Friday, March 20, 2020

TIPS Sukses Bekerja di Rumah


TIPS Sukses Bekerja di Rumah




Hujan mengguyur sekitar Karawaci Tangerang dari subuh tadi dan sekarang jam sudah menunjukkan jam 10.00 WIB tapi hujan masih awet saja. Sambil menyeruput susu cokelat hangat, tangan ini tetap bekerja sambil mengecek catatan stock opname serta beberapa invoice bulan ini.

Jam segini sudah bisa agak tenang mengerjakan beberapa kerjaan bisnis, anak-anak sudah pada berangkat sekolah. Kebetulan sekolah anak-anak masih di dalam wilayah komplek rumah jadi tidak terlalu jauh jarak dari rumah ke sekolah. Biasanya mereka kalau ke sekolah naik sepeda, karena hari ini hujan jadi aku mengantar mereka ke sekolah. 


Tadi pagi ketika mengantar mereka ke sekolah, aku lihat di jalan tidak terlalu ramai. Tidak banyak pengendara motor yang hilir mudik, kalau pun ada pastinya mereka mengenakan jas hujan untuk melindungi pakaian mereka agar tidak basah terkena air hujan. Semoga Allah melindungi mereka para pejuang pencari rezeki.


Jadi flash back masa 8 tahunan silam disaat masih menjadi pegawai yang kerja kantoran 9 to 5 belum lagi kadang lembur. Hujan, panas, naik kendaraan umum yang desak-desakan, macet, tetap harus di jabani demi meraih rezeki untuk kelangsungan hidup. Kendaraan pribadi belum punya jadi ya nikmatilah naik kendaraan umum. Alhamdulillah hal itu sudah tidak aku alami lagi saat ini. Sejak 8 tahun ini aku sudah work from home. 


Ketika sedang asyik mengerjakan lembar invoice satu persatu, tiba-tiba aku mencium aroma sambal balado yang sedang di masak oleh Mba ART aku dan aromanya masuk ke ruang kerjaku. Oh tidak..buat tidak konsen kerja saja ini 😁. 
Work space aku memang di rumah, hanya tersekat satu dinding dan satu pintu saja. Terima tamu, meeting dan kerja semua aku lakukan di ruangan kerja ku ini. Karena aku bekerja di rumah, time managemen pun tetap perlu aku atur agar semua nya tetap berjalan.



Apa sih enak nya Kerja di rumah?


Karena aku adalah seorang ibu dengan 3 orang anak, walau mereka sudah beranjak dewasa, tetap saja aku perlu mengkontrol aktivitas kesehariannya. Mulai dari aktifitas sekolahnya, aktifitas dirumah dan makannya mereka masih perlu aku perhatikan. Belum lagi memperhatikan pak suami yang walau kita berdua sama-sama kerjanya dari rumah.

Enaknya kerja di rumah ya seperti ini: Punya waktu yang tidak ada batasnya mengkontrol aktifitas anak-anak, tahu keadaan mereka, masih bisa mengatur rumah juga mengkontrol kerjanya Mba ART aku dalam membersihkan rumah.



Apa TIPS Kerja Dari Rumah?


Walau mengerjakan pekerjaan bisnis ini aku lakukan dari rumah, bukan berarti aku bisa seenaknya bertindak. Aku melakukan beberapa hal ini yang mungkin bisa menjadi Tips bekerja dari rumah. Tips ini adalah tips versi aku selama 8 tahun ini. Aku konsisten dan benar-benar komitmen melakukannya, agar kerjaan bisnis dan kerjaan rumah bisa terkontrol secara bersamaan. 

Apa saja Tips nya?

1. Buat To Do List


Buat To Do List itu PENTING banget lho. Catat semua kegiatan harian kita di buku agenda khusus, tulis mulai dari start kita bangun tidur sampai kita mau tidur lagi. Walau kadang apa yang kita tulis pada kenyataannya ada saja yang tidak sesuai schedule, tapi tetap kita buat saja to do list nya agar teratur ritme kerjanya


2. Disiplin


Jika sudah buat To Do List, ya kita perlu banget Disiplin melaksanakannya sesuai dengan apa yang sudah kita agendakan. Jangan kita sudah tulis misal jam 10.00 wib adalah waktunya telp klien, tapi pas jam 10, mager terus ingin santai sebentar sambil nonton Drakor, eh jadi keterusan, eh terus sudah lupa dan akhirnya kita menunda kerjaan. 


3. Komunikasi Dengan Team Support System


Support system ini perlu banget. Bagi kita yang usahanya masih skala UKM (Usaha Kecil Milyaran ehehe), tetap perlu lho team. Team support system yang aku maksud adalah team yang ada di rumah kita seperti anak-anak, pasangan dan ART kita. 
Mereka adalah team support system ring satu kita. Info dan komunikasikan ke mereka apa yang sedang atau akan kita lakukan. Misal jam 20.00 wib, kita ada agenda Kelas Online dengan para reseller. Walau dilakukan via online tapi bukan berarti bisa sesantai itu juga karena kan kita sedang memberikan materi, jadi tetap perlu konsentrasi. Nah minta kepada para team support system ring satu kita ini (anak-anak, pasangan dan bahkan ART) agar tidak mengganggu kita selama 1 jam ke depan.Mungkin bisa delegasikan tugas urusan rumah tangga yang ringan-ringan sementara ke mereka.


