Belajar Bersyukur Dari Hal Kecil

Tidak ada komentar

Belajar Bersyukur Dari Hal Kecil

 Assalamualaykum,

"Sudahkah kamu bersyukur hari ini?", tiba-tiba tulisan ini muncul di timeline salah satu media sosial aku pagi ini. Seakan mengingatkan aku bahwa sebelum memulai aktivitas, apakah pagi ini aku sudah bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada aku? Ternyata belajar bersyukur dari hal kecil itu perlu kita tanamkan.

Allah SWt banyak sekali memberikan kita nikmat di dunia ini selama kita hidup. Nikmat bahagia, nikmar sedih dan nikmat lainnya. Lalu hal kecil tapi bermakna seperti apa yang dapat membuat kita bersyukur? 

Hal Sederhana Yang Memiliki Dampak Besar Dari Bersyukur

Belajar dari hal kecil yang memberikan dampak besar sangat banyak kita dapatkan dari lingkungan sekitar kita yang perlu kita pelajari dan syukuri. Kira-kira hal sederhana yang memiliki dampak besar dari bersyukur apa saja kah yang perlu kita lakukan.

Bangun Pagi Masih Diberikan Napas dan Kesehatan

Ketika bangun pagi dan kita masih mendapatkan diri kita masih bisa bernapas dan diberikan kesehatan, artinya Allah masih memberikan kita kesempatan untuk hidup, untuk memperbaiki amal ibadah dan juga menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama. 

Mengucapkan Terima Kasih Kepada Allah SWT

Terkadang hal apapun yang terjadi pada kita, kita suka lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada sang Maha Pencipta, pemilik langit dan bumi beserta isinya. Karena itu ucapkan terima kasih kepada Allah SWT tidak ketika dalam keadaan sehat walafiat dan bahagia saja, tapi juga ketika Allah sedang memberikan kita ujian. Tandanya Allah masih sayang kepada kita.

Berikan Senyum 

Kata orang, senyum itu ibadah! Memang benar adanya, ketika kita memberikan senyum dan salam kepada orang lain yang berpapasan dengan kita, secara tidak sengaja kita memberikan efek bahagia lho. 

Aku pernah ya, pagi-pagi merasa badmood sebab harus meeting pagi-pagi di Jakarta serta ketemu dengan yang namanya macet. Ketika tiba di lokasi meeting dan akan mengantri beli minuman, melihat ada seseorang yang tersenyum dan menyapa (padahal tidak kenal), tiba-tiba aku pun ikut tersenyum dan hati jadi sedikit berdamai dengan situasi pagi hari itu dan efeknya jadi bersyukur juga bahagia.

Ucapkan Rasa Sayang Kepada Orang Tercinta

Orang yang ada di sekitar kita baik itu pasangan, anak, orangtua, saudara dan sahabat adalah orang-orang pilihan Allah untuk kita. Dari merekalah kita belajar bahagia, menyayangi, berterima kasih, kesal dan sebagainya. Merekalah yang membuat kita bertumbuh dan bersyukur diberikan berbagai macam rasa, karena itu berikanlah ucapan sayang untuk mereka. Ucapan sayang ini walau kecil tapi merupakan  bentuk dari rasa syukur kita telah dikelilingi oleh mereka untuk menjaga kita.

Hal-hal sederhana diatas memang terlihat sederhana, tetapi akan banyak memberikan dampak bagi kita terlebih dampak rasa syukur kepada Allah SWT serta lebih memaknai arti kehidupan dan tumbuh menjadi manusia yang bermanfaat.



 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar