Menjadi Wanita Tanpa Batas Bersama Rahina Indonesia

3 komentar

 



Mengawali pagi ini dengan mengucapkan kalimat Alhamdulillah, sebagai bentuk rasa syukur aku kepada Allah atas nikmat hidup yang diberikan untuk aku pagi ini. Kebetulan hari ini jadwal aku lumayan cukup padat, mulai dari webinar via zoom dan meeting online dengan salah satu vendor. Tentunya tidak lupa pakai hijab Rahina Indonesia terbaru dong untuk melengkapi outfit aku hari ini.

Setelah selesai beres-beres, makeup dan sarapan, aku mulai aktifitas ke ruang kerja aku. Menyalakan laptop, menyiapkan materi meeting nanti dan membuka link zoom webinar hari ini yang sudah di share di grup. Webinar hari ini temanya adalah "Teknik Copywriting Storytelling Untuk Bisnis Digital" bersama ISB, Mba Dini Fitria dan juga Mba Tina dari Rahina Indonesia.

Mengapa Wanita Perlu Berdaya Tanpa Batas?

Senang banget aku bisa mengikuti kelasnya Mba Dini lagi, setelah sekian lama tidak ikut kelas yang dibuat sama Mba Dini. Terakhir itu sebelum pandemi, ada acara gathering blogger dan Mba Dini pun sharing juga di acara itu. Aku pun punya beberapa buku novel karyanya Mba Dini lho dan menurut aku, Mba Dini adalah salah satu wanita yang sangat inspiratif dan contoh wanita yang berdaya tanpa batas.

Mengapa sih wanita ini perlu berdaya tanpa batas? Semua wanita itu luar biasa dengan segala kelebihannya dan aku beruntung sekali lahir sebagai seorang wanita dan juga menjadi seorang Ibu. Sebagai wanita kita perlu memiliki karya dan menjadi wanita yang berkualitas, bagi aku hal itu merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah.

Bentuk dari membuat diri kita berkualitas adalah dengan terus mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk mengembangkan potensi diri kita. Salah satunya adalah mengikuti webinar bersama Mba Dini dan Rahina Indonesia ini.

Sebagai seorang pebisnis, content creator yang juga penulis blog, mengetahui teknik membuat copywriting dengan storytelling ini sangat penting. Agar tulisan kita tidak kaku, tidak monoton dan ditulisnya dari hati.

Hijab Kekinian Segi Empat Rahina Indonesia

Sebelum materi Mba Dini di bawakan, sesi pertama adalah sharing dan pengenalan terlebih dahulu dari Mba Tina Rahina selaku owner dari Rahina Indonesia. Tentu di moderatori oleh Teh Ani Berta (sebagai Founder dari Indonesian Social Blogpreneur).

Memang keren banget deh Mba Tina ini, Masya Allah. Masih muda, pintar dan memiliki sebuah bisnis yang sudah berkembang di bidang fashion muslim. Di sesi pertama, Mba Tina memperkenalkan kepada kami behind story dari Rahina lalu juga sharing mengenai tips memulai bisnis ala Mba Tina.

Visi Misi dari Rahina Indonesia adalah menjadi "One Stop Shopping Hijab Premium Terbaik Tahun 2030". Dari visi misi inilah yang membuat Rahina selalu membuat produk-produk hihab yang berkualitas dan terus menciptakan inovasi-inovasi produk terbaru.

Sharing dari Mba Tina tentu jadi insight untuk aku yang memiliki bisnis juga. Jadi penting banget ya teman-teman UKM, bahwa kita sebagai pemilik bisnis untuk memiliki visi misi 5 sdh 10 tahun ke depan dan bisnis kita perlu sustainable pokoknya. 

Nah karena lagi webinar bersama Rahina, kebetulan aku sudah punya hijab dari Rahina yang Markarian Series warna Aurelie. Warna Aurelie itu kalo menurut aku antara gold dan kuning kunyit gitu dan apa yang Mba Tina infokan mengenai kualitas premium dari hijab Rahina ini memang benar lho. 

Bahan hijabnya selain tidak panas, juga tidak mudah kusut. Jadi kalau lagi traveling bisnis, aku tidak khawatir lusuh ketika ada di dalam koper atau tas dan kepala aku adem-adem saja...nyaman pokoknya 😍.

Tidak hanya nyaman dipakai untuk aktivitas keluar rumah saja, hijab dari Rahina ini juga menurut aku merupakan hijab segi empat simple untuk sehari-hari. Jadi kalau mau dipakai di rumah pun juga enak dan tidak membatasi ruang gerak aktivitas kita di dalam rumah.

