Cara Asik Bersosialisasi Saat Pandemi

No comments

 

Assalamualaykum,

Setahun sudah kita merasakan hidup di masa pandemi yang katanya era New Normal. Mau bagaimana lagi ya kan, namanya juga hidup, ya harus dijalankan. Waktu dua bulan pertama di galakan yang namanya PSBB, aku merasa enjoy banget dan serasa menikmati hidup tanpa rutinitas anter anak sekolah yang mana aku ngga perlu bersitegang pagi-pagi dengan kendaraan yang suka seenak-enaknya saja di jalan. 

Kedua, aku bisa bebas dari jadwal meeting dengan klien dan yang ketiga bisa melakukan hobi aku di rumah dengan bebas plus juga aku bisa sholat berjamaah sama pak suami yang selama ini setiap sholat lima waktunya ke mesjid.

Tapi masuk bulan ke tiga, mulai deh rasa bosan melanda dan stress akibat tabungan mulai berkurang dimana pemasukan pun sama berkurang. Rutinitas yang dilakukan ya itu-itu saja tanpa kekuar rumah. Mulai ada rasa mellow sebentar, tetapi akhirnya itu hanya sebentar.

Di masa seperti ini justru waktunya untuk aku muhasabah, merevisi pekerjaan bisnis aku selama ini, memperbaiki tulisan aku dan memperbanyak skill lagi. Jadi ketika pandemi berakhir, aku seperti terlahir kembali dengan pribadi yang baru, bisnis aku bisa fresh lari kencang dan omset naik tinggi ditambah aku punya banyak sekali skill-skill baru yang siap aku sharing.


Mulai Dari Mana?

Untuk membuat suasana pandemi menjadi asyik tentunya mulai dari diri sendiri dulu yaitu berpikir positif dan semangat menghadapi hari demi hari untuk menyambut kehidupan yang lebih baik walau masih dalam masa pandemi. 

Lalu aku membuat catatan kecil apa saja nih yang menjadi prioritas aku untuk aku lakukan selama masa pandemi ini. Setelah itu buat planningnya bagaimana merealisasikan, butuh wadah apa saja untuk mensupport kegiatan aku ini.


Cara Asik Saat Pandemi Ala Cilya

1. Gabung Banyak Komunitas

Mulai dari komunitas mompreneur, komunitas masak (walau 10% doang aku praktekin ehehe), sampai komunitas komunitas meditasi. Tentunya komunitas-komunitas ini adalah tambahan dari komunitas blogger yang sudah aku ikuti. 

Dari sini kita jadi menambah lebih banyak teman dan nilai plusnya adalah juga menambah ilmu juga, selain yaaa tetap bisa menjaga kewarasan diri ya 


2. Ikut Webinar Edukatif

Selama masa pandemi, semakin banyak kelas-kelas belajar yang diadakan secara online baik via meeting room atau live di media sosial. Hal ini menjadi sebuah kesempatan untuk aku dalam hal mengembangkan potensi diri sambil menambah skill baru. 

Webinar ini menjadi salah satu cara asik buat aku dalam besosialisasi selama masa pandemi. Walau online dan tidak bertemu langsung tapi dengan bertatap muka via online, sudah merasa bahwa aku tidak sendirian 😁


3. Buat Live Edukatif di Media Sosial

Untuk mengasah skill yang ada ditambah ilmu-ilmu baru yang aku dapat selama pandemi,  agar ilmu-ilmu tersebut tetap berguna, maka aku harus praktek. Biasanya aku mengisi seminar-seminar offline, nah karena pandemi ini akhirnya aku mulai mencoba membuat acara talkshow live di media sosial aku.

Awal agak ragu sih, apakah ada yang nonton atau tidak, tapi aku tetap adakan live talkshow di media sosial komunitas aku. Makin kesini semakin percaya diri saja. Walau belum sampai ratusan yang ikut menyaksikan, tapi paling tidak aku sudah berani melakukannya. 


4. Ikut Virtual Traveling

Ini salah satu hal yang seru banget, bisa mengobati rasa rindu jalan-jalan. Selama pandemi kemarin, hampir seluruh negara menutup akses masuk ke negara mereka, dengan maksud untuk memutus mata rantai yang namanya virus Covid-19. Otomatis industri pariwisata pun hampir lumpuh karena pandemi. 

Untuk mengobati rasa rindu, banyak beberapa komunitas atau travel yang membuat ide virtual traveling, baik traveling domestik maupun ke luar negeri. Selain menghibur, kita juga jadi lupa akan pandemi.


5. Ikut ODOP di ISB dan Rutin Nulis Blog

Selama pandemi, aku jadi punya banyak waktu untuk update dan merapikan blog aku. Senang rasanya blog aku kembali kepada posisinya awal yaitu banyak tulisan organik di dalamnya. Untuk mengasah skill dan menyemangati aku dalam menulis, aku ikutan ODOP (One Day One Post) yang di adain oleh komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur). 

Tema yang dibuat beragam dan ini menjadi challenge tersendiri untuk aku, mencoba mengolah tulisan yang sesuai dengan niche aku, tapi tetap pada tema yang di tentukan. ODOP bisa membuat aku menjadi kreatif dan terus berkarya lewat tulisan. 


Ternyata setelah aku menulis ini, jadi sadar lho kalau selama pandemi ini banyak hal positif juga yang aku dapatkan. Selama diisi dengan hal-hal positif dan dilakukan dengan bahagia, maka hasilnya pun Insha Allah akan bermanfaat bagi diri kita.

Kalau teman-teman gimana? Cara asik bersosialisasi seperti apa selama pandemi? Share yuk di kolom komentar






Woman Creative Partner


No comments