Rabu, 01 Mei 2019

Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) 2019 Resmi Dibuka

Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) 2019 Resmi Dibuka 



Assalamualaykum, 

Halo para pecinta Fashion..Kali ini aku mau kasih live report nih acara MUFFEST 2019 yang berhasil aku liput. Jangan sampai terlewat event fashion muslim yang keren ini ya kamu para fashion lover..


Satu lagi ajang event yang mengedepankan fashion untuk para muslim dan muslimah di tanah air kembali di gelar. Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 kali ini berlangsung sebelum bulan puasa yaitu tanggal 1 sd 4 Mei 2019 yang di gelar di JCC (Jakarta Convention Center).


MUFFEST 2019 kali ini memiliki tema tren Forecasting 2019/2020 : Singularity dan diresmikan hari ini oleh Menteri Perindustrian yaitu Bapak Airlangga Hartanto





Alhamdulillah, sebagai Official Blogger/Vlogger acara MUFFEST 2019, aku bisa berkesempatan hadir di Opening Ceremony MUFFEST 2019. Acara nya sendiri dimulai dari jam 09.30 - 11.30 tadi berjalan dengan lancar. Para undangan yang hadir hampir semua memakai pakaian dengan sentuhan tradisional yaitu sarung karena dress code diundangan tema nya adalah Urban Saroong. 

Unik banget menurut aku untuk tema dress code nya. Awal, aku tidak tahu lho kalau ada dress code, karena aku tidak pegang undangan. Aku masuk ke mainstage nya dengan hanya tunjukin saja ID Card aku sebagai Official Blogger/Vlogger dan ternyata ketika aku lihat undangan nya, baru lah tahu ada tema untuk dress code.





Acara agak sedikit ngaret ya dari jam yang tertera di undangan, start mulai kurang lebih jam 10.00 kurang. Dibuka oleh Mba Ira Duaty sebagai MC di Opening Ceremony MUFFEST 2019 ini. Aku langsung hafal kalau itu suara Mba Ira Duaty, karena khas dan memang favorit banget sebagai MC acara seperti ini.

 



Dimulai dari menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya juga kami disuguhkan Tarian tradisional Indonesia yaitu Tari Ratoh Jaroe. Barulah setelah itu sambutan dan lanjut parade fashion dari hasil para lulusan SMK. 

Sambutan pertama adalah dari Mas Ali Charisma selaku Presiden Indonesian Fashion Chamber (IFC), dimana beliau mengatakan bahwa "Koleksi Busana muslim di acara Muffest 2019 ini lebih banyak mengangkat koleksi ready to wear atau koleksi baju yang siap pakai." 

Makin penasaran aku dibuatnya dan tidak sabar untuk segera lihat show-show koleksi dari para designer Indonesia yang akan digelar selama 4 hari berturut-turut.



Kenapa diambil tema Singularity tahun ini? Karena Muffest 2019 ini merupakan kolaborasi antara seniman dan juga designer yang kemudian melahirkan image-image fashion yang kontemporer. 

Sambutan kedua adalah dari Menteri Perindustrian Bapak Airlangga Hartanto. Beliau menambahkan, industri Fashion muslim di Indonesia khusus nya, mampu mengambil andil besar dalam pasar fesyen muslim di dunia. Peluang industri fashion secara global itu masih terbuka dan peluangnya besar, karena itu perlu harus diisi oleh industri fashion muslim dari Indonesia



Setelah itu, persemian pun dilakukan dengan adanya gunting pita dari Bapak Airlangga lalu foto bersama dengan para undangan baik dari kementrian juga dari perwakilan sponshorship acara MUFFEST 2019 ini.
Acara terakhir adalah parade fashion dari hasil karya para siswa-siswi SMK NU Banat dan juga para designer muslim Indonesia, yaitu:Lania Rakhmawati, Lisa Fitria, Noore, Irma Intan

Semoga saja karya para designer Indonesia ini bisa bersaing dengan brand dari Internasional. Sebab, perkembangan industri fashion, khususnya fashion muslim di Indonesia untuk perkembangan nya sendiri sudah cukup pesat untuk tiga tahun belakangan ini. 

Di event MUFFEST 2019 ini, tidak hanya acara fashion show saja tapi juga ada booth-booth dari para pelaku bisnis dibidang Industri Fashion. Yang mana masing-masing memiliki keunikan produk dan juga siap masuk ke industri pasar global. Sebagian ada yang terdiri dari beberapa pelaku UKM yang tergabung di dalam UKM Industri Perdagangan.


Koleksi kali ini menurut aku beda dari yang sebelum nya. Para Designer muslim ini, masing-masing mempresentasikan koleksi terbaru rancangan mereka. Karya yang fresh dan original ini menurut aku bisa mewakili sebagian koleksi busana muslim tanah air. Mulai dari koleksi ready to wear nya, koleksi muslim syar'i nya sampai ke koleksi busana couture nya.

