Networking dan Skills Memiliki Peran Penting di Era Revolusi Industry 4.0

8 comments

Networking dan Skills memiliki peran penting di era revolusi industry 4.0





“Bu Peri, ini ada info tiket GA nih. Bisa hubungi ke Mba ini ya 081xxxx , bilang saja dapat dari aku nomor telp nya. Setahu aku di dia ada tiket GA tambahan untuk ke Labuan Bajo” begitu ujar teman aku, saat kemarin aku butuh tiket tambahan untuk paket ke Labuan Bajo yang kebetulan bertambah peserta nya.
Enaknya punya networking luas ya salah satu nya seperti ini, ketika butuh sesuatu kita tahu siapa yang kita tuju untuk dimintain bantuan, baik itu sekedar informasi atau pun juga bantuan jasa mereka.

Ada yang pernah tanya ke aku saat di sharing session bisnis: “Buat suatu usaha itu apakah perlu skill dulu atau networking dulu?” Menurut aku bisa dilakukan bersamaan, kita bangun dan asah skill kita sekalian dengan bangun networking sebanyak-banyaknya (asal jangan sampai salah bergaul ya). Bangun networking juga ya pilih-pilih lingkungan agar tidak terjebak dalam lingkungan yang salah.
Jika ketika kita sedang membangun jaringan di lingkungan baru dan feeling kita tidak cocok ya jangan terlalu terlibat terlalu jauh di dalamnya. Ciptakan networking dengan nyaman saja, biar ketika memulai bisnis dan kita bisa memanfaatkan koneksi networking nya juga enak dan nyaman.

Membangun skill dan networking itu memang sebaiknya berbarengan, jika kita menunggu sampai skill kita matang baru cari networking terlalu kelamaan, karena experience itu bisa menjadi salah satu penambah skill kita dalam hal apa saja.

Di era revolusi Industri 4.0, kita perlu banget punya dua hal ini yaitu networking dan skill. Agar tidak ketinggalan zaman. Jika tidak punya skill, sudah pasti kita akan kalah bersaing dengan orang-orang yang memiliki skill walau bukan seorang yang ahli-ahli sekali. Bingung menemukan skill kita di bidang apa? Caranya gali passion kita apa? Setelah dapat baru deh kita bisa gali lagi kira-kira dari passion kita ini apakah bisa dijadikan sebuah peluang bisnis. Misal nih kita suka banget dandan atau make up-an, nah kenapa kita tidak buat tutorial make up atau kita jadi Make Up Artis (MUA) , dari situ kita bisa deh buka jasa Make Up untuk acara. Contoh lain lagi, misal kita suka banget sama dunia digital dan utak atik kode html dll, kenapa tidak kita coba jadi ahli di bidang coding dengan buat aplikasi atau buka kelas mengajar untuk bidang coding. Jadi skill itu tidak jauh-jauh kok dari kita karena skill kita ada di dalam passion kita.
Lalu bagaimana dengan Networking. 

Perlu banget ya punya Networking yang luas? Ya perlu banget atuh. Ngga rugi deh punya pertemanan banyak, Karena banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat jika kita punya networking yang luas. Manfaatnya antara lain:


Wawasan kita semakin luas.

Jadi ngga ada deh istilah “Pikniknya kurang jauh” ehehe. Dengan adanya wawasan yang luas, akan membantu kita juga dalam mengolah sudut pandang kita, dengan lebih open minded dan tidak skeptis.


Mendapatkan beberapa fasilitas dan Mendapatkan Peluang Karir juga Bisnis

Fasilitas disini bukan ditujukan ke konteks “Aji mumpung” ya, tapi lebih kepada kita bisa mendapatkan beberapa fasilitas tambahan dalam beberapa hal bisnis. Contohnya nih, aku punya bisnis travel wisata halal yang paket destinasi nya wisata lokal. Ketika membuat paket, kita punya kenalan orang hotel, maskapai, restoran dan lain-lain yang bisa membantu kita memberikan tambahan fasilitas atau harga promo yang menarik. Sehingga paket wisata aku pun jadi punya daya tarik yang menarik ketika kita lempar ke pasaran.
Begitu juga dalam hal karir, jika kita punya koneksi di suatu perusahaan, kita bisa minta di rekomendasikan di perusahaan tersebut melalui teman-teman kita ini.


Sarana Promosi

Salah satu nikmat memiliki Networking yang luas adalah kita bisa dengan mudah melakukan promosi. Jika bisnis kita sedang berjalan, kita bisa kirim produk kita ke teman-teman networking kita untuk membantu mempromosikan produk kita dengan memberikan testimony nya. Jadi jangan takut untuk memiliki pergaulan yang luas.


Dari penjabaran diatas sudah jelas ya bahwa networking dan skill itu sangat berperan penting di zaman sekarang ini apalagi di dalam dunia bisnis. Tidak rugi kita memiliki pertemanan yang banyak.


💗 Cilya 💗

Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

8 comments

  1. revolusi industri 4.0 ini banyak yang sering sebut tapi saya sendiri kurang paham maknanya, thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  2. iya bener banget di jaman 22 gini pastinya teknologi berpengaruh besar ke perubahan di dunia bisnis dan kerja ya mbak, postnya mantep banget

    ReplyDelete
  3. setuju banget mba dengan koneksi yang luas, memberikan kita kesempatan untuk mendapatkan karir, dan biasanya berdasarkan pengalamanku kalau ada kesempatan karir pasti lebih percaya nanya ke koneksi kita, karena dianggap lebih bisa dipercaya

    ReplyDelete
  4. Di era saat sekarang ini, revolusi industri 4.0 memang kita kudu berbenah biar ga ketinggalan dan tetap bisa terus berkarya, semangatt

    ReplyDelete
  5. betul banget kalau punya usaha harus sejalan antara networking dan skill.. aku sendiri di era revolusi industri 4.0 ini usahanya adalah jasa sih XD

    ReplyDelete
  6. networking bermanfaat sekali ya, saya pun sudah merasakan manfaatnya. Tinggal usaha lagi yang lebih giat dan semangat :D

    ReplyDelete
  7. Sepakat banget untuk mengembangkan networking. Menambah wawasan sekali mba dan juga keahlian ya mba :)

    ReplyDelete
  8. Kalau mau networking itu intinya nda boleh malu ya mba. Harus percaya bahwa apa yang kita lakukan menembus batas kemampuan kita nantinya akan ada efek positifnya.

    ReplyDelete