Pebisnis Wajib Mengenal 4 Karakter Kepribadian Seseorang

3 comments

 Kenali Karakter Kepribadian : Melankolis, Singuin, Plegmatis, Koleris



Assalamualaykum,

Dulu ketika masih duduk di bangku SMU, aku pernah lho coba-coba ikut bisnis MLM brand dari luar negeri, yang di Indonesia pun jaringannya juga sudah cukup besar. Aku tahu bisnis ini dari kakaknya sahabat aku, awalnya di undang ke seminar dan aku tertarik banget sama mentor yang saat itu menjadi narasumber di seminar akbar tersebut. Semenjak itu aku jadi seperti termotivasi dan jadi punya impian ingin jadi pebisnis yang sukses. Mungkin aku adalah member termuda saat itu di grup upline ku (istilah leader di atas aku). 

Yang aku suka ketika berkumpul bersama para mentor, baik dalam seminar atau business coaching grup adalah mereka para member yang hadir selalu memiliki aura positif dan optimisme yang tinggi. Padahal mereka memiliki masalah pribadi masing-masing, tetapi ketika berkumpul seakan lupa dan fokus kepada solusi. Waktu zaman SMU, masalah aku belum pelik menghadapi masalah hidup, masalah aku masih masalah seputar bucin dan pelajaran sekolah 😀.

Selain aku jadi ikutan belajar berpikir positif, aku juga mulai mengubah buku-buku bacaan aku, yang tadinya di rak buku aku penuh dengan buku-buku novel, komik, cerita horor , berubah dipenuhi dengan buku-buku tentang motivasi, self love sampai bisnis. 

Teman-teman pasti tahu dong ya buku Rich Dad Poor Dad dari Robert T. Kiyosaki? Nah zaman aku SMU, aku sudah konsumsi buku-buku itu. Salah satu buku favorit aku juga adalah buku yang judulnya Personality Plus yang isinya adalah membahas mengenai karakter-karakter seseorang.

Setiap manusia memiliki paling tidak dua karakter di dalam dirinya, tapi hanya satu karakter yang kuat dan karakter yang kuat inilah yang menjadi ciri khas diri kita. 

Salah satu buku yang juga di rekomendasikan oleh Upline aku adalah buku Personality Plus ini juga, gunanya buku ini adalah agar kita tahu karakter orang disekitar kita dan bagaimana cara menghadapi orang-orang dengan karakter yang ada di buku ini. Bagi para pebisnis perlu banget mengenal karakter orang-orang yang akan kita temui, terutama ketika sedang dealing sebuah kerjasama. 

Misalnya nih ketika akan selling bisnis, kita berhadapan dengan calon partner yang karakternya Koleris, maka kita jadi bisa tahu bagaimana menghadapi calon partner kita ini. Walau keputusan deal atau tidaknya itu adalah atas campur tangan Allah, tetapi paling tidak kita ikhtiar untuk mendapatkan rezeki kita.


Apa saja sih Empat Karakter Kepribadian Sesorang yang bisa kita pelajari?

1. Melankolis



Karakter Melankolis ini biasanya adalah orang-orang yang cenderung terencana, teratur dan sangat memperhatikan hal-hal kecil. Mereka paling tidak suka dengan hal-hal yang tidak tepat waktu dan tidak sesuai dengan apa yang sudah di rencanakan.

Si Melankolis pun dalam pertemanan lebih cenderung pemilih karena sangat selektif sekali dalam berteman. Melankolis juga cukup sensitif terhadap perasaannya atau juga perasaan orang lain.

Ketika teman-teman sedang berhadapan dengan si Melankolis ini maka teman-teman perlu ontime jangan sampai telat dari waktu yang sudah di rencanakan dan ketika sedang berbincang dengan mereka, jangan lupa untuk siapkan catatan dan juga bahan-bahan presentasi dengan rapi. 

Dengarkan ketika si Melankolis sedang berbicara, sebab mereka cenderung sensitif dan  sangat memperhatikan hal kecil termasuk apakah kamu memperhatikan dirinya sedang berbicara atau tidak dan jangan pernah menyelanya ketika sedang berbicara dengan si Melankolis.


2. Sanguinis



Kalau teman-teman suka sama suasana yang ramai, suka pergi ke pesta, senang menjadi pusat perhatian atau ingin selalu disenangi oleh orang lain, nah artinya teman-teman adalah sanguinis. 

Orang dengan karakter Sanguin dikenal sebagai orang yang memiliki sikap mudah gembira, segala sesuatunya selalu di tunjukan atau istilahnya ekspresif dan kreatif. Karena sikapnya yang mudah gembira, maka orang dengan karakter Sanguin ini mudah beradaptasi juga bisa berteman dengan siapapun. 

