Radio Selalu Punya Cerita

14 komentar






“Selamat Pagii…Kembali lagi di ROTI bersama Ronald Tike di Senin pagi ini menemani aktivitas teman-teman semua…” begitulah sapa renyah Ronald dan Tike salah satu penyiar favorit aku di 101 Jak FM. Yang mana Jak FM adalah salah satu channel radio favorit aku juga.

Walau tidak setiap pagi aku nyalakan radio tapi kalau hendak berpergian sepertinya ada yang kurang seru saja perjalanan aku, jika tidak dengar radio.
Radio masih ada ya hari gini? Alhamdulillah nya masih ada ya, walau music sekarang bisa di dengar darimana saja. Apalagi nih, salah satu pesaing radio adalah Podcast, Joox, Youtube dan masih banyak lagi aplikasi digital untuk musik yang saat ini sedang di gandrungi anak muda. 
Di beberapa kanal ini pun, kita juga bisa dapat banyak informasi, baik update berita, talkshow live juga update music terbaru. Memang penyiarnya yang melakukan acara live tidak seaktif di radio, tapi tetap saja fungsi nya sudah hampir sama dengan radio.

Aku sudah familiar dengarkan radio itu dari zaman aku SD seinget aku. Gara-gara Mama dan Papa aku suka banget dengerin music dan berita-berita penting lainnya via radio. Waktu itu lebih sering dengar radio daripada nonton TV soalnya dulu itu stasiun TV belum sebanyak sekarang channelnya jadi memang tontonannya juga berita-beritanya agak boring saja.

Selain music, Mama dan Papa aku tuh suka banget dengerin yang namanya Drama Radio ahahah, Masya Allah ya dulu tuh banyak banget deh Drama Radio, mulai dari drama radio yang kolosal sampai yang horror. Saat itu profesi dubber tuh sempat booming digandrungi beberapa orang untuk mengisi suara di drama radio ini.

Pas beranjak SMU tambah lah aku suka banget dengerin radio. Tentu segmen stasiun radio yang aku dengarkan juga sudah yang khusus anak muda, jadi sudah jarang dengerin tuh drama radio kolosal kaya Mahabarata, drama kumbara via radio ahaha.

Waktu SMU, aku sudah mulai rajin banget dengerin radio yang memang stasiun radionya khusus untuk kaula muda, yang lagu-lagunya selalu update lagu-lagu terbaru baik mancanegara juga lagu dari negeri sendiri. Saat itu stasiun radio yang hits banget yaitu Prambors, malah nih aku sempat lho pedekate sama cowo gara-gara acara perjodohan via online  di radio 😀😂. 

Saat itu bisa dibilang ngga gaul kalau ngga kenal nama-nama penyiar radio. Sampai nih profesi sebagai penyiar radio tuh jadi salah satu karir favorit saat itu. Karena jadi penyiar radio itu ngga perlu namanya: cantik, tinggi yang penting adalah suaranya bagus, renyah dan gaul.  
Nah, kalo kata teman-teman aku, suara aku enak didengar kalo via telp... Jadi aku pernah disarankan untuk ikutan saja jadi penyiar radio. Apalagi katanya wajah aku lucu, pasti jadi nilai plus ketika jadi penyiar malah mungkin bisa jadi MC nasional 😀.

Alhasil, aku jadinya pernah sampai ikutan casting dan ngelamar-ngelamar segala, tapi pas dipanggil untuk interview sayangnya ngga boleh sama Papa aku untuk ikutan. Jadinya ambyar deh impian aku jadi penyiar radio hits anak muda. Sedih banget sih..

Tapi sedihnya itu dulu dan sekarang kekecewaan zaman itu sudah terbayarkan. Dengan profesi aku sebagai mompreneur, aku sudah beberapa kali di undang sebagai narasumber di beberapa stasiun radio, di hampir seluruh Indonesia untuk  mengisi acara talkshow. 

Entah sudah berapa stasiun radio yang sudah mengundang aku sebagai pembicara atau narasumber untuk mengisi program wirausahanya. Senang banget dong ya, akhirnya bisa ngerasain yang namanya ‘Mengudara” ..begini toh rasanya ya, terbayar sudah rasa penasaran aku bisa ‘mengumbar' suara aku di radio 😉



Zaman aku kecil sampai dengan SMU, kalau mau dengar radio ya musti punya satu set radio, mau itu murah atau mahal ya musti punya alat yang namanya Radio itu. Ketika remaja di zaman aku itu sudah ada Walkman dan juga ipod, jadi bisa dengerin stasiun radio favorit dimana saja dan kapan saja tanpa perlu gotong-gotong satu set radio :D. Kayanya sudah canggih dan modernlah kalao punya Walkman atau ipod.

