Perawatan Gigi Di Klinik Gigi The Smile Orthodontic and Aesthetic Dental Clinic

Tidak ada komentar

 

The Smile Orthodontic and Aesthetic Dental Clinic

Assalamualaykum,

A day in my life versi tulisan blog ehehe... Tulisan blog aku kali ini, mau cerita dan sharing sedikit mengenai  a day in my life aku melakukan perawatan gigi di dokter gigi. Untuk perawatan gigi aku, tentu aku pilih klinik gigi yang terdekat dari rumah aku dan aku pilih The Smile Orthodontic and Aesthetic Dental Clinic. Sebab The Smile merupakan salah satu klinik gigi BSD yang menurut aku recomend banget.

The Smile Orthodontic and Aesthetic Dental Clinic lokasinya di ruko-ruko yang ada di depan pasar modern BSD. Jadi mudah banget kok di cari dan tidak perlu khawatir akan parkir mobil atau motor bagi kita yang mau pakai kendaraan pribadi. Perawatan gigi disini tuh cukup lengkap fasilitasnya dan staf juga para dokternya ramah. Jadi kalau konsultasi soal gigi tidak pelit.

Perawatan Gigi di The Smile Orthodontic and Aesthetic Dental Clinic

Aku sudah buat janji di hari Selasa, 22 November 2022 jam 11.00 dengan Drg Cymilia Gityawati. Ketika sampai di lokasi klinik The Smile memang aku sudah tidak perlu antri lagi sih, benar-benar sesuai jadwal. 


Sebelum datang, satu hari sebelum perawatan, aku sudah buat janji dengan customer servicenya melalui whatsapp. Agar aku bisa dapat jadwal yang pasti dan tidak terlalu lama menunggu. Setelah dapat konfirmasi jadwal, baru deh besoknya aku datang di waktu yang sudah di tentukan.

Hal ini selain kita bisa tahu jadwal dokter giginya, The Smile juga sangat menjaga protokol kesehatan. Walau pandemi sudah berakhir, tetapi bagusnya dari The Smile tetap menerapkan protokol kesehatan dan kita pun para pasien yang sudah buat janji juga terjaga kesehatan dan ke higienisannya.

Perawatan gigi apa saja yang ditawarkan di The Smile, tentu kita bisa cabut gigi disini, bisa pasang behel, Dental Spa / Scalling Gigi dan lain-lain. Menurut aku untuk harga sangat kompetitif ya dan tidak jauh beda dengan klinik gigi lainnya.

Kali ini aku memilih Dental Spa. Dental Spa ini adalah scalling gigi dan juga bersihkan karang gigi. Sebelum mulai perawatan, biasanya para kakak-kakak CS yang di depan pasti akan tanya dulu ke kita, apa keluhan dari gigi kita, setelah itu kita akan di arahkan kepada perawatan yang tepat dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh gigi kita. 

Protokol Kesehatan dan Ruangan Yang Nyaman 

Baru masuk ruangannya saja, kamu sudah nyaman banget dan higienis serta cleannya tuh terasa banget. Dekorasi ruangannya yang easthetic juga ok banget untuk foto-foto ootd lho ehehe. Waktu aku baru masuk, kakak staf The Smile langsung menyambut dengan ramah dan minta aku untuk mengganti sepatu aku dengan alas kaki berupa sandal yang sudah di sediakan oleh The Smile.

Selain alas kaki, kita juga diminta memakai APD serta penutup kepala, tentu terbukti sekali kan kalau The Smile sangat mematuhi protokol kesehatan. Bukan hanya kita saja para pasien yang pakai APD, para kakak staf serta dokternya juga pakai lho. 

Ketika masuk ke ruangan perawatan giginya, aku ngga menyangka saja sih ruangannya tuh cukup luas serta nyaman ya menurut aku. Selain kursi untuk perawatan gigi dan meja konsultasi dengan dokter, diruangan itu juga ada sofa untuk duduk anak atau pak suami jika mereka ikut menemani kita, jadi tidak perlu menunggu di luar ruangan. 

Jadwal dan Alamat The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic

Seperti yang tadi aku sudah cerita di atas, kalau mau ke The Smile, kita perlu buat janji satu hari sebelumnya. Kamu bisa kontak ke admin CS nya di : 0877-1200-0300.

Bagi yang kerja, jangan khawatir, The Smile jam prakteknya juga ada di weekend. Jadi dari hari hari Senin - Minggu, jam 10.00 - 20.00 WIB. 

Untuk lokasinya afa di Jl. Letnan Soetopo, Ruko Golden Madrid 2 Blok F No.05 dan persis di seberang Pasar Modern BSD, Tangerang Selatan.

Kalau masih mau detailnya bisa ke instagramnya @thesmile.dental . Pokoknya recomend deh 🥰





Menjadi Wanita Tanpa Batas Bersama Rahina Indonesia

3 komentar

 



Mengawali pagi ini dengan mengucapkan kalimat Alhamdulillah, sebagai bentuk rasa syukur aku kepada Allah atas nikmat hidup yang diberikan untuk aku pagi ini. Kebetulan hari ini jadwal aku lumayan cukup padat, mulai dari webinar via zoom dan meeting online dengan salah satu vendor. Tentunya tidak lupa pakai hijab Rahina Indonesia terbaru dong untuk melengkapi outfit aku hari ini.

Setelah selesai beres-beres, makeup dan sarapan, aku mulai aktifitas ke ruang kerja aku. Menyalakan laptop, menyiapkan materi meeting nanti dan membuka link zoom webinar hari ini yang sudah di share di grup. Webinar hari ini temanya adalah "Teknik Copywriting Storytelling Untuk Bisnis Digital" bersama ISB, Mba Dini Fitria dan juga Mba Tina dari Rahina Indonesia.

Mengapa Wanita Perlu Berdaya Tanpa Batas?

Senang banget aku bisa mengikuti kelasnya Mba Dini lagi, setelah sekian lama tidak ikut kelas yang dibuat sama Mba Dini. Terakhir itu sebelum pandemi, ada acara gathering blogger dan Mba Dini pun sharing juga di acara itu. Aku pun punya beberapa buku novel karyanya Mba Dini lho dan menurut aku, Mba Dini adalah salah satu wanita yang sangat inspiratif dan contoh wanita yang berdaya tanpa batas.

Mengapa sih wanita ini perlu berdaya tanpa batas? Semua wanita itu luar biasa dengan segala kelebihannya dan aku beruntung sekali lahir sebagai seorang wanita dan juga menjadi seorang Ibu. Sebagai wanita kita perlu memiliki karya dan menjadi wanita yang berkualitas, bagi aku hal itu merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah.

Bentuk dari membuat diri kita berkualitas adalah dengan terus mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk mengembangkan potensi diri kita. Salah satunya adalah mengikuti webinar bersama Mba Dini dan Rahina Indonesia ini.

Sebagai seorang pebisnis, content creator yang juga penulis blog, mengetahui teknik membuat copywriting dengan storytelling ini sangat penting. Agar tulisan kita tidak kaku, tidak monoton dan ditulisnya dari hati.

Hijab Kekinian Segi Empat Rahina Indonesia

Sebelum materi Mba Dini di bawakan, sesi pertama adalah sharing dan pengenalan terlebih dahulu dari Mba Tina Rahina selaku owner dari Rahina Indonesia. Tentu di moderatori oleh Teh Ani Berta (sebagai Founder dari Indonesian Social Blogpreneur).

Memang keren banget deh Mba Tina ini, Masya Allah. Masih muda, pintar dan memiliki sebuah bisnis yang sudah berkembang di bidang fashion muslim. Di sesi pertama, Mba Tina memperkenalkan kepada kami behind story dari Rahina lalu juga sharing mengenai tips memulai bisnis ala Mba Tina.

Visi Misi dari Rahina Indonesia adalah menjadi "One Stop Shopping Hijab Premium Terbaik Tahun 2030". Dari visi misi inilah yang membuat Rahina selalu membuat produk-produk hihab yang berkualitas dan terus menciptakan inovasi-inovasi produk terbaru.

