Begini Cara Mengatasi Insecure Dalam Pandangan Islam

2 komentar

 

Begini Cara Mengatasi Insecure Dalam Pandangan Islam

Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui" - QS Al Baqarah : 216

Assalamualaykum,

Ayat di atas adalah salah satu ayat Al Quran untuk orang yang merasa insecure atau rasa tidak percaya diri. Rasa tidak percaya diri adalah bentuk kelemahan diri dan tidak boleh dibiarkan tertanam dalam diri terlalu lama. Oleh karena itu perlu sekali mengetahui cara mengatasi insecure.

Sebenarnya apa sih insecure itu? Insecure adalah sebuah perasaan ketidak percayaan diri, dimana perasaan ini ditimbulkan oleh banyak faktor dan aku mau bahas nih di blog aku kali ini, mengenai topik : "Begini Cara Mengatasi Insecure Dalam Pandangan Islam". 

Faktor Penyebab Insecure

Banyak faktor penyebab insecure atau rasa ketidak percayaan diri. Nah, aku mau bahas dulu faktor penyebabnya, sebelum kita bahas cara mengatasinya ya.

1. Sering Dipandang Sebelah Mata Oleh Orang Lain

Mengapa bisa orang lain memandang sebelah mata? Mungkin karena tidak se-level pendidikan, status sosial atau hal lain. Dengan sering dipandang sebelah mata inilah timbul rasa insecure, yang dampaknya akan membuat diri kita menarik diri untuk tidak bersosialisasi.

2. Kurang Kasih Sayang Dari Lingkungan Sekitar

Lingkungan juga mempengaruhi ketidak percayaan pada diri sendiri lho, salah satunya seperti kurangnya kasih sayang. Ya kasih sayang ternyata sangat mempengaruhi tingkat percaya diri seseorang. Jadi sebagai makhluk sosial rasanya perlu juga ya kita memberikan kasih sayang dan perhatian sesuai porsinya kepada lingkungan sekitar.

3. Sering Menerima Bullying atau Perundungan

Bullying verbal biasanya yang sering terjadi di masyarakat. Apalagi nih dunia digital sudah berkembang, media sosial sudah banyak. Sekali melakukan kesalahan, bisa-bisa di hujat atau di bully sama netijen yang terkadang maha benar. Hal ini dapat menimbulkan rasa insecure dan merasa bersalah berkepanjangan.

Semoga saja teman-teman tidak mendapatkan atau tidak merasakan dari ketiga faktor diatas ya. Bahkan tidak menjadi bagian dari orang yang membully, tidak memberikan kasih sayang dan juga tidak memandang sebelah mata orang lain.

Cara Mengatasi Insecure Dalam Pandangan Islam

Cara ini adalah rangkuman dari kajian yang pernah aku ikuti dan sayangnya aku lupa siapa nama ustadzah yang memberikan kajian saat itu. Semoga bisa membantu teman-teman juga nih yang tiba-tiba merasa insecure karena beberapa faktor yang terjadi. Aku pribadi juga suka praktekkan cara ini, jika rasa insecure datang.

1. Menyadari Bahwa Manusia Adalah Ciptaan Allah Yang Terbaik

Allah sudah berjanji dan sudah menuangkannya di dalam Al Quran Surat At Tin ayat 4 :

"Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya".

Maknanya adalah diri kita ini adalah ciptaan Allah yang terbaik. Mau kita kurang putih, kurang tinggi, ekonomi tidak begitu baik, tapi tetap kita adalah hamba ciptaanNya yang terbaik. Di balik kelemahan diri, pasti ada kelebihan yang kita miliki.

Tidak mungkin Allah tidak memberikan kelebihan dalam diri kita, tinggal kita gali apa yang bisa kita lakukan. Misal masak, memotivasi orang lain, menjahit dan lain-lain. Karena itu ketika tiba-tiba insecure karena terkadang tanpa sadar aku suka bandingkan diri dengan orang lain, aku langsung tulis di jurnal kelebihan-kelebihan aku. 

Maksudnya agar aku baca lagi besok-besok dan menjadi percaya diri lagi. Sebab apa yang aku punya, orang lain tidak punya. 

2. Bersyukur Atas Nikmat Yang Allah Berikan

Pernah aku sedikit kesal dengan keputusan juri sebuah kompetisi bisnis bahwa aku tidak masuk 5 besar, hanya masuk ke 10 besar saja. Bahkan sempat membuat diri aku insecure dan merasa produk aku tidak bagus. Tetapi aku mencoba mengubah insecure menjadi bersyukur.

Aku mencoba refleksi diri dan evaluasi apa kekurangan dari brand bisnis aku dan juga dari diri akunya. Ketika dalam posisi mengevaluasi diri, aku terus bersyukur bahwa Allah masih kasih kesempatan masuk 10 besar yang peserta lain tidak dapatkan. 

Rasa bersyukur ini juga ada di dalam Al Quran Surat Ibrahim Ayat 7 :

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat."

3. Berkumpul Dengan Orang Soleh dan Solehah

Jika bertemu dengan orang yang selalu saja mencela orang lain bahkan juga merundung diri kita, salah satu cara adalah menjauh dari orang tersebut. Orang yang demikian biasanya kumpulnya dengan orang-orang yang sama sifatnya dengan dirinya.

Ketika ada yang mencela atau membully diri kita, jangan langsung di masukkan ke dalam hati. Ya walau sih terkadang tetap saja jadi kepikiran ya, sebab ucapan verbal yang menyakitkan itu lebih sakit dan lama hilangnya ketimbang kita kena cipratan minyak goreng 😁.

Aku sendiri pernah mendapatkan tindakan kekerasan via telpon oleh salah satu mitra aku yang dia ucapkan adalah tuduhan dan tuduhan tersebut tidaklah benar. Dia tidak melakukan tabayun tapi langsung berkata tidak baik. Jujur ini hilangnya butuh setahun lebih.

Tindakan aku adalah menjauh dari dirinya dan lingkungannya. Mungkin bagi si si mitra ini, dia lah yang benar, biarlah dengan argumen suudzonnya. Aku lebih baik pergi menjauh dan mencari pertemanan yang sehat.

Ada hadist Rasulullah yang mengatakan bahwa:

"Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibaratnya seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Jika kita berteman dengan penjual minyak wangi, maka kita akan diberikan minyak wangi, dan jika tidak diberikan pun kita tetap akan mendapatkan aroma harum darinya. Sedangan jika kita berteman dengan seorang pandai besi, bisa jadi percikan apinya bisa mengenai baju kita dan kalaupun tidak, kita akan mendapatkan bau asapnya." (HR Bukhari 5534 dan Muslim 2628).

Jadi jika teman-teman melihat orang lain lebih hebat dan itu membuat diri insecure, kita bisa coba menggali apa kelebihan dalam diri kita. Semoga sharing aku mengenai cara mengatasi insecure dalam pandangan Islam ini bermanfaat ya. Aku pun juga sama-sama masih terus belajar dan memperbaiki diri ketika rasa insecure itu datang dalam diri aku.

So, see you on my next blogpost ya.






Woman Creative Partner


2 komentar

  1. Traditional bookstores have always existed on high streets, but in the digital age, the internet is proving to become a serious competitor to traditional brick and mortar stores. This article examines both sides of the coin and provides an appropriate insight into the phenomenon of shopping of books online. 메이저사이트추천

    BalasHapus
  2. Great blog. If you are searching for cool games emulator to bost your pc then I would like to refer the best i.e Dolphin emulator This helps in enhancing your gaming experience and I sure that you will enjoy it well.To get click on pc emulator

    BalasHapus