Tips Mendapatkan Jantung Sehat

Tidak ada komentar

Tips Mendapatkan Jantung Sehat




Menurut riset kesehatan, angka kematian penderita penyakit jantung pada wanita lebih banyak dibanding dengan penyakit kanker. Berikut tips mendapatkan jantung sehat..Ternyata tidak sulit lho..

  • Minum Susu
Tekanan darah tinggi, merupakan salah satu penyakit yang dapat merusak arteri, meningkatkan risiko serangan jantung dan juga stroke. Para periset mengatakan, produk susu rendah lemak adalah pilihan cerdas karena lebih rendah lemak jenuh.


  • Taichi
Katanya sih...jika kita latihan 30 menit seni bela diri Cina kuno Taichi yang terdiri dari gerakan lambat dan rileks, dapat menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah studi, sesudah latihan taichi selama 12 minggu, partisipan menunjukkan penurunan tekanan darah sistolik hampir 16 poin.

  • Makan Ikan
Seberapa cepat denyut jantung kita ketika istirahat menjadi indikator risiko serangan jantung. Pada kenyataannya, denyut jantung istirahat yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan resiko kematian mendadak. Kabar baiknya, makan ikan dapat menurunkan denyut jantung.
Dalam sebuah studi terkini Harvard Medical School, orang-orang yang makan ikan seperti tuna atau salmon (dipanggang atau direbus) 5 saji atau lebih perbulan, denyut jantung rata-rata 3,2 lebih rendah permenit dibanding yang makan kurang dari 1 saji ikan per bulan. Menurut para periset, khasiat ini berasal asam lemak omega 3 didalam ikan, tapi belum jelas seberapa besar khasiatnya.

  • Minum Jus Delima
Jus Delima mengurangi timbunan kadar kolesterol. Sel-sel jantung yang diobati dengan jus ini menunjukkan peningkatan produksi nitric oxide sampai 50%. Nitric Oxide adalah senyawa yang membantu memerangi plak.

  • Dark Soy Sauce
Gunakan untuk marinade, untuk saus cocolan, bumbu salad atau sup dan stew dapat membantu memerangi senyawa perusak jantung yang terkait dengan merokok, obesitas atau diabetes. Saus ini mengandung antioksidan 10 kali antioksidan dalam wine (yang dalam jumlah secukupnya juga sehat untuk jantung).
Perhatian: Cek label untuk mendapatkan jenis yang lebih rendah garam karena garam dapat menaikkan tekanan darah.

  • Tertawa
Orang yang nonton film komedi mempunyai aliran darah yang lebih baik dibanding yang menonton film horor. Dianjurkan tertawa 15menit perhari.

  • Tidur yang Cukup
Perempuan yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam beresiko 30% lebih tinggi terkena penyakit jantung dibanding yang tidur 8 jam. Tidur yang sedikit dapat menggangu hormon, gula darah, dan tekanan darah.Jadi sesudah tertawa 15 menit lalu pergilah tidur.

  • Bernapas lebih dalam
Studi-studi menunjukkan, tekanan darah dapat diturunkan dengan bernafas 10 kali permenit ketimbang 16 - 19 nafas per menit seperti biasa.

  • Dengarkan Musik
Irama musik tenang mediatif dapat menurunkan denyut jantung. Irama yang lebih cepat mempercepat pernafasan dan sirkulasi.




(PS: Sumber situs majalah health)




Tidak ada komentar