Setiap Orang Spesial

No comments

 



Assalamualaykum,


"Kok aku sepertinya gendutan ya? Ingin sekali bisa kaya Dian Satro, sudah punya anak dua tapi masih Ok badannya..."

"Kenapa ini wajahku susah sekali glowing, tidak seperti artis Korea"

Sering tidak sih teman-teman mengatakan seperti ini kepada diri sendiri? Rasa tidak percaya diri, rasa minder atau insecure selalu tiba-tiba muncul dalam diri kita. Padahal hal seperti ini tidak baik bagi pertumbuhan kejiwaan kita. Walau sudah tahu tidak baik, tetapi kenapa ya kok kita kadang masih suka berpikir seperti ini. 

Kalau hal ini terus di tanamkan dalam alam bawah sadar kita bahwa kita tidak pintar, tidak cantik, tidak kaya atau tidak sempurna seperti orang lain, maka tambah lama kita akan membenci diri kita, kalau sudah benci artinya sulit untuk bahagia.

Pernah tidak teman-teman membaca berita beberapa artis di luar negeri yang bunuh diri. Padahal  kalau dilihat dari kacamata kita, mereka kurang apa sih, tajir iya, cantik atau ganteng iya...Tapi kenapa bisa mereka kok bunuh diri? 

Bisa jadi mereka tidak bahagia, mereka benci dengan kehidupan mereka. Kenapa bisa begini ya karena hidup mereka tidak bersyukur dan sering membandingkan dengan kehidupan orang lain.


Ada satu artikel yang aku dapatkan dari psychcentral.com yang judulnya When You Fell Worthless. Disini membahas bahwa bagaimana kita memandang diri kita ini berharga dan spesial. Kira-kira apa saja langkahnya agar kita bisa membangun positive mind dalam diri kita agar kita yakin diri kita berharga.


1. Bersyukur 

Ketika kita membangun rasa bersyukur kita dalam segala aspek kehidupan baik itu dari bersyukur diberikan keluarga, diberikan pekerjaan, diberikan anggota tubuh, diberikan kehidupan, bersyukur bisa menghirup udara segar, maka kita akan merasa lebih baik dan positif.

Ketika positif maka kita akan fokus pada hal-hal yang positif juga dan kita pun akan bahagia. Kelihatan klise memang, ketika sedang tertimpa masalah kok disuruh berpikir positif. Aku pun sama sedang masa belajar dalam proses tahapan ini yaitu ketika sedang ada masalah, mencoba untuk berpikir positif, dan mencoba untuk tetap bahagia. 

Walau belum sempurna tapi ketika kerap kali aku mencoba, hati ini merasa plong. Aku merasa bersyukur di kasih cobaan sebab dengan cobaan ini aku bisa belajar menjadi pribadi yang tawadhu dan tidak sombong.


2. Aktif Berorganisasi

Aktif berorganisasi atau ikut komunitas dan berkontribusi didalamnya bisa membuat diri kita berharga lho. Kita akan menjadi berharga jika kita memberikan banyak manfaat kepada orang lain. Berikan manfaat sesuai dengan kemampuan skill kita yang ada.

Misal kita suka masak, sharing saja seputar masak seperti bagaimana merebus daging supaya empuk. Atau jika kita suka menjahit, bisa kasih tips memilih bahan yang kualitas terbaik harga terjangka dan lain-lain. Simple buat kita tapi bisa jadi bermanfaat bagi orang lain. 


3. Afirmasi Diri Kita Spesial

Setiap manusia pasti memiliki kelebihan masing-masing. Ada yang melihat kelebihan dirinya dan memanfaatkannya dengan positif, tetapi tidak jarang juga ada orang yang tidak mau melihat dirinya memiliki kelebihan.

Tidak mau bukan tidak bisa. Mereka yang tidak mau adalah golongan orang yang merugi dan biasanya cenderung membanding-bandingkan kehidupan mereka dengan orang lain. Membandingkan diri mereka kenapa tidak secantik Sophia Latjuba, tidak sepintar Dian Sastro, dan masih banyak lagi hal-hal yang dibandingkan dengan orang lain. 

Aku juga pernah seperti ini, merasa hidung aku ngga mancung, kenapa mata aku ngga belo tapi satu sisi ada orang lain yang memuji kalau aku ini cantik, punya mata yang unik, pintar dan awet muda. Kalau aku ngga bersyukur dan tidak mengafirmasi bahwa aku ini spesial, maka bisa dipastikan hidup aku tidak akan bahagia karena yaitu tadi, kadar bahagianya adalah jika punya wajah cantik seperti Sophia Latjuba, lah gimana caranya? Mau operasi plastik pun juga tidak akan seperti dia mukanya, malah mungkin bisa jadi aneh kali ya muka aku ehehe.


4. Self Talk

Sering kan dengar istilah self talk? Dengan rajin berbicara dengan diri sendiri bahwa kita ini berharga, dengan mengucapkan terima kasih sudah diberikan nikmat sehat, nikmat umur panjang, maka rasa bersyukur pun akan timbul. Pikiran kita pun akan menjadi positif dan lebih ringan rasanya beban pikiran tidak ada.

Rutin lakukan self talk pagi hari habis bangun tidur (sebelum memulai aktifitas) dan juga malam hari sebelum tidur (akhir dari aktifitas harian kita). Dengan begini kita akan merasa diri kita berharga dan spesial.


Semoga kita menjadi pribadi yang selalu bersyukur karena Setiap Orang Itu Spesial....


See you on my next blogpost 💖💖 







Woman Creative Partner

No comments