Belajar Seperti Gelas Kosong

No comments

Kosongkan Gelasmu Untuk Mendapatkan Ilmu Baru




Assalamualaykum,

Welcome back  semua. Semoga semua dalam keadaan sehat wal'afiat, Aamiin YRA. 
Beberapa waktu lalu aku sempat lagi merasa lelah dan penat. Kalau sedang merasa penat dan agak menurun semangat aku, aku selalu baca buku  motivasi atau buku mengenai kisah para tokoh pebisnis yang sukses menjalankan bisnisnya. Kisah mereka dalam membangun bisnis dan menghadapi jatuh bangunnya bisnis.

Kadang kita perlu belajar dari orang lain, bukan hanya dari orang-orang yang sukses saja tapi juga dari orang-orang yang sedang membangun bisnisnya. Kenapa kita perlu belajar dari orang lain? Agar kita memiliki rasa syukur, rasa rendah hati dan semangat hidup.

Berkaca dari orang-orang yang sudah sukses, mereka ini rata-rata masih terus belajar lho. Padahal bisnis mereka sudah sukses. Lalu masa kita yang masih taraf menuju sukses bisnisnya kok ngga mau belajar, ngga mau update ilmu. 


Hal sederhana bentuk dari rendah hati mau belajar adalah ketika kita bertemu dengan orang lain di dalam sebuah pertemuan informal. Biasanya orang yang sukses selalu lebih sering mendengarkan daripada berbicara tentang dirinya saja... "Kemarin saya dapat penghargaan ini...", "Saya ini tuh orangnya paling tinggi jabatannya di kantor..." dan masih banyak lagi kalimat "aku dan aku yang paling hebat" dan yang "paling tahu"

Ketika kita lebih banyak mendengar, di situ kita sama saja sedang proses belajar mendapatkan sebuah ilmu baru. Kita juga jadi bisa belajar People Skill, belajar menghadapai orang lain dengan berbagai karakter yang berbeda-beda, belajar dealing with people dan masih banyak lagi yang kita bisa pelajari.

Tetapi semua ilmu-ilmu tersebut tidak bisa kita tampung jika "gelas" ilmu kita penuh. kita perlu mengkosongkan dulu "gelas" kita agar bisa menampung ilmu yang baru. 

Lalu apakah isi di dalam gelas kosong tersebut kita buang begitu saja? Tidak kita buang begitu saja, karena itu kita perlu lakukan yang namanya "Sharing ilmu" kepada orang lain agar ilmu kita terus bertambah.

Jadi bukan ganti dengan gelas baru dan biarkan gelas penuh yang ada tetap terjaga penuhnya lalu kita diamkan dan kita tabung. 
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ
Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”
Biarkan kita sedekah kan air (ilmu) yang ada pada gelas kita untuk orang lain, jangan khawatir gelas kita akan kosong, karena Insha Allah, Allah akan terus mengisi gelas kita. Sebab tidak ada sedekah yang percuma, pasti semuanya bermanfaat. 

Yuk kita menjadi manusia yang bermanfaat dan belajar dari gelas kosong yang selalu memberikan air di dalamnya keluar dan masuk tanpa pamrih. Sukses untuk teman-teman semua and see you on my next blogpost



Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife



Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

No comments