Tips Mengelola Keuangan Saat Lebaran Ala Prita Ghozie

No comments

 


Lebaran sebentar lagi...

Kira-kira lebaran tahun ini apakah akan sama dengan lebaran tahun 2020 di masa pandemi kemarin? Pandemi memang belum berakhir tapi sepertinya kondisi di Indonesia sudah sedikit semakin membaik. Walau jumlah yang terpapar virus Covid-19 masih masih kategori besar.

Kumpul bersama keluarga pada hari raya lebaran 2021 ini kemungkinan akan mulai kembali normal, sebab tahun 2020 kemarin bagi yang tidak mudik, rasanya tidak mungkin tahun ini dapat ditahan lagi untuk tidak mudik dan tidak bertemu dengan keluarga.

Aku pribadi karena tidak punya kampung (orangtua dan mertua tinggal di wilayah yang sama), maka lebaran ini pun tidak perlu repot mudik. 

Bagi yang keuangan belum stabil mungkin perlu ekstra hati-hati dalam menggunakan dana yang ada selama lebaran. Menurut Mba Prita Ghozie, bagi yang mendapatkan THR, agar tidak habis untuk yang tidak berguna, ada baiknya mengalokasikan terlebih dahulu sesuai pos-pos prioritas.

Berikut tips alokasi prioritas dalam mengelola keuangan dana THR kita saat lebaran

1. Zakat Dan Sedekah

Sebelum digunakan untuk membayar tagihan-tagihan dan belanja, pertama yang perlu dilakukan adalah membayar Zakat dan Sedekah sebesar 20% dari pendapatan, baik itu gajian atau THR. 

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak" (Qs. Al Hadid: 18).

2. THR Untuk Keluarga Dan Pekerja

Di masa pandemi ini, mungkin ada beberapa kerabat yang tidak memiliki pekerjaan. Jadi kita bisa membantu mereka dengan memberikan THR untuk keluarga. 

Bagi yang memiliki bisnis dan sudah punya karyawan, prioritaskan juga THR mereka. Sebab para staf karyawan kita bagaimanapun juga memberikan kontribusi besar atas perkembangan bisnis kita.

3. Lunasi Pinjaman Online

Alokasikan dana THR  kita untuk melunasi beberapa pinjaman ke bank, bahkan kalau bisa semuanya. Agar tidak ada lagi hutang riba yang kita miliki. 

4. Kebutuhan Lebaran

Tidak perlu membeli pakaian baru ketika lebaran, apalagi masih dalam masa pandemi. Bongkar pakaian yang terbaik di lemari yang masih bagus untuk dipakai pada lebaran nanti. Belilah kebutuhan lebaran yang memang dibutuhkan bukan di inginkan.

5. Sisa THR Untuk Dana Darurat Dan Investasi

Sisa dari THR simpan untuk dana darurat yang suatu saat ketika kita butuh, kita tidak lagi panik apalagi sampai pinjam kembali ke bank. Selain itu juga putar lagi untuk investasi. Sebab tidak selamanya kita menjadi seorang karyawan, jadi investasilah untuk simpanan masa depan.


Konsisten dan komitmen kuat sangat diperlukan ketika THR sudah keluar. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena diri kita boros dan tidak bisa mengelola keuangan dengan baik menjelang lebaran.

Semoga bermanfaat ya and see you on my next blog post


No comments