Manfaat Menjadi Seorang Blogger Bagi Mahasiswa

1 comment


Blogger... 

Ya... Blogger saat ini bisa dibilang menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. Walaupun belum bisa juga di bilang sebagai profesi tetapi seorang blogger adalah salah satu aktivitas yang sudah mulai di lirik. Terutama bagi para kaum milenial atau sekelas Mahasiswa. Jadi, mahasiswa menjadi blogger adalah bukan hal yang tidak mungkin.

Apa sih blogger itu?

Blogger adalah seseorang yang memiliki, menulis dan mengelola sebuah blog. Dimana tulisan di dalam blognya adalah mengulas suatu hal dari sudut pandang si penulis, baik itu untuk kepentingan pribadi atau bisnis.

Seperti halnya teman blog aku yang satu ini, namanya adalah Mba Ulfah Aulia, pemilik blog www.sahabatulfah.com. Ketika memulai menjadi seorang blogger di tahun 2018, Mba ulfah adalah seorang mahasiswa (tapi baru-baru ini Mba Ulfah sudah lulus kuliahnya).

Mba Ulfah mulai senang menulis blog karena dirinya merasa ketika menulis, Mba Ulfah dapat berkreasi lewat kata-kata, dapat menuangkan perjalanan, kenangan dan sejarah hidup yang di jalaninya. Tidak hanya itu, melalui blog, harapannya tulisan-tulisan Mba Ulfah memiliki manfaat bagi orang lain dan juga untuk dirinya sendiri. 

Wanita yang memiliki hobi main sepeda, traveling dan ngeblog ini memilih tema Lifestyle, Traveling dan Self development untuk tulisan yang dia tuangkan di dalam blognya. Maka tentu saja niche blognya para pembaca yang memang membutuhkan informasi seputar lifestyle dan self development juga traveling.

Mengapa Mba Ulfah memilih tema-tema di atas untuk penulisan di blognya? Karena menurut Mba Ulfah, tema lifestyel itu sederhana dan cocok untuk semua viewers juga. Sedangkan tema self development adalah teman yang paling Mba Ulfah sukai, sebab mengulas tentang self reminder dan self healing diri. 

Kebanyakan para blogger-blogger baru, hanya semangat menulis di awal-awal saja, kesininya tidak konsisten. Sebab menulis itu selain membutuhkan waktu juga membutuhkan komitmen dan konsisten juga. 

Apalagi sekelas mahasiswa yang mungkin masih memiliki aktivitas yang padat di kampusnya. Tetapi beda dengan Mba Ulfah yang terus konsisten menulis. Artinya Mba Ulfah selain sudah mampu memanage waktu dengan baik juga memang memiliki kecintaan menulis dan berbagi.

Bagi para teman-teman mahasiswa nih yang memiliki keinginan untuk mencoba menulis blog, Mba Ulfah memberikan sedikit gambaran bahwa: "Menulis blog itu asik dan menyenangkan asalkan kita tetap menghargai karya kita dan mengikuti prosesnya tanpa membanding-bandingkan karya kita dengan karya yang orang lain buat".

Bahkan saat ini Mba Ulfah pun sudah mendapatkan rezeki dari tulisan blognya, istilahnya beberapa brand sudah mulai melirik Mba Ulfah untuk bekerja sama dalam bentuk tulisan review. Artinya dari hobi menulis blog bisa menghasilkan cuan bagi Mba Ulfah. Hebat kan?

Aku pun sempat bertanya kepada Mba Ulfah, apa sih kesannya selama menjadi blogger? Jawabannya adalah "Senang karena jadi blogger, kita jadi mengenal orang-orang yang sehobi dengan kita. Jadi lebih banyak pengetahuan yang kita dapatkan lewat tulisan mereka".

Bagaimana tertarik mencoba? Ternyata banyak manfaat menjadi seorang blogger bagi mahasiswa... Silahkan mencoba.

 

 

1 comment

  1. Alhamdulillah.. Akhirnya bisa juga kita collabs ya mba.

    Ternyata asik ya jadi blogger mba cantik, banyak manfaat yang didapatkan menjadi seorang blogger selama ini... Walaupun masih newbie tapi bisa menjalin komunikasi dengan yang sudah pro di bidang blogger.

    Semoga next kesempatan kita bisa collabs dengan tema yang menarik dan lebih keren ya mba, senang deh collabs bareng mba Cilya kali ini karena tema yang diangkat juga dekat dengan kita mengenai ngeblog...

    Terima kasih mba cantikk, good job😍💞

    ReplyDelete