Selasa, 16 Juli 2019

Pengalaman Pertama Kali Kerja

"Pekerjaan Pertama merupakan Pengalaman yang TIDAK Terlupakan"






Assalamualaykum,

Ada yang punya pengalaman yang tidak terlupakan dari kerja pertama kali nya? Sharing yuuk...

Aku duluan ya yang sharing pengalaman pertama kali kerja. Aku mulai kerja itu ketika aku usia 21 tahun, kerja nya sebagai Guru freelance Bahasa Inggris untuk anak TK dan SD kelas 1 sampai dengan kelas 5. 

Jadi sambil kuliah aku kerja, malam aku kuliah nya, pagi sampai siang aku ngajar. Kok bisa sih jadi Guru? Emang ambil kuliah nya sebagai Guru? ehehe ..aku kuliah nya ambil jurusan Public Relation, jadi kuliah aku tidak ada hubungan nya dengan pekerjaan aku.
Jadi dulu Pak Suami (waktu itu status nya aku dan Pak Suami masih pacaran), punya sebuah bisnis di bidang kursus bahasa Inggris yang mana kantor nya itu bekerjasama dengan beberapa sekolah baik TK dan SD saja. Jadi Lembaga Kursus Bahasa Inggris nya mengirimkan guru-guru freelance nya itu ke sekolah-sekolah.  
Setelah pacaran, aku di tawarin sama Pak Suami untuk coba jadi guru saja di lembaga kursus bahasa Inggris nya, aku pun terima, hitung-hitung kan pengalaman.

Memang ini menjadi pengalaman banget bagi aku. Ini pertama kali aku harus bisa bersikap dewasa. Karena aku sering berinteraksi dengan guru-guru di sekolah tersebut juga para orangtua murid di sekolah itu. Tidak hanya itu, aku juga jadi belajar sabar menghadapi pola tingkah kelakuan anak-anak yang lucu serta masih tergantung mood nya. 

Ternyata menjadi guru TK itu Luar Biasa ya lelah nya ahaha... Menenangkan anak-anak yang lari sana sini, ketika sedang mengajar ada yang minta ke toilet, ada yang ngambekan bahkan ada yang ketemu aku saja awalnya takut 😅😅. Bukan takut karena muka aku sih, tapi takut karena ketemu guru baru.

Kebetulan aku dipercaya mengajar di 10 sekolah dengan jadwal Senin sampai dengan Sabtu, bahkan sampai ada beberapa orang tua murid yang minta aku jadi guru privat anak nya di rumah. 
Aku inget banget, waktu itu aku dibayar per sesi itu 175,000. Dimana 1 sesi itu 1,5 jam aku ngajar untuk kategori murid TK dan 2 jam untuk kategori SD. Kebayang kan, berapa gaji nya.  Kadang satu sekolah aku bisa pegang dua atau bahkan tiga kelas (Playgroup, TK A, TK B) atau SD kelas 1, 3 dan kelas 5. Pokoknya lumayan banget deh gaji yang aku dapat dari mengajar. Malah aku bisa bayar uang kuliah aku sendiri lho ehehe.

Aku jadi kreatif buat gimmick sendiri untuk anak-anak murid aku, supaya mereka pada semangat dan alhamdulillah, aku bisa menjadi guru favorit mereka. Jadi Guru TK itu harus tahan malu juga haru ekspresig muka nya. Walau hati kita lagi bete, wajah nya lagi kelelahan, tetap di depan anak-anak musti HAPPY. 

Menjadi guru bahas Inggris hanya bertahan 2 periode tahun ajaran saja, karena aku sudah mulai kerja kantoran. Pekerjaan kedua aku adalah sebagai Sekretaris di salah satu perusahaan Financiall Consulting. Tentu dong ya eksprsif guru nya jangan dibawa-bawa ke kantor yang sudah sifatnya formal ahaha..
Jam kerja juga sudah 9 to 5. Pakaian juga tidak bisa tuh pakai sepatu keds, musti pakai sepatu yang formal. 

Aku sudah mengalami kerja di 5 perusahaan dan masing-masing tentu punya cerita tersendiri yang menjadi pengalaman berharga bagi aku. Nah, kalau kamu bagaimana? Share yuuk di kolom komentar, pengalaman pertama kali kamu kerja tuh seperti apa 😉. 
See you ya on my next blogpost..💕💕





💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

19 komentar:

  1. Gede juga tuh ya bayarannya. Aku dulu pertama kerja sebagai guru privat

    BalasHapus
  2. aku juga pertama kali kerja sebagai guru privat, kakak adik 3 orang dibayar 300rb hahahaa lumayan lah buat nambah2 biaya fotokopi modul waktu kuliah :)

    BalasHapus
  3. pengalaman pertama kali kerja cuma bertahan sebulan karena gak kuat sama senioritasnya, terus pindah lagi bertahan sekitar 2 tahun ikutan gelombang resign sm temen2 lain karena di perusahaan itu gak bisa jadi karyawan tetap krn dr outsourching akhirnya kantor ketiga dapat yang enak eh malah ketemu jodoh juga yang sekarang jadi pak suami, akhirnya resign lg karena gak boleh suami istri sekantor dan dikantor sekarang deh udah 7 tahun kayanya sih akan jadi kantor terakhir

    BalasHapus
  4. Setiap kantor dan perusahaan pasti punya cerita tersendiri ya mba hehe. Aku jg udh 2x ganti perusahaan nih.. dan ada aja cerita unik nyaa..

