Kamis, 16 Mei 2019

Website Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan


 'Ini dia si Jali Jali.. Lagu nya enak , Lagu nya enak merdu sekali.."



Assalamualaykum,

Pasti tahu dong ya lagu Si Jali-Jali? Lagu Betawi yang legend banget. Biasanya kita suka dengar lagu ini pas lagi mau menjelang ulang tahun Ibukota Jakarta.  Nah..bicara soal Si Jali Jali, kali ini aku mau memperkenalkan nih salah satu tempat wisata di Depok, yaitu Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. 






Setu Babakan sudah menjadi Perkampungan Budaya Betawi (PBB). Permintaan pengesahan Setu Babakan menjadi Perkampungan Budaya Betawi ini atas permintaan Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (Bamus Betawi) dan sudah ditetapkan pada tanggal 10 Maret 2005 dalam Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta No.3 Tahun 2005.

Di Setu Babakan ini yang letak nya di selatan Kota Jakarta, merupakan salah satu objek wisata yang menarik lho. Kita bisa lihat kegiatan dari para warga Betawi. Selain itu di Kampung Budaya Betawi Setu Babakan ini, kita bisa mengenal rumah adat suku Betawi, ragam wisata dan juga bisa nikmati kuliner khas Betawi. 

Aku pribadi sih sudah sering dengar tentang Perkampungan Budaya Betawi di Setu Babakan ini, tapi belum pernah berkunjung kesini. Baru hari Rabu, 15 Mei 2019 kemarin aku bisa berkunjung dan masuk ke tempat wisata ini. Kebetulan aku dapat undangan bisa menghadiri acara "Launching dan Serah Terima Website Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan dari Frances Caitlin Titaguna kepada UPK PBB Setu Babakan."


Tempat nya luas banget dan adem. Ada beberapa rumah asli Betawi di area PBB Setu Babakan ini. Ternyata ada beberapa tipe rumah adat Betawi dengan nama nya masing-masing.  



Bagi kamu yang mau tahu tentang wisata PBB Setu Babakan, tidak perlu pusing lagi cari-cari informasi menganai Perkampungan Budaya Betawi ini. Kamu sudah bisa langsung kunjungi website nya di: www.setubabakanbetawi.com atau www.perkampunganbudayabetawisetubabakan.com

Acara Launching dan Serah Terima Website PBB Setu Babakan dimulai pukul 16.00 WIB dengan dimulai nya sesi tanya jawab di awal. Sesi tanya jawab bersama dengan Mba Frances nya yang mana Mba Frances ini adalah inisiator dibalik pembuatan website dari Perkampungan Budaya Betawi. 



Ternyata ya..Mba Frances ini masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas lho, usia nya masih 16 tahun. Tapi sudah punya visi misi mengembangkan kebudayaan di Indonesia terutama memperkenalkan budaya Betawi ini kepada masyarakat lokal maupun Internasional. 

Mba Frances juga penulis buku : "Ondel Ondel Galau" yang ditulis nya dalam bahasa Inggris yang mana tujuan nya agar buku ini bisa Go International, dan bisa membantu melestarikan serta memperkenalkan kebudayaan Betawi ke kancah mancanegara. 
Buku Ondel Ondel Galau ini sendiri, dibuat tahun 2018 dan sekarang Mba frances berinisiatif membuat portal website nya, maka jadi lah website PBB Setu Babakan. Tujuan nya agar siapapun bisa dengan mudah mendapatkan informasi lengkap mengenai Kebudayaan Betawi dan Perkampungan Budaya Betawi serta mempermudah para wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin berkunjung untuk mencapai lokasi PBB Setu Babakan.

Informasi apa saja yang bisa kita dapatkan dari website PBB Setu Babakan ini? Kita bisa dapatkan informasi mengenai Sejarah, Profil, Fasilitas, Ragam Budaya (mulai dari Kesenian, Adat dan Tradisi, Pakaian Adat, Transportasi Tradisional, Rumah Adat, Permainan, Seniman dan Tokoh, juga Kuliner Betawi), Acara dan Berita serta Mitra Pedagang. 

Setelah acara Talkshow dan sesi tanya jawab selesai, acara selanjutnya adalah serah terima secara simbolis website PBB Setu Babakan  ini kepada Ketua UPK PBB Setu Babakan, Ibu Hj Rofiqoh Mustofa, yang juga didampingi oleh Budayawan Betawi Bang Indra Sutisna, Bang Yahya Andi Saputra, Lembaha Kebudayaan Betawi dan Forum JIBANG (Pengkajian dan Pengembangan Perkampungan Budaya Betawi). 



Sebagai Ketua UPK PBB Setu Babakan, Ibu Hj Rofiqoh berharap agar kerjasama ini terus bersinergi dan terus terjalin selama nya untuk kedepan nya dan PBB Setu Babakan semakin dikenal oleh masyarakat dan juga para wisatawan Internasional. Sementara dari sisi Budayawan Betawi yaitu Bang Indra, mengucapkan rasa terima kasih nya kepada Mba Frances atas kepedulian nya terhadap kebudayaan Betawi ini. 

Selesai penyerahan plakat simbolik serah terima website, acara dilanjutkan dengan suguhan kesenian khas Betawi seperti penampilan Rebana Biang dan juga Tari Blenggo oleh Seniman Betawi dari Ciganjur. Sampai tiba waktunya kita semua para undangan berbuka puasa bersama.



