Mengapa Mompreneur Perlu Melek Asuransi? Ini Alasannya!

No comments

 


Assalamualaikum,

Satu tahun kemarin ini masih menjadi tahun yang penuh tantangan. Walau pandemi masih belum berakhir, tetapi keadaan saat ini sudah mulai kembali ke kehidupan normal. Kesehatan tentunya masih menjadi salah satu hal terpenting yang menjadi concern setiap umat di dunia. Maka itu asuransi kesehatan juga diperlukan di saat-saat ini.

Akhir tahun adalah saatnya juga mulai mereview kegiatan atau planning yang dibuat selama hampir satu tahun kemarin. Kira-kira berapa persen yang sudah tercapai dan berapa yang belum tercapai. Jika ada yang belum tercapai bisa disusun kembali dan dijadikan untuk planning tahun depan serta harus fokus untuk mewujudkannya.

Sebagai seorang mompreneur, tentunya membuat planning dan targeting adalah hal yang penting sekali. Sebab tanpa adanya planning dan targeting, kita tidak tahu apa yang harus dikerjakan dan hasilnya untuk apa. Apalagi posisi aku adalah sebagai pemilik bisnis di perusahaan aku sendiri, tentu hal yang menjadi tantangan adalah manajemen waktu.

Planning yang aku buat tidak hanya sebatas pekerjaan bisnis aku saja tapi juga planning mengenai goals hidup aku dan juga planning menjaga kesehatan aku. Secara pribadi, apa yang aku harapkan dan impian apa yang ingin aku capai, serta bagaimana implementasinya untuk mewujudkannya.

Ada kalanya aku berpikir untuk santai-santai, menunda dulu pekerjaan demi bermain dan jalan-jalan bersama anak-anak. Bahkan kadang godaan untuk nonton TV series back to back di weekdays pun menjadi sebuah tantangan banget lho bagi aku.

Terlihat sederhana, tapi dampaknya itu membuat diri ini semakin malas untuk berkarya, sebab jadi terlena dengan suasana dan keadaan yang membuat nyaman. Kalau tidak ada planning dan targeting sudah pasti bisnis aku akan lama berjalan dan bahkan bisa jadi tidak akan berjalan.

Tetapi somehow, giat bekerja dan fokus kejar target banget juga tidak boleh dong, sebab aku merasa jadi tidak menikmati dunia dan hasil yang dicapai. Apalagi kalau tiba-tiba sampai jatuh sakit... Huhu, jangan sampai deh ya.

Walau bisnis aku bisa dilakukan dari rumah, aku tetap perlu concern dengan menjaga kesehatan aku tentunya. Selain rutin konsumsi suplemen kesehatan dan memperhatikan gaya hidup sehat, juga perlu banget bagi aku memiliki asuransi kesehatan.

Melihat dampak dari pandemi saat ini yang kita tahu hampir memasuki 2 tahun dan sudah memakan banyak korban jiwa yang meninggal dan terpapar. Hal ini yang menjadi salah satu hal yang membuat aku berpikir bahwa jika terjadi apa-apa kepada orang tercinta aku, apa yang bisa aku perbuat?

Apalagi aku ini bukan seorang pegawai, aku ini seorang ibu yang memiliki sebuah bisnis yang tidak memiliki gaji bulanan yang rutin. Menjadi seorang pebisnis itu tentu pemasukan perbulan sangat tidak menentu. Dari sini aku berpikir mengapa tidak aku mulai mencari tahu segala informasi mengenai asuransi kesehatan.

Keluarga Tercinta Ku Terpapar COVID-19 

Awal tahun 2021 kemarin ini menjadi awal yang tidak akan pernah aku lupakan. Kedua orangtuaku , ke 3 adik aku beserta suami dan istri mereka juga anak-anak mereka yang masih kecil-kecil terpapar Covid-19. Siapa yang tidak sedih dan tidak runtuh hati ini mendapatkan kabar bahawa keluarga tercinta ku terpapar Covid-19 secara bersamaan.

Aku, suami dan anak-anak Alhamdulillah memang tidak terpapar, tapi bagi aku yang mana posisi aku sebagai seorang kakak dan anak pertama di keluarga, kabar ini sangat mengganggu pikiran juga psikis.aku. 

