Minggu, 24 Februari 2019

5 Tips Sederhana Untuk Hidup Sehat

5 Tips Sederhana Untuk Hidup Sehat




"Healthy Body, Healthy Life"






Assalamualaykum,



Semangat pagi semuanya. Semoga semuanya selalu dalam keadaan sehat ya. Ngomongin sehat, aku baru saja sembuh dari flu, walau flu ringan sih tapi beneran ya yang namanya sakit itu ngga enak banget. Hidung sempat mampet, dada sesak, kepala pusing, miring ke kanan ngga bisa napas, miring ke kiri terus jadi pegal ahaha..serba ngga enak deh pokoknya kalau lagi sakit.



Baru deh ya, setelah di kasih sakit sama Allah, yang namanya mensyukuri nikmat sehat itu luar biasa perlu. Selain kita wajib bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan oleh Allah kepada kita, kita juga perlu banget yang namanya menjaga kesehatan.
Menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola asupan nutrisi ke tubuh kita, dan balancing antara makan, olahraga serta jadwal tidur kita.

Siapa sih yang tidak mau hidup nya sehat, baik itu sehat jasmani juga rohani? Semua pasti mau sekali hidup sehat. Kali ini aku mau berbagi tips sehat ala aku. 


Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki 3 orang anak serta satu suami ehehe.. Aku perlu banget menjaga kesehatan. Seorang ibu itu soalnya menurut aku memiliki fungsi serta keahlian ganda di rumah, ya sebagai Ibu, sebagai dokter, sebagai sekretaris, sebagai ahli keuangan. Jadi kalau si Ibu sakit maka kelar sudah kerapihan di rumah hehehe.



Nah, sharing hari ini adalah tips sehat ala Cilya Wonderland. Ini yang aku lakukan, walau sih kadang suka absen tidak aku lakukan. Tapi jarang banget deh..karena yaitu tadi aku merasa aku harus sehat. Sebenarnya sih standard saja, tidak ada ritual yang aneh-anaeh seperti minum air kembang 7 rupa atau air dari 7 sumur, mandi malam-malam 😁. 
Yang aku lakukan mungkin hampir dilakukan kebanyakan orang, hanya cara masing-masing orang melakukannya beda-beda.


1. Tidur Cukup



Karena aku selain sebagai Ibu rumah tangga juga sebagai mompreneur, momblogger..tentu pola tidur aku juga sedikit berbeda. Walau ada nih istilah "Kalau mau sukses, tidur nya pasti tidak 8 jam sehari"...
Awal mulai bangun usaha pastinya ya seperti itu, tidurnya kurang. Tapi, tidak juga kurang dari 6 jam sih sehari menurut aku. Karena percuma bangun usaha agar kita sukses kalau malah diri kita sakit atau tidak sehat. Kesuksesan kita siapa yang nikmati? 


Karena itu aku suka usahakan tidur siang min 1 jam (dari start anak-anak pulang sekolah jam 14.00 sd jam 15.00) dan tidur malam dari jam 22.00 sampai jam 03.00 dinihari (karena aku muslim jadi aku suka bangun untuk Tahajud) lanjut nunggu subuh. Pola tidur ku ini sih kadang tidak sesuai juga jam nya tapi paling tidak aku usahakan tidur max 8jam atau min 6 jam dalam sehari.




2. Minum Air Putih min 8 liter sehari




Aku selalu usahakan kemana-mana sekarang bawa tempat air minum sendiri. Selain untuk mensupport Eco Friendly yang mengurangi wadah botol dan sedotan plastik, juga lebih merasa sehat saja kalau bawa air minum sendiri.
Bangun tidur, aku pasti minum air putih dulu setelah kumur-kumur di kamar mandi. 
Pas sarapan aku minum air putih dengan susu dengan gula khusus atau susu sapi murni. Sudah mulai kurangin minum teh hangat. Pokoknya selalu usahakan minum min 8 liter sehari.




3. Makan Buah-Buahan dan Minum Madu





Aku sudah mulai mengurangi konsumsi nasi putih. Aku ganti dengan konsumsi nasi merah dan makan nasi hanya di siang hari. Jika lagi ada kegiatan di siang hari ya terpaksa makan nasi putih, dibuat santai saja tapi yang penting sudah mulai kurangi nasi putih.
Malam aku tidak makan malam, aku ganti dengan konsumsi buah dengan yoghurt. Untuk tambahan stamina, aku selalu minum madu 2 x sehari yaitu di pagi hari sebelum sarapan dan malam hari sebelum mau tidur. Agar stamina tubuh aku tetap terjaga. 




