Rabu, 17 Juli 2019

Sharing Mengapa Perempuan Harus Berbisnis

"Ketika Wanita Berbisnis"





Assalamualaykum,

Beberapa hari ini, aku lagi agak sering nulis tentang lifestyle gitu kok ya ehehe. Pas aku baca-baca lagi tulisan aku di minggu belakangan ini, isi nya sharing di luar topik fashion dan beauty.  Lagi melatih one day one post aku nih dengan beragam topik. Sekali-sekali dong ya, supaya tidak terlalu monoton tulisan nya.

Kali ini aku mau bahas mengenai Mengapa Perempuan Harus Berbisnis. Aku senang sharing topik ini ke beberapa daerah di setiap kajian komunitas aku yaitu Srikandi Muslimahpreneur Community. Didalam agama Islam, memang wanita itu tidak diwajibkan bekerja, tapi diperbolehkan untuk bekerja. Seperti surat An-Nisa : 32

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللَّهُ بِهِ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبُوا ۖ وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ ۚ وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Jadi poin nya adalah ada bagian dari apa yang para wanita ini usahakan. Jadi wanita diperbolehkan memiliki usaha atau bisnis, tentu selama sesuai dengan syariat islam nya.

Dengan perkembangan dunia digital ini, sangat membantu para wanita muslimah untuk bisa memiliki usaha dari rumah tanpa perlu sering keluar rumah. Agar Suami serta anak-anak bisa tumbuh dengan baik dan bahagia karena ada sosok seorang ibu atau istri yang menjaga serta merawat mereka di rumah. 

Aku sudah hampir keliling nusantara dan bertemu dengan wanita berbagai macam profesi, terutama yang sudah berkeluarga. Ada yang wanita karier, wanita pebisnis dan wanita ibu rumah tangga. Tentu kondisi masing-masing berbeda, ada yang kondisi nya menyedihkan seperti ditinggal suami nikah lagi lalu kabur dari tanggung jawab, sehingga harus menghidupi anak-anak seorang diri. Ada wanita yang ditinggal suami meninggal dan juga harus mencari nafkah. Ada yang mau punya usaha tapi tidak memiliki skill khusus dan masih banyak lagi kondisi yang ada. 

Disini aku tergerak untuk sharing kepada mereka, lebih kepada memberikan rasa percaya diri mereka, memberikan semangat hidup, memberikan solusi bahwa mereka pun bisa lho berbisnis. 
Aku lebih menekankan kepada 'Berbisnis" nya dengan contoh Ibunda Siti Khadijah RA yang juga seorang womenpreneur di jaman nya rosulullah. Bunda Siti Khadijah merupakan wanita saudagar kaya yang memiliki usaha yang sukses, tetapi beliau tetap menjadi seorang istri yang solehah, patuh kepada suami nya yaitu baginda rosululloh Muhammad SAW.

Mengapa wanita perlu berbisnis? Ini menurut pendapat aku, mengapa wanita perlu berbisnis.

1. Memberikan Rasa Percaya Diri

“Dan Janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang yang beriman” (QS: Ali Imran: 139)

Didalam surat diatas sudah jelas dituliskan bahwa kita jangan lah pernah merasa lemah. Karena kita sebagai manusia adalah yang paling tinggi derajatnya, baik itu pria maupun wanita. 
Ketika wanita melakukan berbisnis, rasa percaya diri nya meningkat karena merasa punya skill yang bisa di andalkan. Berinteraksi kepada lingkungan sekitar, sadar bahwa bisa juga memberikan kontribusi dalam hal ekonomi dan masih banyak lagi yang manfaat nya jika kita memiliki rasa percaya diri


2. Mandiri

Tidak tergantung dalam suatu keadaan atau situasi yang tidak baik. Jika memiliki masalah, kita sebagai wanita bisa dengan cepat mendapatkan solusi dan tidak terpuruk terlalu jauh dalam masalah yang ada. 


3. Bermanfaat

Rasulullah SAW bersabda:
خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ
Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling bermanfaat Bagi Orang Lain”

Kita sebagai wanita yang berbisnis juga bisa memberikan manfaat yang positif bagi lingkungan kita, seperti Memberdayakan wanita yang ekonomi nya lemah jadi bisa membaik ekonomi nya. Membantu suami dalam memberikan pemasukan dalam rumah tangga, walau memang tidak diwajibkan dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita berikan kepada masyarakat sekitar.

Aku tidak hanya sekedar sharing, memberikan ilmu tapi juga memberikan solusi kepada mereka berupa bisnis-bisnis yang bisa mereka jalankan dari rumah tanpa perlu modal yang besar. Alhamdulillah dengan program sharing yang sudah aku jalankan selama 7 tahun ini, bisa memberdayakan banyak wanita di seluruh Indonesia. 