Sharing dari Mba Tina tentu jadi insight untuk aku yang memiliki bisnis juga. Jadi penting banget ya teman-teman UKM, bahwa kita sebagai pemilik bisnis untuk memiliki visi misi 5 sdh 10 tahun ke depan dan bisnis kita perlu sustainable pokoknya. 

Nah karena lagi webinar bersama Rahina, kebetulan aku sudah punya hijab dari Rahina yang Markarian Series warna Aurelie. Warna Aurelie itu kalo menurut aku antara gold dan kuning kunyit gitu dan apa yang Mba Tina infokan mengenai kualitas premium dari hijab Rahina ini memang benar lho. 

Bahan hijabnya selain tidak panas, juga tidak mudah kusut. Jadi kalau lagi traveling bisnis, aku tidak khawatir lusuh ketika ada di dalam koper atau tas dan kepala aku adem-adem saja...nyaman pokoknya 😍.

Tidak hanya nyaman dipakai untuk aktivitas keluar rumah saja, hijab dari Rahina ini juga menurut aku merupakan hijab segi empat simple untuk sehari-hari. Jadi kalau mau dipakai di rumah pun juga enak dan tidak membatasi ruang gerak aktivitas kita di dalam rumah.

Rahina Indonesia memiliki banyak varian series. Di setiap serinya memiliki desain yang unik dan filosofi sendiri yang terinspirasi dari para wanita Indonesia. Karena itulah tagline yang selalu di branding oleh Rahina adalah Woman With No Boundaries (Wanita Tanpa Batas) yang ingin mengajak para wanita di Indonesia untuk terus berkarya dan menjadi wanita tanpa batas dengan Rahina Indonesia.

Oia, jangan khawatir akan harga, sebab harga jilbab Rahina masih terjangkau kantong kok. Jadi sudah bahannya kualitas premium, packagingnya cakep, desainnya unik dan harganya affordable.

Teknik Copywriting Story Telling Untuk Bisnis Digital Ala Dini Fitria

Setelah pemaparan behind story dari Mba Tina Rahina yang inspiratif banget, maka webinarnya lanjut ke sesinya Mba Dini Fitria. Di webinar kali ini, Mba Dini sharing bagaimana teknik menulis atau membuat copywriting dengan storytelling.

Yang artinya menulisnya perlu memakai hati, sehingga audiens tidak hanya merasa dekat dengan tulisan kita, tapi juga tulisan kita menjadi seperti real atau nyata. Dengan begini, jangan heran jika pesan dari tulisan kita akan tersampaikan dengan baik ke audiens.

Mungkin ada yang berpikir, duuuh... mau nulis saja kok ya ribet banget sih. Harus pelajari 5W 1H, perhatikan kata kunci, mempelajari teknik copywriting dan sebagainya.

Sebenarnya sih tidak harus ya, yang harus itu ibadah kepada Allah SWT. Tetapi perlu sih dipikirkan, kita ini ingin menjadi blogger atau penulis yang bagaimana? Untuk apa menulis kalau tidak ada yang membacanya dan makna tulisan kita tidak tersampaikan atau bahkan tulisan kita tidak memiliki manfaat bagi masyarakat.

Hal inilah yang membuat aku semakin paham setelah mengikuti sesi webinarnya Mba Dini. Walau tidak secara gamblang di utarakan, tapi aku mendapatkan makna dari sharingnya Mba Dini ini.

Story Telling dalam copywriting menurut Mba Dini adalah sebuah teknik penyampaian sebuah informasi yang memasukkan unsur cerita yang membangkitkan sisi emotional tanpa membuat seseorang merasa terintimidasi.

Dengan alur yang menarik dan teratur, akan membuat orang menjadi fokus terhadap pesan dan mekna yang kita sampaikan melalui tulisan kita. Jadi storytelling di dalam copywriting bukanlah sekedar seni menulis saja, tapi juga seni untuk membangkitkan rasa.

Ada poin yang bagus sih menurut aku dari pemaparannya Mba Dini yaitu ketika di bagian menjelaskan mengenai kerangka membuat konten Copywriting Storytelling.

  • Opening/ Headline. Di bagian ini, kita tuh perlu membuka tulisan kita dengan memberikan "Why" dari tulisan yang akan kita buat. Sehingga audiens menjadi penasaran.
  • Problem / Konflik / Body Text. Setelah itu lanjut membuat body textnya dengan memaparkan "What" atau masalahnya apa sih dari cerita yang akan kita tulis.
  • Closing / How To / Call To Action. Terakhir tentunya adalah bagian closing. Agar bagian closingnya tidak mengambang, maka perlu tuliskan solusi dari masalah yang ada di body text sebelumnya. Lanjt dengan diakhiri dengan call to action, agar audiens tertarik akan tulisan kita sehingga mungkin akan membeli, menghubungi atau membaca lagi tulisan kita yang lainnya.

Dari ketiga hal itulah yang dapat membuat tulisan kita menjadi lebih bermakna dan bermanfaat. Tidak hanya itu, pesan yang kita tulis akan tersampaikan dengan baik kepada pembaca atau audiens.

Sungguh Sabtu yang produktif dan tentu sharing dari webinar ini menjadi cambuk untuk membuat sebuah tulisan yang lebih bermakna dan bermanfaat lagi dari hati.

Selesai webinar, aku pun siap-siap lanjut aktifitas kedua dan menuju ke lokasi meeting dengan vendor di sore harinya. Tentunya pakai hijab segi empat simple dari Rahina. Kalau teman-teman penasran bisa mampir ke Instagramnya atau ke Shopeenya Rahina Indonesia ya. Mau cari hijab kekinian segi empat bahan premium? Rahina Indonesia saja! 😉




Pemberdayaan Perempuan Bersama Komunitas SMC Dengan Jaringan Internet Terbaik

Tidak ada komentar

 

Pemberdayaan Perempuan Bersama Komunitas SMC Dengan Jaringan Internet Terbaik


Di era digital yang semakin berkembang, internet saat ini sudah menjadi sebuah hal yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh masyarakat. Di Indonesia sendiri, internet provider seperti IndiHome sudah mampu menjawab kebutuhan pelanggan dan jaringan internetnya sudah mulai masuk ke beberapa daerah atau kabupaten.

Dengan adanya jaringan internet yang masuk ke daerah-daerah, tentunya sangat membantu pertumbuhan ekonomi, pendidikan dan usaha kecil menengah di daerah tersebut. Jangankan masyarakat di daerah, Aku pribadi pun yang tinggal di kota, sudah merasakan manfaat dari jaringan internet IndiHome yang kita kenal sebagai provider wifi terbaik di Indonesia.

Menjadi Muslimah Bermanfaat Bersama Srikandi Muslimahpreneur Community (SMC)

Sedikit cerita mengenai pengalaman dari komunitas Aku dengan pengembangan jaringan internet. Di tahun 2018, aku membentuk komunitas khusus para muslimah yaitu Srikandi Muslimahpreneur Community (SMC).

Dimana para member SMC adalah para muslimah yang domisilinya di berbagai daerah di Indonesia dan masing-masing memiliki usaha kecil atau UMKM dengan produk yang beragam. Ide tercetus terbentuknya komunitas SMC ini awal mulanya adalah saat Aku sering melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Indonesia untuk sosialisasi bisnis.

Saat itulah Aku melihat beberapa perempuan di daerah-daerah yang perlu support, dimana mau tidak mau hidupnya dituntut untuk membantu perekonomian keluarga. Baik itu membantu suaminya mencari nafkah atau menjadi orangtua tunggal untuk anak-anak mereka.

Dengan keterbatasan ilmu yang mereka miliki, mereka rata-rata bingung mau usaha apa dan sebagian juga bingung mau jual kemana produk-produk mereka selain ke tetangga sekitar. Padahal kita tahu bahwa di daerah sebenarnya banyak sekali potensi alam yang bisa dibudidayakan dan dikembangkan, dimana hasilnya dapat membantu mensejahterakan ekonomi mereka.

Dari sinilah Aku mulai mengajak mereka untuk belajar bersama dalam mengembangkan usaha atau bisnis mereka melalui online dan memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk berjualan dan berbisnis.

