Senin, 16 September 2019

Cara Bijak Menanggapi Komentar Orang Lain

Menyikapi Secara Bijak Penilaian Orang Lain





Assalamualaykum,

Hidup itu tidak selama nya berjalan seperti apa yang kita mau dan apa yang kita inginkan. Kta juga tidak bisa meminta orang lain untuk sependapat dengan kita dan berbuat baik kepada kita.

Sifat manusia bermacam-macam dan berbeda-beda. Ada yang baik, jahat, santun dan lain-lain. Kita tidak bisa mengubah mereka, tapi kita bisa mengubah cara pandang kita. 

Satu hal yang menjadi pedoman saya adalah berusaha untuk tidak berdebat berkelanjutan kepada orang yang tidak sepaham terhadap kita atau yang memberikan komentar negatif terhadap kita. Kadang ada benar nya kalimat yang bilang: "Silent is Gold". Diam itu Emas dan bukan berarti Diam itu kita Pengecut atau Bersalah. 

Sikap kita ya terus saja bersikap baik, berpikir positif dan terus berikan rasa empati kita. Mungkin saja, orang lain yang memberikan tanggapan negative terhadap kita itu adalah orang yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap kita, sehingga apapun yang kita lakukan selalu di komentari. 
Bisa jadi juga orang yang memberikan komentar negatif nya kepada kita adalah orang yang memiliki latar belakang yang kurang bahagia. Oleh karena itu, buatlah mereka bahagia dengan kita. 

Memang tidak bisa sih sesimple itu, itu Teori ya kan, kenyataan nya pasti sulit. Kita kan juga manusia yang pasti punya rasa emosi, sedih, dan kecewa mungkin dan tidak semudah itu juga kita bisa melupakan atau memaafkan karena kita memang bukan Malaikat yang tidak memiliki emosi.

Daripada sibuk memikirkan komentar orang lain, kalau aku memilih untuk intropeksi diri. Siapa tahu nih, jangan-jangan aku juga punya sikap yang sama dengan orang itu, sama-sama suka memberikan komentar negatif kepada orang lain, sehingga menimbulkan orang lain juga kecewa, sedih serta emosi terhadap kita.Bisa jadi ya hukum alam. 

Jadi intropeksi diri juga menjadi salah satu yang aku lakukan. Selain itu, buat aku dengan intropeksi diri juga bisa membuat aku menjadi pribadi yang Percaya Diri dengan membuang jauh-jauh yang namanya Minder. Dengar komentar orang, eh kita jadi minder, terus mikir, apa iya ya aku ini bukan orang baik, bukan orang yang pintar, bukan juga orang yang memberikan manfaat.
Hilangkan deh sifat tersebut.


Selain itu, aku berusaha untuk memperbanyak interaksi dengan orang lain, bangun lebih banyak pertemanan, bangun lebih banyak ketemu orang, bergabung dengan beberapa komunitas yang dapat membangun rasa percaya diri aku.

Disamping itu, aku berusaha juga untuk MLM saja, yaitu Maafkan, Lupakan Maklumi. Perlu belajar untuk memaafkan. Karena tidak ada Manusia yang sempurna termasuk diri kita sendiri.

Seperti yang tercantum dalam ayat Al Qur'an berikut ini:

وَلَا يَأْتَلِ أُولُو الْفَضْلِ مِنْكُمْ وَالسَّعَةِ أَنْ يُؤْتُوا أُولِي الْقُرْبَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَالْمُهَاجِرِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۖ وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا ۗ أَلَا تُحِبُّونَ أَنْ يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ 


Arab-Latin: Wa lā ya`tali ulul-faḍli mingkum was-sa'ati ay yu`tū ulil-qurbā wal-masākīna wal-muhājirīna fī sabīlillāhi walya'fụ walyaṣfaḥụ, alā tuḥibbụna ay yagfirallāhu lakum, wallāhu gafụrur raḥīm Terjemah Arti: Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,

Punya ngga pengalaman di komentari negatif oleh orang lain? Terus bagaimana cara nya bisa menanggapi komentar negatif tersebut? Sharing yuuk ....




💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife

  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @cilyawonderland