Kamis, 12 September 2019

Jamu Sebagai Minuman Lifestyle - Suwe Ora Jamu

Jamu merupakan satu minuman tradisional khas Indonesia yang sudah dikenal sejak lama








🎵🎵
Suwe Ora Jamu
Jamu godhong tela
Suwe ora ketemu
Ketemu pisan gawe gela
🎵🎵



Assalamualaykum,



Ada yang pernah dengar lagu daerah yang terkenal ini? Pasti pernah dengar dong ya. Walau aku ngga bisa bahasa jawa dan tidak tahu artinya, tapi aku senang dengar lagu ini 😊.



Bicara soal jamu, aku ini penggemar jamu dari kecil. Karena ketika aku kecil, Mama aku sering banget setiap pagi minum jamu dari Ayuk jamu gendong yang sering jualan lewat depan rumah dan aku pun ikutan minum jamu. Sehingga buat aku jamu itu seperti sebuah suplemen wajib untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. 



Jamu merupakan minuman berkhasiat dari Indonesia sebagai minuman kesehatan, mencegah, dan menyembuhkan berbagai penyakit. Waktu aku habis melahirkan pun, dibuatkan jamu sama Mama Mertua aku. Katanya agar nifas nya tidak terhambat dan lancar. 

Jamu yang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah seharusnya dilestarikan adalah akar budaya penting dalam kebudayaan Indonesia. Jamu sudah rutin dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sejak dulu sebagai minuman kesehatan maupun penyegar tubuh. Popularitas nya terkalahkan oleh budaya Indonesia lain yang banyak digemari seperti batik, kuliner, kopi, tarian dll. Potensi jamu Indonesia memiliki tiga aspek manfaat yaitu: Kesehatan, Ekonomi dan Sosial Budaya. 




Kalau dulu, model jamu nya di gendong. Ayuk jamu zaman now sudah naik sepeda ehehe. Tapi di zaman Milenial pun selain Ayuk Jamu yang pakai motor juga sekarang, Jamu sendiri sudah menjadi sebuah Lifestyle lho. Jadi bukan hanya minuman para orangtua saja, di zaman now ini, jamu sudah digemari oleh para milenial, karena jamu nya juga dikemas dengan packaging yang rapih.


===== BACA JUGA: "Macam-macam Jenis Teh dan Manfaatnya" =====


Bicara Jamu yang sudah menjadi sebuah lifestyle di Zaman now ini, beberapa bulan lalu di negara Amerika Serikat, tepat nya di kota Philadelphia, ada sebuah workshop bertema "SUWE ORA JAMU": celebrating "Jamu" as a new lifestyle for the young generation. Wah menarik banget kan ya. Workshop ini diselenggarakan oleh PERMIAS (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia-Amerika Serikat). Acara workshop ini berlangsung pada Minggu, 8 September 2019 di Cafe Square One, Philadelphia. Yang mana PERMIAS Philadelphia berkolaborasi dengan brand lokal Suwe Ora Jamu yang dipimpin oleh Ibu Nova Dewi selaku pendiri dari brand Suwe Ora Jamu. 




Sebagai inisiator dari workshop ini, Audrey Tirtaguna yang mana juga menjabat sebagai Public Relation PERMIAS Philadelphia, memiliki alasan yang menarik dari menyelenggarakan acara ini. Audrey melihat bahwa Jamu adalah sebagai minuman herbal tradisional Indonesia yang kurang populer di kalangan generasi milenial, oleh brand Suwe Ora Jamu dikemas menjadi minuman yang menyegarkan dan disukai oleh anak muda tanpa mengurangi khasiatnya.

Audrey menyampaikan harapannya dengan adanya acara ini, jamu dapat diperkenalkan kembali secara komprehensif. Ia yakin konsep Suwe Ora Jamu sebagai jamu kaum milenial dapat merebut hati dan selera generasi muda sekaligus melestarikan jamu Indonesia.



Yang menarik dari workshop Suwe Ora Jamu ini adalah tidak hanya presentasi saja tapi juga ada jamu tester, tanya jawab tentang sejarah juga perkembangan jamu, demo pembuatan jamu dari bahan-bahan yang bisa ditemui sehari-hari. 


“Saya terkesan dengan brand Suwe Ora Jamu yang saat ini sedang happening dan giat mempromosikan produknya di berbagai penjuru Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Dan kebetulan pada bulan September 2019 ini pendiri Suwe Ora Jamu, Ibu Nova Dewi punya kesempatan mengunjungi Amerika Serikat sehingga sungguh apresiasi yang luar biasa buat kami sebagai pengurus PERMIAS Philadelphia ketika Ibu Nova berkenan bekerja sama dengan kami untuk bersama-sama memperkenalkan jamu dengan membuat workshop tentang jamu hingga proses pembuatannya. Selain komunitas Indonesia di Philadelphia, kami juga mengundang rekan-rekan mahasiswa dan komunitas Indonesia di kota-kota sekitar seperti New York, New Jersey dan Washington DC.” ujar Audrey.





PERMIAS Philadelphia yang saat ini memiliki 4 orang pengurus utama yaitu Gracelynn Soesanto (Ketua), Bianca Goenawan (Wakil Ketua), Rahelita Haryono (Project Manager) dan Audrey Tirtaguna (Public Relations) memiliki harapan agar PERMIAS Philadelphia selain sebagai wadah kreatifitas mahasiswa Indonesia di Philadelphia juga mampu merepresentasikan generasi muda Indonesia yang maju di era digital milenial sekaligus  bisa mengangkat dan memperkenalkan budaya Indonesia yang kaya ke masyarakat internasional terutama di Amerika Serikat.

“Sebagai generasi muda yang tinggal jauh dari tanah air, sudah sepatutnya kita bangga membawakan budaya kita yang kaya dan luar biasa. Mampu menghargai budaya bangsa berarti kita mampu menghargai diri kita sendiri. Saya dan para pengurus Permias Philadelphia tentunya berharap untuk terus bisa melestarikan aspek budaya Indonesia yang lainnya di kota Philadelphia, termasuk karya film, musik dan lain-lain. Untuk kami, mempromosikan budaya Indonesia itu penting, baik untuk masyarakat Indonesia sendiri di Amerika maupun kepada masyarakat internasional,” ujar Gracelynn.


Melihat program yang dilakukan oleh Suwe Ora Jamu yang sangat bagus ini, apalagi program memperkenalkan Jamu di Philadelphia Amerika Serikat ini berjalan dengan respon yang bagus, kok rasanya sayang juga jika kita yang di Indonesia tidak mensupport program ini juga. Memperkenalkan Jamu sebagai salah satu lifestyle di kalangan milenial, dimana jamu sendiri tidak hanya menyehatkan tapi juga ada misi melestarikan salah satu kebudayaan Indonesia.



Sukses untuk Suwe Ora Jamu untuk program nya dan salut untuk PERMIAS Philadelphia yang mengangkat tema "Jamu" as a new lifestyle for the young generation. Keep up the good work Audrey and team.

Kalau kamu sendiri bagaimana? Adakah yang suka juga minum jamu? Coba juga yuk Suwe Ora Jamu ini. 








💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @cilyawonderland