Kamis, 11 Juli 2019

Menghadapai Revolusi Industri 4.0 Untuk Generasi Milenial

Sudah siapkah kita menghadapi kemajuan Teknologi di era Globalisasi ini?





Assalamualaykum,

Pembahasan kali ini, aku mau berbagi mengenai pengembangan ilmu dalam menghadapi tantangan kemajuan teknlogi menuju revolusi Industri 4.0. Ya sekali-kali agak out of topik ya dari dunia fashion, beauty dan traveling yang sering aku bahas di blog aku ini 😊😊..

Sebenar nya apa sih yang dimaksud dengan revolusi industri 4.0 itu? Awalnya aku pun belum cukup familiar dengan istilah ini, tapi sebagai salah satu pelaku bisnis dan juga seorang ibu, aku perlu tahu tentang apa sih yang dimaksud dengan revolusi industri 4.0 ini. 
Sekalian meng-update ilmu dong ya, supaya bisnis kita tidak tenggelam dengan bisnis-bisnis diluar sana yang selalu update dengan perkembangan teknologi yang ada. Apalagi, aku juga memiliki sebuah kewajiban mempersiapkan kesiapan masa depan anak-anak aku untuk menghadapi kemajuan teknologi yang semakin maju ini.

Yang dimaksud dengan revolusi Industri 4.0 adalah trend di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatis dengan teknologi cyber. Jadi kita sebagai orang tua atau bagi kamu yang masuk kateori generasi Milenial, perlu banget mempersiapkan segala sesuatu nya untuk menyambut Industri 4.0 ini. 

Apa saja persiapan nya? Tentu pendidikan, pengalaman, ketrampilan serta ilmu yang baik. Karena pendidikan dan gelar tinggi saja tidak serta merta lho menjamin berkembang nya karir kita. 

Lalu pendidikan seperti apa yang perlu kita pilih? Sangatlah penting memilih sebuah universitas yang memiliki sebuah kurikulum didalamnya terdapat sebuah system yang mengintegrasikan sistem pendidikan berbasis standard internasional dengan pengetahuan serta keterampilan dan kompetensi industri yang relevan. 
Jika memang dana kita terbatas, kita bisa memilih universitas lokal yang memiliki kurikulum Internasional. Jadi jangan bersedih bila tidak bisa kuliah di universitas di luar negeri. Di Indonesia sendiri, kita ini memiliki universitas yang sudah mempersiapkan para mahasiswa nya untuk siap menghadapi kemajuan sistem globalisasi ke depan. Salah satu nya adalah Universitas Esa Unggul.




Melalui Program Internasional, Esa Unggul menawarkan pengalaman mengenyam pendidikan di luar negeri. Salah satu negara yang saat ini sudah bekerjasama dengan Universitas Esa Unggul adalah negara Tiongkok. Esa Unggul International Program ini diselenggarakan untuk menjawab kebutuhan SDM yang berdaya saing global.

Kebetulan hari Rabu, 10 Juli 2019 kemarin, aku diundang oleh Kampus International Universitas Esa Unggul yang berada di Legok Karawaci dalam rangka 'Temu Blogger Esa Unggul'. 





Di sini aku memiliki kesempatan bisa bertatap muka langsung dengan Direktur Kampus International Universitas Esa Unggul yaitu Bapak Dr. Fransiskus Adikara, S.Kom, M.MSI. Tidak hanya dapat informasi dari beliau saja, tapi aku dan teman-teman blogger juga mendapatkan sharing informasi mengenai Program Internasional ini juga dari Ibu Arityaningrum Widayati, S.Sos selaku Kepala Biro Marketing Program Internasional
Beliau berdua, Pak Fransiskus dan Ibu Arityaningrum juga didampingi mahasiswa dan mahasiswi lulusan dari Universitas Esa Unggul yang mendapatkan scholarship ke Tiongkok. Mereka adalah Muhammad Aulia Rahman, S.Kom, Bachelor of Engineering dari lulusan Teknik Informatika, 2+2 Joint Degree dan juga Sylvia Septika, S.M, Bacchelor of Economic dari lulusan Manajemen 2+2 Joint Degree.




