Cara Bepikir Positif Dalam Islam

18 comments

Berpikir dan Berjiwa Besar



Assalamualaykum,

Beberapa hari yang lalu, aku ada ikut talkshow islami mengenai bagaimana mempersiapkan mental diri dalam menghadapi omongan orang lain yang cenderung negatif. Tidak hanya mental tapi juga mempersiapkan bagaimana cara kita bersikap kepada orang-orang yang negatif tersebut.

Kita tidak bisa meminta orang lain menyetujui segala tindakan kita dan kita juga tidak bisa meminta mereka untuk tidak memberikan komentar mereka terhadap apa yang kita lakukan. Tinggal bagaimana kitanya saja yang bersikap bijak dalam menghadapinya.

Di dalam talkshow itu juga membahas bagaimana kita juga berpikir positif terhadap orang lain, sebab belum tentu apa yang mereka utarakan atau memberi masukan kepada kita adalah sebuah hal yang negatif, bisa jadi ada maksud dan tujuan positif di dalamnya.

Selama kita hidup di dunia ini dan berinteraksi dengan sesama di dunia ini, pasti akan mengalami yang namanya bertemu atau berjumpa dengan beragam watak dan adat istiadat masing-masing orang. Itulah seni dalam hidup kita. 

Di dalam agama Islam, menganjurkan untuk selalu berpikir positif kepada Allah SWT, karena akan berdampak besar dalam kehidupan seseorang. Hal yang paling utama adalah dengan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan Nya. 

Seperti yang tertuang di dalam ayat suci Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 216:

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, Padahal ia amat baik bagimu, dan boleh Jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, Padahal ia Amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui."

Berikut ini aku mau sharing 5 Cara Berpikir Positif dalam Islam, agar kita tidak selalu berpikir negatif terhadap orang lain. Cara ini juga bisa juga membangun mental diri dalam menghadapi omongan orang yang negatif terhadap kita.

1. Bijak Dalam Berteman

Memiliki teman sedikit yang perduli dengan kita tidak masalah, di banding memiliki banyak teman tetapi mereka memberikan toxic dalam hidup kita. Lihat saja para sahabat Rasullulah SAW yang tidak banyak. Tetapi para sahabat Rasulullah SAW sangat banyak memberikan manfaat bagi kehidupan Rasulullah SAW.


2. Mindset Positif dan Berbaik Sangka

Mengubah pola pikir itu memang tidak mudah pada prakteknya. Perlu alat pendukung yaitu Iman dan lingkungan sekitar yang mensupport. Pola pikir atau mindset merupakan landasan dari kebiasaan kita. Jika pola pikirnya positif maka hidup kita akan positif juga. 
Jika bertemu dengan orang lain maka diri kita selalu mengawali dengan prasangka baik. Ingat sebuah hadis: "Aku sesuai prasangka hamba-Ku pada-Ku dan Aku bersamanya apabila ia memohon kepada Ku" (HR. Muslim).


3. Visualisasikan Diri

Visualisasikan diri ke arah positif. Jika Mindset kita sudah positif maka visualisasikan diri kita dengan memperlihatkan perubahan dalam diri, mulai dari sholat kita, cara bicara kita dan tindakan kita. Tunjukan kepada orang lain, visualisasikan diri kita, karena tindakan positif kita Insha Allah akan memberikan inspirasi kepada orang lain agar bersikap positif juga dalam hidupnya.

4. Memandang Sisi Baik

Selalu memandang segala sesuatunya dari sisi baik. Misal bisnis kita sedang mengalami penurunan, coba lihat dari sisi baiknya yaitu, Allah SWT minta kita untuk memperbaiki pelayanan, jadi punya waktu untuk berpikir inovasi terbaru, dan sebagainya. Jadi mulailah segala sesuatu yang terjadi pada diri kita, di lihat dari sisi baiknya juga, agar hidup kita terus positif.

5. Bepikir dan Berjiwa Besar

Berjiwa besar di sini adalah lebih ke arah IKHLAS. Apapun yang orang lain ucapkan negatif tentang kita, menghujat, memfitnah kita tetap ikhlas menghadapinya. Sehingga tidak ada emosi dalam diri kita. Begitu juga ketika kita mencoba untuk berpikir dan berjiwa besar dalam berinteraksi, maka hal positif akan keluar dari tindakan serta ucapan kita.


