Setiap Pengusaha Perlu Miliki GRIT

No comments

 



Assalamualaykum,


Gimana resolusi yang sudah dibuat? Apakah sudah dijalankan atau bahkan baru awal tahun saja sudah ada yang tercapai salah satu dari list resolusinya? Semoga sudah ada yang tercapai atau sudah dalam on progress.

Pada artikel kali ini aku mau membahas mengenai GRIT. Mungkin ada dari teman-teman yang belum terlalu familiar dengan istilah GRIT ini ya. Kalau ingin sukses baik itu dalam karir di kantor kamu atau sukses dalam berbisnis, teman-teman perlu pahami yang namanya GRIT ini. 


Apa Sih GRIT Itu?

Kalimat GRIT ini adalah hasil penelitian dari Angela Duckworth seorang profesor psikologi di Universitas Pennsyvania. Lalu penelitian ini dirangkum olehnya dalam sebuah buku yang berjudul : GRIT - The Power of Passion and Perseverance. 

Grit sendiri merupakan salah satu kunci kesuksesan seseorang, dimana kesuksesan itu hasil dari daya juang yang tinggi untuk bertahan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sebab ketika kita membangun GRIT maka mindset kita akan berkembang, ketahanan juang kita ada, sehingga jika sedang down akan semangat lagi bangkit dari kegagalan dan kemunduran.

GRIT itu perlu dijaga dan dibangun agar terus ada dan bahkan kalau bisa terus berkembang. Jadi GRIT ini bukan tergantung skill atau bakat dari dalam diri, tetapi lebih kepada kemauan diri, kita mau hidup yang seperti apa di lima tahun ke depan.


Setiap Pengusaha Perlu Miliki GRIT

1. Perlu Memiliki Passion



Teman-teman yang memiliki bisnis perlu memiliki passion dalam menjalankannya dan tahu bagaimana bisa memaksimalkan passionnya di dalam bisnis dengan baik. Passion itu tetap harus di adah dan wujudkan dalam setiap karya yang kita buat. Sehingga passion yang ada, yang kita tuangkan dalam sebuah karya, maka karya atau hasil dari kinerja kita memiliki manfaat, baik untuk diri sendiri dan juga orang lain.


2. Perlu Memiliki Resilience



Resilience atau ketahanan diri itu perlu banget lho dalam menjalankan sebuah bisnis. Ketahanan diri lahir dari cobaan serta tantangan yang ada ketika bisnis kita sedang berjalan. Di momen mendapatkan cobaan dan tantangan inilah yang membuat diri kita tumbuh menjadi kuat, baik dari sisi kepribadian, sampai ilmu yang ada dalam diri kita.


3. Perlu Memiliki Tujuan



Apalagi ini dong ya perlu banget. Coba deh teman-teman keluar rumah dengan berpakaian rapi, dandan dan wangi. Terus jalanlah kemana saja tanpa tujuan, kira-kira apa yang akan terjadi? Tentu waktu terbuang begitu saja, kita akan kelelahan karena muter-muter tidak jelas mau kemana tujuannya. 

Nah begitu juga dengan bisnis. Jika teman-teman tidak jelas bisnis yang akan dijalankan ini tujuannya apa, maka ketika mendapatkan hasil, hasilnya akan keluar juga dengan cepat. Sebab penggunaannya tidak jelas untuk apa dan untuk siapa. Jadi tanamkan dalam diri kita bahwa apa yang kita lakukan memiliki tujuan yang bermanfaat bagi banyak umat.


4. Perlu Memiliki Harapan dan Fokus



Setiap manusia pasti memiliki sebuah harapan hidup. Harapan tentu berhubungan dengan tujuan yang akan di capai. Ada harapan, maka di situlah awal kita jadi tahu tujuan hidup kita apa, yaitu mewujudkan harapan-harapan kita menjadi kenyataan.

Buatlah sebuah catatan mengenai goals apa yang akan kita capai, setelah itu Fokuslah untuk mengejarnya. Ketika fokus maka dapat mempercepat kita menggapai impian kita dan tentu harapan-harapan kita dapat terwujud dengan bahagia.


Maka dari itu, setiap pengusaha perlu sekai memiliki yang namanya GRIT, agar hidup lebih bermakna, memiliki tujuan, menjadi manusia yang bermanfaat dan bahagia. 

Sudahkah teman-teman memiliki GRIT dalam hidupnya teman-teman?








Woman Creative Partner









Namun, karena hidup tidak selalu indah, maka butuh resilience atau ketahanan diri dalam menghadapi segala tantangan. Tantangan itu bukan untuk dihindari, tapi dihadapi. Jadi kamu harus tetap bertahan walaupun situasinya sedang tidak enak, karena mereka yang sukses adalah mereka yang bertahan sampai akhir.

Kamu juga butuh determinasi untuk mewujudkan cita – citamu yang ditandai oleh komitmen kuat dan tanggung jawab. Terakhir, fokus akan tujuanmu melakukan aktivitasmu sangat penting. Kalau pikiranmu kemana – mana, tidak senantiasa berada dalam setiap aktivitasmu, maka jangan harap apa yang kamu impikan akan terwujud.






Angela Duckworth, seorang psikolog dari Univeristy of Pennsylvania mendefinisikan GRIT sebagai ketekunan dan passion untuk tujuan jangka panjang. Sebenarnya ada banyak definisi GRIT tapi secara umum GRIT adalah mindset berkembang, ketahanan yang membuat seseorang untuk bangkit kembali dari kegagalan dan kemunduran.



No comments