Sabtu, 21 Maret 2020

Penguatan Semangat Kesetiakawanan Sosial – Corona Virus


Penguatan Semangat Kesetiakawanan Sosial – Corona Virus




“Assalamualaikum Mama-Mama semua, terkait dengan maraknya virus Corona, dan juga himbauan dari pemerintah bahwa selama 14 hari ke depan, masyarakat diharapkan untuk dirumah dulu, maka anak-anak juga belajar di rumah dulu. Berikut saya kasih surat edaran resmi dari pihak sekolah ya Mam”…. Begitulah wa dari gurunya anak-anak, ketika memberikan informasi mengenai sekolah akan di liburkan di dalam grup WA parenting kelas nya si kakak number one.

Dengan adanya virus Corona yang saat ini memang sedang menjadi masalah wabah Internasional, pemerintah Indonesia menghimbau agar masyarakat untuk sementara waktu melakukan isolasi sendiri dengan berdiam diri di rumah selama empat belas hari kedepan. Seluruh sekolah sudah mulai meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah, tetapi anak-anak akan tetap melakukan belajar mengajar di rumah dengan system online.

Protokol tersebut ada dalam surat edaran HK.02.01/MENKES/202/2020 tentang Protokol Isolasi diri sendiri dalam penanganan Coronavirus disease. WHO pun sudah menyatakan bahwa Coronavirus sebagai pandemic global.

Sebagai ibu dari tiga anak, aku merasa bersyukur dengan adanya himbauan untuk #Stayathome dulu sampai empat belas hari kedepan. Dengan adanya himbauan ini, aku pun juga secara pribadi merasa aman karena bisa memantau aktifitas anak-anak dirumah. Mulai dari memantau makanan mereka, kebersihan serta kegiatan mereka yang tidak ada kontak fisik dengan orang lain.

Sedih sih ya, karena ruang gerak kita benar-benar dibatasi. Mulai dari silaturahim fisik sampai ibadah di masjid pun dianjurkan sementara ini semuanya melaksanakan ibadah di rumah masing-masing. Sebagai masyarakat yang baik, kita perlu banget mentaati himbauan dari pemerintah. Lepas dari kepercayaan dan pemikiran masing-masing, tapi tetap Coronavirus jangan di anggap sepele. Sudah ratusan ribu jiwa yang meninggal karena Covid-19 ini.

Lalu apa saja yang aku lakukan untuk Penguatan diri mengatasi himbauan dari pemerintah mengenai isolasi diri di rumah saja?


Menjaga Kebersihan

Senantiasa memelihara kebersihan lahir dan bathin. Kebersihan adalah pangkal kesehatan, Nabi Muhammad saw. pernah bersabda: “Kesucian adalah sebagian dari Iman” [HR Muslim]

Hadist Shohih yg diriwayatkan oleh Imam Muslim yaitu:

الطهور شطر الإيمان

“Kesucian/bersuci merupakan setengah/sebagian dari Iman” (HR. Muslim: 328).


Menjaga Stamina tubuh dengan baik

Asupan makanan yang sehat dan pola gaya hidup yang teratur. Dengan adanya isolasi diri di rumah, bisa menjadi salah satu kesempatan kita memperbaiki pola asupan makanan dan gaya hidup kita.

Mungkin kemarin ada yang pola makannya tidak teratur, sering pesan makanan di luar, jarang olahraga juga, nah sekarang dikasih waktu untuk memperbaiki itu semua. Ubah gaya hidup kita menjadi gaya hidup yang sehat. Jadi jangan menyepelekan yang namanya Virus.


No Hoax

Setiap ada berita yang beredar di media social, perlu banget sekarang di sortir. Berita yang sekiranya diragukan kebenarannya ya jangan pernah men-share sembarang. Jika benar pun juga jangan juga sembarang men-share, tetap perlu dipilih. Jangan sampai berita yang kita share ini menjadi sumber ke panikan orang sekitar kita.


Campaign Coronavirus

Semangat untuk kesetiakawanan sosial terhadap Covid-19 ini, yang aku  lakukan adalah dengan mensupport campaign dari pemerintah mengenai pencegahan dari terkenanya Covid-19. Dengan me-reminder lingkungan sekitar mengenai kebersihan dan stay at home, terutama adalah kesehatan keluarga dulu yang utama.




Suka gemas saja sih diluaran sana masih ada saja ya waktu empat belas hari kedepan ini yang disarankan untuk mengisolasi diri malah digunakan untuk rekreasi ke tempat wisata umum, yang mana rentan banget kita terlibat kontak fisik dengan orang lain. Kebersihannya yang tidak terjaga dan sebagainya yang resikonya bisa jadi virus tersebut ada di sekitar mereka.

Ditambah lagi yang mengatas namakan Allah sebagai ‘tameng’ mereka tidak meng-indahkan  himbauan untuk stay at home. Menurut sudut pandang aku nih, memang Allah itu Maha segalanya, pelindung kita, pengabul doa kita. Sakit, jodoh, mati rezeki memang semuanya datangnya dari Allah SWT, tapi Allah juga meminta kita untuk tetap ikhtiar menjaga apa yang sudah Allah berikan kepada kita, termasuk nikmat sehat. Jagalah amanah nikmat sehat itu, jangan lalai dan jangan malas ikhtiar untuk menjaganya.

Bisa jadi Allah malah sedih melihat kita tidak menjaga nikmat yang telah diberikan oleh Nya kepada kita, bisa jadi ini adalah tanda dari Allah bahwa dengan adanya Coronavirus saat ini, waktu nya kita sebagai umat beragama melakukan muhasabah diri di rumah. Jika selama ini aktivitas kita malah menyita waktu ibadah kita, saatnya kita memperbaiki empat belas hari yang ada ini di rumah untuk memperbaiki ibadah kita. Menjaga kesehatan dan kebersihan itu juga bagian dari ibadah kepada Nya.

Banyak orang yang pintar dan paham sebenarnya diluar sana, tapi kebanyakan orang yang pintar dan yang paham itu lalai juga sombong akan hal yang terjadi saat ini.  Jadi yuuk mari sama-sama kita mematuhi kebijakan dari pemerintah yaitu himbauan untuk melakukan isolasi diri selama dua minggu ini. Jangan sampai kita menularkan atau kita tertular. Sayangi dan lindungi orang sekitar kita, saudara-saudara kita dari Coronavirus ini.

Insha Allah kita berharap dan berdoa bersama bahwa Coronavirus ini akan segera selesai dan bisa segera di temukan vaksin nya. Walau vaksin yang ada memang bukan untuk menyembuhkan tapi paling tidak menghilangkan dulu virus yang ada dan memberikan daya imun tubuh yang kuat.

Jangan panik, tetap waspada, stay healthy and stay at home. Jangan sampai Coronavirus ini memecahkan silaturahim yang ada dan jangan terpancing dengan statement teman atau saudara yang tidak sepaham, lebih baik hindari saja. Fokus kepada diri kita dan keluarga inti kita. 
Semoga Allah selalu menjaga hamba-hamba Nya yang ikhtiar dan beramal saleh. Aamiin YRA




💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @cilyawonderland