Alhamdulillahnya di beberapa daerah yang aku kunjungi, sudah terdapat jaringan internet provider. Senangnya lagi, IndiHome sebagai salah satu anak usaha dari Telkom Group yang juga merupakan provider internet tercepat di Indonesia lah yang masuk ke daerah-daerah binaan dari member komunitas SMC Aku.

Apa Saja Kegiatan di Srikandi Muslimahpreneur Community (SMC)?

Dengan adanya fasilitas internet provider yang mumpuni, yang terus menjaga kebutuhan pelanggannya, maka para member-member komunitas SMC dapat berkembang usahanya. Tentu mereka semua menjalani beberapa kali proses belajar.

Di komunitas SMC sendiri memiliki beberapa kegiatan-kegiatan positif yang dapat membantu para muslimah. Berikut adalah kegiatan-kegiatannya:

  1. Pelatihan Media Sosial Marketing. Di pelatihan ini, komunitas SMC mengajarkan bagaimana memaksimalkan media sosial untuk mengembangkan bisnis para member, mulai dari melakukan penjualan sampai branding.
  2. Webinar Sharing Bisnis. Untuk kegiatan ini, biasanya SMC bekerjasama dengan beberapa pakar bisnis untuk sharing bisnis kepada para member SMC. Kelas-kelasnya ada yang berbayar dan ada yang gratis.
  3. Kajian Islami. Untuk memperdalam keimanan para member dan terus menjaga syariah sebagai muslimah, SMC rutin mengadakan kajian Islami dengan mengundang ustad atau ustadzah.

Semua kegiatan-kegiatan ini, 85% dilakukan secara online. Sebab member komunitas SMC tersebar di beberapa daerah. Maka dari itu dengan adanya internet provider yang mumpuni seperti IndiHome, amat sangat membantu sekali dalam hal pengembangan pemberdayaan muslimah di komunitas yang Aku dirikan ini.

IndiHome, Provider Wifi Terbaik Di Indonesia

Tentu dengan adanya internet provider yang terbaik dengan kecepatan internet yang stabil dan tinggi dari IndiHome, benar-benar sangat dibutuhkan bagi masyarakat saat ini. Sebab hanya IndiHome yang bisa dibilang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik dari segi pelayanan dan juga jaringan internetnya.

Inilah alasan Aku dan teman-teman muslimah di komunitas SMC puas dengan jaringan internet IndiHome dalam mensupport kegiatan online komunitas SMC selama ini.

  • Provider Internet di Indonesia yang memiliki banyak pilihan paket internet dengan harga terjangkau.
  • Proses pemasangan yang tidak ribet, cepat serta dilakukan secara profesional.
  • Memiliki teknologi Fiber Optik dengan jaringan yang canggih, stabil dan cepat.
  • Layanan Customer Service yang fast response dengan pelayanan teknisi gratis dan memberikan kebutuhan pelanggan dengan baik.

Dari sharing pengalaman Aku di atas mengenai bagaimana bermanfaatnya memiliki jaringan internet provider yang terbaik bagi perkembangan sebuah komunitas, maka harapannya IndiHome tetap terus mengedepankan pelayanan dan memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Dengan dukungan jaringan internet cepat IndiHome dari Telkom Group ini, Aku berharap terus dapat mensupport para muslimah di seluruh Indonesia dalam hal pemberdayaan perempuan dan meningkatkan perekonomian mereka dengan membantu mengembangkan bisnis mereka. juga kegiatan-kegiatan positif lainnya walau dilakukan secara online. 


Manfaat Internet Dalam Pemasaran Digital Marketing 4.0

1 komentar

Manfaat Internet Dalam Pemasaran Digital Marketing 4.0

Assalamu'alaikum,

#SharingBisnisCilya lagi yuk... Kali ini aku mau bahas seputar Marketing 4.0 dalam bisnis. Sebagai seorang pebisnis tentu perlu tahu dan perlu update dunia marketing serta pemasaran digital. Apalagi nih perkembangan digital sudah berkembang pesat. Semua sudah serba online dan hampir rata-rata bisnis dijalankan online dan tentu ada manfaat internet di dalam roda perjalanan bisnis berbasis online digital.

Jangankan bisnis skala besar, yang skala UKM saja seperti penjual nasi uduk saat ini sudah memanfaatkan digital online sebagai salah satu alat berjualannya. Kalau tidak melek digital, sudah pasti akan tertinggal jauh dengan bisnis serupa. Lalu adakah hubungannya dengan Marketing 4.0? Nah, aku sedikit sharing-sharing ya ilmu yang aku dapat di post kali ini.

Fase Marketing 1.0 Sampai Dengan 4.0

Sekarang kita flashback dulu ilmu marketing dari metode 1.0 sampai 3.0 yuk. Di marketing 1.0, saat itu adalah lebih kepada fokus penjualan produk sebanyak-banyaknya, tanpa memperhatikan apa sih yang konsumen butuhkan.

Lalu lanjut ke marketing 2.0, dimana sudah mulai fokus mengambil hati konsumen dengan mencari tahu kebutuhan konsumen, tetapi masih menganggap konsumen sebagai objek pasif. Naik ke step berikutnya yaitu marketing 3.0 yang sudah mulai fokus kepada memasarkan produk, value serta visi dan misi. 

Dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, maka dari itu terbentuk lah marketing 4.0 yang sudah lebih memperhatikan konsumen disatukan dengan teknologi yang up to date atau yang sudah maju dan canggih.

Apa Itu Marketing 4.0? 

Saat ini perkembangan dunia marketing sudah masuk ke step fase selanjutnya yang dinamakan Marketing 4.0, yaitu sebuah konsep marketing yang menggabungkan para pengusaha dan pelanggannya dalam interaksi secara online dan offline.

Tentunya tidak hanya online dan offline saja, tapi kita nih para pebisnis perlu juga memiliki strategi digital marketing yang keren dengan memadukan antara style dan sustace. Agar konten yang diciptakan oleh sebuah brand dapat relevan, update dan menarik bagi customer. Di era marketing 4.0 ini adalah era dimana customer kita adalah sebagai penentu riwayat bisnis kita. 

Komunikasi dengan konsumen ketika akan menerapkan marketing 4.0 dalam menjalankan bisnis online adalah dengan memanfaatkan sosial media. Sehebat apapun brand dalam promosi offlinenya, ketika tidak memiliki sosial media maka siap-siap akan tertinggal oleh kompetitor dan bisa jadi akan ditinggal oleh konsumen.

Sebab melalui sosial media, konsumen kita akan dengan mudah mendapatkan informasi terupdate produk terbaru brand kita. Tidak hanya itu, konsumen kita akan merasa mendapatkan kemudahan ketika mereka mau order, bertanya seputar produk, mengecek pengiriman, memberikan testimoni bahkan sampai memberikan komplain atau masukan.

Jika customer kita mendapatkan kemudahan-kemudahan di atas, bisa dipastikan mereka akan bahagia dan memiliki kepuasan tersendiri. Perlu di ingat lagi pada marketing 4.0, semakin customer kita puas, maka dengan senang hati mereka akan menginfluence teman-teman online di sosial media mereka untuk membeli serta memakai produk kita. 

Begitu juga sebaliknya, jika mereka tidak terpuaskan, maka siap-siap brand atau produk kita akan di hakimi oleh mereka di sosial media.

Agar komunikasi melalui sosial media berjalan lancar, tentunya memerlukan provider internet yang mensupport. Salah satu provider internet di Indonesia yang terkenal sebagai provider internet tecepat di Indonesia adalah IndiHome.

Manfaat Internet Dalam Pemasaran Digital Marketing 4.0

Siapa disini yang provider internet di rumahnya pakai IndiHome? (Ngacung juga aku nih...😀). Artinya internet di rumah kita kencang dong ya, bisa untuk nonton sampai scrol-scrol sosial media. IndiHome atau Indonesia Digital Home merupakan salah satu produk dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang memiliki beberapa layanan, seperti telepon rumah, internet dan TV Cable.

