Serunya Naik Navya Arma, Bus Listrik Mini Tanpa Awak Di BSD City

Tidak ada komentar

 

Serunya Naik Navya Arma, Bus Listrik Mini Tanpa Awak Di BSD City

Assalamualaykum, 

A Day in My Life versi blog lagi. Kali ini aku mau cerita mengenai pengalaman aku cobain naik bus listrik yang ada di BSD City. Jadi hari Kamis kemarin, aku berkesempatan bisa naik Navya Arma salah satu Autonomous Vehicle yang dibuat di Perancis dan memakai teknologi Jepang ini di The Breeze. Navya Arma ini adalah bus listrik yang tidak pakai driver dalam pengoperasian di jalannya.

Walau saat ini Navya Arma hanya untuk operasional internal saja, operasionalnya juga di dua titik yaitu di Q Big dan The Breeze - BSD City Green Office Park. Bus listrik ini adalah kerjasama dari Sinarmas Land dengan Mitsubishi Corporation dan JICA. Agak was was tidak Mom Cilya naik bus yang tidak ada drivernya? Ok aku sharing pengalaman aku ya...

Serunya Naik Navya Arma, Bus Listrik Mini Tanpa Awak Di BSD City

Spesifikasi Autonomous Electric Vehicles Navya Arma

Sebelum bahas pengalaman dari aku bagaimana rasanya naik Navya Arma, aku mau infokan dahulu mengenai spesifikasi dari Autonomous Electric Vehicles Navya Arma ini. Namanya juga kendaraan listrik, artinya untuk menjalankannya ya pakai tenaga listrik alias batere yang perlu di charge juga.

Serunya Naik Navya Arma, Bus Listrik Mini Tanpa Awak Di BSD City

 

Navya Arma sendiri sudah memiliki penggerak listrik dan battery pack dengan kapasitas 33kWh, dimana baterenya dapat bertahan kurang lebih 9 jam. Navya Arma sudah dilengkapi dengan beberapa sensor, jadi walau tidak ada driver yang mengendarai, kendaraan ini tetap bisa jalan, berhenti dan belok dengan aman.

Kendaraan listrik yang satu ini punya kemampuan akselerasi, navigasi sampai dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya. Seperti kemarin saja, ketika aku lagi di dalam Navya Arma dan posisi sedang melaju, tiba-tiba ada satu kendaraan yang nyalip ke depan bus listrik ini dan busnya langsung berhenti secara otomatis. Keren ya?

Keren dong, karena Navya Arma sensornya itu ada GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang sudah digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis. Setelah itu semuanya nanti akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Dimensi yang dimilili oleh Navya Arma ini adalah 4,7 m x 2,1 m dan didalamnya muat 15 orang. Formasinya adalah 11 orang duduk dan 4 orang berdiri. Ohiya kata bapak pemandunya kemarin bilang kalau Navya Arma ini juga bisa lho untuk orang disabilitas.

Autonomous Vehicles kemarin ini mengikuti acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali, yang menjadi official side event dari G20. Electric Vehicle Exhibition ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan di tanggal 11 sampai dengan 16 November 2022 oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Autonomous Vehicle Navya Arma di G20
 

Serunya Naik Navya Arma, Bus Listrik Mini Tanpa Awak Di BSD City

Pertana kali liat wujudnya tuh aku suka lihat bentuk desain kendaraannya dan ngga menyangka sih bahwa ada bus listrik mini yang seperti ini di Indonesia nantinya. Kok nantinya? Iya saat ini baru untuk demo saja di BSD City.

Jangan bayangkan jalannya seperti bus Trans ya, jadi Navya Arma ini jalannya tidak terlalu kencang. Untuk dapat naik Navya Arma ini, ada beberapa poin yang perlu kita lakukan yaitu:

  • Scan Aplikasi OneSmile di handphone kita dan setelah itu mengisi survey dengan mengikuti beberapa petunjuk yang ada di foto (yang aku share di blog ini ya langkah-langkahnya). 
  • Tunjukkan barcode yang ada di aplikasi OneSmile setelah melakukan survey
  • Ketika naik, WAJIB memakai masker untuk tetap menjaga protokol kesehatan
  • Kenakan safety belt yang sudah disediakan untuk menjaga keamanan
  • Hanya yang bertinggi badan minimum 120cm saja untuk sementara yang dapat naik, jadi anak-anak belum di sarankan naik dan ini sekali lagi demi menjaga keamanan.

Serunya Naik Navya Arma, Bus Listrik Mini Tanpa Awak Di BSD City

Lalu bagaimana rasanya? Alhamdulillah sih dengan kecepatan yang ok (tidak lambat dan tidak juga cepat) aku merasa aman saja. Apalagi tingkat sensornya yang luar biasa ya, seperti yang tadi aku tulis di atas. Untuk jalur juga aman kok, sebab memang sudah di atur sedemikian rupa untuk jalur lajunya Navya Arma ini.

Oia Autonomous Vehicle Navya Arma ini bisa kita nikmati hanya Sampai 20 Desember 2022 saja lho. Yuk makanya cus langsung dicoba, karena nanti akan di pamerkan di dalam The Breeze yang akan dimasukkan ke dalam kotak kaca. Pamerannya akan di mulai dari tanggal 22 Desember 2022 sampai dengan 4 Januari 2023. Setelah itu akan dipulangkan lagi ke negara asalnya.

Yang penting jangan lupa ya ikuti panduan naik Autonomous Vehicle yang keterangannya ada di shuttle bus nya. Nanti kita juga dapat hadiah voucher makan lho di sekitar The Breeze. Asyik kaan?

Serunya Naik Navya Arma, Bus Listrik Mini Tanpa Awak Di BSD City

 Jadi setelah cobain naik Navya Arma, langsung deh cobain beberapa kuliner yang ada di The Breeze (hadiah vouchernya). Seperti aku kemarin, sebelum meeting sama klien di The Breeze, aku cobain deh naik Navya Arma ini. Lumayan satu puteran juga, yang penting sempat cobain gimana rasanya naik bus mini listrik tanpa awak di BSD City 😍. 

 



  


 


 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar