Resolusi Awal Tahun. Apa Fungsinya?

No comments

 





Assalamualaykum,


Happy New Year 2021....

Ini adalah tulisan pertama di tahun 2021. Alhamdulillah sudah melewati tahun 2020 yang penuh dengan perjuangan. Banyak cobaan, pelajaran dan kebahagiaan yang aku dapat di tahun 2020 kemarin. Sepuluh bulan menjalani yang namanya pandemi dan aku bisa menghadapinya.

Untuk bisnis aku memang di tahun 2020, di masa pandemi kemarin mengalami penurunan yang bisa dibilang lumayan banget ya dampaknya bagi ekonomi keluarga aku. Tetapi sekali lagi aku tetap bersyukur karena Allah masih memberikan aku kewarasan serta rezeki yang cukup. Bisnis aku pun tetap bisa berjalan tanpa harus tutup.

Kadang benar juga yang dibilang sama para guru mentor bisnis aku, ketika sedang terjepit, kalau kita belajar menenangkan diri dengan baik, maka kita akan bisa menemukan solusi dan mungkin solusi itu bisa memberikan jalan yang terbaik. Iya, kita jadi bisa berpikir kreatif dan out of the box.

Masalah bisnis terpuruk sudah pernah aku alami sebelumnya, masa baru kena imbas dari pandemi aku sudah menyerah. Karena itu ketika lockdown dimulai dan semua di himbau untuk #Dirumahaja selama 3 bulan dari bulan Februari sampai dengan bulan April dan berlanjuta terus sampai akhir tahun 2020, disaat itulah akan pergunakan untuk muhasabah dan upgrade skill serta menyusun ulang bahkan memperbaiki strategi yang ada.

Memang sebaik-baiknya rencana manusia, tetap Allah lah penentu akhir dari rencana yang sudah dibuat, tetapi aku yakin jawaban Allah adalah yang terbaik baik kita. Karena itu 2020 kemarin, mau tidak mau aku harus tetap optimis dan tidak boleh menyerah. Walau hati ini ada sedikit downnya, tetap aku harus move on.


Menyambut tahun 2021 ini tidak banyak list resolusi yang aku buat, bukan karena pesimis tapi aku merasa sudah lebih tenang saja dan tidak terlalu ambisius dalam melakukan sesuatu. Tetap optimis dan memiliki harapan serta rencana dan strategi-strategi bisnis tentunya, tetapi tidak terlalu ngoyo.

Tahun 2021 ini aku ingin lebih memperbanyak ibadah, lebih menjadi manusia yang bermanfaat dan fokus pada tujuan hidup aku, salah satunya mengembangkan bisnis aku. Mengejar ketinggalan akibat penurunan omset kemarin.

Tentu resolusi ini sudah aku buat sebelum tahun 2021 agar hari pertama di tahun 2021 bisa langsung running dan ngga bengang bengong mau ngapain 😁. Nah seberapa pentingnya resolusi buat teman-teman semua? Sebenarnya fungsinya apa sih buat resolusi?


Resolusi itu punya banyak fungsinya bagi hidup kita dan apa manfaat atau fungsinya?

1. Membuat Target Yang Jelas

Menurut mentor bisnis aku nih, sukses itu adalah mendapatkan sesuatu yang bisa di ukur. Kalau tidak ada yang bisa diukur, berdasarkan apa dibilang sukses atau berhasil? Karena itu agar hasil bisa diukur, kita perlu sekali yang namanya membuat target yang jelas.

Kalau jelas apa yang kita butuhkan dan apa yang ingin kita raih, maka kita akan bisa fokus mencapainya. Misal nih aku ambil gambaran, ketika teman-teman hendak pergi ke suatu tempat yang belum pernah dituju dengan kendaraan pribadi. Tentunya teman-teman menyalakan aplikasi gmaps yang mana gmaps tersebut bisa menunjukkan arah yang jelas sampai ke tujuan. Bayangkan jika teman-teman hanya sekedar meraba-raba saja tanpa tahu arah ke tempat tersebut lewat arah mana, mungkin bisa sampai tujuan, tapi lama. Bahkan bisa jadi malah tidak sampai-sampai karena kesasar, setelah kesasar dan lelah akhirnya memutuskan pulang saja.

Begitu juga dengan target hidup kita. Jika tidak memiliki kejelasan, berprinsip ikuti alur saja, maka sudah bisa dipastikan target atau tujuan hidup kita jadi tidak jelas. Kalau sudah begini bagaimana bisa sukses. 

Contoh buat target yang jelas adalah saat teman-teman ingin bisnis teman-teman di tahun 2021 ini sukses dan berhasil. Tulis dengan jelas, sukses dan berhasilnya seperti apa? Berapa omset yang ingin dicapai perbulan? Ingin punya mobil baru kah, pergi Haji kah, punya rumah 2 milyar kah? Tulis semua yang jelas sampai tulis juga nominalnya.

Jadi resolusi itu bisa menjadi salah satu acuan kita untuk membuat target tahunan.

Semoga paham ya maksudnya 😊. Ok lanjut ya ke nomor berikutnya ...


2. Membuat Timeline

Point kedua ini sambungan dari point satu. Jika teman-teman sudah selesai menuliskan target yang akan dicapai tahun ini dengan jelas, maka tahap selanjutnya adalah membuat jadwal serta timelinenya. Akan sangat mudah membuat timeline atau to do list apa yang akan kita lakukan jika sudah jelas apa saja sih yang akan kita tuju. 

Dengan adanya timeline ini maka Insha Allah goal atau target yang sudah kita tulis akan dengan mudah tercapai. Sebab semuanya sudah terarah dan terukur dengan baik. Jadi teman-teman tidak perlu lagi meraba-raba apa yang harus dilakukan per minggu juga per bulannya.


3. Menjadi Pengingat

Ketika semangat sedang turun, coba deh buka lagi catatan target-target atau tujuan yang sudah di tulis di buku resolusinya. Mulai susun lagi jadwalnya, jika bulan sebelumnya belum ada kenaikan omset, maka coba evaluasi. Sekali lagi mengevaluasi target yang sudah jelas ini akan lebih mudah dibuat dibanding yang tidak jelas. 


Inilah tiga point fungsi dari dibuatnya resolusi. Sekali lagi, walau kita sudah merencanakan dengan baik, hasil akhir tetap kita serahkan kepada Allah SWT. Jangan mengharapkan segala sesuatunya terlalu tinggi, agar tidak kecewa tetapi perlu sekali kita berdoa yang tinggi kepada allah SWT agar apa yang kita inginkan dan butuhkan di tahun ini bisa tercapai.

Yuk kita buat resolusi tahun 2021 ini dan sama-sama berdoa agar pandemi ini segera berakhir, Corona benar-benar tidak ada lagi. Semoga resolusi yang sudah teman-teman buat, tercapai semuanya. Aamiin YRA.









Woman Creative Partner

No comments