Bagi teman-teman UKM yang bisnisnya belum merambah online dan bingung mau pakai provider internet apa yang dapat mensupport bisnis teman-teman, sok silahkan coba IndiHome. Memangnya penting banget ya internet di dalam pemasaran digital marketing terutama dalam menjalankan sistem marketing 4.0? Berikut ini manfaatnya:

  • Internet dapat menjangkau audiens yang lebih luas lagi (tidak hanya lokal tapi juga internasional).
  • Internet dapat menarik lebih banyak para calon customer yang potensial.
  • Internet dapat menciptakan sebuah komunikasi yang interaktif serta global
  • Internet dapat memberikan banyak informasi dan pelayanan kepada customer
  • Internet dapat meningkatkan kerjasama atau kolaborasi dengan mitra baru
  • Internet dapat membantu branding bisnis kita

Jadi yuk mulai melek digital ketika menjalankan bisnis kita. Sekarang sudah masuk era marketing 4.0, karena itu jangan ada lagi kata 'Tapi" ketika menjalankan bisnis. Jika bisnis kita mau long last, maka jangan malas mengupgrade diri apalagi memilih provider internet yang terbaik untuk menunjang bisnis kita. Internet Indonesia? Ya IndiHome jawabannya. Sukses untuk teman-teman semua dan yuk mulai belajar marketing 4.0.

 








Pelembut Pewangi Pakaian, Molto Korean Strawberry

Tidak ada komentar
Pelembut Pewangi Pakaian, Molto Korean Strawberry

 Assalamu'alaikum,

Rutinitas pagi aku seperti biasa adalah membawa pakaian kotor ke ruang laundry untuk aku cuci. Biasanya aku kalau cuci baju itu setiap dua hari sekali, sebab anak-anak sudah pada besar, otomatis jumlah pakaian kotor juga tidak terlalu banyak. Tentu saja semua pakaian aku beri pewangi pakaian biar tidak bau apek ketika sudah kering.

Salah satu produk pelembut pakaian terbaik yang aku pakai selama kurun waktu 10 tahun ini adalah Molto. Secinta itu aku sama Molto, sebab selain sebagai pewangi, Molto juga dapat menjadi pelembut pakaian aku dan keluarga. Tidak hanya pakaian saja yang dipakai menjadi nyaman, tetapi handuk, sprei juga sarung bantal menjadi lembut di ketika dipakai.

Pentingnya Menggunakan Pelembut Pakaian

Waktu aku sekolah, aku pernah tanya ke Mama aku, kenapa sih baju-baju aku tidak pernah bau apek, padahal aku sering banget aktivitas di luar rumah. Selain itu juga kok handuk-handuk masih saja tetap lembut padahal sudah 1 tahun di pakai.  Kata Mama aku, itu semua karena sehabis baju di cuci, selalu di rendam dengan pelembut dan pewangi pakaian.

Dulu tuh waktu aku sekolah, mesin cuci di rumah aku masih yang 2 pintu. Jadi kalau habis mesin cucinya ngebilas, sebelum di masukin ke mesin pengering (sebelah untuk bilas dan sebelah untuk pengering), pakaian-pakaian di rendam dulu kurang lebih 20 sampai dengan 30 menit di ember yang sudah di kasih pelembut pakaian sama Mama aku.

Memang apa sih pentingnya menggunakan pelembut pakaian? Nah ini jawaban Mama aku yang selalu aku ingat dan membuat aku jadi menggunakan pelembut pakaian ketika mencuci baju aku, pak suami dan anak-anak. 

1. Dapat Menjaga Serat-Serat Pakaian

Pelembut pakaian dapat merawat pakaian karena ibaratnya pelumas, pelembut pakaian juga dapat menjadi pelumas pakaian. Inilah yang membuat mengapa pakaian kita menjadi lembut setelah pakaian sudah dicuci. 

2. Kuman dan Bakteri Akan Terbunuh Lebih Maksimal

Setelah di cuci dengan detergen yang sudah memfilter kuman pertama, maka pelembut pakaian tugasnya memfilter kuman dan bakteri tahap keduanya. Sehingga kuman, bakteri dan teman-temannya yang masih menempel pada permukaan pakaian akan terbunuh dan menjadi bersih maksimal. 

3. Pakaian Akan Menjadi Harum

Pelembut pakaian pastinya berfungsi juga sebagai pewangi pakaian. Wangi pada pakaian juga akan bertahan lama sehingga pakaian, selimut, handuk dan sprei akan nyaman dipakai. Agar wanginya awet, maka perlu memilih pewangi pakaian terbaik seperti Molto salah satunya.

4. Dapat Mengatasi Bau Apek Pada Pakaian 

Pelembut dan pewangi pakaian  tentunya dapat mengatasi yang namanya bau apek. Bau apek bisa terjadi karena ketika mencuci terlalu banyak pakaian yang di masukkan ke dalam mesin cuci dan juga bisa jadi karena air di dalam mesin cuci tidak keluar semua, hal inilah yang memicu pakaian menjadi bau apek.

5. Pakaian Menjadi Lebih Mudah di Setrika

Setrika juga jadi menyenangkan sebab pakaian menjadi lebih licin dan ringan. Hal ini dikarenakan pakaian sudah menggunakan pelembut saat di cuci.

Melihat kelima manfaat dari penggunaan pelembut atau pewangi pakaian ini, maka sejak menikah sampai sekarang aku selalu pakai pelembut pakaian untuk pakaian di rumah. Aku pakai Molto kurang lebih 10 tahun sebagai pelembut pakaian keluarga dan Molto tuh benar-benar rekomendasi pelembut pakaian keluarga. Apalagi nih ada keluaran varian Molto terbaru yaitu Molto Korean Strawberry. 

Molto Korean Strawberry, Pelembut Pakaian Terbaik

Ketika awal tahu Molto mengeluarkan varian pewangi pakaian terbarunya dan membaca kata Korean Strawberry, aku langsung kebayang wanginya yang sweet, segar dan bertanya apakah ini pewangi pakaian para artis Korea? Rasanya perlu banget dong sebagai pengguna Molto sejati dan pecinta drama Korea untuk mencoba Molto ini. 

Pelembut Pewangi Pakaian, Molto Korean Strawberry

Aku pakai Molto Korean Strawberry ini hampir kurang lebih sudah 4 kali cucian aku di dua minggu ini dan memang terbukti sih bikin pakaian wangi dan lembut. Molto Korean Strawberry memang berbeda dari Molto sebelumnya. Mulai dari wanginya yang lebih fresh, segar dan teksturnya yang menurut aku lebih lembut.

Klaim dari Molto Korean Strawberry adalah dapat menghilangkan 7 Bau Membandel seperti: Bau badan, Bau bawang, Bau polusi, Bau keringat, Bau apek, Bau asap rokok, Bau amis. Kenapa bisa? karena Molto Korean Straberry memang 7 kali lebih wangi dan 7 kali anti bau dengan aroma segar Korean Strawberry.

Pelembut Pewangi Pakaian, Molto Korean Strawberry

Untuk harga dan ukurannya bagaimana? Harganya terjangkau banget yaitu hanya Rp.16,900 untuk yang ukuran 680ml. Kemarin aku belinya online di Shopee, karena aku males keluar rumah. Selain di Shopee, Molto Korean Strawberry yang juga sebagai pewangi pakaian Korea bisa juga teman-teman beli di Tokopedia, JD.ID atau di beberapa supermarket terdekat di rumah kita. 

Oia waktu aku mau beli Molto Korean Strawberry kemarin, aku lihat ada beberapa varian produk unilever lainnya yang mengeluarkan Korean Strawberry ini. Nah apa saja produknya?

Pelembut Pewangi Pakaian, Molto Korean Strawberry
 

Superpel Korean Strawberry

Untuk Superpel Korean Strawberry ini benar-benar kece banget. Lantai rumah aku menjadi bersih higienis juga ruangan rumah pun wangi. Wanginya juga tahan lama sampai 8 jam lho, ini karena adanya teknologi power clean yang membuat lantai kilau higienis secara maksimal.

