Manfaat Dari Kegiatan Nulis Di Blog!

2 komentar

 

Manfaat Dari Kegiatan Nulis Di Blog


Assalamualaikum,

Hari ini ketika lagi mikir mau buat artikel apa untuk yumnamagz.com, aku baru ngeh ternyata sudah 13 tahun aku nulis blog. Ya ampun ngga berasa saja sih waktu berjalan begitu saja dan entah sudah berapa artikel di blog yang sudah aku buat dengan pola on-off nulis blognya, hehehe….

Kegiatan menulis aku selama 13 tahun ini bukan hanya di blog saja, tapi juga di beberapa media. Baik itu sebagai penulis lepasan dan bahkan juga pernah sebagai ghost writer. Entah sudah berapa tulisan yang aku buat dan semuanya bisa aku kerjakan dengan bahagia tanpa stres. 

Awal ngeblog tulisan aku ngga sampai 100 kata ehehe. Sebab belum paham mengenai dunia blogging. Yang penting saat itu ya tulis saja yang ada di dalam isi kepala aku dan beberapa liputan atau review mini ala aku. 

Bahkan dulu nih karena ketidak pahamkan aku akan dunia tulis menulis blog, aku pernah benar-benar copy paste tulisan seseorang ke blog aku. Bukan blogger Indonesia tapi blogger dari luar negeri dan itu aku sampai di email, emailnya sih minta aku tulis nama dia sebagai penulis artikel itu, bukan neur karena aku copy pastenya.

Dari sini aku jadi paham bahwa itu hal yang tidak boleh aku lakukan. Kalau mau blog kita atau kita mau jadi penulis ya perlu buat tulisan yang original dan tidak copy paste tulisan orang lain. 

Tentu hal itu bagian dari proses belajar ngeblogging juga. Proses lainnya seperti belajar memperbaiki ejaan bahasa Indonesia yang masih berantakan, belajar memahami apa itu kata kunci, tahu bahwa meta description itu ngaruh sampai merangkai kata dengan baik, agar yang baca juga ngga bingung dan pesan dalam tulisan aku bisa tersampaikan ke publik.

Sekarang sudah mampu juga nulis 3000 kata lho dalam satu artikel. Masya Allah Tabarakallah. Buat aku pribadi sebuah pencapaian yang luar biasa dan aku bangga sama diri aku bisa menjadi penulis blog yang baik.

Ngeblogging sangat bermanfaat bagi aku pribadi. Sebab aku bisa berbagi pengetahuan, dapat mengasah kemampuan hobi menulis aku, dapat cuan dari nulis, bisa jadi content writer, bisa copywriting dan menjadi salah satu poin personal Branding aku. 

Bagi teman-teman yang suka nulis, coba yuk mulai nulis di blognya. Tulis apa saja terserah untuk di awal-awal, asal tulisannya jangan hoax, jangan copy paste dan wajib bermanfaat. Semangat menulis ….



2 komentar

  1. Saya juga senang menulis yang pengen saya tulis di blog

    BalasHapus
  2. Selamat untuk 13 tahun perjalanan menulis blog! Itu luar biasa, dari tulisan kurang dari 100 kata hingga sekarang mampu menulis 3000 kata. New Jersey Domestic Violence Attorney Cherry Hill Proses belajarnya menginspirasi, terutama ketika kamu sadar akan pentingnya originalitas tulisan. Semoga terus sukses dalam menulis dan berbagi pengetahuan. Semangat terus, Cilya! Driving Without A License In New Jersey

    BalasHapus