Kamis, 08 Agustus 2019

Desain Ruang Kerja Di Rumah Yang Bikin Betah Kerja

Ciptakan Work Office yang Nyaman di Rumah



Assalamualaykum,

Siapa disini yang punya bisnis dari rumah dan punya space work office untuk bisnis nya di rumah? Mungkin ada yang punya ruangan khusus dan ada yang tidak punya ruangan khusus.

Sebagai seorang ibu yang juga punya bisnis di rumah, sangat penting punya ruang kerja yang bisa kita gunakan untuk kerja. Tidak perlu space besar sih menurut aku, satu meja kecil dengan bangku dan juga rak kecil juga cukup. Tinggal kita sesuaikan saja dengan ruangan di rumah kita. 

Membuat ruang kerja yang nyaman itu perlu lho, supaya kita betah berlama-lama di meja kerja kita dan juga timbul banyak ide-ide ketika kita butuhkan.
Aku pribadi suka merubah-ubah dekorasi office work aku dirumah, supaya tidak jenuh. Kadang malah sampai bingung desain kaya apa lagi. Makanya aku suka lihat-lihat majalah interior dan juga browsing di internet. 

Kebetulan banget tanggal 27 Juli sd 4 Agustus 2019 kemarin, ada Pameran Indonesia Properti Expo 2019 di JCC Senayan, pameran ini diselenggarakan oleh Indonesia Properti Expo.
Ada salah satu acara yang menarik di Pameran properti kemarin yaitu talkshow mengenai cara menata ruang kerja di rumah..pas banget dengan yang aku butuhkan saat ini yaitu ide menata ruang kerja di rumah aku.

Talkshow yang diselenggarakan oleh BTN dan Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) nya diadakan di tanggal 31 Juli 2019 dan yang menjadi moderatornya adalah Teh Ani Berta yang aku kenal sebagai founder dari ISB. Narasumber talkshow di acara tersebut adalah para wanita Ibu Rumah tangga yang cantik juga menginspirasi, yaitu ada Mba Adelya seorang Ibu Rumah Tangga yang juga memiliki profesi sebagai Freelancer Interior Designer. Narasumber kedua adalah Mba Zata Ligouw yang berprofesi sebagai Lifestyle Blogger dan Conten Creator. 


Ketika acara Talkshow bersama BTN dan ISB - www.cilyainwonderland.id


Apa dulu sih yang musti dipersiapkan untuk membuat sebuah ruangan kerja, dan kira-kira berapa budget yang diperlukan, dll. Nah ini nih Tip & Trick dari Mba Zata yang kemarin di sharing di acara talkshow Menata ruang kerja di rumah. Siapa tahu bisa menjadi bahan ide kamu di rumah.


Siapkan Tempat khusus untuk Meja Kerja



Bisa siapkaan satu sudut seperti pojok ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dll. Jika kamu punya satu ruangan di rumah yang bisa dipergunakan sebagai ruang kerja khusus, malah lebih bagus lagi.




 
Meja yang pas

Jika dana keuanganmu terbatas, boleh lho kamu pergunakan meja kerja yang ada dan kalau bisa pergunakan meja yang Ergonomis agar tidak pegal.

Mba Zata juga menambahkan, bahwa agar meja kerja kita terlihat 'kece', bisa juga lho tambahkan aksesoris. Fungsi dari aksesoris itu adalah yang bisa menunjang pekerjaan kita, bisa menaikkan mood bekerja kita juga pasti nya adalah mempercantik ruangan kerja kita. Jangan sampai ya kan, orang nya cantik tapi ruangan atau meja kerja nya tidak cantik 😉.



Aksesoris tambahan untuk meja kerja atau ruang kerja kita juga tidak musti beli barang yang baru tapi juga bisa pakai yang ada, tinggal di percantik lagi. Misal nya rak kecil yang sudah kelihatan 'lusuh', bisa kita cat kembali dengan warna yang sesuai dengan interior ruangan, lampu meja nya bisa dihias pita misalnya. 

Contoh aksesoris yang bisa kita pajang yaitu seperti Quote board, Pot tanaman, Mood board atau papan jadwal to do list. 

Contoh Mood Board - by Pinterest


Kata Mba Zata nih, adanya tanaman di ruang kerja kita itu memiliki banyak manfaat lho. Seperti Meningkatkan mood, meningkatkan produktivitas. meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, mendatangkan kebahagiaan, membuat rileks dan nyaman, mengurangi stress juga dapat meningkatkan kesadaran mental

"Menurut penelitian di Universitas Michigan, memberi sentuhan alam di ruang kerja, seperti menaruh tanaman di meja atau di sekitar ruangan, dapat menambah daya serap hingga 20%. Pengaruh alam di dalam ruang kerja membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja."

"Penelitian membuktikan bahwa tanaman di dalam rumah meningkatkan konsentrasi dan produktivitas (sampai 15%), mengurangi stress, serta meningkatkan mood." - NBCnews.




Wah-wah ternyata manfaat tanaman di dalam ruang kerja dan di dalam rumah tuh banyak juga ya.. Pas tahu manfaatnya banyak, aku langsung pindahin salah satu vas dan pot bunga ke ruang kerja dan ruang tamu aku. Biar bisa mengurangi stress kalau lagi kejar deadline hehe.