Sunlight Extra Korean Strawberry

Siapa yang suka cuci piring? Aku termasuk yang ngga terlalu suka sih cuci piring tapi  kalau sudah pegang sabun cuci piring, bawaannya ngga mau berhenti cuci piring. Aku selalu pakai Sunlight untuk cuci piring di rumah dan setelah ada varian Korean Strawberry, aku tentu ganti dengan varian ini. Sunlight Korean Strawberry dapat membersihkan lemak membandel dan wangi Korean Strawberrynya yang menyegarkan. Piring jadi bersih dan kesat.

Rinso Korean Strawberry Powder 

Kalau tadi ada sabun untuk pencuci piring, ternyata produk Unilever lainnya yang keluarin varian Korean Strawberry ada Rinso. Untuk Rinso Korean Strawberry Powder yang 700gram ini memiliki 8 keunggulan lho. 

Antara lain : Menghilangkan bau tak sedap atau bau apek, menghilangkan noda dengan hanya 1 kali kucek, Menjaga warna pakaian (jadi tidak bikin pudar), Kandungan Surfaktan yang mudah terurai, Mengandung ekstra pelembut yang membuat serat kain menjadi halus, Lembut dan tidak panas di tangan, wangi Moltonya yang tahan lama hingga 21 hari dan 99,99% efektif sekali membunuh bakteri serta virus. 

Jadi lengkap deh semua jenis dari detergen, softener pelembut dan pewangi pakaian, sabun cuci piring sampai pembersih lantai dari Unilever yang varian Korean Strawberry ini semua sudah aku pakai di rumah. Sebagai istri tentu aku jadi tambah di sayang nih sama Pak suami. Bisa urus kebersihan rumah tangga dengan baik tanpa pengeluaran biaya yang besar.

Sekali lagi semua varian Korean Strawberry dari mulai Molto, Sunlight, Super Pel dan Rinso ini bisa dengan mudah di beli di Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, JD.ID dan beli langsung ke beberapa Supermarket di Indonesia. Yuk para mama-mama muda, sok atuh dicoba Molto Korean Strawberrynya sebagai pewangi pakaian keluarga tercinta di rumah.








 

 






Senang Jualan Di Blibli, Pasti Gratis Ongkir!

Tidak ada komentar

 

Senang Jualan Di Blibli, Pasti Gratis Ongkir!

Assalamu'alaikum,

Sudah pertengahan tahun saja ya tidak terasa. Artinya waktunya bagi aku nih untuk mengevaluasi penjualan bisnis aku selama 6 bulan kemarin ini. Terutama penjualan AHP di Blibli sebagai Blibli Seller. Di 6 bulan kemarin aku sangat terbantu dengan adanya program gratis ongkir tanpa biaya siluman yang ada di Blibli.

Karena adanya program gratis ongkir, maka tentu saja pembeli senang berbelanja AHP. Jadinya penjualan AHP di Blibli tetap ada transaksi pembelian. Untuk promosi toko mudah di Blibli Seller ini, benar-benar sangat menolong kita para Blibli Seller.

Senang Jualan Di Blibli, Pasti Gratis Ongkir!

Gratis Ongkir Tanpa Biaya Siluman

Maksudnya siluman disini bukan hantu ya gaes hehehe. Tapi maksudnya adalah tanpa ada biaya lain-lain lagi karena benar-benar Gratis Ongkir. jadi baik itu pembeli maupun para Blibli Seller itu tidak dikenakan biaya atau potongan tambahan untuk mendapatkan Gratis Ongkir.

Jujur awalnya aku agak ragu ya, karena pernah sih jualan online di toko online yang ada promo gratis ongkir, tapi ternyata malah potong keuntungan dari kita para seller. Nah, kemarin ini sebelum aku buka toko di Blibli, aku coba tanya-tanya dulu ke customer servicenya Blibli.

Masya Allah, responnya tuh cepat, informasinya detail, pokoknya helpfull banget deh CSnya sama kita tuh, baik calon seller atau calon buyer. Dari sini saja aku sudah "Jatuh Cinta" sama pelayanannya.

Akhirnya aku buka toko juga di Blibli dan kebetulan saat itu sedang ada promo bagi kita yang mau buka toko di Blibli atau istilahnya bagi kita yang mau jadi Blibli Seller. Aku lupa ya waktu itu promonya apa (soalnya sudah 1 tahun lalu sih) dan tanpa pikir panjang, aku langsung saja deh registrasi.

Teman-teman bisa cek juga langkah mudah buka toko di Blibli di artikel aku sebelumnya yang : "Ini Dia Alasan Aku Jualan di Blibli". Teman-teman pun bisa pakai kode aku untuk dapatkan banyak promosi di awal teman-teman buka toko di Blibli. Silahkan bisa pakai kode aku ya dengan klik link ini http://blib.li/BL01

Back to Gratis Ongkir, nanti tuh para pelanggan atau pembeli kita, ketika akan belanja dan klik produk kita, akan secara otomatis dapat menggunakan voucher gratis ongkir. Tapi ada beberapa ketentuan nih, seperti ketentuan yang ada di gambar ini ya.

Gratis Ongkir di Blibli

Ada beberapa catatan juga nih yang perlu diketahui:

  1. Biaya pengiriman yang dipilih tentunya akan ditentukan dari total berat produk serta lokasi pengiriman.
  2. Kalau mau menggunakan voucher Gratis Ongkir, teman-teman perlu sekali verifikasi nomor HP dulu. Karena voucher ini hanya bisa digunakan bagi yang sudah verifikasi. Jadi jangan lupa ya.
  3. Tetap ada minimum transaksi dong. Nah minimum transaksinya adalah dari total produk reguler yang kamu belanjakan. Nanti dipotong kode promo atau voucher belanja dan diluar ongkos kirim.
  4. Teman-teman bisa gabungin deh tuh beberapa produk belanjanya dalam 1 kali transaksi, agar bisa tercapai minimum transaksi.

Dengan manfaat ini, calon pembeli jadi lebih tertarik untuk berbelanja di Blibli. Jadi pastikan teman-teman sudah buka toko di Blibli ya.

Promosi Toko Mudah Di Blibli

Setelah buka toko terus bingung bagaimana cara promosinya? Jangan bingung-bingung, sebab di Blibli itu ada pelatihan untuk para Blibli Seller pemula yang mau menaikkan penjualan.

Nanti disitu akan dikasih tahu banyak hal, seperti bagaimana caranya melakukan promosi toko dengan mudah melalui Blibli Seller, bagaimana memanfaatkan fitur-fitur promosi yang ada di Blibli dan masih banyak lagi. Intinya teman-teman pemula no worries deh. Tidak akan ada deh tuh yang namanya kebingungan jualan di Blibli.

Aku mau kasih nih sedikit sharing yang aku dapatkan dari Blibli, yaitu bagaimana melakukan promosi manjur agar bisa mendapatkan hati para pembeli.

  1. Aktivasikan Promo Voucher Seller, Combo, Grosir dan Diskon. Kesemua promo ini sangat manjur lho, sebab dapat membuat daya tarik bagi para calon pembeli
  2. Dalam Satu Waktu, Buat Promo Di Toko Blibli Minimal 3 Jenis Promo. Mengapa harus minimal 3 jenis? Ini sih saran yang terbaik ya, sebab calon pembeli kita bisa pilih mau pakai voucher promo yang mana. Bahkan nih, bisa menarik keinginan calon pembeli untuk membeli lagi dengan menggunakan voucher promo yang belum mereka ambil dari 3 jenis promo ini.
  3. Jangan Lupa Maksimalkan Fitur Rekomendasi Promo di Blibli Seller Center. Untuk membuat promosi jadi efektif, teman-teman perlu memaksimalkan Rekomendasi Promo yang ada di fitur "Semua Promo" di Blibli Seller Center.
  4. Ikut dan Daftarkan Produk Brand Kita Melalui Flash Sale dan Promo Tematik Blibli. Nah untuk promo ini sifatnya undangan atau diselenggarakan oleh pihak Blibli itu di periode tertentu saja. Misalnya Harbolnas, Ramadhan, Blibli Anniversary, Big Pay Day dan lain-lain.
  5. Coba Gunakan Bliklan dan Iklan Berbayar. Banyak keuntungan yang kamu dapatkan dengan menggunakan Bliklan dan Iklan Berbayar yang ada di Blibli. Seperti produk kita akan tampil di halaman aplikasi Blibli yang strategis. Dapat memperkuat branding toko, meningkatkan transaksi penjualan dan sudah pasti kalau penjualan meningkat maka akan banyak traffic yang baik ke toko online teman-teman.

