Cara Mengetahui Kekuatan Diri Sendiri

3 komentar

 

Cara Mengetahui Kekuatan Diri Sendiri -

Belajar mengetahui kekuatan atau kelebihan diri adalah salah satu cara kamu menghargai diri sendiri


Assalamualaykum,

Sering kali merasa insecure dengan diri sendiri? Hal tersebut sangat manusiawi, tetapi jika berlebihan juga tidaklah baik. Insecure disebabkan karena kita tidak mengenali diri kita, artinya kita ini perlu belajar menemukan cara mengetahui kekuatan diri sendiri. 

Tentu ada banyak alasan mengapa kita ini perlu sekali mengenali dan mengetahui kekuatan diri sendiri. Karena itu, aku mau berbagi dan mau sharing sedikit mengenai mengapa kita perlu mengetahui kekuatan diri sendiri dan cara mengetahuinya di artikel blog aku kali ini.

Mengapa Perlu Mengetahui Kekuatan Diri Sendiri?

Suka ngga sih ketika ditanya seseorang "Apa kelebihan kamu?", lalu kita bingung mau jawab apa. Antara kita tidak tahu kelebihan kita atau kita tahu tapi rasanya kok ragu dan ngga pede ya menjelaskan kelebihan kita.

Jika kedua pernyataan tersebut masih menggeluti di dalam pikiran, sepertinya diri kita perlu belajar mengengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Terkadang nih, menuliskan kekurangan diri sendiri tuh lebih cepat dibanding menuliskan kelebihan diri sendiri... Iya ngga sih? Atau aku saja yang begini? 😅.

Memangnya kenapa kita perlu mengetahui kekuatan diri sendiri? 

  • Dapat Menentukan Jalan Hidup. Lebih terarah dan fokus pada tujuan yang ingin dicapai.
  • Bisa Menemukan Solusi Dengan Mudah. Jika ada masalah, maka kita akan terbantu juga menemukan solusi dari permasalahan yang kita hadapi.
  • Mengetahui Potensi Diri. Potensi diri ini bisa menjadi salah satu penyemangat kita untuk dapat mengejar impian serta cita-cita kita.  
  • Mencintai Diri Sendiri. Bentuk dari rasa syukur nikmat dari Allah SWT adalah mencintai diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan diri.

Bagaimana Cara Mengetahui Kekuatan Diri Sendiri?

Mengetahui kekurangan diri juga bagus untuk diri kita lho, sebab kita jadi tahu apa saja yang perlu kita perbaiki untuk menjadi lebih baik. Selain itu juga membuat diri kiat menajdi manusia yang tawadhu dan pengingat diri bahwa, nobodys perfect. Sehingga jauh dari sikap sombong dan Riya.

Lalu bagaimana nih cara mengetahui kekuatan diri sendiri? 

1. Memahami "Setiap Orang Berbeda dan Unik"

Dengan begini, kita jadi percaya diri dan yakin bahwa Allah SWT menciptakan manusia dengan keunikan masing-masing. Dengan begini pun kita tidak akan lagi merasa insecure. Pikirkan bagaimana kekurangan atau kelemahan diri bisa menjadi kelebihan diri kita.

Tetapi jangan juga dibiarkan ya, misalnya kekurangan kita suka menunda pekerjaan. Eh ternyata sandilalah, pekerjaan yang belum kita kerjakan itu harus pending dan kita merasa ada untungnya menunda. Nah seperti ini juga tidak boleh. 

2. Menulis Jurnal dan Diary.

Dari kecil aku pribadi senang banget nulis diary juga jurnal harian. Apa saja aku tulis dan aku ceritakan di diary aku. Belum lagi suka nulis-nulis cerita dan lanjut mengenal blog di 2009.  Aku menemukan potensi diri dalam hal menulis dan berbagi lewat blog.

Buat aku dengan rutin menyempatkan menulis di diary, jurnal atau blog, aku bisa mengenali kelebihan serta kekurangan diri. Selain itu juga bisa untuk healing diri lho...

3. Bertanya Kepada Keluarga atau Sahabat

Terkadang, orang lain lebih bisa melihat kelebihan dan kekurangan diri kita lho. Artinya, tidak ada salahnya mendengarkan pendapat dari orang sekitar kita, baik itu keluarga atau sahabat kita. Dari jawaban mereka, kita bisa belajar memperbaiki diri dan juga mengasah kelebihan yang kita miliki.

Buat tulisan 10 kelebihan diri sendiri dan 10 kekurangan diri sendiri. Setelah itu, buat jurnal bagaimana mengasah kelebihan yang ada dan memperbaiki kekurangan yang ada. Insha Allah kita akan lebih lagi menjadi manusia yang bermanfaat dan bersyukur.

Semoga sharing cara mengetahui kekuatan diri sendiri dapat bermanfaat ya. Ada pepatah yang mengatakan bahwa "Siapa yang mengenal dirinya, maka ia akan mampu mengenal Tuhannya". Jika kita mengenal diri kita, artinya kita mengenal adanya allah SWT sang pencipta dan artinya lagi kita akan lebih merasa bersyukur atas hidup ini.

See you on my next blog post....💖💖





Woman Creative Partner


3 komentar

  1. Bener banget mba, dengan mengenali kelebihan diri kita menjadi lebih mudah fokus pada tujuan

    BalasHapus
  2. Betul mbak, mengenali potensi diri akan membuat kita mudah mengembangkan diri

    BalasHapus
  3. Ah, bener mbak seringkali kita bingung menuliskan kelebihan kita. Aku setuju dengan pendapatnya, kita wajib tahu tentang kelebihan dan kekurangan diri untuk masa depan yang lebih cerah, pengembangan diri 😄😍

    BalasHapus