Buat Bisnismu Naik Kelas Dengan Accurate Online

21 komentar

Buat Bisnismu Naik Kelas Dengan Perhatikan Keuangan Yang Baik



Assalamualaykum,

Di Era Industri Revolusi 4.0 saat ini, banyak sekali beberapa orang hijrah menjadi pengusaha. Bebas atur waktu, bisa jadi bos di perusahaan sendiri dan hasilnya bisa memberikan warisan untuk tujuh turunan.

Tidak mudah memang merintis usaha itu, tetapi tidak sulit juga menjadi pebisnis yang sukses. Kunci nya bisa sukses tentu ya harus FOKUS dan KONSISTEN.

Aku mulai bisnis kurang lebih 10 tahun lalu, itu juga karena 'Terpaksa'. Terpaksa? Iya..mau tidak mau aku harus punya usaha saat itu. Jadi, ketika anak pertama aku lahir, aku diminta oleh Pak Suami untuk berhenti kerja kantoran dan fokus urus anak saja. 
Padahal saat itu kondisi keuangan rumah tangga kami belum mapan banget, masih banyak cicilan baik itu rumah, mobil dan lain-lain. Gaji kami berdua saja belum cukup, gimana kalau hanya mengandalkan pemasukan dari gaji suami saja. 
Tapi sebagai istri solehah, aku pun nurut, ya hitung-hitung aku bisa merasakan namanya joging pagi di taman komplek, tidur siang, jalan-jalan sore di weekdays. Walau kerepotan mengurusi anak, beres-beres rumah tanpa assisten rumah tangga. Iya saat itu aku tidak punya assisten rumah tangga, karena gaji pak suami masih belum cukup.

Mungkin ada para mommy-mommy muda yang baru punya anak dan berhenti kerja, tahu ya rasanya repot urus anak, urus rumah tanpa assisten rumah tangga yang bantu-bantu di rumah. Ditambah lagi mikirin beberapa cicilan yang setiap akhir bulan pasti harus dibayar karena sudah jatuh tempo...Streess pastinya kan Mom 😉😉.

Do you Happy with your life Cilya? Tentu dong, I have a great quality time with my baby..tapi ternyata tetap saja ya kan akhir bulan selalu meriang karena mikirin cicilan yang sudah menghantui ahahaha..
Dari situlah aku lagi-lagi merasa di paksa dengan keadaan, di 'paksa' untuk kreatif dan di 'paksa' untuk buat bisnis dari rumah secara online.

Modal aku waktu itu adalah satu PC atau komputer (itu juga second euy) dan paket internet di rumah. Jadilah aku mulai usaha kecil-kecilan secara online. Manfaatin Media Sosial sebagai tempat aku jualan produk bisnis aku. 
Awal mula nya sebelum punya produk bisnis sendiri, aku mulai bisnis dengan jadi reseller pakaian fashion wanita, karena bagi aku saat itu dengan kondisi yang belum mapan, memproduksi produk sendiri aku belum mampu baik itu dari segi modal juga waktu untuk fokus me-maintain karyawan dan sebagainya.

Lalu tahun kedua mulai produksi pakaian fashion wanita sendiri, buka butik craft dan sekarang lini bisnis aku pun alhamdulillah berkembang, mulai dari Tour Travel sampai Healthy Honey. Merintis dari bawah hingga bisa seperti sekarang ini tentu melalu sebuah proses yang panjang dan tidak lah hal yang mudah.

Delapan bulan pertama bisnis, saat masih jadi reseller, aku masih bisa handle bisnis aku dengan baik, walau perjuangan nya ekstra banget mulai dari time management mengurus anak, mengurus rumah, mengurus bisnis mulai dari rekap orderan rekap packing-an pengiriman, sampai mengurusi rekap keuangan. Yuup,  Semua nya aku lakukan sendiri.

Penghasilan di awal-awal aku pun bisa manage dengan baik tapi makin banyak orderan aku kok merasa uang nya kurang juga ya? Entah uang dari pemasukan penjualan seperti lari entah kemana 😂. Aku merasa cape iya tapi penghasilan nya segitu-segitu saja, padahal pemasukan sudah lumayan banyak. Sempat berpikir mungkin ada yang kurang dengan cara mengelola keuangan bisnis aku, sehingga kok jadi boncos ya pemasukan nya.

