Apa Itu Podcast? Dan Apa Manfaat Mendengarkan Podcast

11 komentar

Podcast dan Perkembangan nya





Assalamualaykum,

Waktu SMU aku sempat lho punya cita-cita ingin jadi penyiar radio atau jadi MC. Tapi ngga pernah kesampaian, karena ngga PeDe. Kata beberapa orang suara aku enak, lembut (ceileee...), tapi ngga renyah 😂😂. Karena itulah aku ngga jadi deh ikutan audisi jadi penyiar di radio ehehe.

Setelah punya bisnis, aku sering jadi pembicara ke beberapa daerah dan live talkshow di TV dan Radio. Duuhh kesampaian juga masuk studio radio dan televisi, walau bukan sebagai penyiar tapi sebagai narasumber. Itu saja rasanya bahagia banget.

Nah, beberapa bulan lalu, aku kok tertarik ya dengan yang namanya Podcast. Pas tahu dari beberapa teman blogger dan aku sempat browsing mengenai dunia podcast, akhirnya aku pun buat deh aku podcast. Walau ngga tahu mau sharing apa, gunanya podcast untuk bisnis tuh apa. Apalagi cara mengoperasikan podcast itu sendiri.

Podcast itu hanya bisa dengar suara saja, beda dengan youtube yang bisa lihat visual nya.

Podcast itu apa sih?
Podcast saat ini merupakan salah satu media yang lagi digemari oleh para pecinta dunia online, yaitu rekaman audio yang dapat didengarkan untuk umum para pengguna podcast. Rekam then publish rekaman mu. Itu sih yang aku tahu tentang podcast.

Ternyata Podcast itu sudah ada dari tahun 2007 lho, dan kata Podcast itu sendiri merupakan singkatan dari "Ipod" dan "Broadcast", makanya namanya jadi Podcast. Kita tahu kan Ipod adalah salah satu produk keluaran Apple.
Dulu iya hanya pengguna handphone keluaran Apple melalui iTunes yang bisa melakukan podcast, tapi sekarang kita pun sudah bisa mengakses nya dari Android dan beberapa tablet lainnya. Lewat Spotify salah satu nya yang menyediakan layanan streaming Podcast dari berbagai negara.


Kelebihan Podcast itu apa saja sih?

Ini menarik sih menurut aku, apalagi aku berpikir bagaimana jika Podcast aku gunakan untuk salah satu media bisnis aku. Apakah cukup membantu atau tidak, aku pun juga belum tahu dan belum coba. Baru mau coba malahan ehehe...
Ini adalah beberapa kelebihan Podcast :

  • Tidak ada iklan yang memotong sharing atau lagu atau cuap-cuap kita seperti di Radio
  • Kategori pilihan yang ingin di dengar banyak
  • Bisa didengarkan kapan saja dan berulang-ulang.


Cara Mebuat Podcast
Kalau ini aku belum jago banget, jadi aku sharing berdasarkan pengalaman aku saja ya, kalau mau detail yang lengkap, kamu bisa browsing di Youtube. 
Kalau aku pertama nya buat di anchor dulu. Rekam suara aku.

Di Anchor kita bisa rekam, bisa edit dan bahkan tambahkan irama untuk backsound nya. Setelah itu publish. Menurut aku Anchor ini sangat fleksible banget llho dan easy to use banget bagi kita yang pemula. 
Aku sih coba nya di handphone iPhone aku, belum coba dari Android dan laptop. 

Aku bisa deh sharing mengenai materi bisnis. Btw, aku belum berani share sih ke public, masih malu 😅😅. Karena masih baru coba sih ya, nanti deh kalau sudah banyak rekaman nya aku share dan kita saling follow-follow-an yaa.

Nah ini aku share di Blog aku dulu rekaman podcast aku, tapi aku sudah upload dalam bentuk video nih 😊






Mungkin ada diantara nya yang sudah coba podcast atau ada yang baru mau coba Podcast juga. Yuuk saling share. Di kolom komentar ya aku tunggu share nya 😉



💗 Cilya ðŸ’—
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife

  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

11 komentar

  1. Aku suka dengerin podcast juga nih di YT atau Spotify, pengen coba bikin juga tapi aku belum pede sama suaraku hehe

    BalasHapus
  2. Buat ngomong di vlog aja kadang suka bleberan. Ntah gimana kalo bikin podcast 😂..pastinya harus bikin script/ guideline ya biar ga tiba2 blank. Sejauh ini aku masih lebih suka nulis blog dalam keheningan *eaaa.. lbh gampang ngetik drpd cuap2 saya mah, suka keseleo lidah 🤣

    BalasHapus
  3. akhir akhir ini banyak banget yang punya podcast emang yaaa, lagi hits sepertinya nih, bahkan si hubbyku pun sempet pengen bikin podcast juga nih hihihi

    BalasHapus
  4. sekarang lagi rame banget sih podcast ini dan aku lagi suka juga dengerinnya hihi

    BalasHapus
  5. Wah aku mau dengarin podcastmu. Aku juga punya podcast, tapi nggak rutin update, masih kekurangan ide :)

    BalasHapus
  6. Tau ttg podcast tp ga yg terlalu detail dan g pngn bikin akunnya . Karena ga tau mau sharing ato publish ttg apa, tp cukup menarik ya podcast ini.

    BalasHapus
  7. Aku juga suka dengerin beberapa podcast tapi yg ada di youtube wkwk XD Untuk membuat podcast kayaknya engga deh, suara aku terlalu cempreng XD

    BalasHapus
  8. Jadi kepengen juga jajal podcast mbak, ternyata udah ada sejak lama ya dan baru ngeh tahun2 belakangan ini hehe. Mau cari materi2 dulu yang bisa dishare :D

    BalasHapus
  9. Aku sama sekali belum pernah nyoba podcast mba. Kayaknya kalau bikin untuk sesi mendongeng anak-anak bisa juga ya. Daripada para ibu lelah nyeritain yang sama tiap malam, tinggal rekam aja di podcast, ntar anaknya pengin yang mana tinggal diputerin.

    BalasHapus
  10. Belum berani nyobain bikin podcast, so far masih seneng dengerin punya orang hehe.

    BalasHapus
  11. Beberapa temenku udah make podcast mba Cilya, seru banget kalo dengerin gitu
    aku juga jadi pengen mencoba hahah, tapi suaraku cempreng masih malu

    BalasHapus