Kemampuan "People Skill" Yang Harus Dikuasai Pemimpin

Tidak ada komentar

Kemampuan "People Skill" Yang Harus Dikuasai Pemimpin




Assalamualaykum,

Halo semua apa kabar? Insha Allah selalu dalam keadaan sehat wal'afiat semua ya. Di artikel kali ini aku mau sharing nih mengenai "People Skill" dalam diri seorang pemilik bisnis atau pelaku usaha yang mana tentu dirinya selain sebagai pemilik atau pelaku usaha, tentu juga sebagai pemimpin atau leader di bisnisnya. 

Bagi seorang pemimpin atau leader, perlu banget memiliki ilmu People Skill ini yang tentu mempengaruhi dalam manajemen kepemimpinannya. Baik itu dalam interaksi, attitude dan komunikasi. 

Terkadang, aku suka bertanya-tanya, bagaimana ya perkembangan bisnis internal di jaringan orang yang masih minim ilmu people skillnya tapi posisinya sudah sebagai seorang pemimpin atau leader. Kira-kira pertumbuhan bisnis mereka akan seperti apa ya? 

Jika ada leader di dalam suatu bisnis itu memiliki attitude yang kurang baik, kita tidak bisa juga langsung buru-buru menyimpulkan bahwa bisnisnya pasti akan kacau. Karena menjalankan bisnis itu tidak hanya semata dilihat dari attitude seseorang saja tapi banyak hal yang bisa menjadikan suatu bisnis itu menjadi besar.

Tetapi perlu diingat bahwa besar dan berkembangnya sebuah perusahaan juga tidak akan long last kalau pemimpinnya tidak baik. Yess..semua memang berawal dari pemimpin atau leadernya.

Sebelum membahas lebih lanjut, kita musti pahami dulu arti dari kata "People Skill" itu apa. People skill adalah kemampuan dalam berinteraksi dan berkomunikasi antar manusia. Ketika berinteraksi dengan orang lain, artinya kita sudah memiliki people skill ini, tinggal bagaimana people skill yang kita punya ini hasilnya bagus, sehingga silaturahim terjalin dengan baik.

Salah satu dari memahami people skill adalah memperhatikan cara bicara kita agar tidak membuat orang lain tersinggung. Kita pun juga belajar bagaimana cara merespon lawan bicara kita. 

Memang sih ketika kita sekolah dulu, tidak ada pelajaran mengenai people skill, tetapi secara tidak langsung dan secara tidak kita sadari, ketika kita berhadapan dengan guru, dengan teman,  kita ini sedang belajar yang namanya people skill

Semua itu perlu proses kok, begitu juga dengan aku sendiri. Practice makes you perfect artinya semakin kita bersosialisasi, ya kita jadi paham betul bagaimana berinteraksi dengan baik dan memahami dasar-dasar people skill ini.

Belajar people skill itu tidak seribet belajar arus kas, laba rugi (seperti saat aku mengikuti kelas coaching bisnis) kok 😁, kita hanya perlu belajar tiga hal ini yaitu : 
1. Pemahaman Diri
2. Berbicara efektif dan berempati
3. Membangun hubungan kepercayaan, hormat dan interaksi produktif

Ketiga hal ini adalah skill yang perlu kita pelajari dan ternyata dengan memahami diri sendiri itu penting, bahkan menjadi urutan nomor satu. Misal aku ambil contoh, orang yang memiliki karakter Koleris. Ketika sudah paham dirinya memiliki karakter Koleris, maka cobalah belajar untuk berbicara dengan lebih lembut dan tidak berapi-api. 

Tegas tetap boleh, seperti karakter koleris pada umumnya, tetapi tetap perlu melibatkan rasa empati ketika berbicara. Dengarkan pendapat orang lain terlebih dahulu baru berbicara dari sudut pandang pribadi, dengan memahami juga bahwa pendapat orang berbeda dan terimalah perbedaan itu.

Lalu bagaimana seorang pemimpin menerapkan people skillnya?

Ya...kita tahu dong ya, kalau kita semua saat ini hidup di era digital yang hampir semua kegiatan mulai dari transaksi, interaksi bahkan silaturahim pun juga dilakukan via online dan semua serba ter-connected satu sama lain. Apapun itu dibuat menjadi lebih mudah dalam satu genggaman (seperti tagline salah satu brand ya kan). 

Interaksi langsung dengan interaksi via online itu tentu berbeda cara pengaplikasiannya dalam keseharian kita tentunya. Maka dari itu perlu terus update dan upgrade ilmu kita dan bersahabat dengan yang namanya perubahan. Apalagi jika diri kita ini adalah seorang leader, mau di sebuah perusahaan atau di dalam bisnis kita sendiri.

Memang ilmu people skill itu perlu di gali dan di asah. Tidak bisa setelah membaca buku dan artikel aku ini lalu di praktekan, merasa diri kita sudah melakukan ilmu people skill ini. People skill itu perlu dilakukan setiap kali berinteraksi, sehingga bisa menjadi kebiasaan dan terbentuklah adab dalam leadership kita. 
Selama 10 tahun membina bisnis jaringan, aku pun banyak belajar bagaimana berinteraksi dengan baik. Belajar memperbaiki diri, dengan cara mulai tahu yang namanya adab dan tata krama.

Ketika berhadapan dengan orang yang usianya diatas kita tentu beda dengan yang usianya lebih muda daripada kita, tetapi bukan berarti nih, kita juga bisa seenak-enaknya dengan mereka yang usianya lebih muda dari kita. 

