Selasa, 19 Februari 2019

Karl Lagerfeld di Industri Fashion

Karl Lagerfeld di Industri Fashion


"Elegance is an Attitude"







Assalamualaykum,



Para fashion lovers pasti tidak asing lagi dengan tokoh designer dunia fashion yang sangat legend ini yaitu Karl Lagerfeld. Designer yang sukses membangkitkan serta mengangkat koleksi Channel dan Rumah Mode Fendi ke mata dunia fashion serta koleksi brand karya label pribadi nya yaitu Karl Lagerfeld.  


Sebelum aku membahas mengenai sejarah kontribusi nya di dunia fashion dunia, aku ingin mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Karl Otto Legerfeld di usia nya ke 85 tahun  pada hari Selasa, 19 Februari 2019 ini. Terima kasih atas karya-karya yang sangat luar biasa di dunia fashion selama 64 tahun ini. Semoga Allah menempatkan mu di dalam surga terindah Nya.



Kali ini, aku mau sharing perjalanan 64 tahun Karl Lagerfield di Industri fashion dunia. 
Karl Lagerfeld lahir pada tahun 1933 tepatnya tanggal 10 September. Ayahnya adalah seorang pengusaha yang memproduksi dan mengimpor susu evaporasi yaitu pengusaha Otto Lagerfeld. Ibunya Karl yaitu Elizabeth Bahlmann adalah anak dari seorang politisi lokal untuk Partai Pusat Katolik. Jadi Karl lahir dari keluarga yang berkecukupan serta terpandang 


Karl yang identik dengan rambut panjang putih serta kacamata hitam nya ini, pertama kali memulai berkecimpung di dalam dunia fashion adalah dimulai dari menjadi assisten Pierre Balmain yaitu pendiri Rumah Mode Balmain di tahun 1955. Karl bisa menjadi assisten Pierre adalah setelah Karl memenangkan kompetisi desain kategori mantel yang diadakan oleh Sekretarial Wol International.

Sungguh bukanlah sebuah perjalanan karir yang mudah serta mulus, semua dijalankan penuh dengan perjuangan serta proses yang bisa dibilang butuh effort yang luar biasa. 






Setelah tiga tahun di Balmain, Karl pun pindah bekerja untuk Jean Patou sebuah brand asal Perancis. Disini Karl khusus mendesain koleksi haute couture. Karya perdana nya untuk koleksi Jean Patou ini di tampilkan pada Juli 1958. 


Dari situ Karl pun mulai meniti karier dengan berpindah-pindah ke beberapa rumah mode. Lewat tangan nya yang pintar membuat sketch sehingga menghasilkan karya design yang luar biasa, karier Karl pun semakin menanjak. 


Di awal karier nya, Karl lebih banyak mendesain koleksi untuk haute couture, tahun 1963 pertama kali nya Karl mendesain ke ready-to-wear untuk brand Tiziani bersama designer Evan Richards selaku pemilik dari brand tersebut. 

Selain brand Tiziani, Karl pun pernah meniti karier di rumah mode Chloe dari Perancis di tahun 1964. Tetapi di Chloe, Karl hanya sebagai freelance saja. Musim semi di tahun 1973, Karl berhasil menciptakan koleksi yang high Fashion dengan design bisa dibilang sangat elegan untuk Chloe. 

Akhirnya di tahun 1965, baru lah Karl mulai bekerja sama dengan salah satu Rumah Mode dari Italia yaitu Fendi. Disinilah Karier Karl mulai terlihat gemilang. Fendi yang awal merupakan brand yang belum begitu terkenal, melalui tangan dingin sketch design dari Karl akhirnya Fendi dapat berubah menjadi brand yang dikenal oleh seluruh dunia hingga sekarang ini. 

source from google


Kolaborasi yang sukses ini membuat Karl diangkat menjadi Artist Director untuk Fendi. Karl mampu membuat Fendi menjadi salah satu barang fashion ikonik lewat design Ready to wear nya. 

Karier terakhirnya yang sampai akhir tutup usia nya, Karl sukses mencapai puncak karier nya di bidang fashion adalah di rumah mode yang terkenal dengan koleksi nya yang mewah di dunia fashion, yaitu Rumah Mode Chanel.

Disini Karl berhasil menduduki posisi Creative Director (hingga saat beliau tutup usia). Dimulai tahun 1983 Karl berhasil membangkitkan keterpurukan rumah mode Chanel ini hingga bisa sukses bertahan dengan menjadi salah satu luxury brand yang terkenal di seluruh dunia sampai saat ini.




Siapa yang tidak tahu Chanel. Mulai dari koleksi tas, pakaian serta aksesoris nya, semua koleksi yang kita bisa nikmati sampai sekarang ini adalah hasil dari ide sang fashion ikonik Karl Lagerfeld. 

Karl Lagerfeld pun punya brand label fashion karya nya sendiri walau dirinya masih berkolaborasi dengan rumah mode Chanel, Karl juga mendirikan label nya sendiri di tahun 1984 yaitu Karl Lagerfeld. 

Salah satu brand fashion retail dunia yaitu H&M pun tertarik untuk mengajak Karl Lagerfeld berkolaborasi dalam membuat design fashion ready to wear di H&M dan Karl adalah designer pertama yang diajak oleh H&M untuk berkolaborasi. 








Bagi aku, Karl ini sungguh seorang designer yang briliant karena memiliki bakat serta ide yang luar biasa di bidang fashion. Di usia 85 tahun, Karl masih tetap aktif berkarya, setidaknya Karl sudah membuat kurang lebih 14 koleksi baru dalam satu tahun. Selamat jalan Karl Lagerfeld, karya mu akan selalu di kenang. 




💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife 

















Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @cilyawonderland