Kamu Suka Buat Film? Ikuti Kompetisi Sundance Film Festival Asia 2021

No comments

 


Tiba-tiba sore ini kok kangen ingin nonton film di bioskop. Tidak terasa pandemi sudah masuk setahun lebih. Artinya sudah setahun lebih juga (tanpa terasa), aku ini sudah tidak lagi nonton film di bioskop, baik itu nonton film box office atau film festival.

Walau jarang nonton film festival, sebab untuk nonton film festival itu aku harus menunggu jadwal film festival tersebut di selenggarakan. Film festival itu tidak seperti film box office yang rutin hampir setiap bulan itu pasti ada tayang di bioskop. Film festival akan tayang tergantung sesi kapan di selenggarakan.

Sejak SMU aku sudah gemar nonton film festival Internasional dan itu sangat menyenangkan. Jadi inget kalau dulu itu sering banget nontonnya di Erasmus Huis bersama sahabat-sahabat aku. Senang bisa melihat karya-karya produser muda yang sedang belajar membuat film pendek.

Film-film mereka itu layak untuk di apresiasikan dan film karya seniman film muda dari berbagai negara ini juga tidak kalah bagusnya dengan film-film box office kok. Pernah banget ingin jadi volunter artis pemain di film pendek yang dimainkan di film-film festival 😁, untuk mensupport karya-karya para filmmaker baru.

Bicara tentang film festival, sebentar lagi akan ada nih Sundance Film Festival: Asia 2021. Bagi teman-teman yang gemar membuat film pendek, bisa banget nih ikutan. Kok ikutan? Memang Sundance Film Festival Asia 2021 ini apa?


Jadi Sundance Film Festival ini di gagas oleh Sundance Institute. Sebuah lembaga nirlaba khusus menyediakan atau istilahnya sebagai wadah bagi para seniman di bidang film, teater dan media digital untuk berkreasi dan berkembang.

Didirikan di Amerika serikat tahun 1981 oleh Robert Redford, wah sudah 40 tahun yess…

Tahun ini tepatnya bulan September 2021 nanti akan di selenggarakan Sundance Film Festival Asia 2021. Tidak hanya akan menampilkan karya-karya para seniman senior saja, Sundance Film Festival Asia 2021 pun membuka kompetisi film pendek.


Sundance Film Festival Asia 2021 ini adalah persembahan XRM Media dan IDN Media yang disponsori oleh Argo.

Winston Utomo, CEO IDN Media dan Michael Chow, Founder XRM Media

Tahu dong ya IDN Media? IDN Media merupakan media platform yang sudah terkenal di tanah air kita, terutama di kalangan Millenial dan Gen Z.

Sedangkan XRM Media adalah perusahaan hiburan dan teknologi yang didedikasikan untuk mendukung, memproduksi dan mendanai konten multikultural bersama mitra globalnya.

Kebayang kan kompetisi ini didukung dan di support oleh perusahaan yang kompeten di bidangnya. 


Bagi yang memenangkan kompetisi film pendek ini, hasil karyanya akan diputar di Sundance Film Festival Asia 2021 nanti. Tidak hanya akan diputar tapi juga akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar USD 2,000 yang disponsori juga oleh Argo. Keren ngga tuh?? 😉

Info tambahan juga nih, bagi karya yang berhasil lolos dan menang, akan mendapatkan kesempatan lagi. Karyanya dinominasikan untuk dapat ditayangkan di Sundance Film Festival 2022 dan mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo.



Bagi yang memang suka buat film, sayang sekali kalau kesempatan ini dilewatkan. Sebab, kapan lagi memiliki peluang untuk mempromosikan karya film buatan kita ke kancah Internasional. Contoh saja bisa kita lihat salah satu filmmaker Indonesia, Mas Joko Anwar yang juga bisa mengenalkan hasil karya filmnya dengan mengikuti kompetisi Sundance Film Festival. Tahun ini Mas Joko Anwar menjadi salah satu jurinya lho.

Film pendek yang di ikutkan dalam kompetisi ini juga tidak main-main lho seleksinya, karena akan dikurasi oleh para dewan juri yang kompeten di bidangnya.

Para dewan juri yang akan mengkurasi film-film pendek dalam kompetisi ini adalah:

  • Kim Yutani, Director of Programming dari Sundance Film Festival
  • Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  • Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival
  • Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  • Joko Anwar, Filmmaker, alumni dari Sundancer Film Festival
  • Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

Pendaftaran untuk kompetisi ini dibuka sampai 9 Juli 2021 dan yang bisa ikutan tentu Warga Negara Indonesia yang sudah berusia 18 tahun ke atas. Kalau kamu lagi kuliah di luar negeri bidang perfilman juga tetap bisa ikutan kompetisi ini, selama kamu statusnya masih WNI ya genks.


Infonya lagi nih, genre atau temanya tidak di batasi, jadi mau film horror, drama romantis, komesi, apapun itu boleh di ikut sertakan. Ada ketentuan tambahan yaitu proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019 dengan durasi film antara 3 sampai 20 menit.

Kalau kamu mau ikutan, sok atuh tanya-tanya informasi detailnya ke panitia dari Sundance Film Festival Asia 2021 Short Film Competition dengan kunjungi halaman Film Freeway disini: https://filmfreeway.com/SundanceAsia.

Bagi yang ikutan, semangat ya, semoga sukses dan menang, Aku pasti akan nonton film karya teman-teman yang menang nanti di Sundance Film Festival Asia 2021.

Semoga pandemi benar-benar segera berakhir. Kangen nonton di bioskop bersama keluarga. Walau beberapa teater bioskop sudah di buka tapi tetap masih khawatir akan virus yang ada. 






Woman Creative Partner

 

 

 

 

 


No comments