Apa yang aku lihat berita di TV akhirnya menimpa keluarga aku. Bayangan yang tidak-tidak selalu menghantui pikiran ku setiap malam. Yang aku bisa adalah berdoa dan berdoa. Ketika mau membantu perawatan dan pengobatan mereka, kondisi keuangan aku pun sedang tidak stabil yang mana  bisnis ku salah satu yang terkena imbas dari pandemi ini.

Yang bisa aku andalkan saat itu adalah asuransi yang sudah aku buatkan untuk kedua orangtua ku. Kebetulan adik-adik aku pun juga sudah memiliki asuransi yang bisa membantu mereka membayar perawatan dan berobat selama mereka di rawat di rumah sakit karena Covid-19 ini.

Dari kejadian ini aku belajar banyak bahwa asuransi itu diperlukan untuk hal-hal yang sifatnya urgent seperti ini. Tidak kebayang jika tidak menyiapkan dana kesehatan, bagaimana aku bisa membantu perawatan kedua orangtua ku kemarin ini.

Apa Sih Asuransi Kesehatan Itu?

Asuransi kesehatan merupakan jaminan perlindungan finansial yang mana perlindungan finansial ini diberikan kepada pemilik asuransi ketika mereka harus melakukan atau mendapatkan sebuah perawatan medis yang diakibatkan kecelakaan atau sakit.

Di Indonesia sendiri, asuransi kesehatan juga memiliki beberapa ragam jenis. Berikut ini jenis-jenis asuransi yang teman-teman perlu ketahui.

Jenis-jenis Asuransi


Nah kalau tadi jenis-jenis asuransinya, berikut ini macam-macam dari asuransi kesehatan yang perlu juga kita ketahui.

Macam-macam asuransi lifepal

Awalnya aku juga masih bingung apa sih bedanya asuransi kesehatan dengan asuransi BPJS. Asuransi kesehatan yang ada adalah dari beberapa pemilik swasta. Sedangkan BPJS Kesehatan adalah program asuransi kesehatan dari pemerintah dan sifatnya wajib dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia (WNI).

Terkadang memang banyak berita mengenai asuransi yang kurang benar, hal ini terjadi karena masih minimnya informasi yang dibaca atau didapat. Sehingga membuat orang menjadi ragu ketika hendak memiliki asuransi.

Tepatnya kapan sebaiknya kita perlu membuat asuransi? Ini yang sering menjadi pertanyaan aku juga sih. Tapi sebenarnya jawaban sederhananya adalah ketika diri kita sudah memiliki penghasilan sendiri atau sudah memiliki tanggungan. Sebab ada biaya premi bulanan atau pertahun (sesuai paket yang diambil) yang harus kita bayar.

Sebelum memilih asuransi kesehatan apa yang terbaik untuk diri aku, ada beberapa poin yang aku perhatikan dan mungkin ini bisa menjadi salah satu masukan juga nih bagi teman-teman.

  • Mencari Agen yang komunikatif dan memahami produk asuransinya dengan baik.
  • Membeli asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi keuangan kita
  • Jangan lupa minta agen untuk membuatkan ilustrasi produk dengan detail.
  • Minta perhitungan skema dana pertanggungan kurang lebih 3 sampai dengan 5 tahun ke depan.
  • Perlu melakukan review polis setiap per tahun. Termasuk ada update apa saja mengenai produk asuransi yang kita pilih.

Ketika poin-poin ini sudah aku dapatkan, maka aku mulai deh mencari tahu dimana mendapatkan asuransi kesehatan yang tepat bagi aku pribadi dan juga keluarga. Agar aman, aku mencari asuransi kesehatan yang terbaik melalui Lifepal.

Sebab Lifepal dapat membantu aku merekomendasikan asuransi kesehatan sesuai yang aku butuhkan, mulai dari jenis asuransi, premi yang sesuai budget keuangan sampai membantu proses klaim asuransi aku ketika memang perlu di klaim. Semua fasilitas yang diberikan oleh lifepal sangat memberikan kenyamanan bagi para nasabahnya.

keuntungan beli #asuransilifepal

Semua anggota keluarga aku, Alhamdulillah sudah aku daftarkan asuransi kesehatan. Alasan aku adalah untuk jaga-jaga ketika kondisi keuangan aku sedang tidak mapan. Harapannya sih sehat selalu dan kondisi keuangan juga mapan selalu ya kan. Tapi tidak ada salahnya berjaga-jaga.