Gimana sharing nya? Jadi terinspirasi untuk merapihkan meja kerja atau ruang kerja mu? Share dong ruang kerja atau meja kerja kamu seperti apa. The important thing, make it as comfortable as possible. 
Ok see you on my next blogpost and ditunggu sharing nya ya di kolom komentar 💗💗






💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

19 komentar:

  1. tanaman tu beneran bisa bikin mood naik ya mbak, baik itu buat kerja juga bisa jadi properti foto hehehee

    BalasHapus
  2. Aku tuh berasa termasuk tipe orang yang bisa negtik dimana saja. Sebetulnya aku udah punya pilihan tempat meja kerja. Eh teryata dipakai suamiku buat mesin jahitnya :D

    BalasHapus
  3. impian banget mba punya ruang kerja sesuai dengan gaya kita tapi di rumah masih ada balita jadi lumayan tricky karena pasti ada banyak mainan disana hihiihi

    BalasHapus
  4. Jadi tambah ngerti nih buat ciptain suasana ruangan yg bikin betah, dan ternyata taruh tanaman gtu berpengaruh juga ya. Thank ya kak udh sharing, bermanfaat banget

    BalasHapus
  5. Ruang kerja nyaman di rumah memang butuh banget yah dan mempengaruhi mood sih kalau saya jd semangat kejar deadline

    BalasHapus
  6. Wah seru juga ya. Bisa nambah insight nih. Tp bener emangg pnting sih bikin desain atau suasana ruangan tuh nyaman ya..

    BalasHapus
  7. setuju tuh sama idenya kak zata bunga bisa membuat tampilan meja kerja jadi lebih segar, aq sampai cari-cari bunga yang cocok loh buat di meja kerja, biar bisa memperbaiki mood kalau lagi malas lihat yang hijau2 kayanya bisa refresh pikiran juga

    BalasHapus
  8. Nggak punya ruang khusus untuk ruang kerja, daku memanfaatkan pojokan di rumah buat meja kerja, yang kalau malam hari dipakai buat belajar anak-anak.
    Moga suatu saat ku punya ruang kerja sendiri.

    BalasHapus
  9. Aku belom punya ruang kerja.. Ruang kerjaku diatas kasur mba cilya sambil momong anak.. Hehe soalnya rumahnya kecil

    BalasHapus
  10. Wah iya aku suka menambahkan bunga atau pot kaktus gitu di meja kerja aku . suasana jadi lebih nyaman Dan asri .

    BalasHapus
  11. Dulu aku paling suka menata rumah, tiap bulan pasti ada perubahan di dalam rumah, baik itu ruang tamu atau ruang tidur. Dapur dll. Tapi begitu punya anak, sesekali aja saya otak Atik rumah, dan banyak kasih ornamen karena masih punya baby, agar anak anak bisa main sepuasnya di rumah. InsyaAllah ada masanya punya kamar kerja rapi saat ini berusaha berdamai dulu sama keadaan hehe

    BalasHapus
  12. AKu juga punya mood board besaaaar di kantor! Isinya segala pin notes kegiatan yg on going dan pending plus foto anak-anak dan keluarga ♥️♥️

    BalasHapus
  13. Aku tipe orang yg wajib banget dekor2 tempat kerja karena job desk-ku banyak berkaitan dengan ide2 kreatif.

    Waktu masih ngantor 3 bulan yg lalu, aku punya moodboard yg eye catching dan ngangenin banget hahaa. Pas udah beralih bekerja di rumah, kebiasaan dekor2 ruang kerja ya berlanjut. Walaupun gak seheboh saat ngantor karena keterbatasan lahan.

    Btw, Mbak Zata itu cukup rajin posting2 ruang kerjanya di rumah yg anak muda banget. Bisa banjir ide setiap hari pastinya.

    BalasHapus
  14. Penting banget buat prepare ruang krrja di rumah, jadi lebih hemat daripafa nongkrong di cafe atau kedai kopi

    BalasHapus
  15. Baru tau yg soal mood board mba, boleh juga ya idenya untuk diterapkan. Pengin kuaplikasikan ah biar semangat kerja kembali membara.

    BalasHapus
  16. Pastinya pekerjaan bakal lebih nyaman ya Mbak kalau ruangannya didesain senyaman mungkin. Btw boleh jiga nih tips dekornya, boleh dicoba kalau mau buat ruangan khusus kerja di rumah.

    BalasHapus
  17. Aku sendiri blm punya meja khusus kerja siih soalnyaa aku gampang bosen wqwq.. Jadi aku pindah2 teruus XD

    BalasHapus
  18. Aku jadi pengen juga punya ruang kerja di rumah ya, aku lagi mempersiapkan untuk pensiun dari dunia kerja mbak

    BalasHapus
  19. ternyata memang ruang kerja itu penting loh. aku merasakan kerja dikamarku duku ngga begitu nyaman, sampai akhirnya aku desain 'ruang kerja' di kamarku sendiri dan jadi nyamaan

    BalasHapus

Follow Us @cilyawonderland