Strategi Jitu Untuk Para UKM di Tengah Pandemi COVID-19

16 comments

Strategi Jitu Untuk Para UKM di Tengah Pandemi COVID-19






Assalamualaykum,

Tadi pagi ketika hendak menyiapkan keperluan untuk School from home anak-anak, aku membaca berita mengenai ada beberapa perusahaan besar yang mem-PHK-kan sebagian karyawannya dan menutup sebagian gerainya yang ada di beberapa titik di Indonesia. Semua ini terjadi di karenakan dampak Pandemi COVID-19 ini. 

Aku langsung berpikir, sekelas perusahaan besar saja ada sebagian yang collapse, lalu bagaimana dengan para pelaku Usaha Kecil Menengah seperti aku ini. Masalah ini bukan hanya menjadi masalah lokal di Indonesia saja tapi juga menjadi masalah global Internasional. Yang terkena imbas adalah bisnis dari berbagai bidang tanpa terkecuali.

Sebagai pelaku bisnis, mungkin ada sebagian yang sudah pernah merasakan yang namanya rugi dalam berbisnis, baik itu bangkrut atau tertipu. Bagi sebagian pelaku bisnis pun ada yang sudah siap menghadapinya, tapi ada juga yang belum siap. Lalu bagaimana caranya bisa bertahan di masa pandemi seperti ini?

Pembahasan ini sangat menarik sebab, saat ini tentu para UKM perlu mendapatkan solusi terbaik bagi kelangsungan hidupnya. Sebab para pelaku bisnis, saat ini mereka tidak hanya memikirkan bagaimana memberikan makan untuk keluarganya tapi mereka juga memikirkan bagaimana mereka bisa memberikan makan para karyawannya yang mereka itu menjadi tulang punggung keluarga.

Lalu apa yang harus di lakukan?

Segera Buat Rencana Bisnis Yang Kreatif dan Matang




Kuncinya adalah "Think Out of The Box" dan terus bergerak. Jangan pasrah dan jangan menyerah. Terus berjuang hingga titik dimana memang sudah tidak bisa lagi berjalan lagi bisnisnya. Semua ini tidak mudah memang tapi ya harus kita hadapi.

Bergerak dengan kekuatan yang ada memang iya itu pasti, tapi selain kekuatan kita juga punya akal dan pikiran yang bisa di gerakkan karena itu gerakan semuanya. Praktek memang tidak semudah teori tapi paling tidak terus berupaya agar terus berjalan bisnis kita.


Jadikan Moment yang ada untuk membuat program baru

Moment disini adalah moment penting yang akan terjadi 2 atau 3 bulan ke depan. Misalnya kita bisa memanfaatkan moment pandemi Covid-19 ini juga beberapa moment hari istimewa yang ada seperti Hari Kartini, Hari Buruh Nasional, Hari Pendidikan dan juga Ramadhan untuk ajang promosi, discount, free biaya reseller dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan pasar dan juga produk kita.


Manfaatkan Teknologi




Jika selama ini bisnisnya sudah berjalan lancar secara konvensional, maka mulai hijrah dengan buat bisnisnya dengan berbasis online dengan maksimalkan media sosial untuk promosi juga untuk interaksi dengan customer kita. Yang biasanya tidak ada sistem delivery maka mulai buat sistem delivery.



Jangan Pelit untuk Invest Ilmu

Seperti point di atas, di masa pandemi ini salah satu hikmah bagi bisnis kita adalah saatnya kita memanfaatkan waktu ini dengan mengembangkan bisnis kita dan juga waktunya diri kita upgrade ilmu baru. 
Jangan pelit invest uang kita untuk sebuah ilmu, baik itu ikut kelas belajar online yang berbayar sampai membeli beberapa buku. Agar maksimal, kita bisa cari kelas belajar atau buku-buku yang sesuai dengan yang kita butuhkan dalam mengembangkan bisnis kita.  


Saatnya Saling Kolaborasi, Saling Support bukan Saling Kompetisi




Di masa pandemi ini sekali lagi memang semua bisnis mendapatkan dampak dari wabah Covid-19 ini. Karena itu kita sebagai pelaku bisnis perlu saling support bisnis sesama UKM. Contoh sederhananya adalah ada pebisnis UKM yang menjual keripik singkong lalu kita menjual produk Minuman Kopi. Kita bisa lakukan kolaborasi dalam hal penjualan berupa promo musiman. Misalnya PROMO Ramadhan tgl 1 sd tgl 10 Mei 2020, Paket Ngemil Ramadhan : 2 Botol Kopi + 1 pax Keripik Singkong Balado (Si Engkong) Only 50K....