4. Tidak Merokok dan Minum Alkohol



Ini Yess big no no lah. Tidak merokok saja bisa merusak paru-paru apalagi merokok. Alkohol juga bisa merusak ginjal kita. Jadi aku benar-benar menghindari 2 hal ini. 





5. Olahraga





Jadwal yang padat tidak membuat aku juga tidak melakukan olahraga. Walau statusnya Ibu rumah tangga dengan usaha dari rumah, tapi beneran deh waktu 24 jam sehari berasa kurang kayanya. Belum beres rumah, belum jemput anak sekolah atau antar les, belum masak, belum kalau lagi ada meeting dan lain-lain. 
Dengan waktu yang ada, aku kadang suka bagi waktu habis selesai antar anak-anak ke sekolah, jam 07.30 aku usahakan joging 1 atau 2 puteran di komplek rumah atau jika cuaca tidak mendukung, aku yoga saja di rumah. 
Jika tidak sempat jogging di weekday ya aku usahakan hari Minggu pagi bareng anak-anak. Pokoknya selalu usahakan olahraga dalam satu minggu min 1 kali.


Ini tips sehat aku yang aku lakukan sehari-hari. Secara ya usia sudah masuk kepala tiga jadi sehat itu penting banget untuk aku. 

Sharing yuuk gimana tips sehat ala kamu...





💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife 

















Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo  

31 komentar:

  1. aq juga pola tidur masih berantakan, masih menyusui bayi soalnya. Dan emang bener, kudu olah raga. badan aku sakit semua karena jarang olah raga. Makanya aku ikut yoga aja yang di yutub

    BalasHapus
  2. Olahraga dan tidur cukup masih belum komitmen baik aku sih mba apalagi olah raga sepertinya susah banget untuk memulai padahal prepare cem sepatu udah ada hahahah..

    BalasHapus
  3. Sama mba, aku juga usahain jogging setelah anter anak-anak sekolah, terus air putih itu gak boleh kelupaan, kalau sampai telat minum rasanya lemes banget :)

    BalasHapus
  4. sepakat mba, ibu itu seperti ngga boleh sakit, kalau sakit seisi rumah jadi kelabakan.
    btw mba, maksudnya minum air putih 8 gelas sehari atau 2 liter sepertinya ya.

    BalasHapus
  5. Waaah bermanfaat banget nih.. cuma yg paling susah ngatur pola tidur sih ya.. aku ngerasa susah banget konsisten buat jaga pola tidur.

    BalasHapus
  6. Yang belum pola tidur masih amburadul. Olga juga seminggu bagus..3 hari libur . Hiks!
    Kalau aku selain buah juga raw veggies Mbak..Jadi wortel mentah, tomat, timun, selada lebih dominan daripada sayur yang dimasak.
    Bagus sih..suamiku konsul dokter, diet ini untuk makan malam. Sayur sepiring dan buah sepiring + olga 4 kali seminggu Bisa turun 1 kg/bulan sampai mendekati berat ideal lagi. Terus lanjut 2 tahun dijalankan sampai sekarang stabil beratnya.

    BalasHapus
  7. Pola tidur yang paling susah nih, sama olahraga.. krn anak aku juga 3, dan masih menyusui bayi kecil.. kalo udh kecapean malah insomnia, tidur sebentar pagi udh bangun lagi 😭

    BalasHapus
  8. Nomer 1 mevvahhh banget buat saya hahaha
    Bisa sih tidur cukup, tapi alamat anak2 ga keurus huhuhu.

    Olahraga juga masih sulit.
    Pengennya olahraga di rumah aja gitu yang penting gerak.
    Eeehhh baru aja keringatan dikit, si bayi jejeritan minta gendong dan nyusu.
    Ya ampuunn risihnya keringat2 nyusuin hiks 😂

    BalasHapus
  9. Wah bermanfaat banget dong infonya , tapi emang sih olahraga tuh penting bgt tapi aku susah bgt buat olahraga banyak takut nya apa lg takut cape haahah

    BalasHapus
  10. Emang perlu bgt jaga kesehatan tubuh sjrg tips2nya bermanfaat

    BalasHapus
  11. Aku yang susah olahraga nih mbak hehe. Palingan jalan kaki sih sering2, kalau beli sayur gak naik motor, tapi jalan. Trus kalau madu aku gak suka, tapi aku rajin minum air putih kok hehe

    BalasHapus
  12. Aku udah nerapin semuanya di kehidupan sehari-hari aku nih Ka tapi point ke 5 olahraga aku masih agak males nih hehe

    BalasHapus
  13. 5 cara hidup sehat, yg ke empat aku masih suka minum bigcola, habis enak sih, padahal ga boleh ya ...

