Langkah Preventif Agar Terhindar dari COVID-19

17 comments
Langkah Preventif Agar Terhindar dari COVID-19



Assalamualaykum,

Still Stay at Home? Tidak perlu di hitung harinya sudah berapa lama. Dinikmati saja suasana yang sedang terjadi saat ini. Memang dunia seakan sedang berduka masal, bukan karena adanya bencana banjir, tsunami atau gempa bumi tapi karena wabah pandemi Corona virus ini. 

Bentuknya sangat kasat mata bahkan kita tidak tahu wujudnya, tahu-tahu yang terkena langsung merasakan sesak napas, demam tinggi dan tenggorokan sakit. 

Iya begitulah beberapa ciri-ciri yang terkena virus Corona ini menurut dari cerita para pasien yang terpapar virus ini. Tidak tanggung-tanggung kematian langsung menjemput. Mengerikan bukan? Ya... Mau tidak mau, suka tidak suka kita tidak boleh masa bodo dengan berita yang ada, tinggal kita mensortir saja batas berapa besar berita yang wajib kita konsumsi. Agar pikiran kita tetap tenang dan positif.

Berdiam diri di rumah bisa menjadi salah satu yang membantu mengurangi resiko terpapar virus mematikan ini. Ada beberapa langkah preventif lainnya yang perlu kita ketahui. Nah apa saja sih langkah preventifnya?

Ketika pertama ada himbauan untuk Stay at Home atau #Dirumahaja , aku agak penasaran dengan apa sih Covid-19 ini dan bagaimana bentuk penyebarannya dan lain-lain hingga cara pencegahan dini di lingkungan ring satu aku. 

Walau #Dirumahaja tapi tetap aku harus tahu lewat apa saja sih penyebarannya? Sebagai seorang ibu, perlu banget menjaga anak-anak aku dari bahayanya virus ini. Tentu teman-teman semua pasti juga sudah dapat beberapa informasi di luar sana mengenai pencegahan yang bisa kita lakukan mulai dari diri kita sendiri. Karena memang kita semua sepertinya di wajibkan mengkampanyekan hal positif ini agar semua masyarakat paham akan bahayanya virus Covid-19 ini dan juga paham bagaimana meminimalisir korban yang terpapar bahakan yang meninggal karena virus Covid-19 ini.

Sebagai seorang blogger, aku jiuga merasa perlu men-share juga lewat tulisan aku di blog aku ini, yang Insha Allah bisa menjadi manfaat bagi teman-teman semua. 

Berikut ini adalah langkah preventif yang aku lakukan agar terhindar dari Covid-19 dan langkah ini juga sudah berdasarkan himbauan WHO juga pemerintah kita. 

1. Mencuci Tangan dengan benar

"Ayoo... sudah cuci tangan belum kamu? Jangan pegang makanan sebelum cuci tangan. Ayo sana cuci tangan dulu, pakai sabun ya biar bersih....". 



Orangtua kita dulu sering kan mengucapkan hal ini. Kita selalu diminta cuci tangan dulu sebelum pegang makanan, diminta cuci kaki dulu sehabis main dari luar dan sebelum naik tempat tidur. 
Walau sudah menjadi habit tapi kadang-kadang kita masih suka menyepelekan. Iya tidak? Nah, di masa pandemi ini, kita kembali di himbau agar menjaga kebersihan, hal sederhananya adalah dengan mencuci tangan.

Cuci tanganlah selama 20 detik, pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih. Tidak terkecuali bagian punggung tangan, sela-sela jari dan kuku. Setelah itu jangan lupa untuk dikeringkan dengan menggunakan handuk bersih, tissue atau mesin pengering tangan. Jadi jangan dibiarkan basah ya, karena bisa jadi kuman akan menempel lagi jika basah.

Lalu bagaimana yang masih harus keluar rumah karena tuntutan pekerjaan? Kan sulit ya untuk cuci tangan, nah kalau teman-teman terpaksa harus beraktivitas di luar rumah ya jangan lupa bawa handsanitizer kemana-mana. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.


2. Menggunakan Masker

Bukan masker wajah ya gais, tapi masker untuk penutup hidung dan mulut. Ketika awal-awal dihimbau memakai masker, langsung deh tuh berbondong-bondong membeli masker sampai masker menjadi barang langka. Parahnya lagi sampai ada oknum yang menimbun masker lalu dijual dengan harga yang tidak masuk di akal. 