Rahina Indonesia memiliki banyak varian series. Di setiap serinya memiliki desain yang unik dan filosofi sendiri yang terinspirasi dari para wanita Indonesia. Karena itulah tagline yang selalu di branding oleh Rahina adalah Woman With No Boundaries (Wanita Tanpa Batas) yang ingin mengajak para wanita di Indonesia untuk terus berkarya dan menjadi wanita tanpa batas dengan Rahina Indonesia.

Oia, jangan khawatir akan harga, sebab harga jilbab Rahina masih terjangkau kantong kok. Jadi sudah bahannya kualitas premium, packagingnya cakep, desainnya unik dan harganya affordable.

Teknik Copywriting Story Telling Untuk Bisnis Digital Ala Dini Fitria

Setelah pemaparan behind story dari Mba Tina Rahina yang inspiratif banget, maka webinarnya lanjut ke sesinya Mba Dini Fitria. Di webinar kali ini, Mba Dini sharing bagaimana teknik menulis atau membuat copywriting dengan storytelling.

Yang artinya menulisnya perlu memakai hati, sehingga audiens tidak hanya merasa dekat dengan tulisan kita, tapi juga tulisan kita menjadi seperti real atau nyata. Dengan begini, jangan heran jika pesan dari tulisan kita akan tersampaikan dengan baik ke audiens.

Mungkin ada yang berpikir, duuuh... mau nulis saja kok ya ribet banget sih. Harus pelajari 5W 1H, perhatikan kata kunci, mempelajari teknik copywriting dan sebagainya.

Sebenarnya sih tidak harus ya, yang harus itu ibadah kepada Allah SWT. Tetapi perlu sih dipikirkan, kita ini ingin menjadi blogger atau penulis yang bagaimana? Untuk apa menulis kalau tidak ada yang membacanya dan makna tulisan kita tidak tersampaikan atau bahkan tulisan kita tidak memiliki manfaat bagi masyarakat.

Hal inilah yang membuat aku semakin paham setelah mengikuti sesi webinarnya Mba Dini. Walau tidak secara gamblang di utarakan, tapi aku mendapatkan makna dari sharingnya Mba Dini ini.

Story Telling dalam copywriting menurut Mba Dini adalah sebuah teknik penyampaian sebuah informasi yang memasukkan unsur cerita yang membangkitkan sisi emotional tanpa membuat seseorang merasa terintimidasi.

Dengan alur yang menarik dan teratur, akan membuat orang menjadi fokus terhadap pesan dan mekna yang kita sampaikan melalui tulisan kita. Jadi storytelling di dalam copywriting bukanlah sekedar seni menulis saja, tapi juga seni untuk membangkitkan rasa.

Ada poin yang bagus sih menurut aku dari pemaparannya Mba Dini yaitu ketika di bagian menjelaskan mengenai kerangka membuat konten Copywriting Storytelling.

  • Opening/ Headline. Di bagian ini, kita tuh perlu membuka tulisan kita dengan memberikan "Why" dari tulisan yang akan kita buat. Sehingga audiens menjadi penasaran.
  • Problem / Konflik / Body Text. Setelah itu lanjut membuat body textnya dengan memaparkan "What" atau masalahnya apa sih dari cerita yang akan kita tulis.
  • Closing / How To / Call To Action. Terakhir tentunya adalah bagian closing. Agar bagian closingnya tidak mengambang, maka perlu tuliskan solusi dari masalah yang ada di body text sebelumnya. Lanjt dengan diakhiri dengan call to action, agar audiens tertarik akan tulisan kita sehingga mungkin akan membeli, menghubungi atau membaca lagi tulisan kita yang lainnya.

Dari ketiga hal itulah yang dapat membuat tulisan kita menjadi lebih bermakna dan bermanfaat. Tidak hanya itu, pesan yang kita tulis akan tersampaikan dengan baik kepada pembaca atau audiens.

Sungguh Sabtu yang produktif dan tentu sharing dari webinar ini menjadi cambuk untuk membuat sebuah tulisan yang lebih bermakna dan bermanfaat lagi dari hati.

Selesai webinar, aku pun siap-siap lanjut aktifitas kedua dan menuju ke lokasi meeting dengan vendor di sore harinya. Tentunya pakai hijab segi empat simple dari Rahina. Kalau teman-teman penasran bisa mampir ke Instagramnya atau ke Shopeenya Rahina Indonesia ya. Mau cari hijab kekinian segi empat bahan premium? Rahina Indonesia saja! 😉




3 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. What a fantastic blog. I genuinely enjoy it. This is an excellent and instructive post. Continue publishing; we'll be looking forward to your next blog
    Divorce in New Jersey

    BalasHapus