga membentu banget penjualan produk aku di Blibli ini. Untuk info tambahan juga mengenai ekspedisi untuk pengiriman Cashless, kita menggunakan JNE dan Si Cepat (jadi teman-teman antar produk yang dipesan customer ke kedua ekspedisi ini). Untuk Pickupnya, nanti secara otomatis dari Blibli yang akan memprosesnya dan menentukan ekspedisi mana yang akan pickup atau ambil ke tempat kita.
  5. Fasilitas Seller Care. So far sih aku belum mengalami kendala dalam hal proses transaksi dan lain-lain yang dialami oleh pembeli aku. Tapi jika ada pun, aku tidak khawatir. Sebab Blibli ada layanan Seller Care setiap hari. Sangat helpfull banget deh pokoknya. 
  6. Sering Ada Bonus. Salah satunya seperti bonus bagi Seller yang baru membuka toko di Blibli periodenya hingga April 2022, bisa dapat keuntungan modal promosi lho sampai 5,4 juta. Ini beneran? Iya beneran, makanya ayo deh buka toko online bisnis teman-teman sekarang juga di Blibli.
  7. Aplikasi Bibli Seller. Jika teman-teman sudah buat akun toko onlinenya di Blibli dan terkadang terhambat waktu untuk mengecek toko onlinenya via website, teman-teman bisa download aplikasi Blibli Seller dari Playstore juga App Store. Jadi tambah memudahkan kita lagi nih dalam menghandle toko online Blibli kita. Kita pun juga jadi bisa fast respon ketika ada calon customer yang chat tanya barang dan lain-lain.

Ketujuh alasan inilah yang akhirnya membuat aku menjadi mantab berjualan di Blibli. Makanya seperti yang aku bilang, kalau aku tuh senang banget jualan di Blibli dan menjadi Blibli Seller. 

Langkah Mudah Jualan Online Di Blibli Seller

Ada beberapa teman aku di salah satu komunitas sesama online shop yang bertanya ke aku, "Apakah proses membuka toko online itu ribet? Dan ketika memulai jualan di Blibli apakah ada panduannya?". Jawaban aku : "Tentu tidak ribet dong, hanya 3 langkah saja kok". Nah penasaran kan apa saja langkahnya? Ini ya aku share langkah mudah jualan online di Blibli.

 3 langkah jualan di Blibli

1. Buka dan Melengkapi Informasi Toko Online Blibli

Tentu jika mau jualan Blibli, kamu harus punya akun Blibli dulu dong. Buka tokonya melalui link http://blib.li/BL01 dan untuk prosesnya ada 3 langkah. Dimana langkah pertama ini perlu diselesaikan terlebih dahulu. Sebab jika tidak dilengkapi maka kita tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya. 

Jadi di langkah yang pertama ini, aku isi lokasi alamat toko aku. Hal ini untuk memudahkan Blibli mengetahui area pengiriman produk kita ke pembeli, termasuk menghitung ongkos kirim.

2. Melengkapi Dokumen Untuk Legal dan Pembayaran.

Untuk bagian kedua ini, kita diminta untuk masukkan nomor rekening, nama bank dan nama penerima. Karena aku daftarnya sebagai UMKM, maka waktu isi bagian ini, aku isinya nomor rekening PT dari bisnis aku.

Di bagian langkah kedua ini juga diminta upload KTP, NPWP (namun NPWP tidak wajib kok) dan legalitas dari bisnis kita. Salah satunya Sertifikat BPOM (jika produk teman-teman adalah produk yang butuh izin BPOM, maka baru dimasukkan sertifikat BPOMnya ketika mengisi dokumen). Kalau sudah lengkap, maka kita akan lanjut ke step berikutnya. Kalau usaha perorangan hanya butuh KTP dan NPWP (tidak wajib).

3. Upload Produk

Langkah ketiga ini adalah langkah terakhir dari proses pembuatan toko online kita yaitu meng-upload foto produk yang akan kita jual. Upload foto baru bisa dilakukan setelah toko selesai direview.

Contohnya produk AHP (Azzahra Honey Premium) aku, karena produk aku adalah jenis healthy honey untuk kategorinya herbal, maka aku perlu isi juga POM TRnya serta expired datenya. Oia, kita juga bisa upload dari aplikasi via handphone lho. 

Cara Raup Cuan Saat Lebaran Bersama Blibli

Sebentar lagi kan mau Ramadhan dan mau Lebaran juga ya, tentu kita mau dapat THR dari bisnis kita sendiri dong. Nah, aku sudah mulai nih buat strategi agar bisa raup untung saat lebaran bersama Blibli. Jadi setiap promo yang dilakukan oleh Blibli aku pasti akan coba.

Biasanya akan ada promo Brand Deals up to 85%, Cash Back dan Flash Sale. Salah satunya adalah 4.4 Early Ramadhan Sale (Yang berlaku dari tanggal 4-8 April 2022). Aku pastinya akan ikut program yang Early Ramadhan ini. Doakan ya teman-teman, produk AHP aku laris manis 😇.

Nah, inilah sharing pengalaman aku dalam hal jualan online dengan buka toko online di Blibli. Kalau teman-teman mau lihat toko online aku dan mau belanja sekalian (pasti kan di Ramadhan tetap perlu jaga stamina dan supaya puasanya kua,t tentu perlu madu dong), cuss deh mampir-mampir ke AHP Azzahra Honey Official aku ya di Blibli.

Kalau mau sukses jualan online seperti aku, yuk coba deh mulai jualan di Blibli. Informasi detail mengenai program Blibli, teman-teman bisa lihat-lihat di Instagramnya @blibliseller dan Tiktoknya @blibliseller. Di Instagramnya selain menginformasikan mengenai program juga ada update promo yang sedang berlangsung.

Selamat mencoba dan sukses untuk bisnisnya ya teman-teman.