Bagaimana? Sharing aku cukup detail kah? 😊. Aku sharing seperti ini karena aku sudah merasakan manfaat jualan di Blibli. Aku sudah manfaatin promo-promonya, merasakan keuntungan dari program Gratis Ongkir, fitur Voucher Promo, Voucher Seller sampai Bliklan yang sudah disediakan oleh Blibli.

Teman-teman terus saja pantau sosial medianya Blibli Seller (Sekalian saja di follow dan nyalain notifikasinya), supaya selalu mendapatkan update program-program dari Blibli. Ini link Instagramnya Blibli Seller dan Tiktoknya Blibli Seller. Sukses untuk bisnis onlinenya ya, semoga laris manis dan berkah selalu.

 


 

 

Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar Dalam Sistem Pendidikan

2 komentar

 


Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar Dalam Sistem Pendidikan

Assalamu'alaikum,

Sebagai seorang ibu yang memiliki anak yang masih sekolah, tentu pelajaran serta kurikulum belajar mereka sudah menjadi perhatian aku. Apalagi seperti yang kita sudah ketahui pendidikan di Indonesia saat ini sedang di galakkan kurikulum Merdeka Belajar yang di gagas oleh Mas Menteri dan juga Kemendikbud Ristek dan Teknologi.

Aku pernah share juga tulisan aku mengenai anak-anak ku yang aku pindahkan sekolahnya dari sekolah SDIT ke homeschooling di pandemi kemarin. Selama 2 tahun sekolah ini, lembaga homeschooling anak-anak aku, sebagian teachernya sudah menerapkan cara mengajar Guru Penggerak dengan kurikulum Merdeka Belajar (walau sepertinya belum menjadi Sekolah Penggerak).

Menjadi Bagian Dari Komunitas Ibu Penggerak

Aktifitas aku sehari-hari memang bekerja dari rumah (hal ini sudah aku lakukan dari sebelum pandemi), jadi aku punya banyak waktu juga untuk mengontrol belajar anak-anak di sekolah. Karena pedulinya aku akan pendidikan anak-anak, aku tertarik ikut menjadi bagian dari Ibu Penggerak dengan bergabung di SIDINA Community.

Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar Dalam Sistem Pendidikan
 

SIDINA Community adalah salah satu komunitas yang ditunjuk langsung oleh Kemendikbud untuk membantu mensosialisasikan kegiatan serta program-program yang diadakan oleh Kemendikbud kepada para Ibu-ibu di Indonesia melalui program Ibu Penggerak.

Sudah 2 tahun juga aku menjadi fasilitator Ibu Penggerak dan tentunya sangat senang karena aku pribadi jadi bertambah ilmu mengenai Kurikulum Merdeka yang sedang dicanangkan oleh Mas Menteri Nadiem Makarim.

Bergerak Bersama Berdaya Bersama

Selasa, 24 Mei 2022 kemarin aku kebetulan hadir ke undangan acara Rembuk Komunitas yang diadakan oleh tiga komunitas yaitu SIDINA Community, Komunitas Kami Pengajar dan Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka.

Dimana acara ini sebagai bentuk dari forum silaturahmi bersama dan salah satu rangkaian perayaan HARDIKNAS 2022, untuk mendorong jalannya program Merdeka Belajar, agar tercapainya Sumber Daya Manusia yang Unggul.  

Acara yang bertema 'Bergerak Bersama, Berdaya Bersama' ini turut dihadiri oleh Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) dan juga beberapa narasumber lainnya, antara lain:

  • Barry Mikhael CS, Content Manager Platform Merdeka Mengajar
  • Titien Suprihatien, SMPN 11 Kabupaten Batanghari Jambi
  • Rafid Mahlul, Leader Projects NGO Internasional
  • Muhammad Faisal, Fasilitator Program Merdeka Belajar - Kampus Merdekan (MKBM)
  • Mona Ratuliu, Founder ParenThink
  • Rosa Adelina, Ketua Program Ibu Penggerak 

Acara ini tujuannya tentu sangat banyak, antara lain:

  • Untuk mensosialisasilan serta menyebar luaskan program Merdeka Belajar dari akarnya secara masif
  • Salah satu upaya kolaborasi secara bersamaan antara Guru, Mahasiswa serta Orangtua dalam hal memberdayakan program Merdeka Belajar dari Kemendikbudristek ini, agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
  • Untuk dapat menyebar luaskan informasi yang ada secara tepat dan tentunya terpercaya. Sebab hal yang akan di informasikan menyangkut kebijakan-kebijakan dari Kemendikbudristek, khususnya mengenai program Merdeka Belajar ini

Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar Dalam Sistem Pendidikan

Komunitas sendiri merupakan garda terdepan dalam gerakan sosialisasi program Merdeka Belajar, sehingga program Merdeka Belajar ini akan terwujud dengan baik ke lapisan anak-anak bangsa. Tentunya Kemendikbudristek tidak dapat bekerja sendirian tanpa dukungan serta peran aktif dari para komunitas dan masyarakat.

Menurut Mas Menteri Nadiem, "Saya dari dulu bilang bahwa gerakan Merdeka Belajar harus menjadi gerakan bukan hanya kebihakan atau tidak akan mendarah daging, membudaya di institusi pendidikan dan di masyarakat."

Rekomendasi dari Tiga Komunitas

Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar Dalam Sistem Pendidikan

Di acara Rembuk Komunitas kemarin itu, Tiga Komunitas ini yaitu Kami Pengajar, SIDINA Community dan Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka membuat rekomendasi mengenai program Merdeka Belajar.

Rekomendasi dari Komunitas Kami Pengajar

Rekomendasi pertama dibacakan oleh Luh Eka Yanthi selaku Koordinator Regional Bali Nusa Tenggara Komunitas Kami Pengajar. Yang mana isinya adalah program Merdeka Belajar menjadi kunci sukses di masa pasca pandemi dalam hal pemulihan pendidikan.

Harapan dari Komunitas Kami Pengajar adalah agar Kemendikbudristek untuk dapat meilbatkan guru serta sekolah dalam hal menyukseskan program Merdeka Belajar ke seluruh satuan pendidikan yang ada di Indonesia. 

Tentu saja perlu adanya sinergi antar Guru Penggerak serta Sekolah Penggerak, Komunitas Guru, agar program Merdeka Belajar ini dapat menjadi sebuah gerakan besar dalam hal menciptakan perubahan kualitas dan mutu pendidikan.

Rekomendasi dari Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka

Setelah dari komunitas Kami Pengajar, pembacaan rekomendasi selanjutnya adalah dari Rizal Maula selaku Koordinator Nasional Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka. Harapannya adalah agar Kemendikbudristek juga dapat memberikan support dalam program Mahasiswa Penggerak.

Dimana tujuannya untuk dapat memberikan dampak yang lebih luas dan alumni dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dapat diajak bersama-sama menggerakkan serta menyukseskan Merdeka Belajar di tingkat perguruan tinggi.  

Tapi benar lho, aku sendiri baru tahu ada juga program Mahasiswa Penggerak dan ternyata juga sudah ada banyak alumni program MBKM di seluruh Indonesia.

Rekomendasi dari SIDINA Community

Rekomendasi yang disampaikan oleh Susi Sukaesih selaku Founder SIDINA Community, menyatakan bahwa SIDINA Community adalah sebagai komunitas yang mendorong para Orangtua untuk dapat aktif terlibat dalam penerapan serta sosialisasi Merdeka Belajar. Dengan dukungan penuh dari Kemendikbudristek, sehingga program Merdeka Belajar ini bisa menjadi gerakan bagi semua Orangtua.