4. Buat Suasana Ruang Kerja Kantoran


Walau work space kita hanya di pojokan yang itu juga tidak ada sekat atau tidak ada ruangan sendiri, tetap kita perlu atur meja kita dengan nuansa tempat kerja. Pokoknya buat suasana seperti di kantor saja dan sebisa mungkin buat ruangan yang nyaman, agar kita bisa tetap focus kerja.



5. Kerjakan Pekerjaan Rumah Tangga Lebih Pagi


Untuk para Ibu-Ibu semuanya, kita ini tidak bisa lepas dari kewajiban kita mengurus rumah, anak-anak dan suami lho. Bahkan tugas mengurus rumah dan keluarga adalah tugas utama kita, untuk urusan bisnis memang sebenarnya bukan tugas utama (kecuali kita single parents ya..). 
Kalau aku pribadi, mengaturnya jam 10.00 pokoknya semua kerjaan rumah sudah selesai (baik itu ke pasar atau beres-beres rumah, bahkan masak pun sudah selesai). Start Jam 10.00 sudah siap focus dan konsen mengerjakan pekerjaan bisnis kita. 


Begitulah kira-kira lima inti dari yang aku lakukan agar kerja dari rumah untuk urusan bisnis kita bisa sejalan juga selaras dengan mengurus keluarga.

Memang sekali lagi kadang-kadang pada kenyataannya ada jadwal yang suka tidak sesuai dengan jadwal yang sudah kita buat di To Do List harian kita, but it’s Okey dan jangan jadi beban lalu stress. 
Misal lagi mau konsen tiba-tiba di telp dari sekolah bahwa buku anak ada yang ketinggalan, atau anak kita sakit, tiba-tiba ada sanak saudara berkunjung kerumah, dll. Tetap hadapi dengan bahagia. Karena jika kita jadikan beban, maka seharian itu pasti akan jadi tambah berantakan karena mood tidak sedang dalam suasana yang bagus. 


Ok sipp ya..Semoga berguna sharing aku kali ini. See you on my next blog postπŸ’–πŸ’–









πŸ’— Cilya πŸ’—
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

15 comments:

  1. To Do List penting dibuat ya Mba supaya semuanya terkontrol dan gak ada yang terlewat

    ReplyDelete
  2. iya saya juga buat to do list biar lebih tertata kerjanya dan target cepat tercapai ya mbak

    ReplyDelete
  3. Bener banget mbak kalo gak buat to do list nanti malah terlanjur santuy soalnya di rumah

    ReplyDelete
  4. disiplinnya ini yang susah ya, kadang suka lewat-lewat jamnya padahal udah dijadwal jam segini jam segini hehhhe tapi tetep aja ngaret mainin hp atau apalah

    ReplyDelete
  5. Setuju banget sam tipsnya mba. Akupun melakukan hal yg sama. Cuma tantangannya adalah aku punya anak 2 batita yg blm bs diajak kompromi πŸ˜‚

    ReplyDelete
  6. saya masih kerja di kantor euy mba, ga dapet jatah WFH :( jadi kerjaannya dobel selain nyiapin makan buat suami dan anak yg di tinggal seharian di rumah, plg kantor masih harus beberes hahahaa

    ReplyDelete
  7. Kerjadm dari rumah itu banyak plus minusnya, tapi buatku sih lebih milih kerja dari rumah biar waktu sama keliarga lebih banyak

    ReplyDelete
  8. I feel you Mbaa, saat ngantor banyak banget waktu habis dijalan. Badan "remuk" selama desak2an di kereta gak dirasa karena ingat sebentar lagi akan ketemu Anak. Perjuangan sekali ya. Tapi Alhamdulillah dengan WFH waktu bersama Keluarga jadi lebih banyak, walaupun memang godaannya juga gak sedikit. Semangat Mbaaa :D

    ReplyDelete
  9. Kalau di rumah terus, sering malah bikin aku sakit badan euuii....
    Sekarang bersyukur anak-anak sudah sekolah, jadi di sekolah ketemu temen-temen (sesama emakemak) dan bisa jalan untuk ke kajian bareng, olahraga bareng. Jadi gacapek aktivitas di rumah.

    ReplyDelete
  10. aku tuh suaaah beneer dengan disiplin, soalnya banyak ajaaa gangguannya kalau di rumah hehehe..dari mulai masak, games, sampai mendadak beberesan hehhee..tapi kalau fokus bisa cepet selesai

    ReplyDelete
  11. Aku belum bikin to do list ginian mba, aduh butuh banget ya biar enak kerjaanya jadi teratur
    Makasih banget tipsnya mba, harus lebih displin ya kerja di rumah ini

    ReplyDelete
  12. Tantangan kerja dari rumah memang lebih ke disiplin pribadi. Soalnya urusan yang harus dikerjakan banyak dan saling bertindihan. Kalau ga pinter-pinter bagi waktu, bisa-bisa target tidak tercapai.

    ReplyDelete
  13. Noted banget mba Cilya d bagian komunikasikan k support systen terutama orang-orang di rumah ya kalo kita kerja d rumah ga hanya menyelesaikan rentetan pekerjaan domestik aja

    ReplyDelete
  14. Kalau yang sudah terbiasa kerja di rumah ala blogger pasti asyik asyik aja ya mbaa, tapi jadi riweuh saat anak-anak juga school from home, hahaah bubar deh semua to do list emaknya :))

    ReplyDelete
  15. Sebetulnya kerja di rumah tuh ya sama aja kayak kerja kantoran.. malah lebih berat sih kalo udah ada anak2 haha karena kan dia ngeliat emaknya di rumah mulu dikira nganggur :))

    ReplyDelete

Follow Us @cilyawonderland