5 Makanan Khas Gorontalo Yang Unik Dan Kangenin

3 komentar

 

5 makanan khas Gorontalo - cilyawonderland

 


Assalamualaykum,

Setiap daerah pasti memiliki beraneka ragam makanan khas daerah yang masing-masing memiliki rasa dan kenikmatan yang tidak bisa dilupakan. Sejak tahun 2013, kebetulan aku suka keliling nusantara untuk sosialisasi bisnis travel aku dan tentunya aku selalu sempatkan untuk wisata kuliner. 

Tiba-tiba kangen sama masakan tante aku yang di Gorontalo. Satu tahun sebelum pandemi artinya sudah masuk tahun ke 3 aku tidak berkunjung ke tanah asal keluargaku di Gorontalo. Walau Aku lahir di Jakarta, tapi berkunjung ke Gorontalo selalu menjadi hal yang dirindukan, apalagi makanan khas Gorontalonya yang unik dan kangenin.

Makanan Khas Tradisional Gorontalo

Gorontalo itu letaknya di sebelah utaranya Pulau Sulawesi dan letaknya juga di tepi laut. Makanya ngga jauh deh dari masakan laut 😁. Kalau ke Gorontalo, lima makanan tradisional ini ngga pernah aku lewatkan. Jadi kudu wajib makan kalau aku pulang kampung ke Gorontalo. Ini makanan yang aku suka dan kalau teman-teman traveling ke Gorontalo, jangan lupa cicip ya makanan ini.

1. Binte Biluhuta

Kalau orang Gorontalo sebutnya Milu Siram. Binte itu jagung dan Biluhuta itu bahasa Gorontalo yang artinya Siram. Jadi Binte Biluhuta adalah masakan jagung yang di siram dengan kuah kaldu. rasanya ..hmm...endes marendes. Apalagi dimakannya benar-benar masih hangat. Masya Allah ....

Isinya ya bukan Jagung saja kok, tapi biasanya suka di kasih suwiran Ikan Tuna atau Ikan Tongkol yang sudah dimasak terlebih dahulu. Ditambah Cabai, Jeruk Nipis dan Daun Pepaya. Nimat banget deh...

2. Ayam Iloni

Ayam Iloni ini jenisnya ayam bakar gitu, tapi rasanya beda dengan ayam bakar pada umumnya. Dan Ayam Iloni ini salah satu bisnis kuliner aku. Teman-teman yang di area Jakarta Selatan dan Tangerang Kota, boleh lho pesan di GoFood. Cari saja Ayam Bakar Opa (promosi).

Ayam Bakar Iloni ini sebelum dibakar, ditambahin bumbu khas dulu sampai meresap ke dalam dagingnya lalu dicampur sama santan sedikit. Setelah itu baru deh di bakar. 

3. Tili Aya

Kalau Tili Aya ini adalah cemilan yang rasanya manis. Kalau Ramadhan biasanya laku banget ini. Di Gorontalo sendiri susah cari cemilan Tili Aya ini, makanya kalau pas ketemu, aku borong agak banyakan ehehe.

4. Sayur Putungo

Ada yang pernah makan Jantung Pisang? Jujur aku makan kalau pas ke Gorontalo saja. Jantung pisangnya di rebus dulu sampai setengah matang setelah itu jangan lupa airnya dibuang. Barulah di campur dengan bumbu khas Gorontalo dan juga kasih santan. Gurih gimana gitu rasanya....

5 Bilenthango

Seperti yang aku bilang tadi kalau Gorontalo itu dekat dengan laut. Makanya hampir semua rumah makan disana itu jual masakan ikan, udang, kepiting bisa dengan mudah dicari. Nah Bilenthango ini adalah masakan yang bahan utamanya ikan.

Kalau keluarga aku di Gorontalo biasanya pakai ikan kerapu dan daun pisang dipakai untuk alas minya dan ikannya ketika digoreng. Jadi cita rasanya beda banget pas di mulut deh.

Kan jadi tambah kangen deh sama makanan khas tradisional Gorontalo. Teman-teman apakah ada makanan tradisional dari daerah teman-teman yang bikin kangen juga? Silahkan share di kolom komentar. See you on my next blog post

 

 




 

 

 

 

 

3 komentar

  1. It's a fascinating piece! I was hunting for information on this topic, and this post provided me with a lot of it. Thank you for sharing your knowledge.
    Abogados Divorcio Ashburn VA
    Abogado Divorcios Fredericksburg VA

    BalasHapus
  2. Thanks for sharing beautiful content. I got information from your blog. keep sharing. Abogado de Divorcio de Rockville.

    BalasHapus