Jadi, sudahkan kalian para wanita memiliki bisnis sendiri? Yuukk, mulai di niatkan dan dibuat program usaha nya agar bisa segera terealisasi. Terus semangat ya 😉💕

 

💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

20 komentar:

  1. apapun pekerjaan kita, yang penting halal dna ga melupakan tugas utama kita sebagai ibu dan istri ya mbak :) jadi semua happy

    BalasHapus
  2. Aku tuh kenapa ya ngak bakat mbak dagang, keknya mungkin krn ngak pede itu ya. Padahal keluargaku pnya usaha fashion di tanah abang. Mungkin krn nhak bakat skrng yg ngurusin adikku.

    BalasHapus
  3. Bener banget. Skrg jadi wanita bisa ngelakuin apa aja ya. Bahkan bisnis. Bisa nambah percaya diri dan kemandirian jga..

    BalasHapus
  4. AKu sebenarnya ga ada latar belakang bisnis. Orang tua pun tidak ada yang pebisnis, tapi pas menginjak usia 25-an, aku jadi tertarik dengan bisnis. Bisnis yang bisa dikerjakan tanpa harus keluar rumah lama-lama. Poin nomor 1 itu bener banget.

    BalasHapus
  5. Duh beneran ini harus mikirin bisnis apa ya, jangan kerja jadi karyawan muluk hehehe

    BalasHapus
  6. Bener banget mba, insyallah kita harus bisa mandiri juga secara finansial, kita ga pernah tau kemana Allah SWT membawa takdir kita :)

    BalasHapus
  7. Betul banget Mba dari sejak kecil aku udah seneng banget buat berniaga sampe sekarang aku pun mulai berbisnis meskipun masih kecil-kecilan hehe

    BalasHapus
  8. Dari dulu ak pny niatan pngn bisnis sndri jg nih klo udah berkeluarga dan cukup modal hehe.

    BalasHapus
  9. pingin banget aq punya bisnis, udah beberapa kali nyoba tapi yah gitu karena kerja juga jadinya gak konsisten. selalu gagal yah karena gak komit sama usaha sendiri. padahal sih cita-cita banget ingin dari usaha juga bisa membantu sekitar kita untuk membuka lowongan kerja.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. waaaah aku seneng banget looh liat perempuan yang sukses dengan bisnisnyaa, aku sendiripun pengen banget punya bisnis sendiri hehehe

    BalasHapus
  12. Setuju Mba Cilya. Wanita hrus bisa mandiri. Berdiri di kakinya sendiri. Apapun yg terjadi insyaAllah bisa survive dlm semua bentuk unian hidup. Insya Allah

    BalasHapus
  13. Aku tu pengen bisnis tapi suka gak ngerti passionku apa ya haha, maksudku di luar menulis gtu mbak. Dulu sepet jualan buku2 dan mayan banyak yg nyari eh punya anak wes gak kehandle, skrng ya nulis2 aja, di blog, di web org frelance gtu. Tapi kdng pengen banget jualan atau wirausaha apa gtu, sayangnya bingung mulainya (komen ini mengandung curcol haha)

    BalasHapus
  14. Bener banget mbak setuju saat kita bisa menghasilkan uang sendiri itu selainnya bahagia bisa bantu ekonomi juga tentunya menjadi mandiri ya

    BalasHapus
  15. Jaman sekarang sih memang harus menurutku, biar kita juga semakin keren wawasannya dan bisa berbagi buat orang lain juga

    BalasHapus
  16. Setuju banget kak. Perempuan nggak harus terus jagain suamin macam aku ini yang udah menikah
    jadi mandiri kalo ada bisnis. Alhamdulillah souvenir kecil-kecilanku luamayan memiliki penghasilan

    BalasHapus
  17. Aku gak pandai berbisnis nih, udah pernah nyoba. Memang harus telaten ya. Tapi kok lebih enak nulis-nulis aja.

    BalasHapus
  18. Aku juga sekarang menyadari betapa pentingnya untuk memiliki bisnis sendiri dan seorang wanita itu harus bisa mandiri dalam finansial juga

    BalasHapus
  19. Huhu, aku gak bisa bisnis deh. Eh, mungkin lebih tepatnya takut aja mau bisnis. Parno duluan takut ini itu. Jadinya gak jadi aja. Kudu belajar nih dari Mbak Cilya.

    BalasHapus
  20. Kalau aku sih berpendapat bahwa perempuan itu pasti bisa melakukan segalanya termasuk berbisnis. Tapi harus dalam porsinya dan gak lupa dengan kodratnya sebagai ibu dan seorang istri.

    BalasHapus

Follow Us @cilyawonderland