Ternyata semakin bertambahnya zaman, apalagi aman sekarang yang sudah serba digital. Saat ini kita sudah bisa dengar siaran radio secara streaming via internet bahkan nih beberapa radio sudah punya aplikasinya sendiri yang bisa di download di playstore atau appstore di handphone kita. Bahkan ada juga stasiun radio yang sudah punya channel sendiri di podcast, jadi bisa dengar juga stasiun radio favorit kita via podcast. Iya sudah secanggih itu ya teman-teman…

Buat aku fungsi radio saat ini masih menjadi sebuah stasiun yang menghibur. Jika malas melihat visual seperti nonton TV, kita bisa dengar radio. Berharap semoga stasiun radio yang ada saat ini tetap ada dan bertahan di saat persaingan di dunia digital ini. Tinggal bagaimana pihak management radio saja yang mau mengikuti update perkembangan teknologi yang ada.  

Jadi nostalgia ngga sih kalau bahas radio? Teman-teman ada yang sampai saat ini masih senag dengerin radio? Stasiun radio favorit apa yang biasa di dengerin? Sharing yuukkk di kolom komentar.












Woman Creative Partner
  






14 komentar

  1. jadi ingat masa muda, waktu nelp ke radio buat kirim salam dan lagu buat gebetan *eh hahahaa

    BalasHapus
  2. Akuuuu, aku kadang masih seneng dngrn radio. Entah suka aja gtu, walaupun jaman udh modern gini radio tetap jadi pilihan nemenin dikala situasi apaoun mau di kamar atau di mobil selalu punya cara buat balikin mood ataupun paling ngerti kalau lagi unmood. Dulu jaman sma paling seneng dngrn radio bahkan pernah bercita2 jadi penyiar radio :'D

    BalasHapus
  3. ngga bosen aja rasanya, apalagi kalo yang siaran lucu, jadi bisa ikut ketawa. cuma sekarang playlist nya suka sama dan lagunya itu2 terus, kalolagu baru, yaudah sebulan sih bakalan sering denger hehehe

    BalasHapus
  4. Yang bikin aku bisa lama-lama dengerin radio karena announcernya dan playlist lagunya yang bikin nyaman

    BalasHapus
  5. Radio itu masih didengerin sih kalau lagi nyetir hehehe. Aku jadi inget kalau dulu pergi kuliah, pasti dengerin Prambors hahaha. Seru banget dengerin radio di pagi hari.

    BalasHapus
  6. Radio itu teman yang paling pas ketika mengerjakan tulisan mba. Kita ga harus sibuk nyariin koleksi lagu, udah pantengin aja channel kesukaan, biarin dia bunyi dan memperdengarkan aneka musik kesukaan. Kita bisa konsentrasi mengerjakan tulisan. Itu kalau aku sih.

    BalasHapus
  7. Aku mengudara jd tamu kyknya cuma sekali ngobrolin ttg ssalah satu organisasi kepenulisan waktu itu.
    Kalau masuk radio buat nyanyi pas jaman TK sering wkwkwk :p
    Kalau zaman ABG dan kuliah seringnya suara masuk radio krn kirim2an salam wkwkwk jaman alay, skrng jarang dengerin radio hihii

    BalasHapus
  8. Di sini tempat desa suamiku radio masih jadi sarana hiburan utama mba hehehe
    aku setiap hari dengerin, depan rumah. Depan rumah selesai samping rumah wkwkkw

    BalasHapus
  9. jadi kangen dengerin radio, dulu waktu masih kecil tiap hari dengerin radio karena itulah satu-satunya hiburan, tv masih hitam putih heheh, hapal sama semua penyiar, acaranya jam berapa aja, pas kerja sempat terobati kalau denegrin pagi-pagi di mobil, sekarang udah bertahun2 ga dengerin radio

    BalasHapus
  10. Aku masih dengerin radio, pas sambil nyetir aja siih...
    Kalo di rumah, iya...jarang banget.
    Ada Radio Radja yang isinya ceramah-ceramah gitu...

    Tapi masa kejayaan radio yaah...kirim-kirim salam sama gebetan.
    Ampyuunn~

    BalasHapus
  11. Ingat zaman SMP radio selalu menemani hari2ku, sampe kirin salam segala buat temen2 trs woro2 suruh dengerin semua

    BalasHapus
  12. aku juga selalu gabisa lepas sama yang namanya radio ini mba Cil, bagi aku tetap ga tergantikan, dan kalo tiap pagi malah masih dengerin prambors nih hehe

    BalasHapus
  13. Masa SMP - SMA tuh masa2nya hobi dengerin radio, apalagi sebelum tidir dengerin lagu dari radio keknya enak banget deh. Jangan2 kita seangkatan lagi nih mba 🤣

    BalasHapus
  14. banyak kenangan dari radio, dulu radio dipake untuk ngisi waktu dengarin lagu pop ketika liburan

    BalasHapus