5 Makanan Khas Gorontalo Yang Unik Dan Kangenin

8 komentar

 

5 makanan khas Gorontalo - cilyawonderland

 


Assalamualaykum,

Setiap daerah pasti memiliki beraneka ragam makanan khas daerah yang masing-masing memiliki rasa dan kenikmatan yang tidak bisa dilupakan. Sejak tahun 2013, kebetulan aku suka keliling nusantara untuk sosialisasi bisnis travel aku dan tentunya aku selalu sempatkan untuk wisata kuliner. 

Tiba-tiba kangen sama masakan tante aku yang di Gorontalo. Satu tahun sebelum pandemi artinya sudah masuk tahun ke 3 aku tidak berkunjung ke tanah asal keluargaku di Gorontalo. Walau Aku lahir di Jakarta, tapi berkunjung ke Gorontalo selalu menjadi hal yang dirindukan, apalagi makanan khas Gorontalonya yang unik dan kangenin.

Makanan Khas Tradisional Gorontalo

Gorontalo itu letaknya di sebelah utaranya Pulau Sulawesi dan letaknya juga di tepi laut. Makanya ngga jauh deh dari masakan laut 😁. Kalau ke Gorontalo, lima makanan tradisional ini ngga pernah aku lewatkan. Jadi kudu wajib makan kalau aku pulang kampung ke Gorontalo. Ini makanan yang aku suka dan kalau teman-teman traveling ke Gorontalo, jangan lupa cicip ya makanan ini.

1. Binte Biluhuta

Kalau orang Gorontalo sebutnya Milu Siram. Binte itu jagung dan Biluhuta itu bahasa Gorontalo yang artinya Siram. Jadi Binte Biluhuta adalah masakan jagung yang di siram dengan kuah kaldu. rasanya ..hmm...endes marendes. Apalagi dimakannya benar-benar masih hangat. Masya Allah ....

Isinya ya bukan Jagung saja kok, tapi biasanya suka di kasih suwiran Ikan Tuna atau Ikan Tongkol yang sudah dimasak terlebih dahulu. Ditambah Cabai, Jeruk Nipis dan Daun Pepaya. Nimat banget deh...

2. Ayam Iloni

Ayam Iloni ini jenisnya ayam bakar gitu, tapi rasanya beda dengan ayam bakar pada umumnya. Dan Ayam Iloni ini salah satu bisnis kuliner aku. Teman-teman yang di area Jakarta Selatan dan Tangerang Kota, boleh lho pesan di GoFood. Cari saja Ayam Bakar Opa (promosi).

Ayam Bakar Iloni ini sebelum dibakar, ditambahin bumbu khas dulu sampai meresap ke dalam dagingnya lalu dicampur sama santan sedikit. Setelah itu baru deh di bakar. 

3. Tili Aya

Kalau Tili Aya ini adalah cemilan yang rasanya manis. Kalau Ramadhan biasanya laku banget ini. Di Gorontalo sendiri susah cari cemilan Tili Aya ini, makanya kalau pas ketemu, aku borong agak banyakan ehehe.

4. Sayur Putungo

Ada yang pernah makan Jantung Pisang? Jujur aku makan kalau pas ke Gorontalo saja. Jantung pisangnya di rebus dulu sampai setengah matang setelah itu jangan lupa airnya dibuang. Barulah di campur dengan bumbu khas Gorontalo dan juga kasih santan. Gurih gimana gitu rasanya....

5 Bilenthango

Seperti yang aku bilang tadi kalau Gorontalo itu dekat dengan laut. Makanya hampir semua rumah makan disana itu jual masakan ikan, udang, kepiting bisa dengan mudah dicari. Nah Bilenthango ini adalah masakan yang bahan utamanya ikan.

Kalau keluarga aku di Gorontalo biasanya pakai ikan kerapu dan daun pisang dipakai untuk alas minya dan ikannya ketika digoreng. Jadi cita rasanya beda banget pas di mulut deh.

Kan jadi tambah kangen deh sama makanan khas tradisional Gorontalo. Teman-teman apakah ada makanan tradisional dari daerah teman-teman yang bikin kangen juga? Silahkan share di kolom komentar. See you on my next blog post

 

 




 

 

 

 

 

8 komentar

  1. It's a fascinating piece! I was hunting for information on this topic, and this post provided me with a lot of it. Thank you for sharing your knowledge.
    Abogados Divorcio Ashburn VA
    Abogado Divorcios Fredericksburg VA

    BalasHapus
  2. Thanks for sharing beautiful content. I got information from your blog. keep sharing. Abogado de Divorcio de Rockville.

    BalasHapus
  3. This is a traditional Gorontalo cake made from rice flour, coconut milk, and sugar. It's often steamed in banana leaves, giving it a unique aroma and flavor. Binte Biluhuta is a popular choice for special occasions and gatherings.Ikan Bakar Bumbu Rica: This is a grilled fish dish seasoned with a spicy rica-rica sauce made from various herbs and spices. The fish is typically marinated in the sauce before grilling, resulting in a flavorful and aromatic dish that is a favorite among locals. dui lawyer winchester va

    BalasHapus
  4. The article "5 Makanan Khas Gorontalo Yang Unik dan Kangenin" is highly informative, revealing the hidden secrets of Gorontalo's life. It provides a detailed account of Gorontalo's food, highlighting his love for unique food and his use of it. The article also encourages readers to plan their own culinary adventures to Gorontalo's area, highlighting the uniqueness of Gorontalo's food and inspiring them to explore the region's culinary offerings.
    Domestic violence New Jersey

    BalasHapus
  5. It's a captivating piece! I was chasing after data on this subject, and this post furnished me with a ton of it. Much thanks to you for sharing your insight. bankruptcy chapter 7 attorneys near me || is new jersey a no fault state for divorce.

    BalasHapus
  6. It's an enthralling piece! I was pursuing information regarding this matter, and this post outfitted me with a lot of it. Much gratitude to you for sharing your knowledge.
    alexandria traffic lawyer||bankruptcy chapter 7 attorneys near me||abogado trafico petersburg va

    BalasHapus
  7. Reading about these unique dishes from Gorontalo makes me crave a culinary adventure! Thanks for sharing your delicious insights and tempting our taste buds.
    Plenary Action New York Divorce

    BalasHapus