Selain itu koleksi nya dari beberapa designer yang ikut kali ini semakin menunjukkan signature atau ciri khas rancangan mereka.  Penting banget lho signature ini, sama seperti personal branding untuk koleksi mereka.

Warna yang ditampilkan juga cukup beragarm, mulai dari putih, hijau army, warna pastel dan juga abu-abu dan hitam yang hampir mendominasi warna dari koleksi-koleksi para designer Indonesia di Muffest 2019 ini.
Pemilihan untuk material nya pun beragam, tapi menurut aku sih tidak ada sesuatu yang unik untuk pemakaian material pagelaran tahun ini. 

Contoh designer Irma Intan yang tahun ini menggunakan materil dari Leather dan Studes ditambah dengan hiasan paku-paku nya.


Ok, Keep always reading my fashion report about MUFFEST 2019 ya semua nya. Jangan lupa datang, masih ada waktu 3 hari ke depan lho. See you ...





 

💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife 











Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

23 komentar:

  1. Momentnya pas, sebentar lagi Ramadhan kebutuhan orang dg busana muslim melonjak

    BalasHapus
  2. Wah... berarti sedang berlangsung ya, Mbak.
    Keren ini, karena momennya pas sekali menjelang puasa lalu lebaran.

    BalasHapus
  3. Mantap, semoga makin berkembang fashion muslim di Indonesia.

    BalasHapus
  4. Ternyata busana muslimpun bisa tampil dalam format fashion Show. Keren

    BalasHapus
  5. Tahun kmrin aku sempet liat muffess mba,, yg th ini Blum semakin maju Dan keren yakk design bajunya suka kagum bngt sama ide perancang

    BalasHapus
  6. keren banget nih masih siswa SMK tapi udah bisa berkarya kayak gini.

    BalasHapus
  7. Wih desainnya itu sesuai dengan mode saat ini, apalagi untuk muslimah-muslimah muda yang menginginkan desain yang kekinian. Padahal itu ada yang didesain oleh anak-anak SMK ya? Desainnya ga kalah bagus sama desainer pro

    BalasHapus
  8. Wah keren acaranya...Lengkaap bener mulai dari koleksi ready to wear nya, koleksi muslim syar'i nya sampai ke koleksi busana couture ada. Bisa jadi panduan berbusana bagi Muslimah Indonesia ini..

    BalasHapus
  9. Mbak Ira Duaty keren ya masih saja banyak job-nya. Pernah juga jadi MC di Makassar.

    Senang ya sekarang banyak acara yang menampilkan desain busana muslimah.

    BalasHapus
  10. Muffest memang selalu dinantikn pecinta fashion terutama busana muslim. Koleksi adi busana muslimah kini makin inovatif dan keren ya.

    BalasHapus
  11. Menarik ya acaranya bisa utk referensi hijab sehari2. Sayang aku kelewat acaranya...haha

    BalasHapus
  12. Mantap nih event MUFFEST nya selain ajang fashion show tapi juga membuka peluang untuk UKM.

    BalasHapus
  13. Kalau peragaan busana seperti itu pingin banget daku lihat dari dekat, cuma biasanya malam ya

    BalasHapus
  14. Aku suka lihat nih di berita ada ajang tahunan muffest, kayaknya bagus ya. tapi belum pernah sempat lihat langsung

    BalasHapus
  15. Koleksi MUFFEST kali ini lebih beragam dan lebih unik ya, bisa menjadi ajang untuk UKM dapat semakin berkembang juga, terutama di bidang Fesyen Muslim.

    BalasHapus
  16. pas banget nih mau lebaran ada fashion show jadi ada refrensi deh mau beli baju yang mana

    BalasHapus
  17. Aku kemarin dateng lhoooo ke Mufest.. selalu suka dateng ke acara fashion soalnya suka dapet inspirasi buat berbusana

    BalasHapus
  18. Aku tu suka banget dengan perkembangan fashion muslim di Indonesia, makin banyak karya2 desainer yang bikin baju buat para muslimah mbak. Salah satunya dengan makin banyaknya jg pamean2 kyk muffest ini.

    BalasHapus
  19. senangnya bisa hadir d acara Mufest ini ya mba Cilya. Aku suka dengan perkembangan para designer yang merambah pada pakaian syar'i yg ready to wear, simple namun tetap pada koridornya.

    BalasHapus
  20. Pengen liat lamgsung ih..pengen.liat model2 nya siapa tau bs jd inspirasi

    BalasHapus
  21. Wa'alaikumsalam...
    Wah ternyata sudah selesai ya, Teh sampai tanggal 4 Mei kemarin. Ini pas sih, mendekati lebaran kan pasti banyak orang yang belanja, terlebih fashion.

    BalasHapus
  22. Sepertinya sarung lg cukup digandrungi fashion ya mba. Ga cuma identik sbgspakaian laki laki to jg bisa buat perempuan

    BalasHapus
  23. Udah dibuka aja nih Muffest, pasti asyik buat berburu baju muslim nih.

    BalasHapus

Follow Us @cilyawonderland