    BalasHapus
  14. Makasih tips-tipsnya. Gampang-gampang susah penerapannya nih, tapi ya harus diterapkan demi jaga kesehatan.

    BalasHapus
  15. aku yang susah itu mengatur tidur mba hiks lebih sering tidur kurang dari 6 jam, tapi iya sih mba jadi sering sakitnya. Saya coba deh untuk menambah jam tidur semoga anak-anak dan suami bisa diajak kerja sama hehe :D

    BalasHapus
  16. Olahraga yang paling males kulakukan, hiks. Padahal ga usah susah - susah ya cukup jalan kaki atau jogging aja bentar hehehe tapi mualesnya

    BalasHapus
  17. Tidur cukup itu yg susah kalo ud pny anak 😂

    BalasHapus
  18. Kalo aku lagi menggalakkan tidur cukup kurang lebih 8 jam dan olahraga 3 - 4 kali seminggu :)

    BalasHapus
  19. Olahraga itu sih yg aku rada sulit bagi waktunya krna ud terlalu lelah jd klo ada waktu lbh sering drumah hahaha bandel akutu harus digalakin lg pola hidup sehat nya

    BalasHapus
  20. wahhh terima kasih untuk informasinya. aku juga lagi mengubah hidup untuk lebih sehat, karena itu adalah tabungan untuk masa tua.
    lagi mencoba olahraga rutin juga :)

    BalasHapus
  21. Olahraga itu yang aku gak bisa sekarang. Paling latihan aja selama fisioterapi..
    Semoga nanti bisa lebih baik deh aku jalani hidup sehat.

    BalasHapus
  22. Saya tambahin 1 tips sehatnya ya, Mba. Menjaga sanitasi diri. Soalnya semua dilakukan tapi kalau kebersihan diri sendiri masih tidak terjaga, ya percuma Mba. ^_^

    BalasHapus
  23. Wah bener banget nih.. sekarang kudu banget deh ganti ke pola hidup sehat 🏋🏻‍♀️

    BalasHapus
  24. Aku tidur belum cukup karena masa menyusui bayi, belum klo bayi lagi rewek, minum air putih kadang ga jelas jumlahnya, olahraga madih kendor...duh, PR banget ini hidup sehat. Padahal hidup sehat deposito hari tua

    BalasHapus
  25. saya apa ya Mbak? masih melanggar banyak kecuali no.4 BIG NO juga dooong.
    minum air putih ini juga diusahakan sesuai anjuran siih.
    yaaah, sehat emang mahal ya Mbak, makanya saat sehat itu harus benar-benar disyukuri :)

    BalasHapus
  26. Akutu selalu kepentok di bagian olahraga mbak .antara capek dan dan males, makannya sering legel-pegel, hubuhu

    Makasih artikelnya, mengingatkanku untuk bener-bener semangat ngatur hidup dari sekarang

    BalasHapus
  27. tinggal poin terakhir aja belum istiqomah, yaitu olahrahaaaaa hihihi paling olahraha ringhan sahja aku mba barbie di rumah...

    BalasHapus
  28. Minum madu nih mba jadi PR aku juga, soalnya suka lupa dan berujung bablas. Aku jg nih lagi konsisten buat aktivitas fisik kalo ga sempet olahraga gitu, kayak jalan kaki beberapa meter :)

    BalasHapus
  29. Dari ke lima tips itu yang belum bisa aku lakukan dengan rutin adalah olahraga. Susah banget nyempetin olahraga padahal tahu banget kalau olahraga itu sangat penting. Beda nggak sih sebenarnya kalau keringat yang keluar karena olahraga dengan keringat yang keluar karena kerempongan di pagi hari? kan sama-sama keluar keringatnya hahaha

    BalasHapus
  30. aku, cita cita tidur 8 jem setiap hari tapi apa daya aku mahasiswa tingkat akhir WKWK

    BalasHapus
  31. no.1 sama no.5 aku kurang banget deh ini.. badan pegel2 kayak gak ada habisnya hehehe.. etapi madu juga gak rutin sih, aku gak doyan soalnya..

    BalasHapus

Follow Us @cilyawonderland