Pak Fransiskus mengatakan bahwa di kelas Internasional Esa Unggul sendiri memiliki banyak peminat nya, banyak mahasiswa atau mahasiswi di kelas reguler, pindah ke kelas Internasional. Tahun 2018 saja ada sekitar 200 mahasiswa yang pindah ke International.
"Kami memiliki Kelas Internasional dimana sebagian besar perkuliahan dilakukan dalam bahasa Inggris, selain itu, kami juga mengadakan connecting Class dimana dosen atau professor dari universitas di luar negeri memberikan perkuliahan secara teleconference, selain itu juga ada program pertukaran mahasiswa dan program magang di Negara dimana kami bekerjasama."

Di Universitas Esa Unggul International Program ini menyiapkan 2 program yatu Joint Degree dimana mahasiswa dapat mengikuti kuliah 2 tahun di Universitas Esa Unggul dan 2 tahun di Tiongkok. Satu lagi adalah International Class, dimana mahasiswa dapat mengikuti kuiah di Esa Unggul namun perkuiahan berbasis International yaitu pembelajaran dalam bahasa Inggris, kesempatan untuk melakukan Student Exchange di Universitas Mitra Esa Unggul International Program serta connecting class dimana professor dari Luar Negeri yang mengajar di kelas melalui teleconference. 

Saat ini, Esa Unggul International Program telah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas di Tiiongkok, yaitu Jiangsu Second Normal University (JSNU), Tiongkok untuk jurusan Communication and Visual Design, Nanjing Xiao Zhuang University (NXU), untuk jurusan Informatics Engineering dan North China Electric Power University (NCEPU) untuk jurusan Industrial Engineering.

Kedepan Universitas Esa Unggul International Program akan menjalin kerjasama dengan negara-negara Asia lain nya yaitu Korea dan Jepang. 
"Ada kurang lebih 20 MOU dengan beberapa universitas Internasional di Asia yang sudah kami siapkan, tetapi dalam waktu dekat yaitu Korea dan Jepang." Ujar Ibu Arityaningrum.



Apa saja benefit yang akan didapatkan jika kita kuliah di Esa Unggul International Program?




Pertama tentu, para mahasiswa akan mendapatkan lebih banyak pengalaman dan pembelajaran seperti di Luar Negeri. Exposure untuk Internasional dan global class lebih banyak dengan adanya berbagai program seperti student exchange dan magang di Luar Negeri. 
Sementara untuk para mahasiswa yang mengambil Joint Degree, dapat mengikuti perkuliahan di Indonesia maupun di China. Serta akan mendapatkan 2 kali wisuda lho, wisuda di Esa Unggul juga di universitas mitra Esa Unggul International Program..asyik kan? 😍😍

Dengan program yang bagus ini di International Program yang ada di Esa Unggul ini bisa menjadi salah satu persiapan menghadapi Revolusi Industri 4.0 tadi. Sebagai Generasi Milenial, meningkatkan kemampuan belajar serta ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan era Industri 4.0 itu perlu sekali, sehingga kita memiliki daya saing yang lebih kuat. Revolusi Industri 4.0 bukanlah suatu hal yang mengerikan, akan tetapi sebuah peluang agar semakin luas dan terbuka nya bagi generasi milenial untuk berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Sebagai orang tua, aku suka program yang ada di Esa Unggul International Program. Masih lima tahun lagi nih anak aku yang sulung masuk dunia perkuliahan. Universtias Esa Unggul menurut aku rekomen deh untuk persiapan anak aku dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Bagi kamu yang punya adik, atau saudara yang mau kuliah di Universitas Esa Unggul, silahkan langsung datang saja. Berikut informasi mengenai universitas nya:

International Campus of Esa Unggul University
Jl. Raya Legok-Karawaci, Tangerang, Banten 15810. Majestic Point, Serpong.
(021) 556 83 700 (Direct)
International Program (S1) : 0811 878 3806 / 0813 2000 3807
email: ip@esaunggul.ac.id
internationaladmission@esaunggul.ac.id


Semoga sharing kali ini bermanfaat ya.. See you on my next blogpost 💖💖






💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @cilyawonderland