    BalasHapus
  5. Aku yang basic-nya kuliah Pendidikan Fisika (yang notabene emang output-nya menjadi guru) aja kerap kewalahan menghadapi siswa, mbak. Apalagi anak-anak/teenager zaman sekarang tuh kritis-kritis. Kudu cerdas, cerdik, dan pandai kita tuh sebagai 'orang tua', mbak. Hihiiii :))
    Aku dulu pekerjaan pertamaku juga guru les, mbak. Tapi guru les bahasa Inggris. Malah ngga pernah jadi tentor fisika aku tuh. Kwkwkwkkw :))

    BalasHapus
  6. seru ya jadi guru. kadang aku pingin ada di posisi guru, tapi kalo liat anak kecil nangis tuh rasanyaa mau kupulangin aja ke orang tuanya hahaha *gak cocok jadi guru*

    BalasHapus
  7. pertama kali kerja sih waktu magang jaman kuliah, kerja kantoran selama sebulan dan gak terlalu suka.. jadi udah tau kalau aku gak bisa kerja yang diem di kantoran gitu wkwk XD

    BalasHapus
  8. Aku dl pertama kali kerja di salon jd kasir hahaa di jhonny andrean. Jadi inget dl gonta ganti warna rambut terus ampe rusak hahahah

    BalasHapus
  9. Mamaku jg seorang guru. Namun itu nggak nurun ke aku :D malah berkecimpung di dunia medis. Pengalaman yg tak terlupakan saat pertama kali kerja adalah saat mendampingi dokter anak yg udah konsulen krn ada pasien yg mau lahiran caesar. Bener-bener gemeteran :D

    BalasHapus
  10. Wah seru ya mbak pengalaman kerja pertama jadi guru, aku dulu pertama kali kerja di perusahaan jadi design grafis sekaligus admin marketing sosmed nya, susah sedih hepi semua ada pengalaman masing2 di tiap perusahaan

    BalasHapus
  11. Aku kerja pertama kali sebagai supervisor di pusat perbelanjaan, mba. Masih kinyis-kinyis, tinggal nunggu wisuda, eeeh dapetnya anak buah udah pada emak-emak, mana asalnya dari Jawa Timur semua. Haduuuhh... habis aku dibantai sama mereka :)) Kalau sekarang lucu juga mengenangnya.

    Sekarang aku udah resign mba. Dari tahun 1999 kerja hingga 2018 kira-kira udah kerja di 10 perusahaan. Hehehee... perjalanan yang belum seberapa lama namun lumayan melelahkan :))

    BalasHapus
  12. Wah mba Cilyaa pengajar juga yaaa, jd gasabar mau belajar flat lay hihi. Oiya aku jg punya pengalaman kerja waktu umur 20 tahun d pabrik dan rasanya mendewasakan banget deh

    BalasHapus
  13. Pengalaman kerja aku itu lumayan frg deg ser nih mba, dimana para staff lama pada nyinyirin aku krn fresh graduate

    BalasHapus
  14. Waalaikumsalam waah ternyata mbak Cilya pernah jd guru, kudu sabar2 tuh hehe, aku jg pernah ngajar tapi jd guru privat mbak dan emang nyenengin lho ngajar itu, apalagi pas murid kita berhasil yaaa :D

    BalasHapus
  15. Pekerjaan pertama memang memberikan kesan yang sangat luar biasa dan tidak Terlupakan ya

    BalasHapus
  16. Waah...yang kebayang di aku, guru itu awet muda.
    Secara memang pasti ada yang bikin stres, tapi kan dipaksa buat senyum terus...Ceria teruuss..
    Hhehee....

    BalasHapus
  17. Pengalaman pertama kerja aku lulus smk langsung jadi programmer di salah satu perusahaan di jakarta, dan berjalan 8 tahun. Seru banget kalo bisa cobain jadi guru juga, bisa terus ketemu anak2.

    BalasHapus
  18. pekerjaan pertama buat kau juga sulit banget dilupaan, kenanangannya bagus banget apa lagi temen temennya yang deket sampe sekarang.

    BalasHapus
  19. Pengalaman kerja aku pertama kali itu juga ngajar kak. Ngajar Biologi di kelas international salah satu SMA negeri di Jakarta. Harusnya yang ngajar itu dosen aku, cuma beliau kurang pede dengan bahasa Inggrisnya, jadilah dilimpahin ke aku. Dari situ aku menemukan passion aku memang mengajar dan sampai sekarang ya kerjaan aku jadi guru.

    BalasHapus

Follow Us @cilyawonderland