Rabu, 18 September 2019

Kompetitor Vs Team dan Konsumen

Pentingnya Kompetitor Bagi Bisnis Kita 





Assalamualaykum,


Mau #BisnisSharing ah hari ini. Aku mau sharing soal *Kompetitor vs Konsumen*. Aku terinspirasi setelah membaca sharing dari Rico Huang, salah satu anak muda Milenial yg sukses dalam berbisnis.

Sedikit aku sadur dari sharing nya Rico Huang dan banyak lebihnya aku tambahkan dengan versi sudut pandang aku menjalankan bisnis aku


*****

Banyak Pengusaha yg Fokus sekali memikirkan *Kompetitor* sampai mereka lupa untuk memikirkan "Team & Konsumen" nya sendiri.
Sampai fokus memikirkan kompetitor, jadi nya lupa bahwa setiap hari konsumen nya semakin banyak.. Iya..semakin *BANYAK yg Hilang* 🤭

Sayang banget kan 😉. Sudah investasi sekian banyak rupiah, eeh Konsumen nya hilang.

Lihat di bisnis sebelah jualan Madu, eh ikutan jualan madu..
Lihat bisnis sebelah jualan beras, eh ikutan jualan beras..
Lihat bisnis sebelah jualan pelangsing, eh ikutan jualan pelangsing..

Padahal jualan awal adalah katanya mau fokus ke bisnis kuliner atau ke Fashion atau ke Furniture,.tapi akhirnya malah kemana-mana tidak jelas dan jadi tidak fokus. Hasilnya juga jadi tidak fokus. 

Kenapa begitu? Karena ada rasa kekhawatiran..dan karena berharap semua Reseller atau konsumen nya yang sempat hilang bisa balik lagi ke perusahaan nya. Karena perusahaan nya sudah punya komplit semua produk bisnis-bisnis para kompetitor nya..

****
Money can Buy anything..Yess itu ada benarnya juga. Tapi pergunakan uang mu dengan bijak. *INVEST lah sebuah Bisnis/Usaha BUKAN karena :
• Bisnis produk yg karena lagi happening di pasaran
• Iri bisnis sebelah kok sukses
• Takut kalah bersaing
• Mau mengalahkan Bisnis sebelah

*That is Big No No..*

Zaman Revolusi 4.0 *bukan lah zaman nya saling ber kompetisi, tapi jaman nya saling berkolaborasi.

Jika mindset kita masih seperti itu ya sulit maju bisnis kita, kecuali ya bicara soal faktor luck yang mana sudah punya massa atau reseller yg banyak, jadi tinggal diarahkan saja para reseller nya untuk jualan produk-produk ini.

Tapi ingat, faktor luck tidak akan bertahan lama, jika kita tidak memikirkan team reseller dan konsumen kita.
Massa atau reseller yang banyak tadi juga akan jenuh. Kemarin ditawarin bisnis pasarin produk A, belum ada hasil sudah ditawarin yang lain, terus ada lagi dan ada lagi.

Daripada kita fokus dan peduli sama kompetitor, lebih baik fokus kepada team kita juga ke konsumen kita.
Perbaiki kualitas produknya, beri mentoring kepada team yang ada, perbaiki pelayanan nya seperti pengiriman yang cepat sampai, Customer Service yang ramah dan bisa memberika solusi di awal sampai ke packaging serta design produk nya yang bagus.

Survei produk serta pelayanan para kompetitor itu juga perlu menurut aku, agar kita bisa memperbaiki produk kita sendiri. Cari tahu kelebihan pelayanan atau kualitas produk dari kompetitor kita, bukan malah kita buat produk baru yang mana itu adalah produk yang dibuat oleh kompetitor kita lalu menyaingi nya. 

Saran aku bagi yang baru mulai punya bisnis, misal bisnis Hijab. Kita tahu bisnis Hijab di Indonesia itu Pangsa pasar nya luas banget dan banyak peminat nya, nah kita bisa deh cek sesama online shop Hijab, apa sih keunggulan yang mereka punya. Ikuti caranya, bukan tiru produknya plek ketiplek.

Siap ya kita sukses tanpa harus menyaingi kompetitor. Kalau kita fokus sama Kompetitor, kita cuma dapat *NOTHING*, tapi kalau kita fokus sama Team kita dan Konsumen, kita akan dapat *SOMETHING* yg buat bisnis kita *Grow* lebih cepat.

Have a good Day everyone ....


💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife

  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @cilyawonderland