Aku pun mulai ikut-ikut workshop ke wirausahaan dan bisnis. Dari beberapa workshop yang aku ikuti, aku mengambil kesimpulan ada 7 Tips Buat Bisnis Kita Naik Kelas. Apa saja itu?
1. Tentukan Visi dan Misi Bisnis
2. Tata Keuangan
3. Temukan Keunikan Produk Kita
4. Time Management Yang Baik
5. Fokus
6. Promosi Yang Tertarget
7. Review Per Bulan

Dari ke Tujuh Tips diatas, yang menarik adalah Tata KeuanganAku sama Pak Suami bukan lah ahli keuangan karena kuliah kami bukan di bidang keuangan, kalau soal promote dan memanfaatkan media sosial Insha Allah kami bisa..tapi kalau handle pembukuan ya yang bisa kita lakukan adalah membuat catatan pembukuan yang standard saja, yaitu menggunakan perhitungan pakai excel 😁.

Menyambung permasalahan yang aku hadapi diatas tadi yaitu aku merasa uang pemasukan yang ada kok real nya tidak sesuai, lari nya entah kemana. Aku merasa aku perlu cepat menemukan solusi nya. 

Setelah browsing sana sini akhirnya aku menemukan sebuah Software Akuntansi di Indonesia. Ini dia nih yang aku butuhkan saat ini.  Pilihan ku jatuh ke Accurate, nah apa sih Accurate itu? 



Accurate adalah Software Akuntansi produk Indonesia lho, yang mana saat ini Accurate sudah melayani berbagai jenis perusahaan. Mulai dari Perusahaan Trading Dagang, Jasa, Distributor, Kontraktor dan Manufaktur di seluruh Indonesia dari tahun 1998 hingga saat ini dan Accurate juga sudah mengikuti sesuai PSAK Perpajakan di Indonesia. Jadi sudah teruji pengalaman nya dong pastinya.

Awal aku sendiri masih ragu untuk menggunakan nya, bukan ragu kompetensi nya tapi aku khawatir saja, nanti setelah aku download software akuntansi dari Accurate ini, aku tidak bisa mengaplikasikan nya di dalam keseharian pencatatan pembukuan bisnis aku. Ternyata Accurate itu userfriendly lho, secara otomatis langsung di accurate. Aku tinggal input  transaksi saja terus secara otomatis laporan keuangan sudah terupdate, se-simple itu gais.


Mengapa Harus Menggunakan Accurate?




Salah satu kenapa aku memutuskan menggunakan software akuntansi adalah agar memudahkan pekerjaan aku dalam memanage data keuangan. Accurate sendiri seperti yang aku bilang tadi yaitu software yang very userfriendly dan data nya saling terintergrasi. Yang terintergrasi itu seperti apa?

  1. Modul pembelian. Jika ada penerimaan barang maka stok akan otomatis bertambah
  2. Berkaitan dengan Modul Penjualan. Jika ada penjualan maka akan memotong stok secara otomatis
  3. Membuat penyesuaian barang jika ada selisih stok
  4. Membuat surat jalan internal (Transfer item) Jika perusahaan memiliki lebih dari satu gudang
  5. Menyesuaikan harga jual barang atau jasa jika ada perubahan harga jual

Ketika aku tahu ini, aku merasa ini dia nih yang aku perlukan. Karena aku tidak perlu repot lagi mencatat banyak. Walau pun bisnis aku skala nya masih UMKM, tapi justru dari skala UMKM lah perlu banget di manage dengan baik. Siapa sih yang tidak mau bisnis nya berjalan lancar? Pasti dong ya semua mau. Oleh sebab itu, aku sangat memperhatikan administrasi serta kontroling laporan keuangan bisnis aku. 

Oia ada beberapa hal lagi sih yang membuat aku meninggalkan pencatatan manual di format excel. Aku menghindari agar tidak terjadi kehilangan data, karena pernah nih komputer aku drive nya rusak, semua data penting ada di dalam drive komputer dan yang pasti termasuk data keuangan. 
Panik pasti nya lah ya, karena kan tidak mungkin kita ingat berapa pemasukan terakhir serta pengeluaran terakhir, serta jumlah stok yang ada. Nah, berdasarkan pengalaman itulah aku pakai software akuntansi agar tidak lagi mengalami hal seperti itu.