Masker yang bagus memang masker bedah dan masker N95, tetapi dikarenakan langka nya masker ini dan petugas medis kita amat sangat membutuhkannya, jadi kita bisa pakai masker non medis dari kain. Sekarang banyak online shop yang menjual masker kain dengan 3 lapis dengan harga terjangkau. 
So don't worry lagi dengan yang namanya masker menjadi barang langka, karena kita sudah bisa dapatkan di beberapa marketplace, masker non medis dari kain.


3.  Terapkan Social & Physical Distancing


Social / Physical Distancing yang dimaksud adalah menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain jika kita terpaksa berada di luar rumah dan juga kalau bisa kita jangan dulu keluar rumah kecuali ada keperluan mendesak.

Hindari interaksi secara langsung seperti berjabat tangan, berpelukan dan sebagainya, dengan begini kita menghindari kontak kulit dengan orang lain dan tidak terkena cipratan cairan droplet yang keluar saat bersin atau batuk. 


4. Jangan menyentuh Mata, Mulut dan Hidung sebelum mencuci tangan

Seperti kita ketahui, tangan kita adalah anggota tubuh yang paling sering memegang benda, baik benda padat atau cair dan juga sering kontak dengan orang lain. Di masa pandemi ini, kita pun diingatkan kembali bahwa, jangan menyentuh mata, mulut dan hidung dengan tangan kita sebelum kita mencuci tangan kita. 
Sebab Covid-19 ini disinyalir dapat masuk tubuh manusia melalui segitiga wajah kita yaitu mata, hidung dan mulut.


5. Tutup Mulut dan Hidung saat batuk atau bersin

Ketika batuk atau bersin jangan lupa untuk menutup hidung dan mulut kita agar tidak menularkan ke orang lain. Kita bisa menggunakan tangan, tissue atau kain. Habis itu jangan lupa cuci tangan kita jika kita menutupnya dengan tangan (ingat jangan menyentuh mata, mulut, hidung setelahnya sebelum cuci tangan). Jika kita menutupnya pakai tissue, jangan lupa untuk segera dibuang ke tempat sampah ke temat sampah ya gais (tetap jangan buang sampah sembarangan juga).


6. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain kita mencegah dari luar, kita juga perlu lakukan pencegahan dari dalam tubuh yaitu menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh kita agar tidak mudah sakit. Caranya sudah pasti dong ya dengan melakukan pola hidup sehat dengan menjaga asupan makanan juga olahraga. Banyak minum air putih, konsumsi vitamin atau suplemen herbal kesehatan yang ada, juga konsumsi sayur dan buah-buahan.


7. Jaga kebersihan lingkungan

Jaga kebersihan tubuh sudah, menjaga kesehatan tubuh juga sudah... Ada satu hal lagi yang jangan sampai kita lupa yaitu menjaga kebersihan lingkungan. Mulai rutin bersihkan benda-benda di dalam rumah dengan disinfektan. Wow, harus seperti itu? Dimasa pandemi ini kita perlu melakukan langkah preventif seperti ini. 

Contoh salah satu yang aku lakukan adalah setiap habis tukang sayur atau abang ojol datang antar barang, barangnya aku minta di taruh di baskom lalu plastik-plastik dan barang-barang di dalam baskom tersebut aku siram dulu dengan disinfektan dan diamkan selama 30 menit sebelum aku keluarkan dari baskom. 
Sebab kita tidak tahu kan se-higienis apa diluar sana, bahkan si abang tukang sayur atau abang ojolnya. Memang aku yakin mereka pun juga pasti tetap menjaga kebersihan diri mereka, tapi tidak ada salahnya kita semua saling menjaga kebersihan dan melakukan langkah preventif pencegahan virus ini.


****

Begitulah langkah preventif yang aku lakukan selama ini di rumah. Kalau dilihat memang sebelum ada masa pandemi ini, semua hal diatas sudah sering kita lakukan. Walau mungkin yang langkah nomor tujuh jarang bahkan tidak pernah kita lakukan, tapi tidak ada salahnya kembali lagi kita tingkatkan intensitasnya dari biasanya. 

Hal positif yang kita dapatkan dari masa pandemi ini adalah kita menjadi semakin menjaga kebersihan dan kesehatan. Dalam sebuah bencana yang terjadi, Insha Allah selalu ada hikmah di dalamnya. Semoga saja wabah Covid-19 ini segera berakhir dan kita bisa segera bisa beraktivitas normal kembali, juga bisa menghirup udara segar lagi. 