Silahkan kita create kan paket promo sesuai dengan budget yang ada. Tentu harganya kita kasih harga spesial. Dengan berkolaborasi seperti ini, bisnis kita satu sama lain saling membantu dalam hal penjualan serta customer kita yang loyal dengan produk kita akan senang dengan adanya promo terbaru ini yang beda dari yang lain. 


Inilah beberapa strategi yang bisa teman-teman praktekan. Karena bagi para pelaku bisnis, di masa pandemi ini kita jangan menyerah dengan keadaan. Terus lakukan langkah-langkah untuk mengembangkan dan terus semangat.


Semoga bisnis teman-teman semua terus berjalan dengan lancar dan tetap bertahan. Kita sama-sama berdoa agar masa pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Aamiin YRA....






Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife

 Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

16 comments

  1. yang aku sadari dari pandemi covid19 ini jadi banyak yang punya usaha rumahan ya

    ReplyDelete
  2. makasih sharingnya, harus kreatif dan inovatif intinya

    ReplyDelete
  3. Tetangga rumah ada yang UKM bidang makanan gitu, dan merosot pendapatannya, akhirnya dijual ke tetangga-tetangga, dan aku suka beli agak banyakan, yang kukasih juga ke saudara-saudara. Sedih lihatnya, makanya ku selalu bersyukur, masih lancar uang bulanan dari suami di masa-masa seperti ini.
    Semoga pandemi segera berlalu, dan bangkit kembali UKM Indonesia.

    ReplyDelete
  4. setuju bangte sama statementnya yang harusnya kondisi saat ini adalah berkolaborasi bukan berkompetisi ya mba, even mau berkompetisi lakukan dengan sehat dan bukan untuk saling menjatuhkan

    ReplyDelete
  5. Karena pandemi ini semuanya jadi kena dampak ya mba. Dan aku setuju dibagian kita harus kolaborasi dan saling support, bukannya kompetisi

    ReplyDelete
  6. Suka sama tagline zaman now. Collab not compete. Drpd sikut2an kan lebih indah berangkulan ya kak 🤗

    ReplyDelete
  7. memang bisnis dituntut untuk melakukan banyak penyesuaian yaa mba..supaya bisa menjawab tantangan yang ada dan selalu relevan dengan market

    ReplyDelete
  8. masih banyak yg bisa kita lakukan yakan mba walaupun dirumah aja karena pandemi ini.

    ReplyDelete
  9. suka banget sama tagline collab not compete :) soalnya emang jaman sekarang tu waktunya bareng-bareng maju, bukannya malah sikut2an

    ReplyDelete
  10. temen-temenku juga mulai banyak yang jualan kebutuhan dasar nih mbak, kebanyakan karena bisnisnya sangat terdampak karena pandemi. jadi sebisa mungkin ikut ngelarisin aja sih hehe

    ReplyDelete
  11. Banyak teman - teman yang bisa dan pintar masak buka usaha makanan di era covid ini mba, semoga segera berlalu

    ReplyDelete
  12. Semangat mba cilya aku kagum sama kamu kak hebat banget bisa bangun bisnis seperti sekarang....mau ikutin jejak kakak

    ReplyDelete
  13. Banyak yang ukm buy 1 get 1 biar laku daripada ga jalan dagangannya. Covid pun membuat banyak orang makin bisa berkreasi. Salut banget aku mba Cil. Manusia bisa kok lewstin cobaan ini ternyata.

    ReplyDelete
  14. Sekarang ada yang naik ya...meningkatnya tajaam...
    Tapi ada yang turun, juga gitu...merosot banget.
    Sepupuku malah kebanjiran orderan makanan di daerah Jakarta karena lockdown begini.

    ReplyDelete
  15. bisnis keluargaku pun lagi lumayan turun, harus sering2 pakai media sosial untuk promosi sih.. semoga pandemi segera berakhir..

    ReplyDelete
  16. Ingat kata seorang klien yang katanya dia berjuang untuk bisa bertahan secara finansial di musim pandemi ini. Kadang bersyukur juga sih bahwa profesi aku ga ikutan kena dampan yang signifikan.

    ReplyDelete