Leader yang kompeten adalah leader yang memiliki kemampuan people skill ketika berinteraksi dengan tim jaringannya. Mari kita bedah apa saja people skill yang perlu dikuasai.

1. Fast Respon

Fast respon disini adalah ketika ada yang memberikan pendapat, segera beri tanggapan, sehingga tim kita merasa diperhatikan. Mau pendapatnya seakan belum sesuai dengan rencana yang akan dituju, tetapi respon lah dahulu dan berterima kasih atas pendapatnya. Baru setelah itu kita revisi pendapatnya.

Begitu juga ketika team kita sedang mengalami yang namanya masalah, maka perlu sekali respon cepat untuk mengatasinya. Jangan menunda masalah yang ada. Dengan sikap fast respon seperti ini artinya teman-teman sudah belajar memberikan perhatian kepada team.

2. Memiliki Empati

Salah satu bentuk empati yang kita berikan sebagai leader kepada team adalah mendengarkan. Makanya kenapa Allah menciptakan kita dua telinga dan satu mulut? Ya salah satunya adalah agar kita ini lebih banyak mendengar daripada berbicara. 
Berbicara lebih banyak itu ada waktunya, yaitu saat memberikan mentoring atau coaching, setelah selesai maka saatnya kita mendengarkan respon dari team kita. 
Dengan memiliki empati, tentu seorang pemimpin terlihat memiliki kepedulian dan dapat membantu menjaga hubungan baik di dalam team dan team akan menjadi lebih solid. 

3. Cara Berkomunikasi Yang Baik

Memiliki komunikasi yang baik itu penting banget tentunya ya bagi seorang pemimpin atau leader. Para team akan mudah memahami informasi yang sedang di sampaikan atau yang sedang di bicarakan. Komunikasi yang baik tentu dapat membuat team yang solid.

Selain itu, komunikasi yang baik adalah berbicara dengan memperhatikan sopan santun dan tutur kata yang baik. Setiap individu mungkin memiliki dialek atau cara berbicara masing-masing tetapi jangan jadikan itu sebagai alasan dalam berkomunikasi.

Misalnya, asal daerah dari batak, yang terkenal memiliki dialeg agak keras suaranya ketika berbicara. Bukan berarti hal itu dijadikan alasan dialegnya memang keras ketika berbicara. Setiap orang yang mau belajar cara berkomunikasi dengan baik tentunya bisa berbicara dengan halus dan sopan santun.

4. Mampu Memberikan Delegasi Yang Baik

Namanya kerja team itu tentunya bekerja bersama, bukan bekerja sendirian. Kita tidak bisa disebut leader atau pemimpin jika tidak ada teamnya bukan. Jadi ketika team sudah ada dan sudah terbentuk, kita perlu belajar cara mendelegasikan sebuah pekerjaan dengan baik kepada team.

Dengan memberikan delegasi kepada team artinya kita mengajarkan tanggung jawab kepada para team dan mereka pun bisa mendapatkan ilmu baru dalam mengerjakan sebuah pekerjaan baru. 

5. Kolaborasi

Dengan melakukan kolaborasi dengan team, artinya mereka akan memiliki rasa juang dan rasa ingin maju. Mereka tidak segan mengeluarkan ide mereka dan dengan begini mereka merasa bahwa diri mereka memiliki arti di dalam team.
Ilmu dan skill yang mereka miliki selama ini berguna, bahkan akan bertambah lagi dari adanya kolaborasi ini. 

Jadi, jika ada seseorang yang bisnisnya begitu-begitu saja padahal produknya bagus, coba cek deh personalnya dari leader tersebut. Apakah sudah memiliki  ilmu people skill ini.
Terkadang bisnis belum berkembang tidak hanya dikarenakan belum di kasih Allah rezeki, tentu rezeki itu pasti datang dari Allah. Tetapi perlu juga perhatikan bagaimana kita memanusiakan manusia di dalam lingkup bisnis atau pekerjaan kita.

Mari lihat orang-orang atau Leader-leader sukses, pasti : memiliki yang namanya Fast Respon, Empati, Komunikasi yang baik, dapat mendelegasikan pekerjaan dan juga selalu melibatkan team dalam melakukan pekerjaan. 

Para orang sukses, selain mahir dalam hal membina jaringan, mengembangkan branding dan memiliki sistem managemen bisnis yang baik, juga pasti memiliki ilmu people skill ketika berinteraksi dengan teamnya.

Diharapkan dengan memiliki ilmu people skill dalam berinteraksi di dalam team bisnis, ketika sudah tidak terlibat dalam hubungan bisnis lagi nanti, hubungan silaturahim tetap terjalin. 

Suatu hubungan itu tidak hanya sekedar hubungan bisnis semata yang mendapatkan sebuah keuntungan. Dalam Islam, menjaga silaturahim itu bisa : Menambah Rezeki, Umur panjang, Kesehatan juga kebahagiaan, tentu yang pasti akan menambah keberkahan dari Allah SWT.

Bisnis atau bermitra selesai, bukan berarti silaturahim pun selesai. Sebab, suatu waktu kita akan butuh mereka dalam hidup kita. Begitu juga sebaliknya, mereka akan butuh kita suatu saat nanti.

Jadi If you want to be a sucessfull Entrepreneur and succes to be a Leaderperhatikan lima People skill yang harus dimiliki yang sudah aku jabarkan di atas.


Demikian sharing aku kali ini, semoga bermanfaat. See you on my next blogpost 💖💖










Woman Creative Partner





Tidak ada komentar