Bagi teman-teman yang saat ini memiliki bisnis, walau skala masih UMKM, yuk coba deh pakai software akuntansi untuk pencatatan laporan keuangan dan administrasi bisnis nya dengan Accurate. Silahkan bisa cari tahu di website nya Accurate.id. Disitu lengkap informasi nya.

Ketika Tata Keuangan bisnis kita berjalan dengan baik, maka semua nya akan berjalan lancar, pengeluaran sesuai dengan post nya masing-masing. Dengan memakai software akuntasi Accurate, aku jadi punya banyak waktu untuk memikirkan banyak hal, jadi tidak tergerus mengurusi pencatatan keuangan terus. 

Buat Bisnismu Naik Kelas, Tata Keuangan dengan baik. Karena di situ lah salah satu letak faktor penting sukses nya bisnis mu.
So..selamat mencoba ya and see you on my next sharing 💕💕





💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife

  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

21 komentar

  1. info yang bagus mbak, walau saya bukan pelaki UMKM tapi tulisannya bagus, siapa tahu di kemudian hari saya jadi pelaku UMKM kan ya :)

    BalasHapus
  2. Mbak cilya hebat loh Masi muda udah bisa kembangin usaha uMkm gitu..soalnya aku dlu usaha tapi mager di tengah jalan..

    BalasHapus
  3. Hal-hal yang ngga kepirikan sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya min sudah berbagi tips dan pengalaman:)

    BalasHapus
  4. Software accurate ini berguna bgt ya untuk mnata keuangan dgn baik. Btw pngn juga pny usaha sendri haha

    BalasHapus
  5. Aku jg lagi merintis usaha umkm nih mbak. Tp masih tahap awal banget. Coba ntr aku liat2 deh software accurate ini

    BalasHapus
  6. Pembukuan keuangan itu penting bgt ya apalagi buat pengusaha. Untung skrg ada accurate yg dpt membantu pengaturan arus keuangan lbh baik :)

    BalasHapus
  7. Yayaaa aku paham bgt lah itu repot ya ngurus anak tanpa ART, karena aku berada di tahap itu skrg :)
    Dan ya bisnis itu emang butuh proses panjang ya.
    Aku blm pernah pakai software accurate ini nih. Ini simple buat UKM pemula ya.

    BalasHapus
  8. Mau promosi produk juga nggak sembarangan ya, harus ada target yang dicapai jadi kita bisa lihat gimana bisnis kita tumbuh.

    BalasHapus
  9. Asyik ya sekarang udah ada softwarw akuntansi yang bisa dipakai oleh UMKM. Kalo software2 yg udah ada kan biasanya harganya mahak sekali.

    BalasHapus
  10. Setuju banget sebenarnya letak sukses itu adalah terletak dimana dan bagaimana cara kita untuk mengatur keuangan kita

    BalasHapus
  11. buat yang punya bisnis sih cocok banget ya mba sama ini, biar pembukuannya rapi dan ga berceceran hahahah

    BalasHapus
  12. cocok banget artikelnya untuk yang terjun di dunia bisnis, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  13. Bagus ini mba software keuangan Accurate nya buat yang punya bisnis menengah ke bawah maupun pemula juga bisa pakai juga

    BalasHapus
  14. saya dulu jg reseller dan penghasilannya ternyata lumayan ya. apalagi kalau bs produksi sendiri pasti untungnya makin banyak. sayang saya mutung di tengah jalan karena pengaturan keuangan yg acak3an. andai udah kenal accurate

    BalasHapus
  15. Recommended banget nih buat aku yang lagi ngembangin usaha kecil-kecilan

    BalasHapus
  16. Tulisan"nya sangat menginspirasi sekali. Doakan sukses

    BalasHapus
  17. Wah postingannya sangat menginspirasi sekali, recommended banget soalnya aku rancana mau punya usaha kecil-kecilan gitu

    BalasHapus
  18. Ulasannya sangat jelas dan bermanfaat sekali untuk saya, makasih yaa mba..

    BalasHapus
  19. Waah wajib saya coba nih untuk bisnis saya, makasih ya kak.

    BalasHapus
  20. Waah ini masuk banget sih buat referensi aku..

    BalasHapus
  21. Postingannya sangat membantu sekali kak, akan saya coba diaplikasikan.. Makasih yaa

    BalasHapus