Dengan adanya website ini dan dengan dukungan dari berbagai pihak masyarakat dan pemerintah tentunya, mudah-mudahan akan lebih banyak lagi wisatawan dalam dan luar negeri yang datang dan berkunjung ke Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Juga semoga kebudayaan Betawi bisa tetap lestari dan terus berkembang ke depannya. 

=========

Berikut sekilas Biography dari Frances Caitlin Tirtaguna



Lahir 25 September 2002. Karya nya antara lain: 
  • Buku "Lost in Bali" - Tahun 2014
  • Buku "Ondel Ondel Galau" - Tahun 2018

Buku Ondel Ondel Galau membawa Frances menjadi sosok anak muda milenial yang menginspirasi berkat ke-idealisme-annya mengangkat Kebudayaan Betawi dengan tujuan mengajak anak muda seusianya untuk mengenal dan turut melestarikan budaya kota kelahiran nya. Sudah beberapa kali Frances diundang ke acara talkshow di beberapa media elektronik yang mana tlakshow tersebut guna nya untuk bisa menginspirasi para anak-anak muda. 

Selain menjadi penulis buku, Frances juga punya banyak prestasi baik di sekolah maupun di luar sekolah. Penghargaan dalam negeri juga luar negeri sudah banyak di capai nya.


=========

  
Dari kunjungan saya kali ini, saya jadi tergerak agar tidak ada salah nya kita mengenal ragam budaya dan area wisata yang ada di Indonesia. Ternyata masih ada banyak area wisata yang perlu kita kunjungi, kita promosikan dan kita lestarikan. Ok..See you on my next Blog post and Happy traveling people....



 





💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife 











Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

16 komentar:

  1. seru bgt ya event budaya ini mbak, pngn jg berkunjung ke kampung betawi klo pas liburan ke jakarta sambil belajar budaya betawi

    BalasHapus
  2. seru banget ya eventnya, aku kalau ke jakarta kerja kantor terus :( ga pernah sempet kemana2 hiks

    BalasHapus
  3. Setu babakan budaya betawi ini di depok dimana nya ya mba? Aku kira yang di ciputat itu beda apa sama ya? Btw ku penasaran sama isi buku ondel ondel galau hihihi

    BalasHapus
  4. Frances ini Anak muda yang Inspiratif ya Mba, dulu tahu dari Bukunya yang Ondel2 Galau itu. Sekarang membuat website dan menyerahkannya untuk dikelola lebih serius ke Pihak yang tepat. Keren bangeeet.

    BalasHapus
  5. Masih muda ya...penulis bukunya.
    Sungguh karyanya menyadarkan kita sebagai orang Indonesia harus bangga dengan kebudayaan asli Indonesia.
    Agar lestari hingga anak-cucu nanti.

    BalasHapus
  6. Auti nyanyi pas baca kalimat pertama �� BTW seru banget yah ada perkampungan seperti ini, jadi pengen main kesana juga.. dibuka untuk umum gt kaan?

    BalasHapus
  7. Seru ya, jadi pengen main ke Jakarta. Belum pernah ke kampung Betawinya soalnya :D

    BalasHapus
  8. Ragam budaya betawi memang unik dan punya ciri khas tersendiri ya, aku jadi mau berkunjung kesana juga

    BalasHapus
  9. Keren mba Frances, masih muda banget tapi karya nya luar biasa menginspirasi sekali. Semoga semakin banyak ya anak muda lain seperti mba Frances juga.

    BalasHapus
  10. Sering banget denger tentang setu babakan. Tapi belum pernah sekalipun berkunjung ke sana.

    BalasHapus
  11. Keren nih Frances, anak muda yang sangat peduli dengan kebudayaan tanah air. Jarang banget loh yang tergerak sampai sebegitunya kayak Frances ini. Semoga inisiatifnya ini menjadi inspirasi anak2 muda yang lain, mengangkat kebudayaan Indonesia ke dunia internasional.

    BalasHapus
  12. Penulis muda yg sungguh inspiratif nih. Masih muda karya bukunya sudah release hingga d kenal mancanegara, ak jadi malu nih beloman release juga bukunya haha. Dan Setu Babakan ini aku sering denger tapi belom mengunjunginya juga dengan adanya website jd makin terbantu yaa

    BalasHapus
  13. Seneng deh kalau ada anak muda yang ikut mempromosikan budaya Indonesia. Keren! Aku juga pengen main ke Setu Babakan jadinyab

    BalasHapus
  14. Ya ampuun padahal setu babakan ini lokasinya nggak jauh lho dari rumahku di Depok, cuma sampai sekarang nggak kesampaian mau ngajakin anak-anak ke situ. Palingan pernah suami ke sana gara-gara aku suruh beli dongkal makanan khas betawi. hihihi. Ternyata di dalamnya menarik yaaa. Salut juga dengan Frances yang masih muda tapi peduli untuk melestarikan kebudayaan Betawi

    BalasHapus
  15. wah aku baru tau ada kampung betawi.. boleh juga nih kapan-kapan berkunjung kesana..
    ada biaya masuknya gak mba?

    BalasHapus
  16. seru banget deh acara nya, jadi pengen belajar tentang budaya kita lebih dalem lagi <3

    BalasHapus

Follow Us @cilyawonderland