Harapannya adalah Kemendikbudristek dapat memberikan ruang kolaborasi yang lebih luas dan besar untuk para orangtua, agar dapat terlibat dalam berbagai program pemajuan pendidikan. 

Setelah rekomendasi dari tiga komunitas sudah dibacakan dari para masing-masing perwakilan komunitas, Mas Menteri Nadiem maju kedepan untuk memberikan kata sambutan dan apresiasi serta menerima rekomendasi dari ketiga komunitas ini yaitu Kami Pengajar, SIDINA Community dan Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka.

Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar Dalam Sistem Pendidikan

Kata Mas Menteri Nadiem,"Ini tidak akan terwujud tanpa kolaborasi yang erat anatara guru dan orangtua". Jadi perlunya keterlibatan semua pihak dalam mendorong program Merdeka Belajar ini. Agar anak dapat menjadi Pelajar Pancasila yang berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif.

Senang sekali aku bisa hadir di acara Rembuk Komunitas kemarin, karena banyak insight dan semangat juga membantu mensosialisasikan program Merdeka Belajar ini ke sesama orangtua terutama. Sebab, kalau tidak kita yang peduli terhadap pendidikan anak-anak kita, maka siapa lagi yang peduli. Yuk Mom, Ayah, kita sama-sama dukung program Merdeka Belajar ini demi anak-anak kita yang akan menjadi penerus generasi bangsa.   





 
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id  


Tips Dalam Menjaga Keamanan Data Di Ruang Digital

Tidak ada komentar

 

Tips Dalam Menjaga Keamanan Data Di Ruang Digital
 

Pernah menerima notifikasi via SMS (Short Message Service) dari aplikasi-aplikasi yang menawarkan jasa atau produk-produk mereka. Lalu kita pun terkadang bingung dan bertanya-tanya, darimana mereka mendapatkan data kita. Artinya kita perlu tidak sih menjaga kemananan identitas diri di era digital?

Sudah pasti jawabannya perlu sekali, walau kita bingung bagaimana cara mengkontrolnya agar data kita tidak tersebar. Kebetulan pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 kemarin aku ikut Community Workshop yang bertema "Keamanan Di Ruang Digital".

Tips Dalam Menjaga Keamanan Data Di Ruang Digital

Di workshop Keamanan Di Ruang Digital diadakan talkshow dari narasumber Mas Andri Hutama Putra (Presiden Director of ITSEC Asia) dengan Teh Ani Berta (Content Writer dan Founder dari komunitas Indonesian Social Blogpreneur - ISB).

Tips Dalam Menjaga Keamanan Data Di Ruang Digital

Baik Mas Andri juga Teh Ani, menyarankan bahwa keamanan data di ruang digital tentu dimulai dari diri kita juga, dengan mulai tidak sembarangan memberikan data pribadi melalui postingan-postingan kita di sosial media. Berikut ini adalah Tips yang aku dapat dari workshop kemarin.

1. Stop Klik URL Yang Tidak Dikenal!

Tidak hanya melalui email, tapi terkadang sering sekali kita mendapatkan informasi HOAX berupa berita yang di dalamnya ada link hidup untuk kita klik, yang mana sering sekali beredar melalui aplikasi Whatsapp atau sosial media kita lainnya.  

Jika menemukan pesan seperti ini, yang perku teman-teman lakukan adalah STOP untuk meng-klik link tersebut dan juga STOP untuk men-share lagi. Sebab, link tersebut bisa jadi adalah link virus yang tidak hanya akan membuat sosial media kamu di hack tapi bisa juga menarik semua data pribadi kita.

2. Mulai Mengaktifkan (2FA) Two Factor Authentication!

Two Factor Authentication aatau yang kita kenal 2FA adalah sebuah sistem lapisan keamanan tambahan, yang fungsinya untuk melindungi akun kita dari virus jahat atau hacker. Paling tidak dapat di minimalisir hacker yang akan membobol email atau Instagram kita. Sebab dengan fitur 2FA ini, para hacker atau virus tidak dapat masuk dengan mudah.

3. Perlu Juga Aktifkan fitur Secure Socket Layer

Sertifikat Secure Socket Layer (SSL) merupakan sistem standard yang dapat melindungi website atau blog teman-teman. SSL dapat mengamankan koneksi internet antara server kita dengan browser. Otomatis website kita akan terenkripsi juga terlindungi dari pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab karena ingin membobol data yang ada di website kita.  

4. Ubah Password Secara Berkala

Mas Andri bilang bahwa jangan pernah membuat sebuah password yang ada hubungannya dengan kita. Seperti nama kita, tanggal lahir, nama orang-orang terdekat. Karena akan mudah di tebak oleh para hacker yang mau ambil data kita. Lalu lakukan perubahan kata sandi atau password secara berkala paling tidak setiap tiga bulan sekali.

5. Gunakan Password Yang Alay

Nah, tips ini di sharing dari Teh Ani, kata Teh Ani, nama di sosial media atau email kita, jangan gunakan kata alay, tapi password perlu pakai kata alay. Aku setuju juga sih dengan tips ini. Semakin alay, semakin sulit untuk orang jahat untuk meretas dan masuk ke sosial media, email, bank dan sebagainya.

Tentu 5 tips di atas sangat bermanfaat sekali. Sebab seperti kita ketahui bahwa, saat ini pertumbuhan penggunaan internet yang sangat pesat, tidak di barengi dengan adanya pertumbuhan akan kesadaran dari masyarakat untuk meilndungi data pribadinya.

Hal ini juga sebagai reminder untuk aku nih sebagai seorang content creator juga blogger untuk menjaga agar tidak sembarang share data diri dan tentunya aku juga perlu nih pasang SSL di semua blog dan rutin mengubah password per tiga bulan.

Kenalan Dengan ITSEC Asia

Tips Dalam Menjaga Keamanan Data Di Ruang Digital

Ketika masuk ke ruangan workshop, aku tuh penasaran sama ITSEC Asia ini tuh perusahaan apa? Aku menebak sih yang pasti perusahaan yang bersahabat dengan seputar dunia digital. ITSEC Asia ternyata memang perusahaan yang tidak jauh-jauh dari dunia digital, yaitu perusahaan cyber security yang terbesar lho di Asia Pasific. 

ITSEC Asia berdiri tahun 2004 yang awalnya adalah ITSEC Indonesia, lalu tahun 2010 karena ITSEC semakin berkembang hingga ke asia, maka nama perusahaannya diganti menjadi ITSEC Asia. Hebat yaa bisa berkembang sampai ke negara Asia Pasifik.

ITSEC sendiri sudah memiliki 450 klien dan juga ada beberapa karyawan di Singapore, Thailand, Dubai hingga Australia yang dibiayai oleh Stone Tree Group. Misi dari ITSEC Asia adalah dapat memberikan keamanan digital baik itu individu atau perorangan juga perusahaan.

Senang sekali bisa ikut workshop Keamanan Di Ruang Digital bersama ITSEC dan juga Teh Ani Berta. Semakin membuat kita semua jadi sadar dan mawas diri akan data pribadi di ruang digital. 




Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati

Tidak ada komentar

Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati

Literasi emosi adalah kemampuan untuk memahami emosi diri sendiri, kemampuan untuk mendengarkan orang lain dan berempati dengan emosi-emosi mereka, serta kemampuan untuk mengekspresikan emosi secara adaptif" - Steiner, 1997


Assalamualaykum,

Di artikel kali ini aku mau bahas mengenai Literasi Emosi. Pembahasan ini adalah sedikit dari kesimpulan buku Literasi Emosi Intelligence with A Heart yang ditulis oleh Dandy Birdy dan Diah Mahmudah. Kebetulan buku ini aku dapat dari komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) dan rasanya sayang sekali buku sebagus ini tidak aku review. 

Btw, apakah ada yang baru mendengar istilah Literasi Emosi? Aku pun sama baru mendengar istilah ini dan hal ini sangat menarik untuk aku pelajari dan aku pahami. Apalagi literasi emosi ini penting sekali bagi kita untuk di praktekkan ke kehidupan sehari-hari kita.