Satu hal lagi, ketika masa pandemi ini benar-benar berakhir, kebiasaan baik ini jangan sampai kita tinggalkan. Tetap menjaga kebersihan dan kesehatan itu penting banget. Stay save ya teman-teman, semoga kita semua selalu diberikan perlindungan oleh Allah SWT. Aamiin YRA





💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife

Fa

shion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

17 comments

  1. langkah preventif ini penting banget dijadiin kebiasaan ya karena bagus jaga kesehatan

    ReplyDelete
  2. rajin cuci tangan itu penting banget ya walaupun dirumah aja, baik juga biar keadaan tangan tetep bersih hihihi, semoga keadaan ini segera membaik

    ReplyDelete
  3. Rajin cuci tangan itu penting banget ya dan harus diterapin dan diajarin sejak dini banget ke anak

    ReplyDelete
  4. terima kasih mba sharingnya ini sangat bermanfaat sekali buat banyak orang karena kadang beberapa orang masih susah dikasih tahu jangan emnyentuh area muka karena kawatir tangan kita mengandung kotoran berbahaya

    ReplyDelete
  5. Thanks sharingnya mba, banyak hal yg bisa kita lakukan. Cuma memang bener2 kudu teliti dan fokus ya.. kadang2 orang juga suka lupa pakai masker atau cuci tangan

    ReplyDelete
  6. Langkah sederhana ya berdampak besar untuk kesehtan kita ya mba. Makasih artikelnya.

    ReplyDelete
  7. Semua cara penting diatas udh kulakuin mba. Jd lebih sering jaga kebersihan pastinya sejak pandemi ini. Cuci tangan udh ga keitung dalam seharinya

    ReplyDelete
  8. Selama ini cuci tangan hanya sebelum dan sesudah makan. Sekarang hampir setiap saat, cuci tangan.
    Berasa banget perbedaannya.
    Semoga kebiasaan baik ini terus berlanjut bahkan pasca Covid-19 sekalipun yaa..

    ReplyDelete
  9. Semoga ya semua orang bisa melakukan tindakan preventif ini. Demi penyebaran wabah yang tak lagi ke mana-mana. Sehingga wabah bisa segera berakhir. Aku cuma berharap, PSBB bisa ketat lagi di semua tempat. Bandung sudah merasakan sendiri penurunan penularan ari PSBB ini.

    ReplyDelete
  10. Cuci tangan paling utama ya mbaak. Sama ga pegang pegang muka, terutama mulut, hidung dan mata. Pokoknya kita juga harus aware sama keadaan kita sendiri.

    ReplyDelete
  11. Semoga Allah memberikan kesehatan untuk kita semua ya mbak dan Semoga pandemi corona segera berlalu ya

    ReplyDelete
  12. Ya Allah aku tuh wajib banget pakai masker. Mau gimana lagi tapi emang penting demi kebaikan semuanyaa

    ReplyDelete
  13. iya kak, aku sedih sih karena ada pandemi ini jadi ga bisa kemana mana, tapi bersyukur karena akhirnya kita tidak perlu lagi disuruh untuk melakukan hal baik di atas itu, smeoga bisa dilakukan sebagai kebiasaan yang baik dikemudian hari pasca pandemi

    ReplyDelete
  14. Sebaiknya memang patuh dengan berbagai anjuran dari pemerintah ya mba. Termasuk prosedur menjaga kesehatan agar terhindar dari Covid-19 ini. Kita tak pernah tau siapa aja yang jadi carrier, bisa jadi kita sendiri gitu ya. Selalu pake masker kok aku setiap kali keluar rumah. Udah ga bisa cuek lagi di masa pandemi seperti ini.

    ReplyDelete
  15. Semoga segera masa pandemik covid19 ini berakhir ya mba, dirumah senangnya anak2 udah lebih ngerti dan malah gantian ingetin mamanya :)

    ReplyDelete
  16. Bener banget mbak selain dirumah aja aku kalau mau apa apa pasti cuci tangan ala who

    ReplyDelete
  17. mkasih kak udah sharing informasi spt ini , aku jd gak seberapa panik dan pusing klo mikirin covid ini, klo stress malah imun turun

    ReplyDelete