Kenapa Adab Lebih Utama Daripada Ilmu?

Tidak ada komentar

Kenapa Adab Lebih Utama Daripada Ilmu?

Aku lebih menghargai orang yang beradab, daripada orang yang berilmu. Jika hanya berilmu, Iblis pun lebih tinggi ilmunya daripada manusia" - Syekh Abdul Qadir Al Jailani

Assalamualaikum,

Topik menarik memang membahas mengenai adab. Banyak sekali diluaran sana orang yang memiliki ilmu tapi minim adabnya. Adab diatas ilmu adalah hal yang penting sekali di edukasi dari usia dini. Kali ini aku mau bahas nih mengenai Adab diatas ilmu.
 
Mengapa perlu mengajarkan adab dari usia dini kepada anak-anak kita terutama? Rasulullah Muhammad SAW sudah menjelaskan dalam hadistnya yang di riwayatkan oleh Tirmidzi : "Jika seseorang mendidik anaknya (menjadikan anaknya beradab), maka itu lebih baik baginya daripada bersedekah setiap harinya setengah Sah." (HR Tirmidzi).
 

Adab Di Atas Ilmu

Coba deh teman-teman lihat di lingkungan sekitar banyak sekali orang berilmu tapi minim adab. Manusia itu makhluk sosial yang tentu saling membutuhkan satu sama lainnya. Jadi tidak bisa untuk tidak bersikap baik dan saling toleransi satu sama lain.
 
Seperti dalam sebuah komunitas dan kita adalah leader di komunitas tersebut. Merupakan kewajiban kita sebagai pemimpin mengedukasi para sahabat di dalam komunitas kita mengenai adab-adab dalam pergaulan antar sesama. 
 
Tetapi ingat, mengingatkannya itu tentu dengan lembut dan tidak menyindir atau menghardik. Itu sama saja kita tidak memiliki adab. Hargai sahabat-sahabat yang ada di dalam komunitas kita, mereka bergabung dalam komunitas kita karena selain ingin mendapatkan ilmu juga pasti ingin mendapatkan ketenangan dan kenyamanan.

Adab Pergaulan Sesama Teman

Adab juga bagian dari akhlak. Orang yang beradab sudah pasti memiliki akhlak. Seperti hadis Rasulullah SAW:
"Kaum Mu'minin yang paling sempurna imannya adalah orang yang paling baik akhlaknya." (HR At-Tirmidzi).
 
Berikut ini beberapa adab pergaulan sesama teman dan ini yang semoat aku rangkum dari kajian yang pernah aku dapat. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.
  1. Bergaulah dengan perlikau yang baik dan menyenangkan. Jangan kita minta diperlakukan baik saja, tapi perlakukan lah orang lain dengan baik juga. 
  2. Ciptakan kedamaian. Seperti tadi contohnya ketika kita berada di dalam grup sebuah komunitas. Sharinglah hal-hal yang bahasanya membuat damai para sahabat yang ada di dalam grup tersebut. Jangan membuat ulasan kebencian di dalamnya.
  3. Berteman dengan orang yang baik perilakunya. Jika kita mensortir teman-teman kita dan berkumpul dengan orang yang soleh dan solehah dan memiliki adab serta akhlak, maka kita pun akan ikutan memiliki adab dan akhlak
  4. Meminta Maaf dan Memberi Maaf. Berat ya kadang memberi maaf, karena perlu belajar ikhlas. Tapi ternyata memberi maaf adalah bagian dari adab juga. Begitu juga berani meminta maaf ketika kita melakukan kesalahan, artinya kita memiliki akhlak yang baik.
  5. Saling Memberikan Pertolongan. Jika ada yang kesulitan, tolonglah, jangan diberikan ceramah dulu, atau bahkan ditegur dulu. Bantulah dan tolonglah, sebab ini adalah bagian dari adab.
 
Semoga sharing di artikel blog aku yang ini bermanfaat bagi teman-teman semuanya ya. 
 
See you on my next blog post 💖💖
 
 

Tidak ada komentar