Cara Menjadi Content Writer

Tidak ada komentar

Cara menjadi Content Writer Website






Assalamualaykum,


Menulis adalah salah satu hobby aku dari kecil. Impian nya dulu waktu kecil adalah buat buku cerita komik, terus pas remaja mau nya buat buku novel romantis atau detective series gitu.
Pas sudah punya anak, kenal dengan dunia blogging dan usaha, aku ingin banget buat buku atau menjadi content writer mengenai sharing seputar bisnis, fashion dan beauty...tapiii..kok belum terwujud juga yaa..ehehehe

Aku suka berprasangka sendiri sehingga aku menjadi khawatir kalau nanti buku  yang aku tulis tidak ada yang beli. Lalu jika menjadi Content Writer, nanti tulisan aku tidak ada yang baca dan masih banyak lagi ke khawatiran yang ada di benak kepalaku ini. Padahal bisnis aku sudah berjalan lancar, nge-blogging sudah dari tahun 2009, tapi masih saja aku kok ada rasa khawatir.



Pada hari Kamis, 12 September 2019 kemarin, kebetulan aku menghadiri acara  sharing session dari Komunitas ISB mengenai: Content Writing To Next Level. Yang lebih seru lagi, sharing session ini diadakan di Google Indonesia Office. Kebayang kan ya gimana rasa bahagia nya bisa ikutan di sharing session ini. Apalagi sharing session ini adalah pilihan, tidak sembarang blogger bisa ikutan.

Kenapa kemarin itu aku memutuskan untuk dafttar sharing session ini? Karena tema nya itu pas banget dengan keinginan aku untuk menjadi Content Writer, seperti yang sudah aku ceritakan di atas. 
Lalu apa saja yang dibahas ya di sharing session mengenai Content Writing To Next Level ini? Berikut aku sharing sekilas materi yang aku dapatkan kemarin. 

Teh Ani Berta - Founder Komunitas ISB


Sharing pertama adalah dari Teh Ani Berta selaku founder dari Komunitas ISB. Teh Ani menjabarkan slide per slide di sharing siang kemarin dengan detail dan dengan bahasa yang mudah dipahami. 

Teh Ani menjelaskan kenapa Content Writer di era digital ini sangat dibutuhkan. Karena pertumbuhan era digital yang semua informasi sudah serba online, dimana rata-rata hanya tercipta komunikasi satu arah saja. Lalu bagaimana sih caranya supaya pembaca kita seakan bisa kut merasakan apa yang sedang di bacanya? Maka dari itulah diperlukan seorang Content Writer. 

Selain itu, kebutuhan informasi pun meningkat di dunia digital, dimana setiap perusahaan dan organisasi perlu sekali informasi dan publikasi setiap kegiatan mereka. Maka dari itu sekali lagi diperlukan seorang Content Writer.


Peluang apa saja kah yang membutuhkan seorang content writer?
  • Freelance media cetak/ online
  • Kontributor konten web perusahaan, organisasi, institusi pemerintahan
  • Penulis Script Iklan
  • Penulis Brosur, Pamplet dll
  • Penulis Caption
  • Penulis Newsletter
  • Ghost Writer
Mungkin memang ada sebagian masyarakat umum yang ingin menjadi seorang Content Writer tapi bingung bagaimana cara nya untuk melangkah nya. Kemarin Teh Ani juga menjelaskan Langkah menjadi kontributor website
  • Tentukan Tujuan. Tujuan nya mau sukarela atau mau mendapatkan penghasilan.
  • Kenali Website atau Portal yang kita minati. Misal nih, aku minat nya di bidang fashion dan beauty, ya carilah portal yang sesuai dengan bidang yang aku minati.
  • Ajukan proposal penawaran. Berani mengajukan proposal penawaran ke perusahaan.
  • Awali dengan mengisi konten gratisan sebagai porto folio. Sambil belajar ya coba praktek, dengan mengisi konten di beberapa portal dengan tidak dibayar. Sambil melatih kita menulis.
  • Manfaatkan kanal citizen journalism di media mainstream. Seperti : Kompasiana Indonesia, Kumparan, Vilalog, Citizen6 dan lain-lain.
  • Promosikan hasil tulisan di Media Sosial. Jangan malu untuk share tulisan kita ke media sosial kita. Agar orang-orang yang berteman dengan kita di media sosial, tahu bahwa kita ini adalah penulis atau blogger.
Dari langkah-langkah ini, aku masih sama sekali belum melangkah 😆😆. Gimana mau terwujud coba keinginan aku untuk jadi content writer ehehe.



Di sharing kemarin pun, Teh Ani memberikan juga ilmu Tips Menulis Content di Website dari Teh Ani. Apa saja tips nya?
  • Minimal 500 Kata dan Maksimal 1000 Kata
  • Sesuaikan gaya penulisan dengan ciri khas website/ portal
  • Jika tulisan kita berupa Reportase maka harus merujuk 5 W (Who, What, Where, When, Why) + 1 H (How), tentu dengan kaidah jurnalis lainnya. Dengan tidak memasukkan unsur opini dan perasaan, kecuali feature Story
  • Atur jadwal update sesuai kesepakatan kerjasama
  • Isi kanal-kanal website sesuai kategori yang dikuasai
  • Masukan Key Words yang tepat
  • Baca kembali setelah menulis draft
  • Foto High Resolution. Ini penting juga nih, karena pembaca akan terus bisa balik lagi ke blog kita kalau foto kita cantik.

Selain ini, ada banyak juga yang di sharing dan Teh Ani pun kemarin juga sempat sharing lho pendapatan dari menjadi content writer dalam sebulan. wow banget deh penghasilan nya. Bikin tambah semangat para blogger yang hadir.

Selesai sharing dari Teh Ani, acara nya belum selesai. Kami masih dapat lagi nih ilmu dari Mas Ardan. Ilmu mengenai SEO yang simple yang bisa kita aplikasikan di blog kita. 



Pembahasan nya adalah SEO Content Writing untuk Blogger. SEO melayani 2 entitas yaitu Google dan Manusia. Mas Ardan menjelaskan Apa itu SEO dan Kenapa SEO?

Mas Ardan juga sharing agar kita jangan lupa pakai keyword di 100 kata pertama ketika kita menulis di blog dan juga atur sub heading dengan pakai keyword. Iya selalu keyword itu penting agar blog kita terindex di google.



Tips terakhir dari Mas Ardan adalah Mainkan visual dan beri nama setiap foto ataupun gambar sesuai dengan keyword. Nah siapa disini yang masih suka save gambar tapi ngga di beri nama sesuai keyword? ehehe..tidak apa-apa kok, aku juga dulu sebelum paham soal SEO juga ngga dinamain malah..jadi di save file nya masih kaya gini nama file nya: pic.camera/2018.doc.save.canon.xghdfysfyf 😅😅😅. Kalau nama save nya begini gimana mau ke index di googlle dong...iya kan? Pantes deh ngga kebaca di google ahaha..

Banyak sekali ilmu yang aku dapat kemarin di sharing session dari komunitas ISB ini. Sudahlah dapat ilmu, kita pun dapat pengalaman bisa visit ke kantor Google Indonesia. Puaasss banget pokoknya deh. Terima kasih untuk Komunitas ISB atas kesempatan ini dan sukses selalu untuk ISB. Terus menjadi komunitas yang mewadahi serta mentrasnfer ilmu-ilmu kepada kami para blogger. 



Semoga sharing aku kali ini bermanfaat ya. See you on my next blog post 💖💖





💗 Cilya ðŸ’—
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife

  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

Tidak ada komentar