Thursday, June 4, 2020

Adaptasi ke New Normal, Apa saja yang harus dijalankan?

Adaptasi ke New Normal, Apa saja yang harus dijalankan?





Assalamualaykum,

Apa kabar teman-teman semua? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat semua ya. Gimana masa karantinanya di masa pandemi dua bulan ini? Tidak terasa ya dua bulan sudah kita melewati masa berdiam diri atau stay at home di masa pandemi ini, bahkan moment lebaran Idul Fitri saja kita rayakan hanya di rumah saja dan silaturahim via virtual ke Orangtua dan saudara kita. 

Selama libur lebaran kemarin, banyak sekali berita bertebaran di media elektronik perihal liputan ramainya orang-orang berbelanja di beberapa mal dan pusat perbelanjaan seperti di Tanah Abang. Seakan mereka semua lupa akan adanya virus Covid-19 ini. 

Mungkin bagi mereka COVID-19 itu seperti flu biasa yang tinggal minum obat flu lalu sembuh. Mungkin mereka semua titisan manusia super yang mana tubuh mereka sudah kebal akan virus, terlebih lagi virus Covid-19.

Selesai lebaran, babak baru dalam hidup pun dimulai dan fase kehidupan baru ini disebut dengan "New Normal". Sebagian masyarakat dunia mungkin tidak terlaalu asing dengan New Normal ini, lalu sebagian lagi mungkin masih bingung akan maksud dari kehidupan di era New Normal itu apa sih dan bahkan sebagian masyarakat dunia sisanya ada juga yang masa bodo dengan yang namanya New Normal.

Topik New Normal ini sangat menarik untuk di bahas, karena kehidupan New Normal di masa kita hidup saat ini merupakan sejarah dalam hidup kita. Iya... Kita beruntung menjadi bagian dari sejarah terbentuknya kehidupan New Normal ini. 

Beruntung atau Menyedihkan?

Tergantung dari sudut pandang mana kita memandang dan berpijak. Sedih di awal masa pandemi ini tentu sedih, tidak ada yang tidak sedih. Kita seakan di paksa untuk menjalankan kehidupan yang tidak normal, kita tidak bebas keluar rumah, tidak bisa traveling dulu keliling dunia, tidak bisa menunaikan ibadah Umrah beberapa bulan ini dan bahkan tidak bisa melaksanakan ibadah Haji. 

Ditambah lagi mungkin kondisi finansial kita menurun. pekerja kantoran kena PHK, pebisnis menurun omsetnya bahkan menutup usahanya. Iya... Miris memang, miris di awal masa pandemi ini. Tapi kalau kita segera bangkit, tidak terpuruk dengan keadaan, cepat beradaptasi dan cepat 'Move On' berpikir mencari solusi, Insha Allah akan menjadi sebuah hal positif atau bahkan menjadi cikal bakal peluang baru dalam hidup kita

Bagi yang mengambil kejadian saat ini dari sudut pandang positif, mereka mungkin merasa beruntung. Yang tadinya karyawan sebuah perusahaan, lalu kena PHK dan mau tidak mau berpikir kreatif yang seakan di 'paksa' untuk hijrah menjadi pengusaha. Bagi yang berbisnis dan baru memiliki satu bisnis, mau tidak mau melakukan pivot dalam bisnisnya dan bahkan bisnis barunya menjadi sebuah peluang bisnis dengan omset yang bagus di masa pandemi ini.

Jadi, semua ini tergantung diri kita, mau pilih si manusia yang Beruntung atau manusia yang Menyedihkan?

Jika kita memilih menjadi manusia yang beruntung di masa pandemi ini, mari kita bahas bagaimana caranya bisa beradaptasi secara cepat dan bahkan di era New Normal ini kita bisa mendapatkan kehidupan yang Bahagia, Finansial stabil bahkan naik, dan tubuh tetap dalam keadaan sehat serta stay Waras and No Depresi.

Lalu apa TIPS untuk beradaptasi dengan era New Normal? Berikut adalah TIPS ala Cilya

1. Tambahkan Ke-Iman-an dengan Ibadah yang RAJIN
Dengan adanya COVID-19 ini, bisa jadi ini adalah pertanda dari Allah SWT bahwa kita diminta untuk meningkatkan ibadah kita. Yang tadinya jarang sholat, karena di rumah kita berkumpul bersama keluarga, jadinya kita bisa sholat berjamaah. Yang tadinya jarang baca Al Qur'an, sekarang jadi makin rajin one day one juz nya. 
Karena itu, jangan sampai Iman kita melemah. Salah satu langkah awal kita bisa menerima dan bersahabat dengan keadaan adalah dengan pertebal keimanan dan tingkatkan kualitas Iman kita dengan ibadah yang rajin.
Jika Iman kita meningkat maka Insha Allah pikiran kita akan tetap stabil dan imun tubuh kita meningkat.

2. Healthy Living (Body and Mind)
Di masa era New Normal, kita juga sudah mulai harus beradaptasi dengan menjaga keseimbangan antara kesehatan tubuh juga kesehatan pikiran.
Hidup Sehat itu WAJIB! Tapi hidup sehat itu tidak hanya tubuh kita saja yang kita jaga kesehatannya tapi kita juga perlu menjaga kesehatan pikiran kita. Pola pikir kita musti di latih berpikir positif selalu, sebab jika di masa pandemi ini pikiran kita tidak sehat, maka akan mempengaruhi imunitas tubuh kita. 
Karena itu, Yess banget menjaga kesehatan pikiran dan raga itu wajib banget. Dengan hidup sehat artinya kita menjaga pemberian dari Allah SWT dan tandanya kita sudah bersyukur.

