Ternyata Kita Perlu Meningkatkan Self Esteem

Tidak ada komentar

 

Ternyata Kita Perlu Meningkatkan Self Esteem

Assalamualaykum,

Bahas mengenai 'Harga Diri' yuk hari ini. Bukan harga diri untuk jual diri tanda kutip yaaa...tapi harga diri yang lebih kepada value diri kita apa. Yang mana harga diri untuk pengembangan bisnis atau karir kita serta kehidupan kita.

Sebab, tidak banyak juga ternyata yang paham mengenai Self esteem atau harga diri dalam hidup kita lho. Makanya di blog aku ini, aku mau bahas mengenai meningkatkan self esteem versi aku.

Apa Itu Self Esteem?

Sebelum pandemi, aku tuh juga ngga terlalu mendalami yang namanya self esteem dan mungkin malah aku ngga begitu paham akan maksud dari self esteem. Masa pandemi lah yang membawa aku menjadi memahami diri aku sendiri.

Ok kalau menurut temenku yang psikologi, pengertian self esteem adalah gambaran bagaimana kita bisa mencintai, menyukai dan menghargai diri kita sendiri yang sering kita dengar dengan istilah penghargaan diri. 

Nah ada 4 faktor penghargaan diri, yaitu mengenai identitas diri, kompetensi diri, rasa kepemilikan dan rasa aman terhadap diri kita. Empat faktor ini juga lah yang membentuk penghargaan diri sendiri yang bisa mempengaruhi cara kita bepikir lalu bertindak. 

Kalau kita berpikir positif, maka artinya kita menghargai diri kita dengan positif. Begitu juga kebalikannya, jika berpikir negatif terus terhadap diri kita, ya artinya kita akan memandang rendah diri kita. Perlu di ingat nih (sekalian self reminder juga untuk aku) bahwa menghargai diri kita itu tentunya akan mempengaruhi kesuksesan kita, sebab hidup kita selalu termotivasi.

Cara Meningkatkan Self Esteem

Terkadang ketidak beruntungan kita itu bukan karena diri kita tidak beruntung, tapi bisa jadi karena kita sendiri tidak menghargai diri kita, value kita. Misalnya nih ketika akan mengikuti sebuah wawancara kerja, pastinya sebelum melakukan wawancara kerja, kita perlu tahu dulu apakah diri kita memenuhi spesifikasi pekerjaan yang akan kita lamar.

Nah, kita tahu nih kita kompeten, kita punya sertifikasi dan lainnya. Tapi sebelum wawancara mulai, kita sudah berpikir negatif akan tidak diterimanya kita. Mungkin merasa fisik kita, value kita dan sebagainya yang kurang dibanding peserta kandidat lainnya.

Padahal kita punya pengalaman yang bagus, sertifikasi yang menunjang karir, tapi yaitu kita tidak menghargai diri kita akan pencapaian-pencapaian yang sudah kita dapatkan. Inilah yang membuat kita gagal, jadi bukan faktor tidak beruntung.

Lalu bagaimana nih caranya meningkatkan Self Esteem?

Berpikir dan Memiliki Keyakinan Positif

Aku pribadi pernah minder dan bahkan terkadang dan masih saja sih suka sesekali muncul perasaan minder. Ternyata minder itu tuh bentuk dari pikiran kita yang negatif akan diri kita. Jadi perlu di buang jauh-jauh rasa minder kita. 

Untuk menghilangkannya kita perlu mengubah mindset negatif menjadi positif, perlu memiliki keyakinan positif dan memikirkan value diri yang kita miliki dan yang sudah kita capai. 

Berhenti Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Nah ini sering banget ya, terutama suka banding-bandingin dengan pencapaian teman kita di sosial media. Iri hati, dengki terhadap kesuksesan orang lain itu karena diri kita tidak menghargai value diri kita. Padahal bisa jadi orang yang kita iri kan itu malah terpacu untuk sukses karena melihat value yang ada di diri kita. Mereka jadi semangat karena melihat semangat kita dalam mengembangkan potensi diri.

Eh malah diri kita ngga melihat potensi diri kita sendiri. Malah sibuk membandingkan dan sibuk mencari kelebihan orang lain daripada kelebihan diri sendiri.

Stop Menjadi People Pleaser

Pernah ngga suka ngga tegaan untuk menolak? Jadi apa-apa kita jawan "iya bisa...", "Ok aku bisa bantuin...". Nah ini yang namanya People Pleaser. Memang membantu orang lain itu pahala, tapi kalau terus-terusan bantu, kapan diri kita bisa berkembang?

Aku pun sudah mulai berani bilang "Tidak bisa" jika ya memang tidak bisa. Karena ya aku tahu harga diri aku, apa yang perlu aku lakukan itu lebih penting dibanding apa yang orang lain butuhkan. Jadi dengan menjawab "Tidak" itu bukan berarti kita jahat, tidak mau menolong. Malah bisa jadi kita membantu teman kita untuk berkembang dan menemukan self esteem mereka.

Selain cara-cara di atas, untuk menemukan value diri agar kita bisa lebih termotivasi dan mengembangkan diri, maka ikutin deh beberapa kelas-kelas atau sering gabung ke komunitas-komunitas yang isinya orang-orang positif, memiliki aktifitas yang positif. Yuk sama-sama kita belajar tingkatkan self esteem kita 😘

 




Temukan Self Esteem

Yang menjadi penguat saat meşihat penguat saat melihat kelebihan orang lain, tidak berpengaruh pada kepercayaan diri dan tetap menganggap diri berharga dengan kapasitas berbeda namun nilai sama tinggi.

Post 20 Juli 2023


Tidak ada komentar