Kamis, 09 Januari 2020

TIPS Resolusi Bisnismu di Tahun 2020 Tercapai

Kiat Agar Resolusi 2020 Terwujud Sesuai Target





Assalamualaykum,

Seperti biasa setiap awal tahun, selalu indentik dengan menuliskan yang namanya 'Resolusi'. Sebenarnya Resolusi itu apa sih?
Aku pun lalu googling, mencari tahu arti dari kata Resolusi. Menurut kamus KBBI, Resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang), pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. 

Tetapi saat ini, kalimat Resolusi pun sudah mengalami perluasan makna yaitu memiliki arti sebuah harapan yang sungguh-sungguh dari pribadi seseorang. 
Melihat arti dari resolusi ini, maka artinya membuat resolusi itu adalah membuat atau menuliskan harapan pribadi kita di tahun 2020. 

Harapan bisa terwujud dengan melalui ikhtiar tentu nya. Tanpa ikhtiar harapan itu akan hanya sebagai mimpi yang tidak akan tercapai. Ikhtiar pun tentu perlu sekali di rencanakan dan diberikan target agar terukur.

Berikut ini aku mau sharing TIPS agar resolusi bisnismu di tahun 2020 ini tercapai. 
1. Tulis Resolusimu Terencana dan Terukur



Di beberapa sharing bisnis yang aku bawakan dan juga beberapa pelatihan yang aku berikan, aku selalu bilang bahwa ketika kita membuat suatu planning atau goals, buatlah dengan terencana dan terukur. Karena jika tidak terukur maka ikhtiar yang akan kita lakukan ujung-ujung nya kita tidak akan mendapatkan hasil yang jelas. 


2. Buat Timeline serta Deadline dari masing-masing resolusimu

Timeline disini adalah lebih kepada seperti agenda kerja. Jadi setelah resolusimu sudah di tulis, lalu buat lah timeline kapan diri kita akan action untuk mewujudkan nya. 
Misal nya Resolusi 2020, omset bisnis kita per bulan nya mau menghasilkan Rp.500 juta. Setelah itu buat agenda kerja seperti apa saja yang akan kita kerjakan untuk mewujudkan nya. Maintain team Stokis dan Reseller nya kah, buat pelatihan berapa kali dalam sebulan, maintain pelanggan dan sebagai nya. 
Masing-masing dibuatkan deadline agar tertarget juga hasil nya.


3. Evaluasi hasil nya per bulan agar terukur

Evaluasi dalam bisnis itu penting banget kita lakukan. Kalau saya lakukan review itu per bulan agar tidak kelupaan apa saja yang perlu diperbaiki, apa saja yang sudah dilakukan dan apa saja kendala yang ada. Sehingga cepat pula bisa menemukan solusi dari kendala yang ada. 
Sebab, waktu berjalan terus dan tentu bisnis kita juga perlu berjalan setiap hari nya.

Evaluasi dalam berbisnis itu seperti apa saja sih yang perlu kita lakukan ?
Evaluasi Keuangan
Hitung cahflow pemasukan serta keuangan bisnis kita. Apakah sudah sesuai target atau belum. Harus dong hasil nya lebih baik dari sebelum nya

Evaluasi Strategi Marketing atau Penjualan
Misal nya nih kita melakukan strategi penjualan dengan memakai jasa iklan di media cetak dan ternyata hasil nya kurang significant, maka dari itu segera dirubah strategi iklan nya. Mungkin bisa fokus jualan melalui media sosial yang siapa tahu lebih mendapatkan hasil yang maksimal.

Evaluasi Kualitas dan Kuantitas Produk
Jangan sampai nih, strategi pemasaran nya bagus, permintaan pasar melonjak naik tetapi kualitas produk kita menurun, produksi nya juga berkurang kecepatan nya. Jadi perlu kita maintain per bulan nya agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor


Ke tiga tips ini sangat simple, teman-teman semua pasti bisa melakukan nya dan tinggal pilihan nya mau resolusi bisnis nya tercapai cepat atau lambat. Sekali lagi ikhtiar memang tidak akan membohongi hasil. Nikmati proses nya dan hasil yang dicapai memang semua atas izin dari Allah SWT. 

Selamat mencoba dan semoga resolusi bisnis teman-teman semua tercapai di tahun 2020 ini ya. Salam sukses 




💗 Cilya 💗

Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @cilyawonderland