Apa Itu Literasi Emosi?

Literasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kemampuan menulis dan membaca. Sedangkan dalam Education Development Center (EDC) menyatakan bahwa literasi merupakan kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya.

Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati


Jadi kesimpulannya adalah kemampuan membaca kata juga dunia. Lalu untuk literasi emosinya dalam konteks dunia kesehatan mental adalah sebuah kompetensi untuk membaca dunia emosi .

Buku Literasi Emosi yang ditulis oleh Dandy Birdy dan Diah Mahmudah ini memiliki misi untuk dapat memberdayakan keluarga: help people to help themselves. Yaitu di harapkan di setiap keluarga memiliki literasi emosi yang baik agar kesehatan mental keluarga itu juga membaik. Keluarga yang dimaksud adalah keluarga di rumah, sekolah, lingkungan pekerjaan bahkan di komunitas.

Asah Hati Dengan Empati

Seperti yang sudah aku info diatas bahwa artikel aku ini adalah menjabarkan poin-poin kesimpulan buku Literasi Emosi dari versi aku. Teman-teman bisa membacanya sendiri nanti dan aku meng-highlight yang penting untuk dibahas menurut aku. 

Di buku ini, teman-teman akan diberikan pemahaman mengenai cara dekat dengan dunia rasa dan emosi. Rasa dan Emosi memiliki arti dan makna yang berbeda tetapi keduanya saling berkaitan. 

Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati


Fungsi Emosi sendiri adalah sebagai:

  • Messanger - Jalan untuk menyampaikan pesan dan kebutuhan diri kepada lingkungan sosial.
  • Survival - Fitur unik alami bagi manusia untuk mempertahankan hidupnya.
  • Energizer - Energi (daya) yang mampu menggerakkan tubuh dan jiwa ke pencapaian sebuah tujuan.
  • Spiritualizer - Fitur unik bagi manusia agar senantiasa terhubung dan mengingat Allah SWT.

Peran orangtua dalam kehidupan emosi anak adalah dengan modal BE A MOM yaitu Body Language atau bahasa tubuh anak, Emphaty yaitu dari hati ke hati, Active Listening yaitu mendengar dunia anak dengan penuh atensi, Mindfulness yaitu hadir tanpa menghakimi, Optimist yaitu memberikan energi positif pada anak serta terakhir adalah Micro counselling yaitu menguasai teknik konseling.

Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati


Dengan konsep BE A MOM tadi, maka sebagai orangtua perlu mengasah hati dengan empati. Kata Empati pertama kali dikenalkan tahun 1909 oleh E.B. Titchener dan arti Empati menurut Turnet et al adalah kemampuan untuk mengenali, menghargai dan memahami keadaan pikiran atau emosi orang lain untuk menerima ide dan perspektif baru dan untuk menghargai perbedaan juga keragaman pada orang lain.

Selain itu ada juga pemahaman mengenai Asah Hati Dengan Empati, dimana ada tiga jenis Empati yaitu:

  • Empati Afektif  (Affective Emphaty) yaitu anak sensitif dalam membaca dunia rasa dan emosi orang lain, baik bahasa lisan, bahasa tubuh dan bahasa rasanya.
  • Empati Kognitif (Cognitive Emphaty), yaitu anak dapat memahami perbedaan atau keunikan setiap manusia tanpa menghakimi.
  • Empati Welas Asih (Comppasionate Emphaty), yaitu anak dapat mengidentifikasi kebutuhan dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan tanpa diminta.

Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati


Lalu, apa sih manfaat mengasah Empati pada anak? Ada istilah 6 M manfaat dari mengasah Empati pada anak yaitu:

  1. Memudahkan anak menjalin pertemanan dengan berbagai kalangan Anak. Dengan ini maka anak-anak akan lebih menghargai perbedaan dan nyaman terhubung secara emosional dengan teman yang homogen juga heterogen.
  2. Merekatkan hubungan sosial yang harmonis atas dasar kasih sayang. Anak akan belajar menjadi anak yang ringan tangan, pengasih dan penyayang. Dengan begini, anak-anak kita akan dapat menciptakan keharmonisan hubungan pertemanan secara jangka panjang.
  3. Memudahkan bernegosiasi. Anak-anak akan dapat belajar bagaimana bernegosiasi tanpa menyakiti satu sama lain, sehingga tercipta solusi yang bersifat win-win solution.
  4. Memudahkan berkolaborasi. Anak-anak akan belajar untuk melakukan kerjasama dengan teman-temannya.
  5. Memperkuat kreativitas. Kreativitas anak akan menjadi terasah, sebab anak-anak mau membuka dirinya untuk menerima perbedaan wawasan dan gagasan dari teman-teman dan lingkungan sekitarnya.
  6. Memperkuat konsep diri yang positif (Sosok Abudance Mentality). Seiring dengan mendapatkan sejumlah manfaat di atas anak merasa nyaman menjadi dirinya sehingga terbangunlah konsep diri yang positif pada anak.

Tahap Mengelola Emosi

Pengelolaan emosi alangkah baiknya mulai dikenalkan kepada anak ketika anak sudah menginjak usia 7 tahun ke atas. Sebab di usia itu anak-anak sudah mulai mengenal apa itu dunia rasa dan emosi. 

Literasi Emosi - Kecerdasan Dengan Hati


Ada tiga tahap mengelola emosi yaitu :

  • Kanalisasi yaitu dengan mengalirkannya dalam media yang sesuai dengan momen yang dialami anak.
  • Stabilisasi yaitu dengan melakukan emotional focused coping dengan teknik kanalisasi juga relaksasi. Lakukan juga dengan mencari solusi untuk dapat menuntaskan masalah. Terakhir lakukan spiritual focused coping.
  • Spiritualisasi, yaitu adanya penerimaan, kelapangan hati yang disertai dengan sikap pasrah (tawakal) kepada Allah.

Berikut ini manfaat cerdas mengelola emosi yaitu dengan metode 6M. Apa saja itu?

  1. Memiliki kehidupan pikiran yang sehat. Anak memiliki pikiran rasional yang mampu menalar segala hal dengan akal terbaiknya dan mampu mendorong lahirnya aksi solutif
  2. Memiliki kebugaran fisik yang sehat. Anak memiliki kesehatan fisik yang baik, vitalitas kuat (bugar), yaitu kualitas tidur yang baik.
  3. Memiliki kehidupan sisal yang sehat. Anak memiliki keterampilan sosial aserttif, memiliki peluang besar untuk meraih hidup produktif dan harmonis dengan lingkungan sosial. Anak memiliki mental bonding yang kuat dengan orangtua juga orang terdekat.
  4. Memiliki kehidupan Spiritual uang sehat. Anak memiliki koneksi yang baik dengan Maha Pencipta.
  5. Memiliki konsep diri yang baik dengan semua manfaat di atas, kesejahteraan mental anak makin optimal dan konsep diri anak pun menguat.
  6. Memiliki kualitas resiliensi yang kuat pada anak. Ketika mengalami benturan kehidupan anak memiliki cara sehat untuk menangani dan mamou bangkit kembali dengan kesehatan mental yang lebih baik dari sebelumnya.

Masya Allah, keren banget kan isi bukunya? Inilah kesimpulan poin-poin yang aku dapatkan dari buku Literasi emosi. Yuk, dibeli bukunya, karena buku ini juga ada jurnalnya yaitu jurnal emosi, jurnal komunikasi asertif, jurnal empati, jurnal pemaaf, jurnal ilmu dan jurnal syukur, harapan serta doa yang bisa dipelajari dan diisi.

Jujur buku ini memang awal terlihat berat ya, tapi kalau kita bacanya dengan khusyuk dan tidak terburu-buru, akan tambah paham dan benar-benar bermanfaat sekali buku ini. Kalau teman-teman mau dapatkan buku ini, bisa DM langsung untuk order ke IG Teh Diah Mahmudah

Jika kita sebagai orangtua yang sayang dan peduli akan mentalitas anak serta tumbuh kembang mereka, maka yuk segera kita berikan asupan bergizi tentang literasi emosi.