Ada kelebihan, tentu ada kelemahannya yaitu orang dengan karakter Sanguin ini ketika berbicara cenderung lebih banyak bicara, suka menjawab dan menyela, ditambah lagi mereka yang berkarakter Sanguin kadang sulit mengingat hal-hal yang detail.

Jadi jika teman-teman berhadapan dengan mereka yang memiliki karakter Sanguin dan akan berpartner maka sebaiknya segala sesuatunya di catat atau di rekam. Sebab Sanguin ini cenderung lupa dengan hal-hal detail yang mereka ungkapkan. 

Tidak hanya itu, teman-teman perlu infokan di awal apa saja yang akan di bahas, agar topik yang di bahas fokus pada intinya. Sebab Sanguin ketika sudah bicara agak susah di rem 😊.


3. Plegmatis



Kalau kamu tipe yang suka cari damai, tipe yang tidak suka berdebat dan orang yang cukup setia juga penuh kasih sayang, artinya teman-teman adalah si karakter Plegmatis. Sebab Plegmatis memiliki sifat menghindari konflik dan jika ada pertengkaran, si plegmatis ini cenderung menjadi penengah yang membantu agar pihak yang bertengkar agar berdamai.

Ketika hendak bekerjasama dengan si Plegmatis, maka kamu yang sebaiknya mengarahkan dan ketika membahas suatu hal, maka langsung pembahasan tersebut di kerucutkan agar si Plegmatis bisa langsung memberikan keputusan. Sebab karakter Plegmatis cukup sulit dalam hal mengambil keputusan, mereka cenderung terlalu banyak pertimbangannya, karena itu bantulah si Plegmatis ini dengan berikan dua pilihan saja, jangan terlalu banyak pilihan ketika hendak mengambil keputusan.


4. Koleris



Karakter Koleris ini cocok sebagai seorang pemimpin, sebab orang dengan karakter Koleris ini memiliki sikap tegas, menyukai tantangan dan tidak suka dengan kata menyerah. Dengan sikap tegasnya ini, si Koleris paling tidak suka berkumpul untuk sekedar membahas hal-hal yang omong kosong, seperti bergosip. Mereka ini lebih suka jika suatu pertemuan memiliki pembicaraan yang memiliki makna dan berbobot.

Jika hendak bekerjasama dengan karakter Koleris, maka artinya siap-siap kamu akan diberikan pertanyaan yang bertubi-tubi. Mereka akan terus bertanya sampai mereka menemukan jawaban yang sesuai dengan apa yang menurut mereka sesuai dengan pemikiran dan idenya.

Kamu juga jangan kaget ketika bekerjasama dengan karakter Koleris ini maka, siap-siap mereka akan memimpin dan memberikan instruksi terlebih dahulu, sebab sifatnya yang tegas dan ingin jawaban yang cepat dan tidak bertele-tele. 


Empat karakter dasar pada manusia ini memang perlu sekali kita pelajari. Tidak hanya untuk kepentingan bisnis, tapi manfaatnya banyak juga dalam kehidupan kita sehari-hari. Setiap diri kita memiliki dua karakter yang hampir sama kuat, tapi tentu hanya satu yang mendominasi. 

Misalnya, karakter aku ini adalah Melankolis dan Singuin, jadi maunya semua barang disusun rapih, agenda harian harus sesuai jadwal tetapi karena ada faktor singuinnya, aku ini suka lupa taruh barang. Lewat karakter singuin di diri aku, ketika ketemu orang, aku pun tidak sulit beradaptasi dan kata orang aku ini cenderung suka melucu. 

Selain tahu pribadi kita seperti apa, kita jadi tahu juga ketika berhadapan dengan orang lain. Tidak hanya itu, bagi kita yang sudah menjadi orangtua pun jadi paham karakter anak-anak kita dan tahu cara menghadapi anak-anak kita bagaimana.

Kira-kira teman-teman karakternya yang mana? Kenali diri kita dahulu, atur ritme alur emosi dan temukan cara mengatasi emosi-emosi yang ada dari karakter-karakter ini yang ada di dalam diri kamu. Setelah paham maka mulai belajar mengenak kepribadian seseorang dari empat karakter ini.






Woman Creative Partner


3 comments

  1. Wah jadi inget kelas psikologi ku. Thank u sharingnya ☺️

    ReplyDelete
  2. Aku pernah nih test kepribadian kayak gini, dulu sanguinis tapi sekarang malah jadi plegmatis, bisa berubah hihi

    ReplyDelete