Ceritaku Bersama Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB)

Tidak ada komentar


 

Assalamualaykum,

Mungkin dari beberapa teman-teman yang sudah sering baca blog aku, pasti sudah pernah baca sharing aku mengenai proses dari awal sampai saat ini aku ngeblog. Yang di awali dari curhat dan jualan online di blogspot aku dan membawa aku ikut komunitas blog yang salah satunya Indonesia Social blogpreneur (ISB).

Sepertinya sudah lebih dari lima tahun berjalan aku berada di komunitas blogger ISB ini. Tentunya banyak membawa dampak yang bagus bagi aku di dunia per bloggeran dan juga menjadikan aku sebagai seorang micro influencer seperti saat ini. Nah khusus di artikel ini aku mau sharing ceritaku bersama Komunitas ISB.

Ceritaku Bersama Komunitas ISB

Ketika mau mulai aktif lagi di dunia per bloggingan di akhir tahun 2017, agak sedikit kaget juga ya dengan perkembangannya. Awal tahun 2010 mulai tuh blogger ya biasa saja, hanya sekedar sebagai wadah sharing tulisan tipis-tipis dan bahkan tempat curhat daily activity.

Awal dulu mulai nulis blig tuh belum ada komunitas blogger dan pas aku mulai tidak aktif karena mau fokus kembangin bisnis aku, ternyata sudah mulai banyak komunitas-komunitas wadah untuk para blogger.

Akhirnya di tahun 2018 an aku mulai bergabung di komunitas ISB ini. Aku tertarik karena namanya adalah Indonesian Social Blogpreneur. Karena aku ini suka banget dengan yang namanya bisnis, jadi aku merasa dengan ada tulisan blogpreneur ini mengartikan cuan, ahahaha....

Itu alasan awal aku tertarik bergabung dan ternyata ya ngga zonk dong. Banyak cuan yang aku hasilkan dari ngeblog dan tentunya juga karena aku bergabung di ISB ini. Memang Masya Allah ya ternyata bukan hanya cuan saja, aku juga banyak banget mendapatkan banyak ilmu mengenai dunia blogging.

Tentu cuan adalah bonus karena tulisan di blog kita tuh menarik. Aku jadi tambah paham mengenai istilah dan ilmu mengenai apa iti Domain Authority, Page View, Google Analytics,dan masih banyak lagi.

Komunitas ISB cukup aktif menurut aku untuk sesi sharing sessionnya dan mempersilahkan juga memberi kesempatan kepada semua membernya untuk berbagi ilmu masing-masing. Sebab semua blogger itu unik dan memiliki ilmunya masing-masing.

Dari ilmu-ilmu yang aku dapat dari sharing session inilah aku praktekkan dengan mulai memperbaiki tampilan blog aku, tulisan aku dan juga sering sharing tulisan aku ke sosial media aku. Kalau kata Teh Ani Berta (Founder dari ISB), kita tuh perlu sering sharing tulisan kita, supaya orang tahu bahwa kita ini blogger. Tidak perlu mikirin apa kata orang mengenai tulisan kita jelek atau apa, yang penting sharing dulu saja baru mulai perbaiki perlahan tulisan-tulisan kita.

Lewat tulisan ini juga aku mau ucapkan terima kasih untuk ISB karena sudah banyak banget bantu aku dalam dunia per bloggingan. Tidak nyesal deh bergabung karena tidak hanya manfaat nulis saja tapi memperluas networking aku juga.

Harapan aku semoga ISB terus bertahan, tetap menjadi wadah bagi kita para blogger untuk berkembang dan terus perbanyak sharing-sharing di grup. Semoga juga Teh Ani Berta sehat selalu dan terus menjadi inspirasi bagi kita semua para blogger-blogger di Indonesia dan bahkan mancanegara.






 




Tidak ada komentar