Sebenarnya siapa saja yang bisa didaftarkan asuransi kesehatan? Rata-rata usia yang semakin tua akan sulit mendapatkan cover asuransi kesehatan dibanding dengan usia yang lebih muda.

Kenapa Perlu Melek Asuransi dan Memiliki Asuransi?

Memiliki proteksi kesehatan sangat penting bagi aku. Kenapa perlu melek asuransi? Sebab asuransi itu memiliki banyak manfaat jika kita memang sudah menemukan yang tepat. Jadi salah satu alasan memiliki asuransi tentunya yaitu tadi manfaatnya.

Aku pribadi merasa aman karena memiliki pertanggungan biaya untuk pengobatan dan juga kesehatan yang aku lakukan di rumah sakit atau tempat perawatan medis lainnya ketika urgent.

Nah, manfaat asuransi itu ada dua nih gais, yaitu Manfaat Dasar dan juga Manfaat Tambahan (Rider). Silahkan baca infografis berikut ini.

Manfaat Dasar Asuransi Lifepal - cilyainwonderland.id

Beberapa perusahaan asuransi menawarkan pilihan polis dengan manfaat dasar hingga tambahan (Rider) lengkap dengan premi murah.

Manfaat Tambahan #asuransilifepal

Di Lifepal, kita bisa lho memilih secara online polis yang kita inginkan dan tentunya yang sudah direkomendasikan oleh Lifepal. Sebab kita tahu ya, memilih asuransi kesehatan terbaik yang ada di Indonesia itu tidaklah mudah, kita perlu cermat. Maka dari itu coba deh cek secara online di Lifepal.

Berikut ini cara daftar #asuransilifepal yang perlu teman-teman save nih.

Cara Daftar #asuransilifepal

Selain itu sebelum membeli asuransi kesehatan, perlu perhatikan hal hal berikut :

  1. Metode Klaim Cashless. Kita sebagai nasabah, bisa langsung datang ke rumah sakit hanya dengan membawa kartu peserta asuransi kesehatan. Jadi tinggal tunjukin saja kartunya gaes, tanpa perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu.
  2. Menanggung Biaya Rawat Jalan. Ketika memilih asuransi kesehatan, jangan lupa perhatikan polis yang juga ada menanggung biaya rawat jalan.
  3. Manfaat pengembalian Premi. Nah ini penting juga ya, teman-teman pilih asuransi kesehatan yang memiliki manfaat no chain bonus atau istilahnya pengembalian premi. Jika tidak ada klaim dari awal beli asuransi sampai masa asuransi berakhir.
  4. Manfaat Coordination of Benefit (CoB). CoB ini manfaatnya bisa menbayar kekurangan jika asuransi BPJS kamu tidak bisa membayar beberapa perawatan.
  5. Menanggung Pre-Existing Condition. Intinya kondisi ini adalah kondisi ketika calon nasabah sudah memiliki penyakit tertentu ketika daftar asuransi.
  6. Limit / Plafon Sesuai Premi. Jangan lupa ya perlu nih teman-teman perhatikan limit atau plafonnya.
  7. Iuran Premi Sesuai Dengan Penghasilan. Jangan sampai iuran premi lebih besar dari pada penghasilan kita ya. Soalnya sayang banget kalau sampai terputus di tengan jalan.
  8. Beli Melalui Broker Asuransi. Nah ini penting pakai banget nih, pilih broker asuransi yang sudah terpercaya dan berpengalaman seperti Lifepal ini ya gais.

Dari beberapa pemaparan di atas, aku semakin yakin akan pentingnya asuransi kesehatan. Jadi untuk teman-teman nih, terutama para mompreneur yuk melek asuransi. Sebab kita perlu memiliki proteksi kesehatan untuk diri kita. Sayangi diri kita dan juga keluarga mulai dari sekarang dengan asuransi kesehatan di #asuransilifepal yang tentunya sudah terpercaya.

Semoga bermanfaat sharing aku ini ya...See you on my next blog post.



 

 


No comments