Jadi jika kita menghadapi hal-hal negatif yang ada di dalam kehidupan kita, coba untuk terapkan ke lima hal ini dan juga jika kita terapkan ke lima hal ini dengan baik maka hidup kita Insha Allah akan menjadi positif. 

Semoga bermanfaat dan see you on my next blogpost 💖💖




Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife



Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo, Traveling, Sharing Bisnis

18 comments

  1. tulisannya sangat bermanfaat sekali menyadarkan kita untuk selalu berbuat baik, semoga hidup kita semakin positif

    ReplyDelete
  2. terima kasih mba remindernya, walaupun saya bukan muslim tapi saya mengerti maksudnya, agar kita selalu hidup dengan semangat positif dengan berbuat baik di mana saja kapan saja

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah kalau aku selalu berfikiran positif kalau berteman tapi jika emang dia bawaannya negatif mending tinggalin. Kalau di circle aku gak ada yang begitu sih, aman. Hehehehee

    ReplyDelete
  4. Begitu, ya. Terima kasih sudah mengingatkan untuk tetap berpikir positif dan berjiwa besar.

    ReplyDelete
  5. Semangaat sellau ya mbaa.. kita harus terus berjiwa besar dan sabar. Ini tadi komentarbaku bermasalah mbaa.. maaf kalau agak telat karena resend..

    ReplyDelete
  6. Wahh memang penting banget ya ini, kalau tidak nanti hidup jadi susah sendiri juga!

    ReplyDelete
  7. setuju banget dengan cara-caranya mba, seiring bertambah usia, rasanya saya juga mulai memfilter teman-teman yang punya energi positif dikelola dengan baik, yang energinya negatif ya pelan-pelan dikurangin, dan sudah jadi seleksi alam juga sih biasanya, kita hanya akan dekat dengan orang-orang yang satu frekuensi, kalau positif dengan positif lagi begitupun sebaliknya

    ReplyDelete
  8. Couldn't agree more with the tips. Memang kita tuh mesti filter pertemanan, sekali ada teman yang toxic wah gawat bisa ketularan jadi toxic juga.

    ReplyDelete
  9. Lingkungan pertemanan itu memang sangat berpengaruh ya mba, maka dari itu kita mesti pintar memilih pertemanan.

    ReplyDelete
  10. Mindset positive ini yang lagi aku coba untuk terapkan dikehidupan sehari hari karena memang berpengaruh banget dalam menjalani keseharian agar tetap semangat terus

    ReplyDelete
  11. setuju banget nih sama tulisannya. kita harus pintar-pintar dalam memilih teman, agar hidup lebih bermakna.

    ReplyDelete
  12. Kalau aku prinsipnya, jika kita perlakukan orang dengan baik kita juga bakal dikelilingi sama orang2 baik juga.

    ReplyDelete
  13. Iya sih, bener prinsipnya ya harus sabar dan selalu berbuat baik ke semua orang. Terima kasih tulisannya :)

    ReplyDelete
  14. Keikhlasan saya benar2 teruji saat menikah. Saat hrs menghadapi mertua dan keluarga suami yg seringkali meremehkan saya dan keluarga. Smpet mikir kok ada orang setega itu, tp mungkin mrk ga bermaksud bgt, hny karakternya sj yg polos dan ceplas ceplos. Mksh sharingnya ya mba, reminder bgt

    ReplyDelete
  15. Ikhlas ini memang mudah diucapkan namun sangat sulit diaplikasikan.
    Bisa jadi di saat ujian kecil, kita ikhlas. Dan ujian berikutnya, niat bergeser sehingga gak ikhlas.
    Subhanallahu...

    ReplyDelete
  16. Blog ini membantu aku dalam membuka pikiran yang harus berfikir positif. Aku masih belajar dalam hal ini. Karena tidak mudah.

    ReplyDelete
  17. Ga mungkin manusia itu satu watak dan satu sifat. Adanya keberagamaan membuat kita bisa menjadi lebih banyak belajar

    ReplyDelete
  18. Nah ini benar-benar membantu di kala aku down. Huhuhu, kadang kita liatnya sisi negatif terutama sisi negatif diri sendiri. :( Terima kasih sudah membantu dengan tulisan ini mbak

    ReplyDelete