3.  Bersyukur
Salah satu kunci beradaptasi kita berhasil adalah dengan BERSYUKUR. Mensyukuri setiap apa yang terjadi, apa yang kita dapat dan apa yang kita miliki. 
Dengan bersyukur, kita akan selalu merasa hidup kita bahagia walau kondisi ekonomi finansial sedang menurun, tetapi kita masih di kasih sama Allah kesehatan, keluarga yang support dan kebahagiaan.

4. Hidup Minimalis
Era New Normal ini, bukan lagi zamannya hidup berfoya-foya, belanja tanpa batas. Sudah saatnya pola hidup kita di ubah menjadi hidup minimalis yaitu hidup sederhana, tidak berlebihan tetapi tetap ada ikhtiar dalam hidup kita.

5. Investasi
Simpan uang mu di tabungan lalu mulailah berpikir untuk melakukan sebuah investasi. Investasi agama kita (dengan amal dan sedekah), juga investasi untuk kemajuan finansial kita dimana Insha Allah investasi ini bisa kita wariskan hingga tujuh turunan.

Dengan memasuki era New Normal, bukan berarti kita bisa sesuka hati bersikap atau menyepelekan yang namanya Corona Virus. Ingat, Corona Virus saat ini masih belum ada vaksinnya dan masalah ODP atau kematian pun masih belum usai. Jadi tetaplah hidup sesuai dengan protololer yang ada di dalam lingkungan kita.

Pasrah bukan berarti kita tidak perduli. Ayo sama-sama kita #LawanCorona dengan mematuhi protokoler yang ada. Sekali lagi. Stay Save, Stay Healthy and Stay Together. 

See you on my next blogpost ya....






Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife



Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

16 comments:

  1. Aq setuju sama yg investasi krn kondisi dunia masih belum stabil jadi perlu banget sekarang buat berhemat dan lebih banyak keep money

    ReplyDelete
  2. jujur sebenernya aku masih belum siap dengan new normal ini, dan seppertinya bakalan lebih sering ngabisin waktu dirumah aja seperti saat ini hihihi, udah betah dirumah jugaa hehehhe

    ReplyDelete
  3. Setuju nih sma tips di masa new normal ini. Paling utama memang hrus selalu berdoa dan bersyukur. Bagi yg terdampak covid, hidup minimalis dan investasi bisa jd solusi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sedih jg nih, new normal ini bnyk yang ga sesuai sama protokol yg diwajibkan, bnyk yg ga pake masker dan pergi ke mall2 ��

      Delete
  4. Entah kenapa aku lebih senang bilangnya tuh "adapted situation" karena kata New Normal itu kurang pas sebenarnya kalau untuk menggambarkan situasi sekarang ini. Wakakakakaa... Tapi yang paling utama adalah aku terus bersyukur karena masih diberi kesehatan.

    ReplyDelete
  5. kata2 new normal itu suka di salah artikan sama org mba, dianggapnya sudah normal kembali, pandemi sudah tidak ada :( org mulai acuh dan tidak mengindahkan protokol kesehatan lagi

    ReplyDelete
  6. investasi ini yang lagi aku mulai mba, karena aku kemarin-kemarin ga kepikiran investasi, sekarang setelah kejadian kayak begini barulah bisa ngeh, bahwa investasi ini sangat penting banget

    ReplyDelete
  7. Aku mau rutin pake kaos tangan nih mba. Soalnya kebiasaan nggosok muka. Kalo pake sarung tangan kan jadi risih kan ya kalo kepegang muka

    ReplyDelete
  8. pandemi ini mengajarkan kita banyak hal yan mba. Setuju banget sama tulisan mba di atas. Kita jadi belajar untuk hidup seperlunya dan siapin cadangan dana yang banyak akrena gak tahu ke depan bakal gimana.

    ReplyDelete
  9. Aku pribadi rasanya belum siap menjalani new normal ini mba, mengingat dipemberitaan penderita positif masih terus bertambah.

    ReplyDelete
  10. Beneer mba.. pilihan terbaik adalah tetap semangat dan bangkit. Kita ngg pernha tau kapan Corona akan selesai. So we better be ready and fight back

    ReplyDelete
  11. bener, kita belum tau kapan covid19 ini bakal selesai. menurutku pilihan terbaik sih, tetep, jaga jarak ya.

    ReplyDelete
  12. Masksih tips-tipsnya mba Cilya, agak miris sih kiat newnormal malah orang-orang abai dengan protokol kesehatan, dikiranya virus udah nggak ada kali ya keluar rumah nggak pada pake masker

    ReplyDelete
  13. setuju banget sama body and mind healthy. menurutku pikiran juga penting banget buat dijaga:')

    ReplyDelete
  14. Penting semua untuk dilakukan yaa...terutama di saat pandemi yang semua orang sudah menganggap New Normal itu ya...hidup normal seperti sebelum pandemi.
    Padahal tetap harus dengan protokol kesehatan yang sesuai WHO dan Pemerintah.

    ReplyDelete
  15. sebenernya aku salah satu orang yang belum siap dengan adanya new normal ini mengingat kemaren kemaren rekor Indonesia kasus covid 19 ini, nyampe 1300an kalo ga salah huuhu, semoga bumi kita ini segera sembuh

    ReplyDelete

Follow Us @cilyawonderland