Sabtu, 13 Juli 2019

Peran Orang Tua Menjaga Tumbuh Kembang Anak Di Era Digital

"Peran Orang tua dalam tumbuh kembang anak"





Assalamualaykum,

Mau sharing nih seputar tumbuh kembang anak dalam rangka Hari Anak Nasional. Sharing ku kali ini adalah bagaimana kita menjaga Tumbuh Kembang Anak kita di Era Digital sekarang ini. Bagi seorang ibu yang memiliki tiga orang anak, memang sebuah ekstra menjaga pendidikan mereka, mental mereka dan juga tumbuh kembang nya.

Menjaga nutrisi anak tentu penting dong karena nutrisi yang baik, akan mempengaruhi tumbuh kembang fisik nya juga daya berpikir otak anak kita yang sedang dalam masa pertumbuhan.  

Nah, selain nutrisi perkembangan tumbuh kembang anak yang perlu kita jaga adalah dalam hal pendidikan serta perkembangan interaksi anak-anak kita kepada masyarakat. Apalagi sekarang semua sudah serba online, digital semakin canggih. Mau tidak mau, aku perlu sekali meng-combine pendidikan jaman old dengan jaman now.

Aku seperti dituntut untuk selalu update perkembangan di luar, berita yang lagi happening di media sosial untuk kalangan ABG atau teenager, juga pola pendidikan bagi anak jaman milenial ini. Karena jika kita tidak update maka bisa jadi pola tingkah anak kita, kita sendiri tidak bisa mengkontrol nya karena ya  kudet tadi.


Aku pernah mengikuti beberapa seminar parenting mengenai dunia gadget pada anak. Para pakar psikolog yang sudah pengalaman meng-handle dunia anak-anak, memberikan saran agar kita sebagai orangtua itu tetap perlu tegas, tapi tegas dengan berikan alasan dan juga tentu dengan logika yang bisa diterima oleh anak dan tercipta komunikasi dua arah antara orang tua dengan anak. 

Perhatikan kesehatan mental pada anak dan jangan pernah mengabaikan pola asuh yang baik di dalam rumah. Karena kesehatan mental sangat berpengaruh pada pembentukan karakter anak kita.

Teknologi digital tanpa disadari bisa menjadi salah satu yang mengakibatkan dampak buruk bagi pertumbuhan fisik dan mental anak. Anak-anak yang dari usia masih dini dan sudah terpengaruh dengan digital, maka akan dapat merusak mental nya secara emosional juga perkembangan otak nya. Seperti susah konsentrasi, tidak mampu berpikir, emosi yang tidak stabil bahkan bisa jadi melawan orang tua. Duuhh...mengerikan ngga sih ?

Di Indonesia jangan sampai anak-anak kita, dimana mereka merupakan penerus generasi bangsa, kecanduan digital yang mana akan berdampak pada tumbuh kembang serta mental mereka. Karena itu, kita sebagai orang tua perlu sekali saling mensupport gerakan membatasi gadget pada anak.


Solusi menjaga tumbuh kembang anak

Yang memahami karakter anak adalah kita orang tua nya, tetapi bukan berarti kan kita juga bisa seenak nya saja mendidik anak-anak kita. Aku dan pak suami memiliki cara kami sendiri dalam menjaga anak-anak kami dalam hal menjaga tumbuh kembang mereka di era digital ini.

Apa saja yang aku lakukan? Ini aku sharing pengalaman aku kepada anak-anak aku.

1. Memberlakukan jam penggunaan handphone atau laptop.





Aku sangat tegas dalam hal ini, setiap Senin sampai dengan Jumat sore, anak-anak ku tidak ada yang boleh pegang gadget apapun. Anak aku padahal sudah punya handphone sendiri dari hasil mereka sendiri, tetapi tetap mereka hanya boleh menggunakan handphone di hari Jumat sore sampai Minggu sore. 
Jika jam sekolah, ada keperluan untuk tugas dan membutuhkan handphone atau laptop, tentu aku izinkan dan aku kontrol pemakaian nya


2. Mengajak anak-anak traveling atau kegiatan outdoor

Traveling tidak perlu jauh-jauh, kadang aku suka mengajak anak aku untuk melakukan wisata kuliner atau mengunjungi ke tempat-tempat yang ada unsur edukasi nya seperti ke Museum, pameran bahkan aku suka ikutkan mereka ke seminar mengenai pengembangan diri juga seminar bisnis. 
Menonton film pun juga masuk ke dalam agenda kegiatan outdoor di keluarga kecil ku ini. Setelah selesai kami menonton suatu film, aku suka membuat sebuah diskusi kecil kepada anak aku tentang hal positif apa yang di dapat dari tontonan film tadi. 


3. Menciptakan suasana nyaman di rumah

Walau memang tidak semua harus sempurna, tapi paling tidak aku berusaha agar anak-anak aku betah di rumah tanpa gadget. Aku suka mengajak mereka nonton HBO bersama di kamar ku, masakin masakan kesukaan mereka dan bahkan melibatkan mereka untuk membantu aku. Aku pun rajin bertanya kepada anak-anak aku, seharian di sekolah apa saja yang mereka lakukan, pokoknya memancing agar mereka mau bercerita tentang apa yang mereka alami dan aktivitas mereka apa saja. 


Aku yakin, para orang tua di luar sana juga memiliki cara nya masing-masing dalam menjaga tumbuh kembang anak-anak nya. Semua cara pasti baik, tinggal kita nya saja menjaga komitmen kita sebagai orang tua kepada anak. 
Aku juga berharap, anak-anak bangsa Indonesia benar-benar memanfaatkan dunia digital ini ke arah yang positif dan bisa menjadi sebuah peluang yang bagus untuk mengembangkan perekonomian umat yang baik juga tentu memiliki akhlak serta agama yang baik pula.

Apa harapan kamu untuk anak bangsa ke depan nya? Silahkan share di kolom komentar ya. Thanks you for always setia membaca blog aku..

See you on my next blog post ya semua..💕💕





💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @cilyawonderland